15 Things to do in Udaipur


Udaipur

India kayaknya bakalan jadi negara favorite tapi juga gak favorite saya haha. Saya jatuh cinta dengan negara ini tapi juga ngerasa ngeri-ngeri sedap kalau harus pergi ke sana lagi. Masalahnya saya sampai hari ini masih aja rajin browsing tentang India haha.

Ok, kota yang paling saya suka dalam trip tahun lalu adalah Udaipur. Saya juga menghabiskan lebih banyak hari di Udaipur daripada kota-kota lainnya. Udaipur untuk saya jauh gak berasa India (dibanding Delhi, Agra atau Jaipur) karena kotanya lebih sepi, santai, lebih dingin, makanannya enak, kemana-mana lebih aman (ini sepertinya tergantung pengalaman juga, ya) trus kalau mau belanja di Udaipur menurut saya jauh lebih menarik. Saya pribadi setelah melewati beberapa kota ternyata lebih suka barang dagangan di Udaipur. Tekstilnya pun menurut saya jauh lebih bagus. Lagi-lagi ini selera.

Udaipur

3 hari di Udaipur menurut saya ada 15 kegiatan (15 Things to do in Udaipur ) yang mungkin bisa menjadi referensi jika kebetulan berada di sana. Saya akan list di bawah.

01. Matahari terbenam di Danau Pichola

Pemandangan ini saya ambil dari hotel tempat kami menginap. Kebetulan restorannya persis di roof top dan setiap harinya kita bisa lihat pemandangan seperti ini. Hanya jalan beberapa meter sudah berada di tepi danau. Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk melihat matahari terbenam. Duduk-duduk di pinggir danau Pichola (gratis tapi danaunya bau), piknik di pinggir danau (bawa makanan dan minuman sendiri) atau kalau mau fancy bisa sewa kapal yang berlayar sambil mengelilingi danau. Romantis haha. Saya dan teman-teman memilih……kegiatan no 2.

02. Makan malam di Ambrai Ghat

Ambrai Ghat Udaipur

Restoran Ambrai Ghat ini kebetulan dekat sekali dengan hotel yang kita tinggali. Ambrai Ghat atau Manjhi Ghat sebenarnya adalah ghat utama yang letaknya di dekat pinggir Danau Pichola. Tempatnya bagus banget dan strategis. Persis diseberang Grand Palace. Jadi kalau kita duduk-duduk di sini yah langsung keliatan kerajaannya haha. Saya suka sekali pas lihat lampu-lampu kerajaan nyala dan perlahan sekelilingnya gelap. Lalu sinar lampu membias ke danau yang gelap. Cantik.

Ambrai Ghat Udaipur

Makanannya sendiri enak dan tidak terlalu mahal. Maksutnya untuk restoran fine dinning harga yang kita bayar kemaren sekitar Rp 400.000 untuk 4 orang. Kebanyakan tamu yang datang ke sini adalah turis asing sehingga rasa makanannya pun sudah dikurasi mengikuti

03. Jalan-jalan dengan mobil tua

Udaipur

Gemes ya pengen nyobain juga jalan-jalan dengan mobil-mobil tua ini keliling Udaipur tapi sayangnya kita sudah sewa mobil selama 10 hari. Jadilah foto-foto aja 🙂

04. City Palace Udaipur

City Palace Udaipur

Cerita lengkapnya bisa klik di Berkunjung ke City Palace Udaipur

Udaipur Lake Palace

05. Ahar Cenotaphs Udaipur

Ahar Cenotaphs Udaipur

Baca di sini tentang  Ahar Cenotaphs Udaipur

06. Shopping

Udaipur

Belanja sebenarnya bukan rencana saya ketika ke India. Masalahnya adalah India itu menggemaskan. Segala hal rasanya pengen dibawa pulang (tidak termasuk penjualnya)

Saya bakalan nulis tentang belanja di Udaipur nanti ya 🙂

07. Khamma Ghani Restaurant

Khamma Ghani Udaipur

Khamma Ghani mungkin salah dua restaurant tercantik yang kita datangi untuk makan siang di Udaipur. Selain cantik (hampir sangat menggemaskan), pelayannya luar biasa ramah, makanannya enak terutama mushroom masala, tidak terlalu mahal (padahal ini fine dinning restaurant) dan toiletnya bersih banget. Lokasinya juga superb. Persis dipinggir danau dengan pemandangan kota Udaipur. CANTIK!

Khamma Ghani

Ok, kayaknya saya bakalan nulis tentang restaurant ini juga nanti.

http://www.khammaghanirestaurant.com/

08. Henna Tatto

Henna Udaipur

Apalah artinya ke India tanpa membuat henna hehe. Hari pertama di Udaipur kami habiskan di salon kecil dekat hotel. Satu keluarga besar datang menemani untuk membuat henna. Cerita ngalor ngidul. Mulai dari ibu pemilik salon, anaknya, temen anaknya, keponakan, sepupu, bapak ibu, sampai tetangga kumpul hanya untuk ngobrol. What a lovely night.

09. Moonsoon Palace Udaipur

Moonsoon Palace Udaipur

Kami datang ke Moonsoon Palace menjelang matahari terbenam. Katanya dari sini kita bisa melihat pemandangan matahari terbenam yang cantik. Sayangnya pada saat saya berkunjung mulai dari New Delhi sampai Udaipur berasap. Sedih 😦

Moonsoon Palace Udaipur

10. Kumbhalgarh

Kumbhalgarh

Rahang saya sampai mau jatuh begitu melihat benteng ini. Beberapa teman yang sudah ke tembok Cina komen ini mirip banget hanya lebih pendek. Saya yang belum melihat tembok Cina jadi ngerasa dicurangi haha. Kata mereka, ya udah cukup liat Kumbhalgarh aja gak usah ke Cina.

Sinting benteng ini luar biasa cantik, mewah, menawan, dan entahlah….kehilangan kata-kata. Kita gak punya banyak waktu untuk explore karena sepertinya butuh waktu 2 hari untuk melihat keseluruhan benteng. BAGUS PARAH!

11. Temple

Jagdish Temple Udaipur

Ada banyak sekali temple di Udaipur. Bermacam-macam dan semuanya cantik. Salah satu yang kita datangi adlaah Jagdish Temple. Kalau kamu suka ukiran pasti bakalan suka dengan temple ini. Cantiknya luar biasa sayangnya kita gak boleh ambil foto. Ada banyak penjaga yang mondar mandir. Foto di atas saya ambil dari halaman luar temple.

12. Tulisan Cantik

Udaipur

Sebenarnya saya gak tau apa artinya tapi banyak sekali tulisan-tulisan menggemaskan dengan warna warna menarik. Aduh…..

13. People around Udaipur

Udaipur
Udaipur

Bahasa mungkin salah satu penghalang kita susah ngobrol dengan mereka tapi rata-rata orang India itu ramah. Sangking ramahnya sampai keramahan haha. Ibu-ibu dan anak-anak suka sekali ngobrol dengan kita atau coba ngobrol dan minta foto dengan teman atau saya dan Tita. Lucu juga. Mereka juga harta karun untuk yang suka street photography dan human interest photography. CANTIK dengan warna warni seperti pelangi berjalan kata seorang temen (Tika) yang baru kembali dari India.

Udaipur

14. Saheliyo Ki Bari Garden

Saheliyo Ki Bari Garden

Sebenarnya ini bukan tempat favorite saya tapi not bad lah terutama kalau sore-sore bingung mau ngapain hehe.

15. Folk Dance – Bagore-ki-Haveli Udaipur

Bagore-ki-Haveli Udaipur

Untuk dance ini kalian bisa baca di sini

So…ada 15 kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika di Udaipur. Ada beberapa tempat lainnya yang bisa juga didatangi seperti temple Jag Mandir tempat Katty Perry menikah.

Atau menginap di the iconic Taj Lake Palace tempat syuting film 007 Octopus 🙂

Ah…gimana nih jadi kangen deh ke Udaipur

Advertisements

11 comments

  1. Gw kayaknya masih harus nguatin mental untuk ke India Non. Ga kebayang ruwetnya, macetnya, belum diarenya haha tapi emang negara ini menyimpan banyak banget kejutan dan hal2 yang harus di liat.

  2. wahh. kayaknya cantik banget ya mbak udaipur ini. Baca baca cerita mbak non tentang india jadi pengen banget ke India. Tapi masih takut. hahaha

  3. Aku baru tau kota Udaipur, selama ini taunya Jaipur.. 😀 Bagus banget tempatnya.. Banyak ya yg bisa dilakukan di sana.. Penasaran sama benteng itu mbaa sampe2 dirimu bilang sinting di tulisan.. haha.. 😀

  4. aku ngiler banget ke udaipur ini mbak gara-gara si pemeran serial india yg aku suka banget nontonnya (the one and only serial india yg aku tonton dan suka banget-banget) tinggal di udaipur di serialnya…cuantik deh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s