Food Paradise – “Meat is the Gypsy vegetable”


Rabbit
Rabbit –

 

“Meat is the Gypsy vegetable,”

Tema minggu ini adalah Food Paradise. Waktu diomongin beberapa bulan lalu sih kayaknya gampang ah ini, secara saya aja tinggal di kota yang terkenal dengan makanannya. Medan sampai hari ini masih menjadi kota yang membuat pecinta makanan rela bolak balik demi lontong sayur, soto dan masih banyak lagi.

Mendekati hari H (bahkan saya nulisnya beberapa jam sebelum tayang) saya malah kebingungan. Mesti nulis yang mana ini? apakah Medan, Surabaya, Makasar, Bali, Thailand atau tempat lainnya yang saya anggap surganya makanan? bingung tapi saya terus terang kebayang-bayang trus wajah pemilik dan tukang masak di Easter Market yang kita datangi Maret lalu di Budapest.

Gypsy Food Budapest

Sewaktu tiba di Budapest saya dan Matt udah janjian buat nyobain masakan Gypsy dimana ajalah. Pokoknya harus beneran nyobain 1 makanan mereka. Kita udah sempet browsing beberapa restoran juga. Niatnya sih malam terakhir sebelum pulang ke Indonesia.

Nah pagi itu (satu hari sebelum pulang) kita main kesatu istana kecil di kota Budapest. Begitu nyampe halaman istana udah penuh dengan pasar kaget. Kebetulan kami datang diminggu-minggu menjelang Easter. Hari itu malahan Easter day, sehingga pasar Easter nya lebih ramai dan lebih seru. Pokoknya meriah. Matt udah nginceng satu tempat untuk makan, saya juga. Kita janjian siang bakalan balik lagi buat lunch ditempat ini. Jadi setelah keliling istana yang kalau gak salah sekarang dijadiin museum atau tempat penelitian pertanian gitu ya? (lupa) kita pergi ketempat lain dan balik lagi jam 01.00 siang. Ramenya semakin menjadi-jadi.

Di pintu masuk saya lihat stand Gypsy ini. Matt sudah fokus ke stand yang dia pengenin. Saya berhenti didepan stand Gypsy ini dan motret makanan mereka. Orang-orang didepan kita langsung senyum lebar dan kasih tau untuk nyobain makanannya. Masalahnya saya ajakin ngomong mereka semua gak bisa bahasa Inggris. Matt ikutan berhenti dan nanyain mereka masak apa? semua bingung tapi pengen bantu. Satu orang anaknya muncul dan bilang “it’s rabbit” saya langsung kecut…..kelinci huhu. Matt langsung semangat tapi takut salah, jadi dia berulang kali memastikan itu kelinci sampai pakai lompat-lompat trus semua orang di stand nya lompat-lompat. Ini kayak satu keluarga besar Gypsy deh ditempat ini. Semua ngumpul sampai yang kecil-kecil. Nenek sama kakek yang tua masak dan berdiri didepan pintu masuk sambil say hi dengan semua orang nyuruh singgah dan makan ditempat mereka haha.

Gypsy Food
Gypsy Food
Gypsy Food
Gypsy Food
Gypsy Food
Gypsy Food
Gypsy Food
Gypsy Food

Seru banget ya. Oya mereka kasih tau ke Matt kalau kelinci panggangnya bakalan masak 15 menit lagi jadi kita mau nunggu atau gimana? Eh iya karena mereka gak bisa ngomong Inggris jadi percakapan ini lumayan lucu banget tapi mereka ramah banget sampai peluk-peluk si Matt. Kakeknya malahan bilang makasih karena Matt mau nunggu dan nyuruh kita keliling-keliling sambil bawain beer ke Matt. Btw…..beer nya nanti tetep harus bayar hihihi.

Ya udah kita langsung pergi karena saya gak mau makan kelinci jadi beli lamb yang sumpah mampus enak banget tapi karena terlalu besar rasanya saya kayak meat stroke. Selain beli makanan saya juga gak bisa lepas dari Sangria. Haduh…..surga banget rasanya bisa minum sangria setiap hari mulai dari pagi sampai sore hehe. Jadi sebenarnya yang saya paling seneng juga adalah acara minum-minum kita berdua. Mulai datang ke Prague sampai pulang kita itu kayak yang orang maruk minum. Matt kemana-mana sama beer nya sementara saya kemanapun kalau gak minum hot wine pasti sangria. Gak tau kenapa koq saya suka banget yaaa……..

Sangria
Sangria
Sangria
Sangria

Lamb

Selama keliling-keliling yang cuman 15-20an menit itu kalau gak salah kita sempet nyobain dan beli juga daging rusa yang kayak difoto. Lupa namanya. Jangan ditanyain juga karena saya beneran deh soal kuliner ini parah banget. Kemaren aja saya gak bisa bedain pasta hehe.

Budapest 1

Trus yah gitu deh kalau masuk ke pasar pasti deh coba ini dan coba itu. Pegang ini dan pegang itu…..rasanya perut gak pernah kenyang.

Goulash is a soup or stew of meat and vegetables, seasoned with paprika and other spices. Originating from the medieval Kingdom of Hungary, goulash is also a popular meal in Central Europe, Scandinavia and Southern Europe.
Goulash is a soup or stew of meat and vegetables, seasoned with paprika and other spices. Originating from the medieval Kingdom of Hungary, goulash is also a popular meal in Central Europe, Scandinavia and Southern Europe.
Budapest
Budapest
Budapest
Budapest
Budapest
Budapest
Budapest
Budapest
Budapest
Budapest
Budapest
Budapest
Budapest
Budapest
Budapest
Budapest
Budapest
Budapest
Budapest
Budapest

Saya kebetulan gak suka makan-makanan manis jadi emang gak nyobain kayak permen, cake, cookies. Goreng-gorengan sebenarnya ada juga. Yah kentang-kentang goreng gitu. Pokoknya pasar ini seru banget lah. Semua stand itu kayak minta didatangin hehe.

Eh iya setelah 15 menit kita balik lagi ke kelinci nya si Matt yang sudah masak. Setelah duduk langsung disajikan diatas meja dengan tambahan beer lagi. Ini ya….kita ketawa-ketawa sebenarnya karena ngerasa mereka agak licik. Jadi ya pas kita makan, mereka kan berdiri didekat kita dan setiap kita tanya “ehhh itu apa ya?” trus langsung dikasiin seporsi padahal kita gak pesan loh. Cuman nanya ajaaaaa…..

Budapest 16

Contohnya itu tuh yang diatas hehe. Matt bahkan gak makan dan pas bayaran ehh harus bayar dong. Cuman…..karena ditempat ini beneran deh suasananya itu happy banget jadi kita juga gak marah dan malah ketawa-tawa. Saking senengnya si Matt malah hampir pengen bawa pulang si bapak. Liat video dibawah untuk ngerasai suasana di warung mereka yaaa…

Jadi selain makan mereka juga ngajak nari-nari kita semua yang makan disana sampai ada beberapa cewek yang ketawa ngakak sambil nari-nari trus sepanjang makan. Dia bilang dia happy banget hari itu cuman karena datang ketempat itu. Si Bapak yang masak langsung bilang “kamu bersama orang Gypsy, jadi harus happy” trus ngajakin dansa dansi. Sumpah ini satu hari yang saya dan Matt gak bakalan mungkin lupain deh. Sampai hari ini kalau liat video nya atau foto kita masih suka senyum-senyum.

Gypsy Food
Gypsy Food

Soal rasa gimana dong? saya bukan food blogger. Saya itu cuman orang yang demen makan. Untuk ngasih review makanan pun rasanya kayak yang kurang pantes karena saya palingan cuman bilang enak atau enak banget atau gak enak hehe. Tapi yang ini beneran enak banget. Matt sampai berkali-kali bilang kayak ngerasa natal dan tahun baru bersamaan dimulutnya. Setiap kali liat kelinci langsung ngomongin makanan ini. Oya saya nyoba dikit karena dipaksa Matt dan si bapak yang masak. Rasanya emang………gilak! Gak salah kalau ada istilah foodgasme.

Saya sebenarnya cukup tertarik dengan kehidupan orang-orang Gypsy walaupun cuman tau dari novel-novel karangan Barbara Cartland. Yang paling lekat dikepala adalah orang-orang Gypsy ini terlihat misterius, selalu berpenampilan meriah, ramah dan suka mencuri ternak atau kelinci hehe. Setelah bertemu orang-orang ini saya sempat membaca beberapa cerita menarik tentang mereka. Salah satu nya tentang makanan Gypsy. Bisa dibaca dilink ini salah satunya ya.

http://tzigania.com/ArticleRomaCuisine.html

Ahhh ngomongin makanan gak akan ada habisnya ya 🙂 . Saya memang tidak sampai gila banget dengan makanan tapi karena Matt suka banget cari tahu dan nyobain makanan akhirnya setiap kali traveling sekarang gak mungkin jauh-jauh dari pencarian kuliner juga. Matt bakalan cari tau makanan atau minuman yang dia konsumsi lalu akan berbagi cerita dengan saya. Ternyata makanan sama serunya dengan perjalanan. Makanan punya banyak sekali cerita, sejarah dan dapat menunjukkan karakter dari tempat yang kita datangi.

Sama seperti 2 orang sahabat saya lainnya yang juga suka sekali makan dan traveling. Rabu ini Febby @jalan2liburan akan berbagi tentang kuliner Prancis  dan Aggy @dewtraveler akan bercerita mengenai Bucharest, a Surprising Foodie Destination

Pokoknya minggu ini kita bakalan laper banget deh hehe. Kamu punya cerita juga? share yuk……

#ceritajalanasik is a weekly travel theme where we share our travel stories based on a certain theme by jalan2liburan, nyonyasepatu dan dewtraveller. Check our posts every Wednesday!

This week’s theme : Food Paradise

 

 

Advertisements

42 comments

  1. Klo di Lembang itu ada kelinci goreng dan sate kelinci, denger namanya kayaknya kasian ngebayangin kelinci imut2 dibunuh trus dimakan huhuhu.. tapi aku sempet nyobain sih, rasanya emang enak, mirip daging ayam cuma jauh lebih lembut.

  2. Duh emang ya mbak klo di Budapest smua serba daging, trus aku suka juga rasa smoky khas paprika mereka yg sering dimasukin ke makanan mereka. Kayaknya gule/semur/rendang ala Indonesia gw blg huahahah jadi pas gw ke Bud waktu itu kegirangan abisnya citra rasanya agak mirip Indonesia dikittt. Goulassshhhhh duuh pingin… (Tp gw ga tega deh makan kelinci haha)

    • Gy, kelinci nya parah enak banget. Si Matt suka kelinci tapi mba juga kayak kamu gak tegaaan. Yang kemaren nyicip dikit, kalau gak inget paginya mba baru pegang2 kelinci di halaman istana ini mungkin makan juga hauhaha.

  3. Kalau inget itu kelinci jadi agak2 guilty feeling gitu ya Mba Non makannya ngga tega, tapi penasaran rasanya kayak apa huaahaha

  4. Waktu baca ini aku malah ga fokus buat kepengen nyicipin makanannya, malah bawaannya pengen ikut ketawa dan nari nari sama orang gypsy nya, hahaha, gimana ga seneng ya klo mereka ramah ramah gitu

  5. Ngebayangin kelinci kok aku ngak tega kasihan hahaha. Geli makan nya, pernah makan sate kelinci di puncak lalu muntah ihik ihik

    Eh gw ngak menemukan nikmat nya lontong sayur medan waktu makan disana, entahlah kenapa. Tp suka banget ama bihun nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s