10 Perjalanan Dengan Kereta Api Idaman


Pixabay

Sejak kecil sebenarnya saya lumayan suka naik kereta api apalagi kalau inget kereta api mau gak mau pasti ingat kampung halaman ayah. Dulu kalau ke kampung mesti naik kereta api sekitar 4 jam, dilanjutkan dengan bis/RTB (ojek) untuk sampai ke rumah kakek/nenek.

Setelah pindah ke Surabaya sebenarnya saya lumayan sering naik kereta api dengan tujuan Yogya/Solo/Bandung/Banyuwangi  dan Semarang. Terakhir kali naik kereta api sekitar 5 tahun lalu dan keadaannya sudah sangat jauh lebih baik. Kayaknya sekarang kereta api malah lebih canggih lagi. Kemaren liat postingan teman naik kereta api ke Bandung, aduh itu keretanya luar biasa bagusnya.

Ketemu Matt ehh ternyata dia suka banget dengan kereta api. Kayak lumayan terobsesi pengen melakukan banyak perjalanan dengan kereta tapi kebanyakan belon dilaksanakan karena terkendala waktu dan juga dana haha.

Nah, di bawah ini ada beberapa jalur kereta api yang kita pengen cobain karena penasaran dan juga masuk bucket list kita. Sebenarnya listnya bertambah trus sih karena tiap kali kita mau liburan biasanya suka cek-cek jalur kereta juga walau gak dilakukan 🙂

01. Danang – Hanoi Vietnam

http://www.halongairservice.com/how-to-get-danang/

Yang ini kita baru aja laksanakan. Jadi pas tau mau ke Vietnam, Matt langsung deh cari info soal kereta api di Vietnam dengan jalur Danang – Hanoi. Pemandangannya bagus banget emang dan kereta apinya juga ok. Untuk tiket kita kemaren US $ 84 per orang. Emang lebih murah naik pesawat tapi sebenarnya seru juga koq naik kereta api. Buat saya malahan asik karena gak perlu naik pesawat haha.

Untuk yang lihat Insta Story pasti tau deh gimana cerita naik kereta ini.

02. Siberian Train

Pixabay

Saya baru tahu tentang Trans Siberian ini pas kami baru-baru pacaran. Jadi kereta ini masuk bucket list si Matt. Lebih tepatnya bucket list hidup dia haha. Ehh pas saya lihat youtube seru banget. Jadi tambah mupeng. Masalahnya ternyata untuk naik ini lumayan mahal dan ada beberapa visa yang harus saya urus karena jalurnya melewati beberapa negara haha. Yah, mungkin suatu hari ketika ada rejeki dan gak ribet urus visa-nya ya haha.

03. Adelaide to Darwin Australia

Great Southern Rail

GImanaaaa gak pengen, merah dan orange gitu kayaknya warnanya haha. Jadi mungkin karena daerah ini panas dan banyak savana/padang pasir jadi jalur yang dilewati bakalan kayak gini nih pemandangannya. Pengen!

04. Mandalay – Hsipaw

Sebenarnya kalau untuk rute Mandalay – Hsipaw gak terlalu istimewa sih. Maksutnya keretanya juga biasa aja. Mungkin Matt gak bakalan mau tapi kereta ini bakalan ngelewatin satu jembatan yang didesign oleh Inggris dan konstruksinya itu dilakukan oleh Amerika. Katanya sih ini merupakan jalur paling panjang (dulunya) di dunia dan pemandangannya bagus banget. Aduh……I’m sold!

05. Royal Rajasthan on Wheels

Ini salah satu bucket list yang gak kesampean di India karena semua gak mau bayar mahal haha. Sumpah ini pengalaman seumur hidup deh. Bagus parah kalau liat videonya haha. Sedih gak kesampean. Tiketnya perorang sekitar US $500 tapi saya rasa-rasa oklah ya, sekali ini seumur hidup haha.

06. Glacier Express

Ya udahlah ya secara ini di Swiss, gak usah pake foto haha. Udah pasti bagus banget pemandangannya juga. Ngences darah!

07. Srilanka

Ingat kan, kita pernah menghanguskan tiket ke Srilanka karena Visa Indonesia Matt prosesnya kelamaan. Sekarang kalau ngomongin Srilanka kaya luka lama digoret-goret haha. Kereta api, trekking dan juga safari adalah highlight kita ketika berencana ke Srilanka. Salah satu rute kereta api yang pengen banget kami cobain. Sekarang nulis ini tiba-tiba kesel lagi. Udah ah…

08. Orient Express

Ini rute yang Matt pengenin juga. Saya ikutan aja apalagi sejak filmnya di-remake hahaha. Jadi tambah pengen.

09. Shongololo Express

Aduh parah ini cantik banget. MAU…..MAU….Mau…..entah kapan bisa ke Afrika tapi yah gitu, menabung mimpi kita dulu haha.

10. Jakarta – Bandung

Bagus ya 🙂

Saya belon pernah sih nyobain kereta dari Jakarta – Bandung, ihhh penasaran deh.

Selain itu ada banyak lagi rute kereta yang tentu saja pengen saya cobain. Ada California – Nevada yang juga keren, Canada, Eropa (semua rute), India (semua rute), Vietnam, dan masih banyak lagi.

Kamu hendak turun di mana?……

Advertisements

26 comments

  1. Eropa mah tergantung rutenya Non. Banyak yang pemandangannya gitu-gitu aja dan kursinya nggak enak (kalau kereta regional, haha 😛 ). Tapi kalau di Swiss memang kece sih pemandangannya 😀 .

    Ah Trans Siberia itu memang menarik, tapi rutenya ditempuh dalam waktu beberapa hari gitu jadi bikin males, mending naik pesawat aja kalau aku, hahaha 😆 .

  2. Wah. Aku juga pecinta kereta Mbak haha.
    Beda sama Mbak yg ga suka naik pesawat, aku malah ga kuat kalo harus lama di bus hahaha. Jadi kereta okelah yaa 🙂

  3. Pernah di india, kereta apinya narik 30an gerbong. Coba semua kelas Mulai dr yg bisnis, sampe yg kebagian duduk doang. Di Indonesia tetep the best sih track jawa kak. Banyak pemandangan ijo royo royo

  4. Du du du du trans Siberia itu emang menggoda Non. Aku dan suami pengen deh nyobain. Semoga ada rejeki. Aku paling suka naik kereta. Pernah nyoba kereta dari Jakarta Jogja aja uda senang bgt haha

  5. Hehehe, belum pernak nyobain naik kereta di luar negri. Tapi kereta api Indonesia sekarang udah jauuuuuuuh lebih baik, salah satu pilihan utama klo mau bepergian jauh …. Yogya – Bandung aja or Bandung – Malang juga nyaman 😊😊

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s