U BEIN BRIDGE, MANDALAY, MYANMAR


U-Bein Bridge Mandalay Myanmar
U-Bein Bridge Mandalay Myanmar

Jembatan  U-Bein adalah jembatan yang berada di Taungthaman Myanmar. Konon jembatan ini adalah jembatan dari kayu jati paling panjang didunia. Panjangnya 1.200 m. Dari ujung satu ke ujung yang lainnya memiliki 984 tonggak teak wood. Sebagian saya lihat sudah diganti dengan tembok, mungkin dimakan waktu dan takut rubuh juga. Jembatan yang cantik ini dan merupakan jembatan yang wajib dikunjungi ketika ke Mandalay . Dibangun tahun 1850 pada masa kerajaan Ava memindahkan ibukotanya ke Amarapura Myanmar.

Jembatan jati ini dibuat dengan menggunakan sisa-sisa kayu jati yang tidak diinginkan atau dipakai dari istana tua karena ibukota kerajaan dipindahkan ke Amarapura. Sampai saat ini jembatan ini masih tetap berfungsi dengan baik. Setiap saat selalu terlihat warga lokal, turis dan monk hilir mudik dari ujung satu keujung yang lainnya. Biksu-biksu biasa menggunakan jembatan ini untuk berjalan dari kuil yang ada di Amarapura menuju kuil yang ada diseberang danau.

Jembatan terdiri dari dua segmen 550 dan 650 meter, jarak dengan sudut sekitar 150 °. Jembatan ini berdiri di log di 1086, beberapa di antaranya kini digantikan oleh pilar beton. Athba.net

Saya hanya 1 hari di Mandalay, rencananya ketempat ini selain penerbangan kami ke Bangkok diambil dari Mandalay, saya juga ingin melihat Monastery.

Sebenarnya kita sudah tiba di Mandalay sejak jam 2 pagi tapi baru bisa masuk kamar jam 4 pagi. Saya sudah ngantuk parah jadi tidak sanggup lagi untuk bangun mengejar kabut pagi disekitaran danau/jembatan. Padahal sudah terbayang bakalan dapat foto bagus seperti dibawah ini atau paling gak melihat pemandangan seperti dibawah. Kira-kira hehe. Trus temen saya hunting foto pun gak sanggup buka mata sejak dari bis. Ya udah kita putuskan ke jembatan disore hari saja untuk melihat sunset.

AMARAPURA, MANDALAY, MYANMAR, AMARAPURA, MANDALAY, MYANMAR - 2013/12/28: Cycling women on the U Bein bridge in Amarapura by a foggy and misty morning, near Mandalay, Burma (Myanmar). (Photo by Marji Lang/LightRocket via Getty Images)
AMARAPURA, MANDALAY, MYANMAR, AMARAPURA, MANDALAY, MYANMAR – 2013/12/28: Cycling women on the U Bein bridge in Amarapura by a foggy and misty morning, near Mandalay, Burma (Myanmar). (Photo by Marji Lang/LightRocket via Getty Images)

Jika ingin mengunjungi U-Bein Bridge, saran saya ya mendingan dipagi ketika matahari terbit atau terbenam. Ini kayaknya waktu paling ok. Kalau sunset bahkan ada paket untuk nungguin matahari terbenam sambil duduk-duduk diatas kapal kayu. Saya baru sadar semua kapal ini nongkrongin matahari terbenam setelah hilir mudik beberapa kali haha. Akibat tidur kurang semuanya pun error.

DSC04078

 

Selama nungguin matahari terbenam sambil berharap bisa mendapatkan foto seperti dibawah ini hehe.

footage.framepool.com
footage.framepool.com

Jadi selama nunggu kita bisa makan-makanan ringan di warung-warung sederhana disekitaran danau sambil melihat warga lokal beraktivitas. Kebanyakan dari mereka berjualan gorengan, semangka atau air kelapa muda. Keliatan enak tapi pada saat itu gigi saya lagi sakit, sehingga cuman minum air mulu sampai gembung hihihi. Gorengan di Myanmar kebanyakan digoreng dengan menggunakan minyak kelapa, harusnya lebih sehat ya, tapi kita pernah nyobain sekali dan saya terbatuk-batuk. Entah karena debu atau gimana.

DSC04039

Karena terbuat dari kayu, jika kita jalan diatasnya maka akan terasa sedikit goyang-goyang. Loni, sahabat saya karena takut hanya nungguin saya jalan sampai keujungnya. Untungnya ketemu temen lain sehingga saya ditemenin dia sampai keujung jembatan. Menariknya dipinggir danau ternyata banyak ladang bunga dan jagung. Termasuk bunga matahari. Sayangnya karena saya sebenarnya lumayan takut juga jalan diatas jembatan kayu yang goyang-goyang semua niat buat ngambil foto buyar haha. Kami lebih sering duduk sambil ngeliatin warga lokal hilir mudik dan ketika matahari terbenam saya mencoba mengambil beberapa foto. Percayalah pemandangan yang saya lihat dengan mata saya kemaren jauhhhhh lebih bagus 🙂

The view of sunset from and around the bridge is perhaps the most beautiful scene around Mandalay. Jadi jangan sampai lewatkan tempat ini jika mengunjungi Mandalay. Jika tidak dapat pagi it’s ok tapi harus….harus….banget datang disore hari untuk melihat matahari terbenam. Jangan lupa kalau masih ada budget untuk nyobain naik perahu untuk melihatnya terbenam. Oya, bawa minuman juga ketika berjalan diatas jembatan tersebut hehe.

Cheers 🙂

u bein bridge
u bein bridge
u bein bridge
u bein bridge
U-Bein bridge Mandalay
U-Bein bridge Mandalay
U-Bein bridge Mandalay
U-Bein bridge Mandalay
U-Bein bridge Mandalay
U-Bein bridge Mandalay
U-Bein bridge Mandalay
U-Bein bridge Mandalay
U-Bein bridge Mandalay
U-Bein bridge Mandalay
U-Bein bridge Mandalay
U-Bein bridge Mandalay – oya ini foto favorite saya

 

U-Bein bridge Mandalay
U-Bein bridge Mandalay
U-Bein bridge Mandalay
U-Bein bridge Mandalay
U-Bein bridge Mandalay
U-Bein bridge Mandalay
U-Bein bridge Mandalay
U-Bein bridge Mandalay
U-Bein bridge Mandalay
U-Bein bridge Mandalay

 

Advertisements

42 comments

  1. Kalau ada temen yg takut suka d isengin dengan makin d goyangin jempatanya 😁 itu fotonya keren-keren butuh brapa jepretan? Pasti nunggu moment juga ya kalau di pikir potografer itu kayak mancing ya butuh kesabaran 😄

    • haha iyaa itu zaman aku masih sekolah dulu gitu deh, kalau goyang2 tambah seru yang gangguin. Aneh aja.

      Gak banyak foto sebenarnya karena kita kebanyakan ngobrol2 sambil nonton mataharinya tenggelam. Aku baru cek ada sekitar 40 jepretan hehe. Dikit banget nih untuk aku.

  2. Bagusnyaaaaa. Kalo jalan di atasnya mungkin ‘biasa aja’ tapi kalo difoto dari sudut-sudut tertentu jadi terkesan keren dan.. somehow romantic 🙂

    • Iya kan, ibu itu duduk disana jualan kalau gak salah hehe. Dia kayaknya seharian deh ditempat itu.
      Ladang bunganya itu yang aku entah kenapa koq malah gak fotoin, samaaa nyesel deh skr

  3. Keren foto nya ! Eh mbak non aku kasih tips biar klo makan gorengan ga batuk2 tuh habis makan gorengan harus ditemenin timun ! Jadi timun akan menetralisir *benar g sih bahasanya 😅 minyak di tenggorokan biar g serret n batuk-batuk.

  4. mba non… tanya dong. biar dapat spot2 bagus pas foto2an gitu, harus bulan berapa ya ngetrip ke myanmar-nya? ada rencana taon depan ambil cutinya untuk klayapan ngejar matahari kesana nih. thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s