Gaya Pakaian Turis di Hoi An Vietnam


Hoi An

Setiap kali traveling kemanapun pasti kegiatan kita salah satunya adalah people watching. Pokoknya saya suka ngeliatin orang hilir mudik dengan berbagai tingkah, gaya, dan keseruannya. Biasanya kegiatan ini saya lakukan berdua dengan Matt tapi kemaren seperti biasa tiap kali kita liburan  Matt gak bisa ninggalin kerjaannya, jadilah dia curi-curi sambil kerja.

Foto-foto ini semua saya ambil sambil ngopi di salah satu cafe pinggir sungai yang membelah kota tua Hoi An. Sebenarnya kota tua ini pagi sampai siang cenderung sepi. Kalaupun ada turis biasanya gak terlalu rame tapi begitu menjelang sore, biasanya mulai pukul 04.00 sore maka bis-bis pariwisata berdatangan dari Da Nang. Katanya sih rata-rata membawa turis dari Cina, Korea dan Jepang. Saat inilah kota tua ini penuh sesak ditambah lampion-lampion mulai nyala. Seru. Denyut kotanya emang lebih berasa disore hari.

Gaya yang paling suka tentu saja 2 cewek di atas itu. Gak tau kenapa seru aja terutama cewek tanpa topi 🙂 dia juga cukup ramah. Pas tau saya lagi liat-liat mau motret langsung kasih 2 jari, sayang blur.

Di Hoi An itu ada satu baju yang pattern-nya itu buah semangka. Mulai dari kemeja, celana pendek sampai summer dress. Warnanya macem-macem. Kalau difoto liat yang pakai baju biru dengan motif semangka. Rame banget yang jual baju seperti itu. Makanya kita sering banget ketemu turis-turis dengan baju seperti itu haha.

Yang saya suka juga adalah cewek-cewek atau ibu-ibu yang menggunakan pakaian traditional Vietnam  atau biasa disebut Ao dai (áo dài) . Pakaian ini mirip-mirip baju kurung (baju saya ngaji pas kecil dulu) dengan celana pantalon. Biasanya sih, orang suka pakai Ao Dai yang terbuat dari sutera tapi kalau untuk turis sih macem-macem bahan yang dijual. Warnanya pun banyak pilihan. Kalau sore-sore duduk-duduk pinggir sungai, nah bakalan lewat-lewat deh turis-turis dengan Ao Dai hehe.

Selain memakai Ao Dai, banyak juga turis yang menggunakan topi caping. Topi ini emang khas Vietnam, mirip topi pak tani kita sih, ya.

Sebenarnya kalau lagi people watching beginian, saya paling suka liat orang Asia haha. Dandanannya selalu seru, biasa aja atau norak sekalian. Kalau Western biasanya gayanya yah gitu-gitu aja. Rata-rata mirip semua jadi kurang seru 🙂

Kalau kamu suka nonton orang-orang juga gak?

Advertisements

28 comments

  1. Kadang aja pas di Sydney, klo lg di lampu merah, coz it took a while jd mau ga mau pasti liatin orang-orang. Atau pas di bus. Aku inget pernah berdiri di belakang mbak2 yg kyknya sesama mahasiswa internasional (alias bukan asli Sydneysider). Pake high heels dong dia, lmyn tinggi. And I was like, ini siang bolong mbak…. kemana2 kita jalan kaki lho…. nggak capek apa ya? (monmab kadang emang kita suka judgemental hahaha)

  2. Aku pengen loh pake Ao Dai, siapa tau cocok, tapi biasanya aku klo pake dress2 yang panjang gitu keliatannya jadi kaya bencong 😛

    Klo turis2 Jepang aku perhatiin disini itu suka modis, kadang nyleneh, (Korea juga), tapi klo turis Cina biasanya mereka baju seadanya, kadang ga cocok, atau norak sekalian.

    Aku biasanya klo liburan ke negara tropis (halah), skrg udah pakemnya kaos sama celana pendek itu doang yang paling nyaman. Boro2 gaya2an, udah keringetan ga keruan duluan….

    • ah masa kayak bencong, coba dong secara kamu langsing.

      Aku selalu suka gaya orang Jepang. Gak tau kenapa kayak enak aja diliat padahal modelnya tumpuk2 hahah.

  3. Suka sih apalagi kalau daerah yang org2nya gaya..Nah itu, kalau human interest di foto candid pasti tajam. Kalau nggak kok suka blur ya? Kameranya protes apa?🤔🤔

  4. kalau lagi jalan-jalan aq juga suka tuh ngeliatin atau merhatiin mereka dengan pakaiannya dan bener kata mbak non kalo turis asing kurang seru bajunya aka biasa aja tapi kalau turis asia duh sampai bikin mikir “kenapa dia pakai baju seperti itu yah ? apa inspirasinya yah ? hahaha.. pokoknya turis asia lebih expresive kalau menuru aq tuh…

    kalau lagi gak jalan-jalan aq sering merhatin orang-orang dengan pakaiannya pas lagi makan siang, apalagi kalau makannya di tempat yang banyak orang lalu lalang

    seru sendiri aja sih ngeliatin seperti itu…

  5. Iya suka people watching, waktu di Amsterdam sempet naik bus sama org Indo yg dandanya all out banget, lengkap dengan topi pantai spectakuler n make up tebal, sementara eike cmn pake celana n kaos..pas lagi ngobrol agak minder.. huff.. Lalu aku paling suka liat turis korea dimana2 selalu enak dilihat baju2nya.. di Positano juga pernah liat cewe asia kece abis dari highheel sampe bajunya sangat bright..(ga ngerti jg k pantai dgn heels mungkin photoshoot) paling lucu di juga liat turis Cina di Keukenhoff.. mereka sengaja bawa koper n ganti2 baju tiap foto.. aku suka banget people watching krn cukup menghibur.. kkk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s