Mak Ican Model Mural di Medan


Mural Medan

Sebenarnya tulisan ini sudah bisa saya tulis barengan dengan cerita Mural di Medan karena pergi ngeliatnya juga bareng tapi males ngedit haha. Padahal cuman resize foto doang. So, saya posting sekarang aja dan kebetulan juga lokasi mural-mural ini berbeda.

Kalau mural yang pertama dilukis di bangunan tua yang ada di Jl. Perdana Medan

Dilukis disalah satu dinding bangunan diatas, nah kalau yang berikutnya yang sebenarnya adalah mural pertama dilukis di bangunan yang hancur di sekitar perkampungan di Multatuli. Jadi emang lumayan jauh juga sih.

Mural berikut ini adalah gambar seorang nenek tua bernama mak Ican. Mak Ican ini digambar oleh artis mural Gabriel Pitcher. Dia menggambar nenek berusia 90 tahun ini di dinding lantai 2 di perkampungan Multatuli.

Lucunya karena kita sempat ketemu mak Ican, ternyata gambarnya beneran mirip banget kecuali si nenek sudah sangat tua sehingga ketika kita ajak ngobrol sedikit kesusahan.

Mural Mak Ican Medan
Mural Mak Ican Medan
Mural Mak Ican Medan
Mural Mak Ican Medan

sebenarnya saya kurang tahu persis bagaimana Mak Ican bisa dipilih untuk menjadi model dari lukisan Gabriel tapi rasa-rasanya pemilihan itu pas banget. Berikutnya ada mural yang ternyata baru selesai digambar malam sebelum kami datang. Jadi beneran masih baru banget. Kita juga tahunya karena Pak Chandra baru selesai motret trus ketemu kita dan ngajakin ke tempat tersebut.

Lokasinya sih sebenarnya gak jauh dari mural Mak Ican tapi jalannya itu loh muter-muter di gang kecil jadi kita sempet kesulitan buat mengingat jalan pulang nantinya haha.

Mural Medan
Mural Medan
Mural Medan
Mural Medan
Mural Medan
Mural Medan
Mural Medan

Nah pelukis ketiga ini juga dari artis mural dari luar tapi namanya lupa saking panjangnya dan tulisannya terlalu kecil. Gambarnya adalah sekumpulan anak-anak. Ternyata anak-anak yang menjadi modelnya adalah anak-anak kecil yang tinggal disekitaran perkampungan.

Mural Medan
Mural Medan
Mural Medan
Mural Medan
Mural Medan
Mural Medan
Mural Medan

Mural Medan

Mural Medan

Selain dari 3 mural yang saya tulis di Blog, sebenarnya ada beberapa mural lagi yang akan menyusul. Kalau gak salah totalnya akan ada 20 mural di Medan. Letaknya sampai hari ini masih menjadi misteri hehe.

Kamu seneng lihat mural juga? ke Medan yuk…..

 

Advertisements

26 comments

  1. eh aku naksiiiirr itu celana kulot batikmu hahahaha out of topic banget yak … maapkeuuun abisan mencuri hati banget. Diantara semuanya aku paling suka mural mak ican 😀

  2. mbak noni…celananya lucu deh #salahfokus

    ga sabar rasanya menantikan ke-20 mural rampung dikerjakan. Bakal seru nih keliling Medan berburu mural 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s