Berkunjung ke City Palace Udaipur


City Palace Udaipur

Dari hotel yang kami tinggali sebenarnya City Palace keliatan dari restorannya yang terletak diatas atap. Setiap sorenya ketika matahari turun, istana ini akan berwarna keemasan. Suatu hari kami menghabiskan sore menjelang malam duduk di restoran Ambrai sambil memandangi istana cantik ini.

City Palace, Udaipur, adalah kompleks istana yang dibangun selama lebih kurang 400 tahun dengan banyak kontribusi dari penguasa-penguasa dinasti Mewar.

Pembangunannya dimulai pada tahun 1553, dimulai oleh Maharana Udai singh 11 dari keluarga Sisodia Rajput ketika beliau memindahkan ibukotanya dari Chittor ke kota Udaipur yang saat itu baru saja ditemukan. Istana ini terletak di tepi timur Danau Pichola dan memiliki banyak sekali istana yang dibangun didalam kompleksnya. Sebenarnya sekilas saya lumayan teringat dengan istana-istana di Prague dan juga Budapest.

Istana ini dibangun dengan sangat mewah. Sebenarnya dari beberapa kali masuk kedalam istana ketika traveling, saya sungguh-sungguh terkejut melihat betapa mewahnya istana-istana di India, khususnya Rajasthan. Sinting. Istana ini adalah yang terbesar diantara semua istana di tanah Rajasthan. Bangunannya dibangun diatas bukit, dengan perpaduan gaya arsitektur Alka dan Mughal.

Lake Palace Udaipur
Lake Palace Udaipur
Lake Palace Udaipur

Seperti yang saya sebutkan tadi, disekitar istana masih banyak lagi kompleks seperti Lake Palace (sekarang menjadi hotel dan tempat syuting film James Bond tahun 1983 Octupussy), Jag Mandir, Kuil Jagdish, Istana Monsoon, dan kuil Neemach Mata.

Saya dan teman menghabiskan hampir 6 jam ditempat ini. Gila ya haha. Jadi kita foto-foto, makan siang dan minum manggo lassi di cafe kecil didalam istana, nontonin orang-orang yang berfoto tiada henti seperti kami dan tentu saja mengelilingi istana yang super besar ini.

Lake Palace Udaipur
Lake Palace Udaipur

Lake Palace Udaipur
Lake Palace Udaipur
Lake Palace Udaipur

Oya, jadi kalau kita ke istana ini sebenarnya kita bisa lihat juga istana yang masih dipergunakan oleh raja. Masalahnya tentu saja property tersebut ditutup untuk umum hehe. Kita bisa tahu raja sedang ada dikediamannya jika air mancur didepannya hidup. Jika sedang mati artinya raja tidak ada di rumah.

Lake Palace Udaipur
Lake Palace Udaipur

Lake Palace Udaipur

Lake Palace Udaipur
Lake Palace Udaipur

Lake Palace Udaipur

Sejujurnya ada beberapa ruangan yang saya tidak masuki karena keterbatasan waktu dan kita ingin melihat tempat lain menjelang matahari terbenam. Sedih juga sih ya, tapi gimana lagi dong huhu. Mungkin next time 🙂

Untuk tiket masuk seingat saya seharga 500 ruppee dan kita harus beli tiket lagi jika ingin naik boat untuk melihat Lake Palace hotel.

 

Advertisements

10 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s