10 Makanan yang Harus Dihindari saat Kram Menstruasi


stock-photo-hand-of-woman-stomach-ache-because-of-gastritis-or-menstruation-that-are-sign-of-stomach-trouble-457121851

Karena saya punya endometriosis, jadinya saya emang lebih perduli soal penyakit ini. Ngerasa banget tersiksanya setiap bulan. Belakangan pun saya suka share tulisan mengenai Endometriosis supaya kita bisa saling berbagi (untuk yang punya masalah sama tentunya). Informasi ini saya dapat dari beberapa website dan tentu saja browsing hehe. Kalau ada yang tahu lebih lanjut silahkan ikutan berbagi di kolom komen ya.

Selama 2 bulan ini setiap menjelang mens (biasanya 5-6 hari sebelum mens) saya sudah mulai ketat dengan makanan. Seharusnya orang yang diet endometriosis gak boleh cheating sih, tapi susah haha. Makanya satu minggu sebelumnya saya mulai menjaga makanan yang saya konsumi. Mengurangi gula, gak makan daging merah, dairy product beneran dihindari (kalau liat IS saya pasti sering liat saya buat camilan dengan vegan recipe) , lalu saya lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayur.

Baca disini ya untuk membantu hormon kita

Selain itu sekarang (sudah hampir 2 bulan) saya setiap hari jalan kaki sekitar 10.000 atau lebih langkah ( sekitar 10-12 km), yoga 4 kali seminggu dan selalu bergerak lebih banyak daripada dulu.

Nah, ketika hari H (hari mengerikan tiba) tentu saja saya masih sakit perut banget. Sudah 2 bulan ini saya sakit perut sekitar 2-3 hari ( ini yang sakitnya saya beneran gak sanggup nahannya jadi harus minum pain killer). Hari lainnya saya kadang-kadang masih senut-senut tapi sudah berkurang jauh dan gak perlu minum pain killer. Biasanya saya bisa sakit perut sekitar 7-10 hari.

Makanan yang harus dihindari adalah :

01. Kopi/kafein

coffee-1576537_960_720

Biasanya nih, walau saya gak minum kopi seperti dulu. Jadi yah, saya sempet berhenti total minum kopi tapi ya gitu deh, begitu cheating langsung susah berhentiin lagi. Nah, 2 minggu selama periode mens saya tahan diri banget gak minum kopi dan teh. Kalau pengen banget minum hangat biasanya saya minum raw/organic chocolate hangat ditambah macca powder. Cuman coklat juga sebenarnya mengandung kafein jadi sebaiknya dihindari juga. Saya akan minum coklat itu kalau beneran gak tertahankan lagi haha.

Kafein bisa mempersempit pembuluh darah dan menaikkan tensi yang memperparah kram saat menstruasi. Ini yang dulu saya rasain tiap kali bandel minum teh. Perut rasa gembung banget dan kram yang menjadi-jadi. Pokoknya gak enak.

02. Alkohol

Emm ini sih jarang tapi dulu ada masa-masa saya suka minum Moscow Mule lah, Sangria lah, Wine lah pas lagi mens haha. Sekarang gak pernah lagi karena emang efeknya gak bagus untuk badan saya.

minum alkohol  selama menstruasi dapat memperburuk kram dan membuat perut kembung. Sebab, alkohol mengandung zat diuretik yang menyebabkan retensi air dalam tubuh selama menstruasi.

03. Coklat

Nah seperti yang saya sebut diatas, kalau minuman coklat aja sebaiknya dihindari jadi coklat batangan yang katanya baik utk mens itu sebenarnya gak bagus karena bisa memperparah kram. Kafein di dalam cokelat bisa mempersempit pembuluh darah dan memperburuk kram.

04. Daging merah

abstract-1239434_960_720

Emm sudah lama sih saya hindari tapi emang dalam 1 bulan saya punya jatah 2-3 kali makan daging (biasanya rendang). Kalau lagi mens atau 1 minggu sebelum/setelah mens saya beneran gak mau makan daging (seenak apapun kayak kemaren kita masak beef wellington) karena gak mau kram huhu.

Sejumlah studi membeberkan fakta daging merah merangsang terjadinya kram saat menstruasi. Asam arakidonat yang terkandung di dalam daging merah menstimulasi prostaglandin, salah satu zat utama yang merangsang terjadinya kram menstruasi.

05. Dairy products

yogurt-1442034_960_720

Kalau dairy products sebisa mungkin emang saya hindari. Ini kayak makanan untuk endometriosis, kista dan juga miom. Sekarang kalau lagi masak biasanya saya pakai cocoa butter atau minyak kelapa/bunga matahari, minum susu almond. Kalau lagi baking (kadang-kadang saya bikin dessert) biasanya semua bahan diganti dan saya pakai resep vegan. Yah cuman terkadang karena susah dapatin bahan-bahannya pas masa-masa bukan mens atau menjelang mens, adalah cheating dikit huhu.

Produk olahan susu, seperti susu itu sendiri, yogurt, mentega dan keju, juga mengandung asam arakidonat yang merupakan zat utama perangsang terjadinya kram saat datang bulan.

06. Makanan kaleng

Duuuuuuhhhh….ini agak susah menghindarinya terutama kalau kita masak dirumah karena kebanyakan bahan-bahan untuk masakan yang pengen kita masak itu didalam kaleng huhu. Untuk menghindarinya biasanya saya lebih milih resep yang pakai bahan-bahan segar atau cuman makan sayur, buah, ikan dan tentu saja makanan segar lainnya. Yakinlah saya masih suka jatuh bangun 😦

07. Gorengan

Yang ini sudah banyak sekali berkurang karena saya sekarang lebih sering manggang makanan atau direbus/kukus aja.

Makanan yang digoreng dapat meningkatkan kadar estrogen yang menyebabkan ketidakseimbangan dalam rahim. Kondisi ini membuat kram saat menstruasi semakin parah.

08. Gula

Sama seperti produk susu, ini juga makanan semua penyakit endo dan saudara-saudaranya haha. Saya kalau lagi mens biasanya dapetin gula hanya dari buah aja. Gak makan gula sama sekali. Setelah mens…..nah harusnya juga gak boleh makan tapi apa mau dikata ya, susah juga walaupun menurut saya sih, konsumsi gula saya dikiiiiiiit banget.

Gula memicu peradangan. Sebab itu, segala jenis makanan dan minuman yang mengandung gula sebaiknya dihindari ketika mengalami nyeri atau kram karena datang bulan.

09. Nasi

Sebenarnya saya mulai diet nasi itu sejak lama tapi sering gagal kalau lagi kerumah ortu. Pokoknya dirumah mereka gagal trus deh. Nasi itu sering bikin saya gembung dan sendawa gak berhenti. Sekarang saya lagi usaha banget hanya makan nasi 2 kali seminggu. Masih gagal tapi tentu saja dibandingkan orang yang makan 3 kali sehari nasi, saya sih jauuuuh banget hehe.

10. Terigu

Yap….saya gak alergi tapi ternyata terigu juga suka bikin kram dan bikin perut saya gak enak. Jadi sekarang kalau lagi menjelang mens/pas mens saya gak makan roti, pasta dan semua-semua yang ada terigunya. Kalau pengen masak sekarang pun saya mulai pakai tepung gluten free.

Selain 10 makanan ini sebenarnya banyak juga makanan lain yang saya hindari seperti keripik, sambal yang terlalu pedas, bakso, pokoknya banyak deh haha.

Sayangnya begitu kelar mens, saya juga yah gitu deh hahaha 🙂 cheating lagi. Tengil ya, padahal seharusnya saya fokus untuk diet endometriosis supaya gak sakit-sakit lagi.

Jangan lupa juga untuk tetep olahraga atau melakukan gerakan yoga ini untuk mengurangi kram dan sakit….eh iya saya juga konsumsi biontin dan vitamin dan juga jambu merah  untuk mengurangi sakit 🙂

Semoga informasi ini berguna dan kita semua sehat-sehat yaaa…..

 

 

 

 

 

Advertisements

23 comments

      • Biasanya dalam waktu 2 minggu itu aku minum air putih sama lemon atau teh hangat (gak pake gula) tapi yang green tea. Trus kalau makanan sayur + buah + Ikan atau ayam + nasi yang dicampur biji2an hehehe.
        Btw….selama 2 minggu itu aku berusaha disiplin tapi namanya manusia ya, terkadang suka nakal dan langsung ngerasa akibatnya. Swakit haha

  1. Yah pastilah berguna mba Noni. Makasih ya. Kalau oat meal boleh dimakan kah mba? Sy suka sama ikan goreng karna kalo ikan tim, bau amis mba. Ikan skrg juga jarang yg seger. Makanya sy suka digoreng. Iki piye mba? Makasih ya

    • Nimbrung sama Vicky 😄😄✌️️ kalo dipepes gimana ikannya? Walaupun ditim bau amisnya ketutup sama rempah jadinya. Atau dipan-fry alias pakai teflon. Minyaknya sedikit saja

      • Hai mba baik hati uda berkenan jawab komen saya 🙂 Sy suka dipepes tapi bikinnya rada repot kalo menurut sy. Lha sy makan ikan kembung atau ikan tenggiri dikasih sedikit garem sebentar aja sekitar 5 menit langsung goreng. Uda deh sy lahap makannya. Nah kalo fry pan, aku mau beli deh mba. Sekiranya harganya berapa utk merek yg worthy namun masih ramah di kantong mba? Makasih mba mrspassionfruit

    • Oatmeal itu bukan terigu kan ya? semestinya bisa. Wheat gak bisa sih seingat aku soalnya Matt pasti nyuruh gak boleh makan roti apapun setiap aku mau mens + pas mens.

      Digoreng gpp koq ikan tapi minyaknya dikit aja. Biasanya aku suka di panggang hehe. Di tim aku juga gak sanggup. Duh…..berasa masih gimana gitu ya.

  2. Hlo K, salam kenal.
    Trima kasih utk infonya, sya jg pnderita Endometriosis yg membuat sya takut klo sudah dekat hri2 mens.
    Klo dietnya sdh sedikit2 sya jlankan, tpi kdang2 kalap juga.. hehehe
    Cuma olahrga sja yg blm prnah sya jlankan..

    • yah namanya manusia ya, pasti salah hehe. Aku jgua masih begitu koq. Olahraga itu banyak banget bantu. Serius. Kadang2 kalau sakit banget aku tetep paksa pergi yoga atau yoga dirumah dan jalan kaki biasanya ngurangin rasa sakit

  3. Mbaak.. saya juga endo.. Saya udh baca artikel2 mbak. Tiap mau haid itu rasanya memang kayak trauma gt. Takutt bangett sakiitt yg huahh susah dijelaskan. Nah mbak.. bulan ini jd bulan yg beda sama saya. Kmrn itu gt tau haid sy lgsg minum jus nenas campur madu. Jd nenas yg gede itu saya jus buat sehari. Trus sakit perut n seluruh badan yg biasa sy rasain ilang lho mbak! Sy pikir ah ini mgkn kebetulan palingan bsk jg sakit lg tp ttp sy minum jus nenas itu. Dann bnrn g sakit lho mbak. Malah sy bisa jalan2 n beres2 rmh. Biasanya? Tiduran aj g bisa jalan slama haid. Mgkn bisa dicoba mbak., siapa tau jg manjur buat mbak. Sy baca artikel ttg nenas ternyata emang bagus buat penderita endo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s