Getting Old Is Not Fun


Saya yakin semua orang di muka bumi kebanyakan gak bakalan pengen jadi tua. Apalagi kalau tuanya itu melemah dan sakit-sakitan. Saya selalu ketemu ayah yang sudah 10 tahun ini kakinya melemah sampai akhirnya sekarang harus naik kursi roda kemana-mana. Menurut beliau, itu sama sekali gak enak. Apalagi ketika muda ayah saya cukup aktif dan selalu olahraga. Jangan salah loh, ayah saya gak merokok, gak minum alkohol, rajin olahraga (bulu tangkis, jalan kaki dan juga main bola volley) dan selalu makan makanan rumahan. Jadi yah, emang susah juga ya, terkadang penyakit itu datang karena emang sepertinya harus datang aja.

Beberapa waktu lalu saya dan bapaknya Matt (mertua saya) ngobrol-ngobrol. Beliau nanyain ayah saya. Apa kabarnya, gimana kakinya, dan lain-lain. Jadilah kita ngobrol. Bapaknya Matt masih cukup kuat tapi sebenarnya dia punya darah tinggi. Banyak sebab sih sepertinya. Trus sekarang dia gampang banget capek.

Dulu waktu kita pertama kali ketemu. 4 tahun lalu, beliau masih bisa seharian nemenin saya jalan-jalan. Sekarang, duh….kayaknya mendingan dia duduk aja di rumah kalau gak terpaksa keluar atau pas kerja.

Menjadi tua adalah hal yang pasti dalam hidup ini ya kan. Saya sendiri tahun ini akan menjadi 40 tahun. Gila, dulu saya bayangin 40 tahun itu sudah tante-tante tua haha. Sekarang saya bahkan sudah menjadi tante-tante seperti dalam bayangan saya itu.

Menjadi hampir 40 tahun tentu saja bukan hal yang mudah dong. Saya juga belon punya anak, jadi kayaknya agak tambah berat untuk punya. Trus karena setiap bulan saya selalu sakit ketika mens jadi ada aja deh masalah kesehatan gitu. Kalau pengen tau gimana penyakit endometriosis mempengaruhi hidupmu, please cek di blog saya ini dengan keyword endometriosis.

Sebenarnya ada banyak sekali perubahan dalam hidup saya itu ketika selesai operasi miom/kista dan usus buntu. Sejak itu saya kayak ngerasa gampang banget capek, gampang banget ngantuk (saya tidur jam 10 malam sekarang), cranky, lebih cenderung bitter (kata bapaknya Matt, semakin tua kita emang semakin nyinyir haha.)

Trus soal penurunan BB (berat badan.) Saya gak bisa bilang kalau dulu saya kurus sih tapi kayaknya nurunin berat badan itu gak sesulit sekarang. Bahkan proses menurunkan berat badan tahun lalu dengan tahun ini saja beda. Tahun ini lebih sulit. OMG…..aku pusing!

Belon lagi rambut. Uban semakin merajalela. Tumbuhnya seenak udelnya aja. Persis di atas kening coba ya. Gimana sih. Trus sering rontok dan tambah kering. Ughhh…mengesalkan tapi selama masih sehat dan masih bisa ketawa-ketawa nikmati aja ubannya ya haha. Kadang-kadang saya cuekin sih tapi temen-temen saya yang gerah dan gatel pengen warnain haha.

Kulit juga berubah. Kalau dulu kayaknya kenyal-kenyal aja dipakein apapun, ehh sekarang jadi pemilih. Produk ini itu kayak dipake terlambat aja. Gak kasih pengaruh apapun ke kulit. Untung aja saya orangnya gak peduli, jadi tetep dipake sampe habis haha.

Pergi-pergi traveling pun sekarang berubah banget. Dulu kalau belon tengah malam gak bakalan pulang. Sekarang biasanya saya dan Matt pulang jam 7-8 malam atau kalau gak nongkrong di bar atau restoran dekat hotel sampai jam 12 malam. Biasanya kita pulang lebih malam itu kalau lagi liburan ke KL karena siangnya santai-santai doang di hotel. Seharian diluar apalagi kalau kena cuaca panas atau dingin banget rasanya bikin saya capek banget.

Ahhh…rasa-rasanya memang menjadi tua itu gak bakalan fun tapi…..saya pengen deh bisa menikmati prosesnya. Toh menjadi tua itu kan memang bakalan dijalanin semua orang kan ya πŸ™‚

 

 

Advertisements

78 comments

  1. Mbak Noni,saya Edy Rahmadsyah,saya kenal sama mbak sewaktu saya kerja di bank standart chartered sebagai OB kantor

    Pada tanggal 12 Jan 2018 8.01 AM, “Nonikhairani” menulis:

    > nyonyasepatu posted: ” Saya yakin semua orang di muka bumi kebanyakan gak > bakalan pengen jadi tua. Apalagi kalau tuanya itu melemah dan > sakit-sakitan. Saya selalu ketemu ayah yang sudah 10 tahun ini kakinya > melemah sampai akhirnya sekarang harus naik kursi roda kemana-mana.” >

  2. Semangaaaaat!!! Menjelang umur dengan akhiran 0 itu emang lebih berat ya?? Aku ngalamin crisis pas mau 30 umur yang katanya expired klo belom nikah (ah, kejamnya yang bilang begitu), tp skrg berusaha berasa muda aja, jiwanya muda Insyaa Allah mudanya terpancar keluar juga.. hahahaha… kiss..

  3. denger2 nik..ada bedanya antara getting old and being old..
    tepatnya : You can’t help getting older, but you don’t have to get old
    yang satu kita gak bisa hindari, yang satu lagi itu kita bisa lambatkan prosesnya…

    tiap tahun bertambah tua jelaslah…mau gimana lagi..iya kan? tapi bukan berarti kitanya harus jadi ‘tuwir’ koq.

    Memang kitanya yang harus disiplin ya…disiplin latih otak biar gak bolot, disiplin latih fisik biar gak lemah, disiplin rawat diri biar tetap segar dan sebagainya..

    no pain no gain bo!

  4. After 40 metabolism emang jadi makin lambat Non. Ga makan aza bb bisa nambah….sebel!😜 getting old is a process that we can’t avoid and deny unfortunatelyπŸ™ˆ Like a fine wine, you only get better with age😍

  5. Hiks hiks jd sedih bacanya pas bagian blm py anak.sama seperti aku spt dikejar umur utk py anak.tp gpp kk noni msh ada tom yg bs temanin hehehe… Aku punya 1 anjing dan 1 kucing ehhhh si emon kucing malah dah lahiran jadilah aku berasa dah punya cucu hahahaha.jadi berasa dah benar2 tua

  6. Dulu aku kira mitos Non, tapi setelah lewat umur 30 baru berasa kalo….nurunin berat badan emang makin susah aja huhuhhu.
    ibaratnya kalo dulu mau ngurusin badan tinggal gak makan malam aja, sekarang sih duuuh mau gak makan seharian aja susah banget tuh timbangan berkurang.
    Lainnya sih kayaknya masih sama Non, masih jerawatan. Kirain makin tua jerawat makin berkurang, taunya sama aja.
    Tapii yg aku suka, sejak umur masuk 30 taun keatas, aku bisa jadi lebih cuek. Gak terlalu mikirin apa kata orang alias bodo amatan. Enak itunya sih πŸ˜€

  7. We’re at the same age, Non. Soal traveling itu bener banget. Jam 10 an lah paling lambat balik hotel atau kalau ga nongkrong sekitaran hotel, terus langsung tepar… haha… Umur ga bisa ditipu…

    • Ihhh iya Ev. Matt sih manusia kalong, dia msh bs hang out ampe jam 3 pagi tapi masalahnya dia sendiri pun skr kek ketularan, jam 9-10 udah mau balik hotel aja buat santai2 hahaha

  8. selamat menyambut forty……di fun fun in ajalah πŸ™‚
    aku masih tahun depan nih….but most of people guess that i am still early thirty…hahahahahha…
    mungkin karena sering becanda dan brisik kali ya πŸ˜€

  9. Semangaaat.. I was hitting 40 last year dan somehow malah makin semangat ini itu hehe. Tapi badan memang ngg bisa boong non, you know your own limit. Apalagi aku technically badannya menua 10-15 years older pasca kemo dan radiasi :). Tapi nikmati ajaaa.. blessed karena masih bisa jalani semua penuh senyum πŸ™‚

  10. Ya ampun mba… aku tiap hari tidur bisa jam 10 kadang jam 9 bangun jam 7 πŸ˜‚ Kalo malam minggu jam 6 udah dirumah, kalo liburan jalan2 jam 9 pun udh di hotel… gimana ini masih 27 πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  11. Baru aku kepikiran ini mba non, eh mba noni ngebahas di blog. Dulu menanti nanti ulang tahun. Tp sekarang maunya lupa aja sama ulang tahun biar ga inget umur.
    Gapapa mba, yang penting sekarang sehat, dikeliling orang orang yang kita sayang, let’s growing old gracefully

  12. Semoga walau usia bertambah tua, badan tetap sehat buat di bawa ke mana-mana ya mbaa.. Aku juga gampang banget capek nih sekarang, kayaknya lebih karena kurang gerak, jadi malah berasa cepat tua badannya

  13. Menjadi tua itu perjalanan hidup yang hakiki Non, yg penting jiwa tetep muda… di saat the big 40 itu tiba kamu gak bakal ngerasa tua deh.. emang mesti adaptasi sm kondisi fisik aja…

  14. Berarti temanku jg gitu ya sejak hbs operasi usus buntu dia cpt capek pokoknya melemah gtu gak kyk dulu…
    Send you positive vibe Non πŸ˜‡ aku jg bentar lg 40 tahun πŸ˜‚ so far so good πŸ˜…

  15. Toss Non, aku jg april dpn mo 40. Ngeri2 sedaap πŸ˜… . Kesehatan sih yg utama, bb ga prmh turun, begadang bentar…ehh masuk angin dah.
    Semoga kita selalu sehat ya…

    Life begin at 40. Berlaku ga ya buat perempuan? Xixixi 😁

  16. iya memang ga enak menjadi tua ya…
    kakakku juga umur 40 dec kemarin, tapi doi ngaku late 20s juga orang masih percaya hehe, mungkin karena laki2 ya? belum merit pula..
    terus kalau masalah rambut rontok kemarin aku minum vitamin yang hair and nails gitu lumayan loh, gak terlalu banyak yang rontok sekarang…

  17. Untung umurku masih 20an, tapi setelah baca artikel ini, Saya jadi tahu kalau semakin bertambah usia itu rasanya tidak enak hahaha. Kalau gitu, selagi masih muda harus rajin olah raga, istirahat cukup, dan makan teratur, biar tuanya gak sakit-sakitan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s