Pho Sup Paling Enak di Vietnam


Kalau ke Vietnam gak nyobain pho kayaknya ada yang kurang deh. Nah, jadi pho ini adalah salah satu sup paling terkenal di Vietnam. Sebenarnya sih ini soup ayam, daging ataupun udang biasa aja sih. Cuma gak tau deh, saya sejak pertama kali nyobain pho rasanya koq nagih. Ke manapun pergi kalau ada restoran Vietnam pasti nyobain. Bahkan di US dan Australia aja kita masih sempet-sempetnya ke restoran Vietnam.

Tahun 2010 dulu, pas nyampe di HCMC (Saigon) yang pertama kali kita cobain adalah Pho 2000. Jadi pho 2000 ini terkenal banget karena mantan presiden US (Bill Clinton) sempet makan di sana. Trus cabangnya sendiri ada di mana-mana. Kalau gak salah ada di Jakarta juga kan? kalau ke Pho 2000 kita bakalan liat foto presiden Clinton lagi makan lengkap menggunakan jasnya hehe. Saya inget kami makan di salah satu restoran paling pojok sesaat sebelum restoran tutup. Yang pasti restorannya penuh banget. Karena di restoran otomatis gak susah pesen yang kita mau.

Tapi makan pho paling berkesan tentu saja di Hanoi tahun 2010 lalu. Jadi ceritanya kami nyampe di Hanoi kemalaman dari HCMC gara-gara pesawat delayed hampir 3 jam. Kita gak tau kalau di Hanoi ada jam malam. Kalau gak salah dulu itu jam 12 malam. Keluar dari hotel (Old Quarter) jalanan sepi tapi ada warung pho (pinggir jalan, yang makan sambil duduk di kursi-kursi pendek plastik) dengan penerangan ala kadarnya. Laper kan ya kita, jadi makan aja di sini. Ehh tepat jam 12 malam, polisi patroli sambil teriak pake toa. Gak tau juga apa yang diomongin. Pemilik warung kayak mau nutup dagangannya tapi tetep nyuruh kita makan santai. Lah bingung. Pas liat orang-orang pada siap-siap mau tutup, polisinya pergi dong. Trus ehhh buka lagi. Huhaha……konyol tapi itu pho paling enak yang pernah saya makan.

Lagi-lagi soal Pho. Nah kali ini ternyata pengalaman makan pho di Hanoi (warung pinggir jalan) itu berkesan banget untuk saya dan Matt. Jadilah pas di Hoi An kita juga kepengen makan. Masalah terbesar dengan orang-orang Vietnam adalah mereka belum bisa berbahsa Inggris (hampir kebanyakan) jadi mau makan ini masalah banget. Hampir semua makanan menggunakan babi. Saya yang berbekal gambar babi, lalu tulisan Vietnam dari pemilik Villa ternyata tetep gak membantu. Mereka tetep bingung. Ehh…..kita nekat aja pesan pho udang. Entah kita salah makan atau gimana tapi rasanya mual banget. Mungkin udangnya yang salah atau entahlah. Gagal total haha.

Selanjutnya langsung ke restoran untuk pesen pho yang persis seperti diatas. Masalahnya pho di warung itu ramenya bukan main. Sampai susah dapat tempat duduk dan mesti ngantri. So, kayaknya lidah kita yang salah.

Kalau di Medan dan kangen pho, kadang-kadang saya masak sendiri juga sih. Matt bilang cukup enak tapi sejujurnya lebih enak yang Vietnam haha. Entah kenapa. Apa resepnya salah?

Hmmm kalau kamu pernah makan pho?

 

Advertisements

16 comments

  1. Pernah kak. Kebetulan di daerah deket ben thanh market, bnyak resto pho halal keturunan melayu malaysia.

    Saya makan nya di Halal Amin Pho Muslim HCM. Enak dan murah.
    Kadang pho ini yg bikin kangen balik ke sana. Hehehe.

  2. Aku suka pho.. Aduh aroma daun ketumbarnya ituu. Tp emg si makan pho di saigon enaknya beda.. Taugenya lebih besar2 krenyes gitu.. Jd kangen sarapan sambil di pinggir jalan saigon..

  3. belum pernah mbak non, tapi jadi kepegen nyobain deh, aq suka sebenernya suka makanan yang berkuah-kuah gitu asal rasanya gak seperti kuah kari gitu terlalu kuat jadinya malah bikin eneg…

  4. Aku demen banget pho. Dulu ada langganan disini namany Pho Saigon (ga kreatif yg bikin namanya). Porsinya gede, harganya murah. Pas buat mahasiswa. Terus belakangan ini ketemu yg lbh enak namany Pho Hanoi (haha!).

    Stylenya beda non pho yg di selatan (HCMC) agak keruh gitu terus lebih spicy, sedangkan yg Hanoi punya beninh supnya tapi lebih terasa gitu. Ga tau lagi sih, dijelasin sm orang Vietnamya gitu

    • Hahaha nama Pho nya koq yah cuma ngambil nama kota aja ya 🙂
      Ahh aku baru tau kalau di selatan agak keruh. Selama di Hoi An emang keruh gitu dan aku kurang suka (Hoi An tengah ya?) trus pas di Hanoi, Sa Pa lebih bening dan aku lebih suka

  5. kita juga suka makan pho!!! disini banyak vietnamese sih jadi banyak banget restoran pho. hehehe.
    paling enak kalo pas lagi dingin2 trus makan pho yang anget…

  6. Emang dekat California Selatan, ada komunitas terbesar orang Vietnam di luar negara asalnya, jadi ada kedai pho di mana2. Selalu enak banget. Salah satu pangan yg kita bisa nikmati sekitar 2-3 kali/bulan ya.

  7. Pernah, tapi justru makannya di my home town Jakarta hahaaa. Waktu itu nyoba yg di Tebet Indraya Square alias TIS, judul restonya PHO 24. Krn blm prnh nyoba yg di vietnam jadi ya yg disitu itu udh brasa best sangat deh. Tapi emang bneran enak sih. Wkt itu nyobain yg Pho Tai (pake irisan daging sapi shabu2) sama Pho Gan (pake tunjang sapi) dan dua2nya endeusss plus toge crunchy n montok di piring terpisah. Duhhh jadi pengen pho deeehhhh 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s