Yoga For Menstrual Pain


Stylecraze Read it
Stylecraze

Permasalahan hidup saya setiap bulan adalah kesakitan ketika mens. Biasanya 2 hari sebelum mens saya sudah setengah mati. Kesakitan dan hampir gak bisa berdiri. Hampir 1 tahun saya ikut yoga ternyata tidak membantu apapun. Serius gak bantu padahal kata banyak orang seharusnya yoga bisa bantu mengurangi rasa sakit mens.

Sampai akhirnya sekitar 1 bulan ini saya yoga terapi. Gak setiap hari sih, sekitar 1 kali seminggu tapi fokus ke penyakit endometriosis saya ini. Sakitnya bukan main. Setiap kali selesai yoga saya mau nangis saking sakitnya badan haha. Badan saya kan kaku ya, heran deh udah yoga hampir setahun tetep aja kaku kayak kayu. Setiap kali juga yoga terapi ini saya pengen nangis-nangis karena sakitnya bukan main. Maksutnya sakit karena saya selalu di challenge untuk melakukan pose-pose yang selama ini saya ngelakuinnya setengah hati. Berasa sakit berhenti, kalau sekarang kayak dipaksa haha.

Apakah saya jadinya gak sakit lagi pas mens? ya enggaklah hahaa. Mejik bener πŸ™‚ saya tetep kesakitan tapi herannya nih, bulan lalu saya gak ngerasa kesakitan selama bulan-bulan sebelumnya. Kalau bulan-bulan sebelumnya bisa sekitar 7-8 hari saya kesakitan, bulan lalu hanya 2 hari saja. Selebihnya saya masih bisa tahan tanpa minum ibuprofen. Mudah-mudahan seterusnya begini ya dan gak kembali sakit lagi. Tolong doakan haha.

8b3c993c5be752cd3a5d6b3ae47ecdd7

Selain yoga itu, kebetulan juga seminggu sebelum mens (saya lupa jadwal mens) saya iseng ganti diet. Gak makan apapun kecuali buah, sayur, ikan, susu almond, dan minum air putih. Semua yang selama ini saya biasanya cheatingΒ , nah selama 1 minggu kemaren itu gak dimakan sama sekali. Β Selanjutnya pas saya mens emang lemes setengah mati karena selama mens setiap kali kesakitan saya langsung melakukan pose butterfly (pose ini bisa dilakukan sambil duduk atau tiduran) . Iya saya lemes karena diet yang berubah (jadi kayak masih masa-masa kelaparan plus adaptasi badannya) trus mens yang emang sakit banget. Gak pake ganti diet aja kalau pas mens saya kayak mau pingsan-pingsan karena nahan sakit plus lemes.

6e97d7f5e4692908f99315ae796a4601

 

Pose kupu-kupu ini lumayan membantu banget kayak ngasih jalan keluar supaya “darah” yang tadinya susah keluar atau mampet kayak diperlancar gitu. Entah perasaan saya aja atau gimana hehe. Cuman kemaren itu lumayan bekerja dengan badan saya. Mungkin kamu yang punya masalah bisa coba juga karena sebenarnya pose ini tidak terlalu susah dilakukan. Saya bisa lakukan sambil bengong, nonton tv bahkan pas tiduran karena sakitnya emang kayak gak putus-putus haha.

http://www.howcast.com/videos/501546-how-to-relieve-menstrual-cramps-pms-reflexology/

Yah ini beberapa hal yang saya lakukan ketika mens, mungkin bisa dicoba juga untuk yang memiliki masalah yang sama. Bersatu kita teguh deh haha…..

Ada yang punya advice yang lain? share yuk

67 comments

  1. Aku ikut yoga udah setahun lebih mbak,tapi teteup masih kaku aja dan kadang menyiksa bgt klo lagi latihan sampe mau nangis,tapi abis itu sih badannya enak cuma aku sejak 30 kesini tiap mens udah gak sakit lagi sih..udah cape kali ya mensnya..hahahaha…klo sakit dulu aku pasti nungging Sambil megangin perut trs minum obat pereda nyeri..

  2. yaampun mbak, aku mau coba juga ah. Aku tiap datang bulan seharian pertama bakal sakit macam org kurang darah, perut kram dan demam seharian. Hahaha πŸ˜„πŸ˜„

  3. Aku lumayan beruntung nemu yoga. Kebetulan badan lumayan fleksibel, jadi benar2 menikmati yoga meski kadang keringet gucur ga karuan tiap naik challenge. Semoga sakit mensnya semakin berkurang ya Mba πŸ™‚

  4. Noted banget mbak postingan yg ini. Ntar kalo lagi dapet, mau dipraktekin pose butterfly nya.
    Kalo hari pertama sih, aku suka nempelin koyo ke area perut bawah sama punggung. Bisa habis 2 bungkus koyo yg perbungkusnya isi 12 lembar itu. Sama perut bagian bawah dikompres air hangat di botol kaca.

  5. Setahuku memang ada yoga untuk menstruasi yang cakupannya agak parah. Kalau memang merasa enakan sejauh ini, dilanjutin dulu saja mba Noni. Kalau bantuan dari dalam, apa bisa lewat kunyit?

  6. Kalau aku pas hari pertama dan kedua aja yg berasa sakit bgt perutnya, perasaan gak karuan bawaannya pengen marah2 ahahhaaa.. aku mau coba yoga yg ini, mungkin bisa bikin perasaan jadi lebih enak pas period πŸ˜†πŸ˜†

  7. Wah, thank you for sharing Mbak. Aku juga kalo lagi mens sakitnya ga kira2, sampe ga bisa ngapa2in selain tiduran. Jalan aja ga bisa. Dulu pernah dibilangin guru biologi, rajin lari bisa ngurangin sakit mens. Aku nyobain ternyata bener Mbak, kalo rajin lari (biasanya 2-3x seminggu), pas mens ga sakit sama sekali (yah kram2 ringan dikit lah tapi itu mah ga ada apa2nya dibanding sakit yang biasanya). Ini udah berkali2 terbukti, begitu ga lari krn sibuk atau apa pasti deh mens berikutnya langsung sakit banget

  8. Aku biasa minumin coca cola mbak supaya lancar keluarnya… Dan biasanya tetap kupaksa olah raga meskipun males. Tapi mens ku skrg teratur dan nggak terlalu sakit sejak on pills.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s