Mansion Tjong A Fie


Mansion Tjong A Fie - Medan
Mansion Tjong A Fie – Medan

Akhirnya setelah berpuluh tahun tinggal di Medan, saya menginjakkan kaki juga ke Mansion cantik ini. Sudah beberapa kali rencana ketempat ini hanya berakhir dengan  sekedar rencana. Mulai dari gak dapet parkir sampai panas di kota Medan yang membuat rencana batal trus-menerus. Belon lagi alasan tarsok-tarsok karena jarak mansion ini hanya sekitar 10 KM dari rumah. Kalau dari kantor cuman selemparan kolor doang. hehe.

Tjong A Fie adalah tokoh legendaris di kota Medan. Orang terkaya di kota Medan. Pengusaha perkebunan, bank dan berbagai macam bisnis lainnya. Teramat sangat berjaya dimasanya. Pokoknya tajir parah.

Mansion yang terletak di jalan A. Yani Medan ini dibangun untuk istri ketiganya. Tjong A Fie sendiri memiliki 3 orang istri yang berasal dari Cina, Penang dan yang terakhir dari Medan. Istri ketiga seorang perempuan Cina keturunan. Dari istri ketiga ini beliau memiliki 7 orang anak. Sampai saat ini mansion ini masih ditempati oleh cicit dari Tjong A Fie, ibu Mimi.

Tjong A Fie meninggalkan Cina pada umur 18 tahun. Berlayar hingga ke Medan mengikuti kakaknya. Menurut guide karena Tjong A Fie sangat pintar berkomunikasi dan memiliki darah bisnis, akhirnya beliau mempunyai hubungan yang dekat dengan Sultan Deli. Sangking dekatnya Sultan Deli mempercayakan pengelolaan perkebunannya kepada beliau. Inilah awal kesuksesan Tjong A Fie. Di mulai dari kebun dari berakhir dengan berbagai macam bisnis seperti hotel, bank dll.

Sepanjang hidupnya Tjong A Fie banyak sekali membantu orang-orang disekitarnya. Pembangunan kelenteng, mesjid, gereja diberbagai daerah. Di ruang kerja beliau ada sebuah foto laki-laki menarik becak dan pada saat itu Tjong A Fie, menghapuskan becak yang ditarik manusia. Menurut beliau manusia itu tidak boleh ditarik oleh manusia juga sehingga becak pada saat itu ditarik oleh kuda.

Pada 4 Februari 1921, Tjong A Fie meninggal dunia karena apopleksia atau pendarahan otak, di kediamannya di Jalan Kesawan, Medan. Seluruh kota Medan gempar dan turut berkabung, ribuan orang pelayat datang berduyun-duyun bukan saja dari kota Medan, tetapi dari berbagai kota di Sumatera Timur, Aceh, Padang, Penang, Malaysia, Singapura dan Pulau Jawa.

Mansion ini sendiri masih terawat sangat baik. Menurut guide (Desi), baru-baru ini mereka menerima bantuan dari konsulat Amerika untuk merestorasi beberapa ruangan, padahal kantor pariwisata persis disebelah mansion, loh.

Didalam mansion kita bisa menemukan macem-macem barang-barang lama. Mulai dari piano sampai tungku batu untuk memasak. Seluruh bangunan ini dibangun berdasarkan arsitektur Eropa, Melayu dan Cina. Lantai dari tegel kunci didatangkan langsung dari Italia dan merupakan handmade. Lampu-lampu hias cantik dari Eropa. Secara keseluruhan kita bisa melihat semua unsur tersebut bersanding mesra. Pintu dan kayu khas Melayu cantik yang masih bertahan hingga saat ini. Pokoknya keren parah.

Di Penang, saya sempat menemukan bangunan yang mirip sekali dengan mansion Tjong A Fie. Cobalah ke Mansion Peranakan di Penang yang didominasi warna merah, bentuknya sama banget hanya disana jauh lebih banyak barang peninggalan pemilik sebelumnya. Pasti ada garis merah antara mereka tapi entah apa.

Mansion yang terkenal spooky ini katanya menyimpan banyak cerita mistik. Entah benar atau tidak tetapi sewaktu kita disana kemaren hampir gak ada kejadian aneh-aneh. Menurut temennya temen saya, jangan lupa berfoto di pintu gerbang karena mitos, hanya pintu gerbang yang ditangkap kamera sedangkan kita tidak akan terlihat hehe. Saya sih gak nyoba kemaren karena gak tau 🙂

Untuk yang datang ke Medan, mansion ini termasuk tempat yang wajib dikunnjungi 🙂 harga tiket Rp 35.000 dan buka dari jam 09.00 – 05.00 sore. Pastikan setelah berkunjung ketempat ini untuk makan siang/minum es cream di 3 tempat dibawah ini 🙂

http://www.tjongafiemansion.com/index.html

01. Tip Top

Ini adalah resto tua, mirip Toko OEN. Menu istimewanya adalah bitterballen, bistik dan ice cream 🙂 saya rekomendasi nasi gorengnya. Lokasinya persis di depan Mansion .

02. Soto Kesawan

Ini adalah soto tua yang terletak diantara ruko-ruko tua di jalan kesawan. Hanya perlu berjalan sekitar 2 menit dari Mansion. Soto yang menu utamanya udang, babat, segala jeroan, daging dan ayam ini paling enak disantap panas-panas sambil keringetan hehe.

03. Sate Bata/Ice Cream Bata

Cuman tenda-tenda sih tapi terkenal banget di Medan. Wajib cobain kalo emang suka nyobain makanan Padang 🙂

Enjoy Medan

Bebok
Bebok
Ruangan utama
Ruangan utama
Ruangan utama dimana piano berada. Katanya piano itu suka bunyi2 sendiri hehe.
Ruangan utama dimana piano berada. Katanya piano itu suka bunyi2 sendiri hehe.
Salah satu lampu yang berasal dari Eropa
Salah satu lampu yang berasal dari Eropa
That's Tjong A Fie
That’s Tjong A Fie
Ruangan Melayu tempat Tjong A Fie biasa menjamu sultan Deli
Ruangan Melayu tempat Tjong A Fie biasa menjamu sultan Deli
Sebagian peralatan ngeteh
Sebagian peralatan ngeteh
Salah satu sultan Deli (lupa nama) tapi ganteng ya
Salah satu sultan Deli (lupa nama) tapi ganteng ya
Sudut2 di ruangan Melayu
Sudut2 di ruangan Melayu
Semuanya handmade dan pelukis-pelukis didatangkan langsung dari Cina.
Semuanya handmade dan pelukis-pelukis didatangkan langsung dari Cina.
Lampion
Lampion
Cantik ya, ada beberapa tempat yang kita dilarang memotret plus guide gak bolehin kita motret deket2
Cantik ya, ada beberapa tempat yang kita dilarang memotret plus guide gak bolehin kita motret deket2
Dengan bu Mimi
Dengan bu Mimi

DSC02877

Me and Bebok
Me and Bebok

???????????????????????????????

:)
🙂
:)
🙂
jendelanya pengen dibawa pulang
jendelanya pengen dibawa pulang
Ruangan menjahit mendiang istri pak Tjong A Fie
Ruangan menjahit mendiang istri pak Tjong A Fie
Buku-buku yang beliau baca
Buku-buku yang beliau baca
Ruang tidurnya.
Ruang tidurnya.
Didalam kamar
Didalam kamar
:)
🙂
Cakep
Cakep
Pakaian mereka
Pakaian mereka
Salah satu keramik peninggalan beliau
Salah satu keramik peninggalan beliau
Ruang santai
Ruang santai
Ruang makan dengan peralatan yang mengundang :)
Ruang makan dengan peralatan yang mengundang 🙂
ARghhh mauuuu
ARghhh mauuuu

DSC02900

Rantangnya imut banget
Rantangnya imut banget
mansion Tjong a fie
mansion Tjong a fie

DSC02915 DSC02916 ??????????????????????????????? DSC02923 ???????????????????????????????

ruang tidur anak perempuan
ruang tidur anak perempuan
ruang tidur anak perempuan
ruang tidur anak perempuan
:)
🙂
:)
🙂
mansion Tjong a fie
mansion Tjong a fie

IMG_1724 IMG_1726

140 comments

  1. kalo yg di penang itu punya pamannya tjong afie , konon dia meniru mansion milik pamannya. suka banget di kawasan ini deket tip top sudah itu kmrn sempet jumatan di masjid dekat situ yg katanya itu bantuan tjong a fie… ah kalo lihat ini aku kangen medan

  2. Wadduhhh saya bisa ngebayangin kaya rayanya bapak ini. Mbak noni pernah baca petit hitoire nya Rosihan Anwar gak?
    Maksudku, mbak kali bisa bikin tulisan ttg medan yg nggak banyak didatengin turis tapi padahal tempatnya kece, fotonya mbak juga bagus2.
    Saya kayaknya bisa menduga respon mbak noni sih hehe 🙂

    • Kaya raya banget, ya. Kita sampai bercanda dengan temenku. Pak Tjong A Fie ini pas lagi duduk2 sore sambil ngeteh trus ngomong “eh kayaknya kita bantuin tuh bangun kelenteng di Penang” trus besoknya duit berkarung2 dikirim ke Penang hehe.

      Belon pernah baca, entar mba cek ya bukunya.

      Maksutnya gimana? mba bikin buku?

      • Ini mba lagi browsing buku2nya. Kalau masih dapet entar mba baca deh. Kayaknya bagus, ya 🙂

        Pengen sih nulis Rangi tapi tulisan aku masih berantakan banget 😦

  3. bagus yaa mansionnya.. di semarang juga katanya ada nih orng paling kaya 1 indonesia jaman bahela.. namanya ong Oie Tiong Ham.. aku sempet baca buku anak perempuan.nya, si Oei Hui Lan.. jaman masih di jajah belanda aja mrk udah naik mobil bentley. haha.. dasyat yahh orang2 ini..

  4. Speechless, soalnya belum pernah juga menginjakkan kaki di sana, padahal sering ke iPlug dan TipTop-nya…

    Spoiler: ini bocoran dari cicitnya Tjong A Fie, tahun lalu di sana ada shooting film 3 Nafas Likas… Yang jadi figuran itu ya keturunan Tjong A Fie… Hehehe… Keceplosan dianya ngasih tahu. Hahaha…

  5. keren banget ya non rumahnya, btw berani juga ya km foto di cermin bulat itu. Entah kenapa aku selalu sedikit merinding jika liat cermin kuno begitu hiiiyy ….. sukak ama rantangnya jugaaa 🙂 dan lalu jendela nya…

    btw non, ini kan rumah lama ya tapi terlihat sekali perawatannya….nah tapi biasanya rumah lama gitu bau nya kan suka beda ya, ada apek apek gitu….apa di rumah ini juga ada bau lama macem gitu non?

    • Rumahnya masih ditinggalin yang ini Sil, jadi gak bau apek sama sekali. Aku cuman takut liat tempat tidurnya aja sih. Agak2 merinding gitu hahaa.

      Rumahnya masih dirawat banget jadi bersih. Waktu kita kesana ada beberapa orang yang lagi bersih2

    • Aku juga suka, hampir dimasukin tas loh hahaha. Sebenarnya penasaran pengen nyari di toko barang antik di Medan, siapa tau ada yang mirip2 kayak gini piring2nya. Mansion ini masih ditinggalin, Ria 🙂 makanya bersih banget ya

  6. Loallaahh kok aku ga pernah denger ada tempat ini yaaa.. Baguuss banget iiihhh. Padahal sudah wira wiri Medan. Ah gini ini kalo terlalu berkutat dengan teri dan trasi di Pajak Sentral hahaha… Aku malah 2 kali ke Istana Deli *ngapain ya kok sampek 2 kali lupa alasannya.

  7. jaman masih kecil sering lewatin rumah ini, cuma mengagumi pintu gerbangnya
    nggak pernahlah masuk situ, apa memang jaman dulu belum dibuka buat umum ya…

    gedung tua selalu menerik minatku, insya Allah kl ke Medan niat akan mampir sini

  8. Kebayang klo tinggal di rumah segede itu ya mbak, siang aja tampak sepi dan mistis…hehehe
    Tapi aku naksir sama perabotannya, wadah gelas yang dikamar itu, dan lantainya, whoaaaa cakep ya 🙂

  9. bagus ya tempatnya, sampai konsulat amrik mau ngasih bantuan dana buat restorasi gitu. keren!kalau aku ke Medan ajakin jalan2 ya Non. btw itu yang diruang piano fotonya si Tjong A fie ya

  10. Dibantu Belanda karena Tjong A Fie ini kayaknya salah satu Letnan atau Kapten Belanda pada masanya, dan dianggap loyal dan sukses, bisa jadi karena alasan itu makanya Belanda yang ambil alih perawatan peninggalannya..

  11. Wow… cantik sekali mansionnya, Mbak Noni.. Terutama furniture dan juga dinnerwarenya…
    Nggak kebayang kalo tinggal disana 🙂

  12. Merinding disko waktu lihat iring-iringan pemakamannya dan saat memncet tuts piano tuanya. Masih bangus dan terawat banget. Walau bayarnya agak mahal tapi sepadan banget…

  13. wuihh cakep banget itu mansion tjong a fie nyaa…perabot dan pernak perniknya pun cantik bangett…akika sukaakkk 😀

    btw itu keturunannya Tjong a fie sekarang ngapain? tinggal ngitung duit warisan kah? sapa tau ga abis2 hihi

  14. Mansionnya cantik sangat.. Interiornya perpaduan Tionghoa dan Melayu, love it.. saya ingin bila punya rumah menginginkan interior klasik seperti ini

    Btw Sultan Melayu tampan sangat dan anggun memakai Baju Melayu Songket kebesarannya, pasti mahal bgt yaa…

Leave a comment