Pose Heboh!


Mungkin beberapa orang udah pernah nonton youtube ini. Saya ngeliat pertama kali pas browsing soal food photography di youtube, selanjutnya ngeliat di postingan Inijie dan kalau gak salah ada satu FB lagi yang juga posting video ini. Lupa yang mana (padahal saya ikutan komen haha)

Video ini sukses bikin saya ketawa-ketawa dan inget-inget beberapa orang temen atau malah saya sendiri yang kalau ngambil foto lebih heboh daripada yang difoto. Sayangnya saya selalu gak kepikiran ngambil foto mereka huhu. Lain kali kayaknya harus diabadikan, soalnya lumayan lucu.

Kalau sekarang pergi ke restoran apalagi pas weekend sebenarnya selain makan saya lumayan terhibur juga liat yang mau makan tapi foto-foto dulu. Kayak dirinya sendiri enggak aja πŸ™‚ . Dulu awal-awal pacaran, Matt bete banget ngeliat saya sibuk foto makanan kami. Mau dimakan pun mesti difoto dulu. Kalau biasanya kita berdoa dulu sekarang difoto dulu baru berdoa. Asep dari makannya keburu habis haha. Entah kenapa sejak dulu saya lumayan suka foto makanan tapi gak ada yang bener fotonya hahaha. Sekarang-sekarang ini kalau pergi makan mau selapar apapun biasanya dia langsung nyodorin makanannya buat difotoin selama saya bawa kamera. Kalau cuman pake HP biasanya saya jarang-jarang mau motret *kan belagu*.

Pergi dengan temen-temennya si Matt kayaknya mereka juga udah ngerti hobby saya. Jadi begitu makanan datang kadang-kadang kalau gak terlalu lapar, mereka langsung setorin kesaya makanannya buat difoto, hahaha. Kadang-kadang saya sok cuek bilang gak usah deh, tapi begitu dipaksa langsung ngeluarin kamera. Β Kalau perlu berdiri di kursi sambil jinjit-jinjit, untung gak terjerembab nyium makanan. Kalaupun gak berdiri di kursi biasanya saya muter-muter nyari angle yang paling pas. Pusinglah. Apakah itu ganggu, emmm sejujurnya kayaknya iya, hahhaa. Makanya biasanya saya suka motret-motret makanan cuman kalau pergi berdua atau ber3 dengan temen. Kalau udah rame-rame biasanya langsung dimakan ajalah atau cuman motret punya saya doang, itupun kalau saya niat buat dimasukin ke blog. Pokoknya saya usahakan gak ganggu orang-orang disekitaran saya. Soalnya kalau saya diposisi yang terganggu pasti sebel juga, kan. Eh, cuman terkadang suka kecolongan juga, sih. Maaf ya πŸ™‚

Sewaktu kita liburan ke US, bapak dan keluarga si Matt lumayan bingung dengan hobby ini. Saya motret mereka masak, makanannya, sampai semua-semuanya. Awalnya mereka bingung tapi lama-lama setiap kali masak atau punya makanan baru langsung disodorin disuruh foto hehe dan kalau diposting di blog/IG pasti ditanyain ada berapa likes atau komen. Kalau saya jawab lebih dari 10 langsung mereka nanya “koq bisa?” hehehe.

Ini fotonya sambil berdiri di kursi :)
Ini fotonya sambil berdiri di kursi πŸ™‚

Dari dulu untuk foto makanan saya lumayan suka pake mirrorlensa. Untungnya si Matt ngasih mirrorlensa Sony Nex 5-nya taon 2011 lalu kesaya. Lensanya juga lumayan wide (16-50) jadi kalau motret dari atas yang keliatan tangan-tangannya saya gak perlu selalu (catat selalu) naik kursi. Kadang-kadang cuman berdiri aja sambil jinjit udah dapet. Sebenarnya seru sih tapi kalau saya pikir ulang, kayaknya saya lebih seneng nonton yang motret ajalah haha. Berdiri sambil motret dan jinjit itu asli gemeteran, Β hahaa. Apalagi kalau motret makanan di kantor, selesai motret berasa ngos-ngosannya naik turun kursi plus ditontonin tamu. Trus hasilnya, ehhh biasa-biasa aja haha *sedih* Udah gitu biasanya abis motret saya kenyang sendiri (seperti kata Danan) makanya jarang banget makan makanan yang udah di potret.

Apakah cuman foto makanan doang yang suka aneh-aneh gitu pose tukang fotonya? ya enggaklah. Saya pernah nemenin satu orang temen jalan-jalan pengen motret air yang dicemplungin batu. Awalnya saya bantuin tapi kayaknya dia gak puas. Berulang-ulang kali sampai akhirnya dia melakukannya sendiri. Ngelempar sambil motret juga. Bah….rempongnya tapi hasil fotonya emang lebih keren daripada pas saya bantuin hehe.

Pernah juga temen saya jatuh terguling-guling sangking semangatnya motret sunrise. Terburu-buru tepatnya karena telat bangun. Untung gak kenapa-napa hehe. Belon lagi ada temen yang mesti naik turun tangga buat motretin kita kalau pergi rame-rame. Graphic designer di kantor kalau lagi motret rame-rame juga naik turun tangga, guling-guling supaya semua keliatan. O,ya yang seru juga kalau lagi mau motret orang2 yang lompat2, biasanya saya suka gak segan-segan tiduran dilantai/tanah/pantai hehehe. Aduh……..sekarang kepikiran, udahlah fotonya gratisan, koq ya iya saya mau tiduran dilantai, hehe.

Eh itu belon lagi pengorbanan photographer alam bebas. Saya pernah ngeliat salah satu photographer NG (National Geographic) yang datang buat motret dihutan tempat si Matt kerja. Mereka bangun lebih pagi dari semua asistant, jalan muterin hutan ampe malam dan hasilnya cuman beberapa biji foto doang. Ngambil fotonya udah segala posisi. Mulai dari nongkrongin binantangnya, manjat pohon, jalan mindik-mindik supaya binatangnya gak terganggu, sampai pose-pose sembunyi-sembunyi yang sebenarnya kalau dipikir-pikir lucu juga, Β hehe.

Setelah nonton youtube itu asli saya jadi ketawa-ketawa dan nostalgia sendiri. Sayang emang gak ada dokumentasinya hehhe. Cukup bayangin ajalah ya.

BTw….kalian punya pengalaman berpose lebih heboh daripada yang difoto dengan alasan supaya fotonya lebih bagus?

Foto didonlot dari Inijie.com
Foto didonlot dari Inijie.com
Advertisements

113 comments

  1. aku kalo moto makanan total tapi suka ngga pede (ngakak) apalagi kalo acara kantor. jadi biasanya pagi2 bangun pas sarapan di hotel cari sepi. nah abis itu fokus deh dandanin makananan. dan jujur kadang berasa kenyang aja kalo dpt foto cakep wkakakkakkaka

  2. hahaha iyaya, saya sering tu udah muter-muter, jinjit, jongkok, bersimpuh, eh hasilnya biasa aja πŸ˜› emang dasarnya gak bakat kali ya *tutupmuka*
    Tapi kalo liat yg bela-belain jungkir balik buat ambil foto itu bkin saya ambil kesimpulan kalo buat dapetin foto bagus itu emg butuh perjuangan πŸ™‚

  3. haha kocak… Mbak saya follow blognya ya, foto makanannya bagus2, resep-resepnya juga mouthwatering πŸ˜€
    Salam kenal…

  4. video nya kocak banget!!! πŸ™‚
    emang ya yang motoin atau videoin sampe gak karuan gayanya, tapi worth it ya ngeliat hasilnya… terutama yagn bayi nya merangkak itu… πŸ˜€
    emang mesti gitu kalo mau videoin/fotoin anak kecil. hehehe.

  5. Aku pernah menemani, tepatnya memegangi, teman mengambil foto dari pintu pesawat Pilatus porter yg dibuka saat terbang di atas pegunungan Bintang, Papua. Tentu sudah seijin pilotnya untuk buka pintu pesawat. Itu teman seneng banget dapet gambar bagus, aku yg megangin deg-degan setengah mati takut dia atau kameranya jatoh :))

  6. tantangan emak2 ini mbak, kalo mau ngefoto anaknya yg udah mulai kaya’ bola bekel ga bisa diem…soalnya ngefotonya sambil kejar2 sama si bayi dan ga jarang dari 10x jepret dapet foto yg ga blur cuma 1-2biji..hahahaha

  7. lucu video nya mbaaa.. cuma demi foto yaa ampe segitunya tapi emang kepuasan tiap orang beda2.. aku sih belom tertarik fotografi, kalo sempet d foto ya d foto kalo engga ya yo wes..

  8. Iya sih mba, kadangan orang yang motret posenya lebih heboh dari orang yang dipotret.
    Kadang nyampe nungging, ndodok, tengkureb, tiduran, bahkan kakinya nganggkang2…entah apa sebenernya yang dipikirkan. Tapi itulah asyiknya, ntah potonya bagus apa jelek yang penting gaya kita pas motret yang keren #lho wkwkwkwk….

  9. aku ga pernah berdiri kalo foto makanan mba, soalnya aku motret cm buat dokumentasi bukan yg biar keren2 gitu fotonya hehe
    tapi aku emang suka sih liat foto2 makanan foodblogger di IG gitu, keren2 dan sk bikin ngiler hehehe

  10. Demi instagram likes x))))

    Dulu aku pernah liat di Tumblr ada yang khusus masang foto orang2 Asia yang lebih suka moto makanan daripada berdoa dulu hahaa tapi ya Mbak Non, aku gak kebayang Mbak berdiri di kursi sebuah restoran untuk foto makanan 😐

    • iya demi hihihi. Pokoknya segala2nya difoto deh, gak perduli pose kita pas ngambil aneh2.
      Kalau direstoran yang bukan dikantor aku, hampir gak pernah berdiri sih hehe. Biasanya kalau udah ok posisinya, aku minta Matt yang ambil karena dia lebih tinggi. Kalau masih bisa jinjit yah jinjit aja. Kalau dikantor yah lebih cuek, biasanya ampe naik kursi hehehe.

  11. Ini sebabnya saya gak bakalan cocok jadi photographer. Mikirnya udah keburu malu duluan diliatin orang kalo moto2 dengan gaya heboh πŸ˜€

  12. Pernah, Mbak.. Hahah.. πŸ˜€

    Ya semalem pas mau motret senja di deket Candi Ijo, aku hampir kepleset masuk ke dalam jurang. Wkwkwk.. πŸ˜›

  13. Ngacung!
    Gw suka heboh ama ribed sendiri kalo potoin bocil. Berusaha dpt angle yg bagus ceritanya (wlpn lebih sering gagal)
    Kalo masalah malu, selama gak melanggar etika sih oke ajah, toh kita gak kenal orang2 yg ngliatin.
    #muke badak

  14. hahahaha baru kuaplod fotonya minggu lalu kan mba non…mau motret sepatu buat GA *gak menang pulak* hiksssss..si uppa cekikikan ngeliatin gayaku yang heboh…udahlah ga ada bakat motret tapi gayanya sok bener….lol

    liat videonya jadi inget novel partikel punya dee, si Zarahnya wildlife photographer dan sering bagnet hampir dimakan buaya or binatang buas pas motret πŸ™‚

    kalo foto makanan pas di resto aku suka liat kiri kanan dulu. eh btw foto2 mba noni mah ya keren2 atuhhh, jadi ga percuma lah jijit2 πŸ™‚

    • Di IG ya? mba koq gak liat ya, entar dicek deh Jo.
      Ngerih ya pengorbanan wildlife photographer itu hehe, cuman bayarannya juga ngerih sih.
      Di resto kalau masih di Medan biasanya aku cuek tapi pas di US ama Jepang kemaren biasanya nanya dulu haha. Takut diomelin kalau ternyata gak boleh.

  15. Hahahahaha, bener banget ini Non!! πŸ˜€ Eh tapi yang begini ini fenomena di Asia kayaknya ya. Nggak cuma orang Indonesia aja, hehehe πŸ™‚ .

    Temannya temanku yang orang Belanda juga dibilang semenjak dia pacaran ama orang Asia (dari China) kok jadi ketularan suka ambil banyak foto gitu, huahaha πŸ˜† .

    • Iya kayaknya di ASIA. makanya food blogger atau blogger2 gitu diluar juga “”gede” banget sekarang. Banyak kerjaan ehhehe. Soalnya dari review2 aja mereka duitnya udah banyak banget.
      Kalau di Luar mungkin belon kayak di Indonesia ya, apalagi kalau fine dining restoran, bisa dimaki2 hahaha

      • Iya Non kayaknya ada beberapa orang yg profesinya food critics kan ya. Ih itu berarti kerjaannya cuma keliling2 nyobain restoran2 gitu terus nulis review/komennya gitu? Enak ya (kayaknya), hahaha πŸ˜› . Eh tapi nggak enak juga ding soalnya kalau nulisnya pedas banget kan bisa ada yang nggak terima juga πŸ˜€ . Ini pernah dijadiin satu topik di episodenya Friends kalo gak salah ya πŸ˜€ . Dimana Monica sekali waktu jadi food critics gitu

  16. Hahaha! Asli ngakak keselek aku lihat videonya. Suamiku dulu benci banget makanan apa2 musti di foto dulu. Lama2 sama kayak Matt, disodorin dengan sukarela, trus ngomong “ga difoto dulu?” padahal hasilnya ya so so. Tapi puasnya ga kebeli hihihi

    • Kalau di Belanda bisa bebas2 foto2 gak? pas aku ke US dulu, biasanya kita tanyain boleh difoto apa gak? trus aku juga gak akting yang berlebihan pas motret haha. Takut orang lain keganggu.

      • kayaknya masih ok2 aja. Soalnya kalo aku mau moto celingak celinguk dulu, dan entah kenapa selalu ada yang foto2 juga. Jadi aku ikut2an hehehe. Iyap bener, dengan akting yang tidak berlebihan tentunya hahaha

  17. Ntn yang nyamar jadi angsa itu jadi inget partikel. Tokohnya diam seharian di lobang cm buat dptin foto singa. Memang lucu2 Non gaya mereka. Pernah post di path. Foto ce lagi ambil foto tiduran. Pake gaun pendek. Dan bagian belakangnya keangkat dong.

    Saya sendiri sih kadang lebih suka fotoin gaya mereka yang lagi foto. Lebih menarik. Temen pernah cerita. Pas hunting macro, gaya mereka tuh bakalan lebih seru buat difoto drpd foto macronya.

  18. itu videonya kocak bangettt…
    aku ada temen yg kalo moto gayanya lebih heboh daripada model2nya kayak aku ini hihi..tapi berhubung hasilnya bagus ya kita seneng2 aja paling ngikik aja kalo dia udah heboh pas ngambil foto kita πŸ˜€
    ah iya kata temen bule, emang orang asia papa2 difot, baru langkah dikit foto, makanan datang di foto haha πŸ˜›

    • Aku kayaknya kalau kesana juga bakalan takut motret2 Feb, serem ah takut orang lain keganggu dan diomelin. pas ke US dulu, kalau emang pengen difoto biasanya aku tanyain dulu, kalau gak boleh yah gpp, Kalau boleh biasanya gak aneh2 juga gayanya hehe.

  19. Huahahaha. Foodies… Itu kemaren disangkal sama beberapa foodblogger pas dateng di acara undangan yang saya posting kemaren. Etapi habis mereka menyangkal kok ya motretnya lama beneeeer pas makanan dateng. Wkwkwkwkwk.

  20. aku kan tinggi kak, jd biasanya klo mau foto makanan gak perlu pake kursi, hehehe..
    tp skrg org sih kayaknya dah ngerti, krn walaupun di fine dining restaurany yg formal org pada bawa dslr smua,
    asal gak ganggu org pake flash sih gak masalah klo menurutku, hehehe
    kadang kakakku juga males bener krn aku bs mencak2 klo dah dimakan sblm difoto makanannya….

  21. Hahahahaa. Benerrr kak. Wlo jepret cuma kamera hape, walo hasilnya ga seberapa tetep aja semangat moto. Klo pake blitz n suara suami marah tu kak. Takut diliatin orang. Ahahaha. Jadi foto dlu baru doa makan ya kak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s