10 Tempat Wisata Menarik Di Medan dan Sekitarnya


Dalam beberapa bulan ini saya kedatangan temen-temen dari luar kota Medan. Sebagian besar menanyakan tempat wisata/tempat yang menarik di Medan itu mana aja. Rata-rata langsung ngomongin soal Danau Toba atau Berastagi. Sebenarnya saya cukup bingung kalau ditanyain Medan tapi dijawabnya Danau Toba atau Berastagi.

Sekedar informasi aja, Danau Toba itu sekitar 5-6 jam dengan perjalanan darat sementara Berastagi sekitar 1-2 jam. Danau Toba dan Berastagi juga bukanlah kota Medan lagi.  Ada beberapa tempat lagi seperti Bukit lawang, Tangkahan dll,  Semua itu bukan di kota Medan. Lebih cocok kalau pertanyaannya adalah tempat menarik di Sumatera Utara trus masukin deh Danau Toba, Berastagi, Danau Linting, Kolam Abadi, Bukit Lawang dll.

Ini saya list beberapa tempat yang letaknya memang di Kota Medan atau jaraknya sekitar 1 jam dari kota Medan yang bisa dikunjungi jika ke kota Medan dan gak punya terlalu banyak waktu 🙂

01. Mansion Tjong A Fie

dsc029031

Tentang Mansion Tjong A Fie bisa dibaca disini ya https://nonikhairani.com/2015/01/21/mansion-tjong-a-fie/

02. Mesjid Raya dan Istana Maimun

i22

Tulisan saya tentang istana Maimun bisa di cek disini https://nonikhairani.com/2014/03/13/lost-legacy-of-istana-maimun/

Nah Istana Maimun, kolam Dewi dan mesjid Raya itu berdekatan jadi bisa didatangi sekaligus. Bisa jalan kaki juga karena deket. Disini paling bagus menjelang sore sih karena mesjid Raya itu cantik banget difoto menjelang sunset.

03. Penangkaran Buaya Asam Kumbang

Crocodile Farm Asam Kumbang Medan Sumatera Utara
Crocodile Farm Asam Kumbang Medan Sumatera Utara

Peternakan buaya ini udah ada sejak saya kecil. Udah lama bangetlah. Trus letaknya deket banget dari rumah orang tua saya yang lama. Jadi ada satu cerita mengenai peternakan buaya ini. Saya udah cerita beberapa kali tapi lumayanlah ya buat yang belum pernah baca ceritanya.

Jadi ini pas bulan puasa, saya masih kecil piyik. Rumah kita waktu itu lagi di renovasi dan sudah masuk ke puasa malam 20an. Malam-malam abis ngaji ibu saya denger suara kresek-kresek. Dia pikir tukang yang kerja lagi jalan dideket rumah. Lama-lama suara kresek-kreseknya makin deket kerumah, dibukalah jendela buat ngintip ehhhhh…. gak taunya buaya berhenti di teras rumah sambil kedip-kedip matanya hahaha. Ibu saya kaget setengah mati dan menjerit-jerit manggil kakek-kakek tetangga kita. Si kakek ngintip dari jendela kayunya dan pas liat buaya dia banting jendela. Buayanya lari dan ramailah satu kampung. Semua orang berusaha ngejer si buaya termasuk ayah saya yang saat itu masih muda. Beliau pake sarung, saya masih inget banget nanyain kenapa dia pake sarung ngejer buaya “iya… supaya kalau digigit ayah bisa gampang ngelepasin sarungnya” hadew… kacaw banget.

Akhirnya si buaya tertangkap sih karena masuk ke comberan orang. Dari situ kayaknya saya jadi males kalau disuruh ngeliat buaya lagi haha.

04. Kawasan kota tua/pecinan

sarungkoper.com
sarungkoper.com

Medan sebenarnya punya potensi untuk wisata heritage karena banyak sekali bangunan-bangunan tua (sebagian besar terbengkalai) salah satu kawasan yang paling banyak kota tuanya terletak di daerah Kesawan. Di daerah ini juga JW Marriott Medan, jadi kalau gak punya banyak waktu nginep disana aja hehe.

Di daerah Kesawan ada beberapa gedung cantik seperti Lonsum (foto), gedung BI yang bersebelahan dengan hotel Grand Aston, Gedung kantor Pos, Mansion Tjong A Fie, jejeran toko-toko tua dan masih banyak lagi. Pokoknya buat yang suka gedung-gedung tua belusukan aja disini pasti seneng.

Lebih seneng lagi karena  karena ada beberapa spot kuliner wajib disini seperti Soto Kesawan, Tip Top, Merdeka Walk, Sate Bata dan masih banyak lagi.  Jadi kepikiran buat motret kawasan ini. Nanti saya posting lebih lengkap deh 🙂

05. Graha Bunda Maria Annai Velangkanni

www.ekaristi.org
http://www.ekaristi.org

Tempat ini sebenarnya adalah gereja dan juga tetapi didesain menyerupai vihara atau kuil. Letaknya juga gak terlalu jauh dari penangkaran buaya, jadi bisa sekalian jalanlah kalau kesini. Buat yang suka arsitektur saya pikir bakalan seneng datang kesini. Saya pernah datang sekali tapi karena ramai jadi gak sempet ngambil foto. Mungkin next time 🙂

  1. Alamat: Jl. Sakura III No. 7-10, Perumahan Taman Sakura Indah, Tanjung Selamat, Sumatera Utara
    06. Vihara Gunung Timur
www.skyscrapercity.com
http://www.skyscrapercity.com

Letaknya persis di tengah-tengah kota di pinggir sungai. Paling ramai menjelang hari-hari kebesaran agama Budha. Arsitekturnya keren banget dengan warna merah yang mendominasi.

Jl. Hang Tuah, Hamdan, Sumatera Utara 20151

07. Romance Bay

www.medanwisata.com
http://www.medanwisata.com

Pantai ini sedang naik daun di Medan. Anak-anak muda Medan pokoknya belon gaullah kalau belon kesini. Termasuk saya haha. Jadi Romance Bay ini bukan terletak di Medan melainkan di Perbaungan. Sekitar 1 jam perjalanan darat.

Buat yang pengen kesini bisa langsung cek websitenya http://pantairomantis.com/

08. Belawan

https://nonikhairani.com/2015/05/04/live-in-belawan-belanja-keramik-murah-di-medan/
https://nonikhairani.com/2015/05/04/live-in-belawan-belanja-keramik-murah-di-medan/

Belawan sebenarnya bukan tempat yang asik untuk berwisata sih hehe. Air lautnya berwarna coklat tapi kalau suka keramik dan kota-kota tua boleh nih main ke Belawan. Di Belawan ada beberapa tempat yang masih memiliki beberapa bangunan-bangunan tua. Mesti jeli sih ngeliatnya. Soalnya seperti layaknya kota-kota di pinggir pelabuhan, Belawan ini terkesan kumuh dan berdebu. Makanya harus diperhatikan bener-bener.

Medan ke Belawan hanya sekitar 1 jam dengan menggunakan mobil/motor jadi masih oklah ya 🙂

09. Birding Cemara Asri

10897858_10204304277021129_2807664412103289099_n

Birding di Medan? bisa gak? bisa dong tapi bukan di tengah kota Medan 🙂 . Jadi di Medan ada satu kompleks perumahan. Namanya Cemara Asri. Sebenarnya letaknya antara Medan – Belawan. Jadi kalau mau ke Belawan sore-sore bisa mampir kesini buat liat burung. Rata-rata burung yang main ke Cemara Asri (lihat di kolam dekat vihara) datang di sore hari. Seru juga melihat berbondong-bondong burung kuntul pulang kerumahnya. Setelah dari sini bisa langsung makan seafood di Cemara Asri.

Selain liat burung dan makan seafood, di Cemara Asri juga ada satu vihara besar banget. Tempatnya bagus dan paling pas didatangi sewaktu hari-hari besar karena biasanya ada beberapa kegiatan menarik disini.

https://nonikhairani.com/2015/01/05/7184/

10. Pedagang Bunga di Gg Mardisan Tj Morawa

dsc00153

Mungkin buat beberapa orang tempat ini kurang menarik tapi buat saya cukup menyenangkan ke tempat ini buat belanja bunga atau liat-liat aja. Saya pernah menuliskan tempat ini di https://nonikhairani.com/2014/12/01/christmas-trees/ silahkan cek aja 🙂

Alamat: Gang Madirsan, No. 68, Tanjung Morawa

Ada 10 tempat wisata menarik di kota Medan dan sekitarnya yang boleh dikunjungi dalam waktu 1 – 2 hari. Tergantung pilihannya. Jangan sampai ada yang DM lagi ke saya dan kebingungan kenapa jauh banget ke Danau Toba hehe padahal pesawatnya bentar lagi berangkat 🙂

Oya mungkin ada tempat lain lagi yang menarik di Medan dan sekitarnya, boleh banget ditambahkan di kolom komen ya.

Advertisements

49 comments

  1. Mbak Nonii.. Makasih bangt postingannya. Langsung disimpen. Hihihi. Kalo saya paling nambahin tukang jualan duren di mana pun itu tempatnya di Medan. Hahahaha. Btw itu alesan pake sarungnya saya pikir ada mistis – mistisnya. Hahahaha.

  2. Astaga Mbak, ada yang sampai DM nanyain kenapa ke Danau Toba itu jauh banget? *tepok jidat* Yah, orang memang jenisnya ada bermacam-macam… :hehe.
    Medan memang keren, euy. Wisata sejarah dan alamnya lengkap banget. Saya rekomendasi satu lagi Mbak, menara air di Jl. Sisingamangaraja, yang di kantor PDAM itu. Ceritanya ternyata maknyuss banget, termasuk juga pemandangannya di kala senja kalau ditatap dari ketinggian :hehe.

  3. Non, andaikan dulu pas aku kerja sering riwa riwi ke Medan sudah kenal kamu ya, lebih asyik kayaknya menikmati Medan. Tapi kayaknya tahun segitu kamu lagi di Surabaya ya mukimnya. OOT dengan topiknya, aku dulu sering diajak ke tempat makan yang satu gang isinya chinese food semua. Lupa nama areanya. Deket dengan hotel biasa aku nginap (lupa pula nama hotelnya hihi). Itu makanan nampak enak semuaaa ya *ngiler sekarang aku

    • iya ya Den, telat kita kenalnya hahaha. Aku kan tiap tahun pulang 2-3 kali ke Medan waktu masih di Surabaya, jadi mungkin malah bisa janjian ketemuan 🙂

      Ada banyak sekali sih area kayak gitu di Medan. Jl Semarang, selat panjang, pagaruyung dll.

  4. lagi iseng blogwalking, ketemunya blog ini. Salam kenal mba noni 🙂 Dulu sempat mengunjungi Mansion Tjong A Fie, Istana maimun dan Kawasan kota tua, keliling pakai Bentor. Hihi. Yang paling aku suka kawasan kota tua, arsitekturnya keren keren 🙂

  5. untung bukan orang medan jadi masih bisa disbut gaoel meskipun belum ke Romance Bay.
    jadi pengen ke romance bay kali aja dapet jodoh 🙂

  6. Danau Toba atau Berastagi <~ ini memang paling sering didengar kalau orang ngomongin medan mbak 😀 E tapi ternyata banyak juga tempa menarik di medan selain dua tempat itu~ *aku belum pernah kesana euy*

  7. Nambahin dikit Mbak Non hehe, Hairos Waterpark, Danau Siombak, trus kawasan Ring Road, tapi Ring Road lbh ke wisata kuliner keknya ya Mbak. Btw aku blm pernah ke Romance Bay, gak anak gaul dong ya hihihi 😁

  8. Hai Kak Noni, salam kenal. Aku baru sekali ini mampir ke blog Kak Noni setelah sering melihat komen Kak Noni di beberapa blog dari blogger yang aku kenal/tahu trus follow instagramnya juga deh. Hihi. Mungkin kalau di Kota Medannya lebih banyak wisata kuliner kali ya Kak 🙂

  9. dulu sempet ke medan, langsung meluncur ke danau toba pulang pergi dalam satu hari.
    dan cuma sempet makan soto medan, pancake nelayan, makan seafood dan makan d rumah makan tua yang mirip toko oen lupa namanya…

    kayaknya asyik yah jalan2 ke tempat di atas buat hunting foto 🙂

  10. nyumbang komen ya kk…eh sebelumnya salam kenaaal hehee. restoran terapung Bagan percut juga lumayan seru kak….walo airnya jorok banyak sampah tp overall bolehlaaaahh makan seafoodnya dan ngerasain naik perahu dan makan ditengah2 lautan.
    oya, kebun bunga yang di Tg. Morawa ada kaktus kah???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s