10 Natural Ways to Balance Your Hormones


stock-photo-hormone-therapy-medical-concept-on-grey-background-with-blurred-text-and-composition-of-pills-331195937

Sejak menyadari persoalan hidup saya yang lain selain duit dan takut terbang adalah hormon, maka saya sering dengan sengaja mencari informasi apa saja sih yang bisa dilakukan untuk membuat hormon sedikit lebih stabil.

Masalah hormon yang tidak stabil ini soalnya bisa menyebabkan banyak keluhan kesehatan, salah satunya adalah endrometriosis yang cukup menyiksa hidup saya bertahun-tahun. Selain itu ketidakseimbangan hormon juga bisa menyebabkan.

  • Fatigue
  • Weight gain
  • Hair loss or thinning
  • Brain fog
  • Depression
  • Anxiety
  • Insomnia
  • Dry or sagging skin
  • Sugar cravings
  • PMS
  • Low libido
  • Fertility challenge

Nah, banyak kan ya 😦 makanya gak bisa juga dianggap enteng persoalan hormon yang tidak seimbang ini. Apalagi kalau semisalnya sudah mulai sering ngamuk-ngamuk hehe, bisa jadi hormonnya terganggu.

Banyak dari dokter atau kita-kita cewek (minimal temen-temen saya yang punya masalah sama) akhirnya memutuskan untuk mengambil hormon pil, terapi hormon (seperti yang saya lakukan) atau minum pil kb. Kalau yang saya baca-baca walaupun semua terapi ini membantu tapi sama kayak nempelin tensoplas di luka. Begitu dicabut yah,  sakit lagi. Saya sudah membuktikannya 2 kali. Belon lagi terapi hormon (biasanya tapros) itu beneran menggangu banget. Bayangin aja badan yang belum waktunya menopause ehh dibuat menopause hehe. Sumpah gak enak. Begitu denger suntik tapros atau yang sejenisnya, saya langsung minta-minta tolong deh, gak mau lagi 🙂

Trus kalau gak mau lagi gimana dong? yah bakalan kesakitan dan hidup dengan banyak persoalan hidup haha. Makanya saya coba cari-cari tau apa saja makanan yang bisa saya konsumsi dan bisa paling enggak membantu saya sedikit membuat hormon saya gak dancing gila-gila’an kayak cacing kena air panas.

Beberapa makanan yang saya rutin konsumsi belakangan ini adalah :

01. Maca Powder

Organic Authority
Organic Authority

Nah Maca ini saya tahu informasinya dari Mery. Trus kebetulan dapat yang organic di OLS dan saya coba. Sampai sekarang saya masih suka minum tapi yah itu suka lupa-lupa karena sebenarnya saya kurang suka sama rasanya. Jadi suka dengan sengaja skip minum ini. Gimana hormonnya mau stabil ya, kalau pesakitannya suka nakal hehe. Jewer deh 🙂

Akar maca tumbuh di Pegunungan Andes, Amerika Selatan. Maca telah digunakan oleh masyarakat Peru sebagai makanan pokok dan obat selama berabad-abad. Sebagai makanan, bubuk maca mengandung kadar kalsium, kalium, zat besi, dan zat tembaga dengan vitamin C, riboflavin, niasin, dan serangkaian vitamin B yang signifikan. Bubuk maca sangat rendah kolesterol, lemak jenuh, dan sodium. Selain itu juga merupakan sumber karbohidrat kompleks, protein, dan serat yang baik. Bubuk maca berasal dari akar maca kering yang ditumbuk dan digiling, yang bisa digunakan sebagai makanan dan obat.

02. Beets dan Apel Hijau

Pixabay
Pixabay

Ughh gak enak hahaha. Ibunya Aggy kapan itu buatin saya juice dari buah beet, apel hijau dan wortel. Enak deh, soalnya dibuatin hahaha. Nah, combo ini bagus banget untuk menstabilkan hormon 🙂

03. Coconut Oil

virgin-964755_960_720

VCO atau virgin coconut oil ini banyak banget manfaatnya untuk tubuh. Salah satunya yah utk menormalkan hormon. VCO juga masuk dalam daftar diet Endometriosis, makanya saya lumayan rajin untuk mengkonsumsinya. Biasanya 1 sendok makan pagi-pagi. Rasanya sama sekali gak enak makanya begitu diminum langsung minum air hangat supaya rasa minyaknya hilang hehe.

04. Alpukat

pixabay
pixabay

Saya sebenarnya kurang begitu suka alpukat tapi demi ya hehe. Demi bisa sembuh maksutnya. Saya sering makan 2-3 kali dalam satu minggu. Paling apes 1 kalilah karena kan bosen banget makan alpukat ini, apalagi gak boleh pake gula haha. Untuk bikin manis biasanya saya tambahkan madu 1 sendok.

05. Berhenti makan dairy product

SUSAHHHHHHHHH 😦

Tapi sekarang sudah banyak banget berkurang sih. Saya paling susah itu berhentiin butter karena biasanya dipakai untuk masak huhu. Untuk susu sudah lama sekali diganti dengan almond milk.

06. Kopi

coffee-1117933_960_720

Sebenarnya bukan cuman kopi sih tapi kafein 😦 sedih ya. Huhuhuhu…..RIP Coffee. Saya palign susah berhenti minum kopi cuman pas Matt dirumah. Kalau dia masak kopi, najis, wanginyaaaa…….aduh saya langsung gak bisa mikir bener. Mirip kucing dikasih catnip trus Matt suka gak tega jadi dikasihlah 1 cangkir yang terkadang berbuah cangkir yang lainnya hihihihih.

Belon lagi kalau saya lagi bad mood biasanya suka dibikinin teh. Aduh makjang, kapan mau stabil ini hormon hahhaa.

Sekedar saran, kalau kamu kayak saya, coba aja minum matcha green tea, karena kandungan kafeinnya dikit. Ada dijual koq teh seduh dari matcha di supermarket. Tapi inget jangan sering-sering. Berasa ngomong sama tembok gak sih hahahaha. Toyor Noni.

07. Stop Alkohol

Udah dibilang sama siapa itu penyanyi dangdut haehehe, kalau alkohol gak baik :). Saya sih sebenarnya bukan peminum dan emang gak suka minum tapi kalau dibuatin coctail gak nolak. Sama aja ya hahaha.

Sekarang sih sudah lama banget saya gak minum-minum cantik lagi karena inget ada “setan” bersarang dibadan jadi yah udah berhenti, tapi balik ke point no 6. Samaaa aja NONCEEEEE!

08. Avoid oils high in omega 6

Jadi ya ini tuh kayak minyak2 sayur (terserahlah mau dari apa aja apalagi soya) itu semua gak sehat. Intinya kalau sudah punya masalah kayak saya, kelar hidup lo hahhaa. Gak bisa lagi makan apapun yang digoreng. Hidup rebusan 😦

Pas nulis ini saya baru sadar kenapa saya gagal huhuhuhu.

09. Spices and Herbs

10. Sayuran hijau terutama Kale

Karena gak ada kale saya jadinya suka makan bayam hehe.

Nah, kira-kira segitu deh. Sebenarnya ada banyak lagi koq makanan yang bisa dimakan termasuk vitamin yang bisa bantu hormon kita stabil lagi. Cuman yakin deh, karena saya suka nyobain cuman suka cheating juga, semuanya gak bakalan ngaruh. Makanya yang paling banget-banget kita perlukan adalah ketekatan hati kalau hidup kita sudah selesai dengna semua makanan enak hahahha. Apalagi warung Padang. Udahlah itu dijadiin mimpi basah aja 🙂

Ada yang tahu makanan sehat apa lagi yang harus saya konsumsi? share yuk…..

 

 

Advertisements

46 comments

  1. Kalau aku ngga spesifik soal penyeimbang hormon sih Mba Non, tapi aku paling khawatir soal osteoporosis – jadi sebisa mungkin asupan2 Magnesium Kalsium gitu aku makan. Yang baru-baru ini rutin adalah makan sesendok wijen tiap hari. :))

  2. iya nih gegara hormon lahiran dll rambutku rontok paraahhh Non..huhuhu
    eh tapi itu VCO ngaruh banget lhoo di aku..sekarang buat tumis2 aku pake VCO juga trus aku apply di rambut semalaman sebelum tidur seminggu dua kali.
    ngindarin dairy product itu susaaahhhhhhh buat aku..apalagi kalau doyan dessert2-an…

    perbanyak makan sayur2 hijau dan buah emang dah paling bagus ya buat tubuh..kalau orang sini Non temenku yg lokal mereka kalau masak sayur cuma di kukus trus disiram tumisan bawang putih ama jahe gak pake garam ataupun gula..trus gue bayanginya apa enaknyaaa yaa ahahahaha

    • Hihih VCO itu dulu aku pake buat badan, ketek sampe rambut Nis. Trus Matt sebel karena kalau tidur berasa tidur sama kelapa saking baunya hahahhaa. Jadi aku minum aja sekarang deh. Kalau masak juga pake minyak kelapa/canola ganti2an.

      Dairy product emang ya rusuh banget lah hahaha. Kalau di luar kayak di US enak sih, karena kan mereka bny yang vegan jd bny alternatif tapi mahal hauhahha..

      Aku kalau makan sayuran kayak gitu juga Nis, rasanya yah gitu deh, biasa banget hehe

  3. Berhenti makan dairy product & kopi itu susahhhh banget buatku mba non. Di jakarta sekarang olahan buah beet udah banyaaakkk. tapi belum coba sih. Beli Maca Powder di OLS dimana mbak non?

  4. Mengurangi penggunaan gula dan atau garam, memvariasikan sumber karbohidrat (ubi, singkong, quinoa, couscous, kentang dll), dan mungkin balik lagi ke FC Non, dikencengin.

    • Iya nih , pengen kencengin FC ada aja yang bikin gagal huhu. Breakfast sama lunch sih aku udah FC, dinner nih Deh, susah bener.
      Kalau karbo aku udah kurangin banget dan sering makan ubi jalar juga sih. Nasi palingan seminggu 2 kali aja

  5. Hormonku gak seimbang justru pas hamil Teona, jadi mual muntah selama 9 bln. Obgyn my bilang, hormon gak seimbang biasa di tiap cewek, beda2 jg bentuknya. Solusi saat itu? Gak ada! Haha. Sedia stok obat mual yg aman utk bumil, yg mana gak gitu ngaruh juga di aku. Ajaibnya, selesai lahiran, hormon gak seimbang berubah ke emosi *terus aja salahin hormon lo, Fran. Haha. Kalo sekarang pas mau mens aja sih. Aku kayaknya pernah tau solusi utk penderita endometriosis deh. Tapi lupaa *pikun. Ntar kalo ada info kukabari. Aku yg standar banget, potongan buah tahun Childress sama broccoli rebus

  6. Aku suka minum jua buah bit dicampur wortel,rasanya emang bikin nangis menurut aku tapi demi sehat terpaksa diminum..hahahaha,kopi aku gak suka sih cuma klo chocolate itu gmna ya mbak non?

  7. Mba Noni, selamat lebaran. Sy mau nanya saat lebaran kan makanan enak enak, gak usa ke kue kering dulu lah mba. Sy seneng banget ketupat sayur, padahal itu ada santennya. Tapi gimana toh mba ngadepin pertanyaan orang2 yg heran masa hari raya tdk makan makanan khas lebaran. Sudut pandang mba Noni gimana? Makasih ya

    • Kue kering aku kebetulan gak suka, tapi adek ipar aku suka buatin haha. Kalau dia buat aku makan 1-2 biji. Cukup. Makanan lebaran aku jg makan tp secukupnya aja dan biasanya 1-2 kali aja. Selebihnya aku udah gak sanggup. Berat bgt santan, minyak dan cabe2an itu. Lebaran kan cuma 1-2 hari, gpp cheating, asal nanti balik lagi ke pola hidup yg sehat

  8. Thanks for prompt reply. Ini worthy banget buat sy. Wah Allah kasih kita penyakit ini, mungkinkah karna kita yg dipilih ini yg hebat dalam artian manusian kuat. Dia tdk memberi cobaan melebihi kekuatan kita. Amin. Sy kalo tiap bulan rutin dah minum asam mefenamat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s