11 Reasons to Visit Sri Lanka


Tahun ini Sri Lanka akan berulang tahun yang ke 74 tahun. Kebetulan beberapa hari sebelum kejadian bom di beberapa gereja dan hotel saya berada di sana dan menyaksikan sendiri betapa cantiknya negara ini. Jadi walaupun ada kejadian mengerikan tersebut, dan membuat beberapa temen urung pergi ke Sri Lanka, saya dan Matt masih suka sekali dengan negara ini dan kepikiran pengen balik lagi suatu hari nanti.

Ada banyak alasan kenapa saya jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Sri Lanka dan tanpa bisa berhenti trus ngomongin negara ini setelah kembali dari liburan. Beneran saya sesuka itu ternyata haha.

Ngomong-ngomong tentang alasannya, mari saya jembreng beberapa yang mungkin bisa mempengaruhi kamu untuk pergi ke negara ini.

01. Pantai

Sri Lanka dikelilingi oleh pantai-pantai cantik. Mendapatkan pantai-pantai cantiknya pun gak susah. Gak jarang dari mobil kami berhenti hanya untuk melihat lautan luas di pinggir jalan. Selain itu ada banyak sekali pantai-pantai yang terkenal seperti Unawatuna, Mirrisa dan banyak lagi. Untuk yang suka surfing apalagi males-malesan di pinggir pantai pasti seneng.

02. Go wild

Flora fauna di Sri Lanka masih sangat terjaga dengan baik. Salah satu pengalaman hidup yang paling seru selama traveling adalah safari di Yala Taman Nasional. Tulisannya bisa dibaca di sini.

03. Naik Kereta Api

Mungkin kereta api bisa didapat di mana-mana tapi di Sri Lanka ada satu rute yang paling favorite yaitu Kandy – Ella dengan pemandangan kebun teh. Pengalaman naik kereta api di sini tentu saja gak bisa dilewatkan apalagi tiket kereta api di Sri Lanka sangat-sangat murah.

Salah satu tulisan saya tentang kereta api bisa dibaca di sini.

04. Teh

Sri Lanka terkenal dengan tehnya jadi harus banget dicobain teh di sini. Orang-orang Sri Lanka biasa minum teh 2-5 kali per hari kalau saya cukup satu kali saja haha. Untuk yang suka kopi bakalan pusing banget nyari kopi enak di Sri Lanka.

05. Kebun Teh

Secara teh yang terkenal di sini jadi harus banget kita juga main ke kebun teh. Ada banyak sekali kebun teh di kawasan Kandy – Ella jadi kita harus coba salah satunya. Saya sarankan untuk memilih kebun-kebun teh yang “ethical” hehe seperti Pedro Tea Plantation di Nuwara Eliya.

06. Kuliner

Saya gak pernah tau kalau makanan khas Sri Lanka seenak itu. Beneran enak banget sampai-sampai pulang dari Sri Lanka ribet nurunin berat badan karena makan nasi dan kari tiada henti haha. Beneran enak banget. Saya dan Matt pikir kuliner Sri Lanka akan mirip plek ketiplek dengan India ternyata cukup berbeda dan pemakaian rempah-rempahnya pun tidak berlebihan sehingga kita berdua bisa makan setiap hari. Sungguh nulis ini aja saya jadi kelaparan.

07. Sejarah

Kota-kota tua di Sri Lanka wajib dikunjungi jika kamu suka dengan sejarah dan cerita-cerita kuno. Salah satu kota tua tersebut adalah Anuradahpura yang saya tulis di sini.

08. Nature

Suka dengan alam dan seneng berkegiatan di alam maka Sri Lanka bisa menjadi pilihan yang pas. Naik gunung, mendaki bukit-bukit, manjat tebing, diving, berenang di danau dan air terjun semuanya ada. Lengkap dan gampang dijangkau. Alam liar di Sri Lanka pun dilindungi dengan baik karena mereka memiliki aturan-aturan yang lengkap untuk melindungi alamnya. Untuk hal ini saya angkat topi.

09. Sunset/Sunrise

Kalau kamu suka matahari terbit dan terbenam maka Sri Lanka bisa menjadi tujuan wisata yang pas. Seringkali saya dan Matt hanya duduk-duduk di pinggir pantai hanya untuk melihat matahari terbenam atau bangun pagi lari ke danau Gregory di Nuwara Eliya untuk melihat matahari bangun. Sungguh rasanya semenyenangkan itu di Sri Lanka. Semua video bisa kalian liat di IG story dan juga feed Instagram saya.

10. People

Sewaktu saya membaca mengenai bom di Sri Lanka rasanya kaget banget. Masih ingat di kepala gimana ramahnya mereka. Saya gak pernah ya ketemu supir dari mobil yang saya sewa traktir minum kelapa muda haha. Ini terjadi di Sri Lanka. Belon lagi kami juga dikasih berbagai makanan/minuman pas lagi nongkrong nunggu kereta di atas bukit oleh pemilik warung kecil yang warungnya aja sederhana banget. Kita juga selalu ditegur dengan sopan, disenyumin bahkan dibantu selama di sana. Makanya heran banget bisa kejadian kayak kemaren itu. Rasanya sedih banget bayangin korban-korban yang berjatuhan.

Sebenarnya ada banyak lagi alasan kenapa saya dan Matt sejatuh cinta itu dengan Sri Lanka. Mungkin puluhan haha. 10 hal di atas mungkin hal-hal yang paling gampang saya ingat tapi sebenarnya ada banyak hal lainnya seperti harga yang cenderung murah, anjing liar yang ramah, anak-anak sekolah yang selalu tertawa lebar setiap kali ketemu, tuk-tuk yang seru walau anjrut-anjrutan dan masih banyak lagi.

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s