Why I Love Prague


Prague
Prague

Walaupun saya pernah membicarakan Negara ini dengan Matt atau temen-temen saya tapi gak sekalipun saya ngimpi bakalan kesini. Makanya begitu kita beli tiket dan visa udah ditangan saya hampir gak pengen browsing tentang apapun disana. Biarlah semuanya jadi kejutan aja. Tapi mana mungkin hehe. Jadilah saya browsing walaupun dikit. Paling utama dikepala saya adalah Charles Bridge dikala sunrise. HARUS! Semua orang pasti tau kalau saya tergila-gila dengan sunrise dan sunset.

Trus gimana Prague?

Penerbangan kita kemaren dengan Turkish Air berjalan mulus walaupun pas nyampe di Prague, persis diantrian imigrasi dan saya dapat signal, bermunculan lah chatting’an Febby dan Aggy. Salah satunya ada bom di Turki dan kecelakaan pesawat. Eh 2 ya itu hehe. Mereka berdua ini nanyain saya terus tapi Febby tau kalau saya gak punya wifi sih untungnya pinter  loh  dia nyari dari temen saya , Ika. Hahaha. Begitu tau Ika posting IG, dia santai kalau saya gak jadi keluar dari airport. Tadinya saya mau ngambil paket free tour dari Turkish Air.

Oya balik ke Prague.

Pesawat kita hampir landing ketika saya yang duduk didekat jendela lihat kelinci. Iyaaaaa KELINCI lari-lari dilapangan rumput bandara. Bukan cuman satu tapi ada beberapa dan gede banget. Untung saya pakai kacamata waktu itu. Begitu lihat kelinci dilapangan terbang saya udah tahu bakalan cinta banget Negara ini.

Sebenarnya kita juga mikir ini kelinci apa gak bahaya ya? Takut aja dia lari ke runway atau di pelataran parkir pesawat.

Supir Taxi nyetir gila-gilaan. Huhaha…mau ketawa gak sih, saya kan anak Medan jadi ngeliat supir ugal-ugalan berasa kayak dirumah sendiri hihihi. Kita sampe ngikik rame-rame karena berasa di Medan.

Orang Prague itu pelit senyum paling gak yang saya temuin. Gak semua karena kita juga ketemu ibu setengah tua yang baik banget sampe nganterin kita ke Charles Bridge. Baik ya,  padahal sebelum-sebelumnya saya selalu dilengusin. Nanya kepetugas kereta diusir, nanya keorang kalau gak ditinggalin yah paling dijawab gak jelas. Kayaknya sih factor bahasa. Cuman pas kita ngambil walking tour trus kita cerita ke guide apa emang mereka agak-agak kaku gitu, dia langsung bilang “welcome to Prague” emang mereka kayak gitu. Tapi……who cares, I LOVE PRAGUE. Udah mirip kaos souvenir huhaha.

MEWEK. Jadi yah hari pertama kita di Prague saya hampir mens yang artinya setan tanduk 2 juta dan muka merah membara lagi menguasai tubuh dan jiwa saya. Kita terutama Matt hidup dalam tekanan dalam beberapa hari itu. Nah, kita sempetlah yah salah ketemu stasiun bus/tram yang bikin saya telat dapat SUNRISE. Udah dibilang kan kalau dapetin SUNRISE itu paling penting dalam trip ini hehe. Karena kelewatan dan jalan jauh banget, plus pake ngamuk-ngamuk sampe setannya ngos-ngos’an akhirnya kita nyampe dong di CHARLES BRIDGE. Yang saya lakukan adalah……..

Tiba-tiba langit mendung tanpa matahari itu gak penting lagi. Ada banyak burung merpati terbang (well emang iya sih hhehe) trus………….oh Tuhan kenapa tempat ini cantik banget. Saya gak pernah lihat pemandangan secantik ini kecuali di toko sepatu. Percayalah saya nangis terharuuuuuuuuuu…………

Ok gak bisa dibandingkan ama toko sepatu, pemandangan didepan mata saya beneran bagus banget. Walau saat itu sebenarnya yang saya pandangi adalah petugas kebersihan yang tekun banget bersiin jalanan. Dibelakang petugas itulah semua keindahan kota Prague.

Beer murah, semurah-murahnya sampai males minum air putih haha. Ehh ini gak untuk saya deng . Karena murah banget dan terlalu banyak bar kece kita sampai suka ngintip-ngintip liat trus tanpa sadar udah order. Makanya bar crawl di Prague sukses besar deh. Berduaan aja hehe.

Prague
Prague

Sepi…..sepi…….sepi

Selain dipusat kota atau tempat-tempat turis entah kenapa koq kayaknya sepi banget dan saya sukaaaaaaaaaaaa. Kadang-kadang serem juga sih karena saking sepinya sampai gak keliatan orang satupun hihihi.

Bunga dimana-mana

Prague
Prague

Jadi kita datang itu pas awal Spring. Saya gak pernah Spring diluar negeri. Jadi kayak yang ajaib aja ngeliat kuntum-kuntum bunga di tanah atau dihutan kecil atau dimana ajalah. Trus daun-daun juga kayak udah siap meledak gitu bermunculan. OMG………betapa ketika kita jauhhhh dari Indonesia ngeliat daun mau bersemi kayak gitu berasa besarnya kekuasaan TUHAN ya.

Sebelum saya berangkat, inget kan kalau saya sakit sampai masuk rumah sakit. Sampai saya berangkat pun masih suka ngerasain sesak nafas terutama pas lagi laper, emosi dan capek. Begitu masuk Prague tanpa saya sadar segala sesak nafas itu hilang. Beneran hilang. Ini akibat liburan atau emang udaranya yang bersih?

Sejarah

Prague
Prague

Saya tahu Indonesia juga punya sejarah yang menarik tapi ketika di tempat ini, setiap kali pulang atau ketemu wifi yang kami lakukan selain upload foto ke socmed (itu saya), baca berita, chat tentu saja browsing cerita/sejarah dari tempat yang baru kami datangi. Memastikan ceritanya atau malah nyari-nyati tempatnya. Sungguh ini menyenangkan sekali dan sekaligus menyedihkan ketika tahu sejarah gelap.

Suami saya juga seneng karena ada beberapa tempat yang berhubungan dengan Polandia yang bikin dia penasaran cari tahu. Sungguh saya harus terima kasih ke Febby dan Yvan karena udah maksain kita ganti rute jalan-jalan kemaren.

Binatang yang Ramah

Prague
Prague

Tau gak saya dan Matt memastikan kalau kita masuk satu Negara dan ketemu binatang-binatang yang ramah (misalnya angsa, anjing, tupai, burung2) kemungkinan besar dinegara itu binatang diperlakukan dengan sangat baik. Dan ini saya lihat disini. Ada beberapa sih pemilik anjing yang brengsek banget dan Matt sampai kesel banget juga tapi mayoritas semua binatang2 itu manis banget. Kalau kita liatin kayak minta disayang-sayang gitu. Coba kalau liat angsa di Medan, saya sih mending kabur daripada disosor. Bekas disosor angsa waktu kecil masih melekat di paha saya hihihi.

Negeri Dongeng

3

Saya besar dengan segala dongeng. Mulai dari raja yang punya anak 40 orang sampai Beauty and the Beast. Peri, istana, puteri sampai pangeran dengan kuda putih adalah mimpi saya mungkin haha. Saya masih percaya kurcaci dan peri masih ada loh. Melihat dengan mata kepala sendiri istana cantik dan rumah-rumah dengan atap merah seperti membawa saya kedalam masa kanak-kanak ketika mendengarkan dongeng puteri dan pangeran adalah kegiatan favorite.

Kuliner

13

Ini makanan paling saya suka selama di Prague. Ada juga di Budapest dengan nama Kurtoz. Sumpah enak banget. Wanginya pun enak sekali. Setiap hari kalau lagi di Easter Market saya usahain berdiri deket-deket stand yang jual si Kurtoz ini atau di Prague disebut TRDELNIK karena wanginya yang menyenangkan. Sayang saya harus mengurangi konsumsi gula kalau gak bisa tiap hari saya makan ini 🙂

Top 5 Prague Pastries To Try On Your Next Czech Republic Trip

Ahhhh sebenarnya hampir semua yang saya lihat kemaren di Prague, kita suka banget. Namanya pun liburan ya hehehe

 

 

 

 

Advertisements

99 comments

  1. Non, foto yang bikin nangis yang mana non..
    Foto di IG itu ya atau..? Penasaran nie..

    Wah aku bisa nangis kejer kalau bingung trus aku tanya pada ngak ada yang jawab serasa hidup sendiri,

  2. baguss dan bersih bgt ya mba kayaknya disana awwwwwww btw aq tau prague dari novel2 jaman dulu keknya deh pas masih SD suka bacain trus penasaran banget karna katanya itu kota romantis bner ga sih hihihihhi

  3. Keren ih. Semoga bisa ke sana sama pasangan dan anak. Aamiin. Bunganya muncul sambil malu-malu tersipu gitu ya mbak. Cantiiikk banget. Aku suka foto Mbak Non sama Matt. Ih iriii 🙂

    • Hahaha…kalau ditempat2 wisata gak sepi koq Olip, rame banget malahan. Kita kebetulan kemaren salah pilih tempat nginep jadi agak jauh dari keramaian walaupun deket supermarket, toko, bar sama resto

  4. Noni, aku sempet tanya soal makanan yang bundar itu ke temenku yang memang asalnya dari Praha tapi tinggal di sini di Kopenhagen. Dia sempet bingung maksudnya apa, tapi setelah aku kasih deskripsi dia baru ngeh. Rupanya itu makanan / snack baru aja ngetren, tadinya emang jarang yang jual. Pantes, waktu aku ke Praha beberapa tahun lalu kayaknya ga ada deh yang jual itu.

    Soal bir, emang murah banget, inget waktu ke Praha pas mau bayar bir sampe bingung ini apa salah hitung ya di bill nya, ternyata enggak haha

  5. Itu beneran Charles Bridge-nya sepi gitu?? Ini negara beneran buat kita susah move-on ya mbak lol atmosfirnya itu loh romantis parahhhhh! Tapi ya itu lah orang Ceko emang rata-rata pemalu semua dan kebanyakan dari mereka gak bisa bahasa Inggris makanya langsung melengos daripada salah ngomong hahaha. Tapi begitu udah temenan, macem friends for life gitu lah 🙂 Aaahh mau balik ke sanaaaa!

    • Itu pagi2, sekitar jam 8 gitu deh. Aku biasa kesana jam 7-8 pagi hehe. Biar sepi. Niat bangetlah pokoknya.

      Iya memang mereka kayaknya karena faktor bahasa aja sih, kalau gak lumayan ramah juga kalau ditegur.
      Ahhh pengen kesana lagi

    • Zilko, kamu mah ini kayak selemparan kolor doang. Deket hahaha.
      Sampe disayang2 ya Zi tapi beneran deh bagus, kayaknya seminggu gak cukup nih buat ke Prague dan sekelilingnya.

  6. aq gagal fokus di bagian foto ciuman kalian.
    ahh berasa menyaksikan pemandangan romantis *hehe agak lebay ya 😛

    prague bagus ya kak, aq pernah baca novel dg setting prague dan sempet berkhayal bisa ksna..
    ahh someday kali yaah bisa ke europe.

  7. Ahh jadi kangen Praha…
    Dulu waktu ke Czech kita nginep nya di kota Kralice daerah pegunungan gitu Dan terkenal dgn kelinci nya, krn deket dengan perbatasan Jerman kita malah lebih banyak jalan ke kota kota Jerman sampe nyampe ke Dresden Dan Leipzig juga, tapi seru juga walau babak belur mesti ngejar ngejar si kembar yg msh dua tahun hahaha. Akhirnya seminggu di Czechoslovakia cuma sehari aja ngubek ngubek Praha, ga puas hahaha.
    Sampe kita berdua bilang mesti diulang lg ke sana….

    Non fotonya keren, romantis

    • Makasih Yang…

      Ihh iya ya beneran deh Eropa itu kayak negeri dongeng, gak tau kenapa koq bisa haha. Baru 4 negara aku datangi sih tapi dari yang 4 itu semuanya beneran bikin ngayal abis2an

      • Sama Non, aku juga dibesarin dgn cerita putri pangeran, walaupun udah tua begini kalo liat castle langsung ngayal abis, eh Ibuku pun begitu…
        Dan ternyata majalah bobo asalnya Dari Belanda, cerita Pak janggut Dan kantong ajaibnya pun ternyata beken disini

      • Tosss hahaha anak negeri dongeng jadi kangen nirmala oki. Oh ya disini Pak janggut namanya Douwe Dabbert. Komiknya jaman dulu jaman suami masih kanak kanak.

        Ayo Non ke eropa lg, sayang Belanda ga banyak castle nya. Budapest keren juga, ga tau kenapa aku lebih suka ke eropa arah Timur gitu selain beda dgn Belanda juga karena banyak yg lebih murah terutama makanan, nah giliran ke negara lebih makmur Belanda sebangsa Denmark dan Sweden, langsung deh pas Belanja mikir, bandingin harga hihihi

      • Hshaha mauu banget Yang, belon ke kota kamu juga kan ya kemaren gak sempet. Masalahnya kesana itu mahal dan jauh banget hiks.

        Ehh pak Janggut kapan itu bisa didonlot lagi haha. Aku baca2 sambil inget2 masa kecil. kangen ah

  8. Baru semalam saya baca chat teman yang bilang bir dan kurtoz membuat Praha tambah cantik di matanya, hahaha.. Semakin pingin kesanaaa, dan Jerman tentunya.

  9. Mak kak ada kelinci lari2 dengan runway alamak aku tk nampak hahahaha iya kak bikin kangen ya prague ini (lebih tepatnya kangen sama yang stay di PRAGUE ) Hahahha emeber kak, pelit senyum muka datar, blom lagi kalo serve makanan atau minuman di banting ke meja depan muka , kaget gua hahahahha kalo di indonesia udah di nyinyirin emak2 sini ka ya hahahhah dan iya supir taxinya ke supir taxi or angkot Medan di Batam jug gitu kak secara banyak orang medan di sini hahahha

    but I Fall in love with this City for sure

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s