Mansion Tjong A Fie


Mansion Tjong A Fie - Medan
Mansion Tjong A Fie – Medan

Akhirnya setelah berpuluh tahun tinggal di Medan, saya menginjakkan kaki juga ke Mansion cantik ini. Sudah beberapa kali rencana ketempat ini hanya berakhir dengan  sekedar rencana. Mulai dari gak dapet parkir sampai panas di kota Medan yang membuat rencana batal trus-menerus. Belon lagi alasan tarsok-tarsok karena jarak mansion ini hanya sekitar 10 KM dari rumah. Kalau dari kantor cuman selemparan kolor doang. hehe.

Tjong A Fie adalah tokoh legendaris di kota Medan. Orang terkaya di kota Medan. Pengusaha perkebunan, bank dan berbagai macam bisnis lainnya. Teramat sangat berjaya dimasanya. Pokoknya tajir parah.

Mansion yang terletak di jalan A. Yani Medan ini dibangun untuk istri ketiganya. Tjong A Fie sendiri memiliki 3 orang istri yang berasal dari Cina, Penang dan yang terakhir dari Medan. Istri ketiga seorang perempuan Cina keturunan. Dari istri ketiga ini beliau memiliki 7 orang anak. Sampai saat ini mansion ini masih ditempati oleh cicit dari Tjong A Fie, ibu Mimi.

Tjong A Fie meninggalkan Cina pada umur 18 tahun. Berlayar hingga ke Medan mengikuti kakaknya. Menurut guide karena Tjong A Fie sangat pintar berkomunikasi dan memiliki darah bisnis, akhirnya beliau mempunyai hubungan yang dekat dengan Sultan Deli. Sangking dekatnya Sultan Deli mempercayakan pengelolaan perkebunannya kepada beliau. Inilah awal kesuksesan Tjong A Fie. Di mulai dari kebun dari berakhir dengan berbagai macam bisnis seperti hotel, bank dll.

Sepanjang hidupnya Tjong A Fie banyak sekali membantu orang-orang disekitarnya. Pembangunan kelenteng, mesjid, gereja diberbagai daerah. Di ruang kerja beliau ada sebuah foto laki-laki menarik becak dan pada saat itu Tjong A Fie, menghapuskan becak yang ditarik manusia. Menurut beliau manusia itu tidak boleh ditarik oleh manusia juga sehingga becak pada saat itu ditarik oleh kuda.

Pada 4 Februari 1921, Tjong A Fie meninggal dunia karena apopleksia atau pendarahan otak, di kediamannya di Jalan Kesawan, Medan. Seluruh kota Medan gempar dan turut berkabung, ribuan orang pelayat datang berduyun-duyun bukan saja dari kota Medan, tetapi dari berbagai kota di Sumatera Timur, Aceh, Padang, Penang, Malaysia, Singapura dan Pulau Jawa.

Mansion ini sendiri masih terawat sangat baik. Menurut guide (Desi), baru-baru ini mereka menerima bantuan dari konsulat Amerika untuk merestorasi beberapa ruangan, padahal kantor pariwisata persis disebelah mansion, loh.

Didalam mansion kita bisa menemukan macem-macem barang-barang lama. Mulai dari piano sampai tungku batu untuk memasak. Seluruh bangunan ini dibangun berdasarkan arsitektur Eropa, Melayu dan Cina. Lantai dari tegel kunci didatangkan langsung dari Italia dan merupakan handmade. Lampu-lampu hias cantik dari Eropa. Secara keseluruhan kita bisa melihat semua unsur tersebut bersanding mesra. Pintu dan kayu khas Melayu cantik yang masih bertahan hingga saat ini. Pokoknya keren parah.

Di Penang, saya sempat menemukan bangunan yang mirip sekali dengan mansion Tjong A Fie. Cobalah ke Mansion Peranakan di Penang yang didominasi warna merah, bentuknya sama banget hanya disana jauh lebih banyak barang peninggalan pemilik sebelumnya. Pasti ada garis merah antara mereka tapi entah apa.

Mansion yang terkenal spooky ini katanya menyimpan banyak cerita mistik. Entah benar atau tidak tetapi sewaktu kita disana kemaren hampir gak ada kejadian aneh-aneh. Menurut temennya temen saya, jangan lupa berfoto di pintu gerbang karena mitos, hanya pintu gerbang yang ditangkap kamera sedangkan kita tidak akan terlihat hehe. Saya sih gak nyoba kemaren karena gak tau 🙂

Untuk yang datang ke Medan, mansion ini termasuk tempat yang wajib dikunnjungi 🙂 harga tiket Rp 35.000 dan buka dari jam 09.00 – 05.00 sore. Pastikan setelah berkunjung ketempat ini untuk makan siang/minum es cream di 3 tempat dibawah ini 🙂

http://www.tjongafiemansion.com/index.html

01. Tip Top

Ini adalah resto tua, mirip Toko OEN. Menu istimewanya adalah bitterballen, bistik dan ice cream 🙂 saya rekomendasi nasi gorengnya. Lokasinya persis di depan Mansion .

02. Soto Kesawan

Ini adalah soto tua yang terletak diantara ruko-ruko tua di jalan kesawan. Hanya perlu berjalan sekitar 2 menit dari Mansion. Soto yang menu utamanya udang, babat, segala jeroan, daging dan ayam ini paling enak disantap panas-panas sambil keringetan hehe.

03. Sate Bata/Ice Cream Bata

Cuman tenda-tenda sih tapi terkenal banget di Medan. Wajib cobain kalo emang suka nyobain makanan Padang 🙂

Enjoy Medan

Bebok
Bebok
Ruangan utama
Ruangan utama
Ruangan utama dimana piano berada. Katanya piano itu suka bunyi2 sendiri hehe.
Ruangan utama dimana piano berada. Katanya piano itu suka bunyi2 sendiri hehe.
Salah satu lampu yang berasal dari Eropa
Salah satu lampu yang berasal dari Eropa
That's Tjong A Fie
That’s Tjong A Fie
Ruangan Melayu tempat Tjong A Fie biasa menjamu sultan Deli
Ruangan Melayu tempat Tjong A Fie biasa menjamu sultan Deli
Sebagian peralatan ngeteh
Sebagian peralatan ngeteh
Salah satu sultan Deli (lupa nama) tapi ganteng ya
Salah satu sultan Deli (lupa nama) tapi ganteng ya
Sudut2 di ruangan Melayu
Sudut2 di ruangan Melayu
Semuanya handmade dan pelukis-pelukis didatangkan langsung dari Cina.
Semuanya handmade dan pelukis-pelukis didatangkan langsung dari Cina.
Lampion
Lampion
Cantik ya, ada beberapa tempat yang kita dilarang memotret plus guide gak bolehin kita motret deket2
Cantik ya, ada beberapa tempat yang kita dilarang memotret plus guide gak bolehin kita motret deket2
Dengan bu Mimi
Dengan bu Mimi

DSC02877

Me and Bebok
Me and Bebok

???????????????????????????????

:)
🙂
:)
🙂
jendelanya pengen dibawa pulang
jendelanya pengen dibawa pulang
Ruangan menjahit mendiang istri pak Tjong A Fie
Ruangan menjahit mendiang istri pak Tjong A Fie
Buku-buku yang beliau baca
Buku-buku yang beliau baca
Ruang tidurnya.
Ruang tidurnya.
Didalam kamar
Didalam kamar
:)
🙂
Cakep
Cakep
Pakaian mereka
Pakaian mereka
Salah satu keramik peninggalan beliau
Salah satu keramik peninggalan beliau
Ruang santai
Ruang santai
Ruang makan dengan peralatan yang mengundang :)
Ruang makan dengan peralatan yang mengundang 🙂
ARghhh mauuuu
ARghhh mauuuu

DSC02900

Rantangnya imut banget
Rantangnya imut banget
mansion Tjong a fie
mansion Tjong a fie

DSC02915 DSC02916 ??????????????????????????????? DSC02923 ???????????????????????????????

ruang tidur anak perempuan
ruang tidur anak perempuan
ruang tidur anak perempuan
ruang tidur anak perempuan
:)
🙂
:)
🙂
mansion Tjong a fie
mansion Tjong a fie

IMG_1724 IMG_1726

Advertisements

139 comments

  1. foto2nya bagus banget kak Noni… Bikin saya ingin datang lagi ke sana..
    Saya juga sejak kecil ke Medan, tapi baru masuk ke rumah Tjong A Fie beberapa tahun yang lalu.. Sebelumnya, ya itu sama, tarsok tarsok.. 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s