How I Deal with Period


USA

How I deal with period?

Postingan ini pengen banget saya posting karena setiap bulan saya emang punya masalah dengan period. Bisa dicek postingan saya lainnya mengenai si Period atau biasa kita sebut mens, haid atau datang bulan. Kalau boleh jujur sebenarnya saya sebel banget kalau datang bulan. Kayak Β yang tersiksa banget haha.

Apalagi kalau datangnya pas mau traveling, aduh……………..kayak setan keluar kerangkeng deh. Gak bisa salah sama sekali. Ngamuknya bisa super mengerikan. Pokoknya saya beneran gak bisa handle emosi kalau mau deket-deket waktunya. Senggol bacok itu beneran adanya.

Belakangan selain sakit dibagian perut, saya sangat-sangat ketakutan ngerasain sakit lainnya. Soalnya beberapa waktu lalu sempet gak bisa angkat kaki atau pas BAK dan BAB juga kesusahan. Menderita bangetlah. Makanya saya terpaksa suntik hormon lagi. Suntik hormon ini pun bikin tambah menderita karena tambah gendut. Dikomentarin tambah gendut bikin saya luar biasa sedih dan kesel haha. Yang komentar kayak gitu udahlah pasti males saya temenin.

Trus gimana doang saya deal dengan waktu-waktu yang bikin saya ketakutan itu? sama seperti zaman sekolah ketakutan sama guru Fisika (hi Pak Pinem….) atau pas ngantor (Hi…ibu D) semuanya harus dihadapi.

01. Muka jerawatan atau kayak bengkak gitu

Sebenarnya soal muka saya sangat-sangat gak terlalu perduli. Muncul jerawat, yah sudahlah. Mau diapain juga. Nikmatin aja. Emang gak selalu sih saya dapat jerawat, jadi kalau pas muncul dinikmatin. Maksutnya jadi punya kerjaan ngutek-ngutek jerawat haha.

02. Badan berasa bengkak

Ini sampai dokter dan Matt mastiin semuanya aman terkendali haha. Jadi setiap mens saya pasti naik 1-2 kg. Setelah kelar biasanya turun lagi. Soalnya pas mens perempuan kayaknya nyimpen air kebanyakan. Makanya jadi lebih besar. Yang ini saya mengerti, yang saya gak terima kalau nafsu makan jadi membabi buta. Gak suka deh.

Cuman belakangan gak tau karena obat atau apa, nafsu makan itu cuman muncul 1-2 hari aja, setelah itu malahan saya jadi males makan (agak…..).

Nah yang bengkak lainnya adalah toket. Sumpah ini saya menderita banget. Kesenggol salah, kena kain salah, pokoknya semua salah.

Lalu yang juga cukup mengesalkan adalah perut yang rasanya buncit dan tegang banget. Bikin gak nyaman juga sih. Karena sebab inilah ada waktu-waktu saya pengen banget punya daster haha.

03. Perut sakit

Bukan rahasia lagi setiap mens saya harus minum pain killer. Mulai dari yang masuk dari mulut sampai yang masuk dari belakang. Pokoknya saya itu kayak ketergantungan lah. Kalau gak ada pain killer, bisa gak bangun sama sekali.

Kalau lagi traveling saya juga jadi luar biasa disiplin minum pain killer karena begitu ngerasa kesakitan yang ada gak bisa bangun haha. Saking disiplinnya sampai pakai alarm. Lucunya temen saya juga punya masalah yang sama, jadi kalau lagi jalan bareng dan waktu period kita bareng, entar bunyi alarm nya sahut-sahutan

04. Lemes

Biasanya karena kesakitan saya emang jadi males gerak. Diem aja. Takut berubah posisi tambah sakit. Yang ada diem aja trus malah tambah emosi apalagi kalau di Medan panas. Udahlah tegangan super tinggi. Kayaknya kalau ada gadget yang habis baterai bisa dicolokin ke badan saking tingginya tegangan saya haha.

Nah, biasanya karena mungkin kesakitan, banyak darah yang keluar, saya juga jadi gampang banget lemas dan capek. Biasanya kalau kayak gini ada beberapa vitamin yang saya minum. Maksutnya lebih teratur. Biasanya saya suka lompat-lompat minum vitaminnya. Matt bahkan sampai beliin vitamin untuk cewek yang mengandung banyak zat besi karena saya suka beneran lemes banget.

Trus biasanya juga selama period saya makannya lebih dijaga. Gak makan cabai juga karena perut gampang banget sakit dan menghindari makanan yang bisa bikin perut gembung. Nasi Padang libur dulu lah.

05. Emosi

JAHAT!

Cuman itu yang bisa saya tulis untuk menggambarkan betapa jahatnya saya sewaktu PMS dan ketika mens. Cara mengatasinya gimana? pokoknya gak boleh ada yang salah haha. Mendingan di rumah aja kata si Matt. Kalau diluar semua pengen ditebalik-balikin.

Tapi….sebenarnya dari semua point diatas, cara saya menghandle nya cuman dengan minum pain killer. Pain killer ini bikin saya ngantuk soalnya haha. Jadinya kalau gak ketiduran yah saya lemes aja kecapek’an ngelawan sakit haha.

Ada yang punya pengalaman sama?

Advertisements

79 comments

  1. Aku sekarang uda jarang sunggugutan gitu Mbak, gak tau kenapa, tiba tiba aja uda gak sakit lagi. Heheh.

    Tapi ya waktu masih sakit kayaknya emosiaaaaan kali. Ms. V nya kayak mau jebol. Gak karuan ah rasanya 😦

  2. Aduhh.. menderita amat, mbak.. emang kalo uda pms gitu semua ga boleh salah. Adhi kan orgnya bener2 gak peka ya. Lagi bad mood2nya, dia senengnya nyari ribut terus haduuhhh.. pengen cakar2 rasanya. Coba ya sekali2 ketemu mbak noni pas pms, biar ditebalikin si adhi. Sekali2 peka gitu looh..

  3. Saya juga suka nyeri datang bulan, dulu pas masih SMA bahkan sampai guling2an ditempat tidur dan demam. Sejak menikah udah gak sesakit itu. Ada obatnya sih kak non, tapi ntar disangka jualan sama kk non…hehe..kalau mau yang alami , makan jambu merah aja kak, nyerinya berkurang.

  4. Aku banget mbk,hari pertama haid pasti dr pangkal paha sampek ujung jari kaki tegang semua serba salah mau gmn, belum lagi nahan sakitnya perut yg bukan main, kalau aq rasain banget sakitnya kerasa kyak ada yg berdenyut dan bernafas gitu d dalam sana, ngilu gk ketulungan mba, cuma aq gk mau drama banget, soalnya kn aq kerja, gk kebayang dong klo aq nungging sampek guling-guling d ktr. jd klo aq ngatasinya byk jalan, sama naik turun tangga, dan minum vitamin c,dan berpikir hari cepat berlalu

  5. Aku paling ga tahan sakit perut mens…ampe muntah2x biasanya baru mendingan 😦
    Kalo emosi aku lebih ke jadi mellooowwwww dan nangisan, sedihan trus merasa jadi orang paling menderita di muka bumi ahahhahaa *lebay yaak… πŸ˜›

    • Kalau sampai muntah katanya karena ada maag juga. Maag aku kapan itu kan parah banget gara2 obat herbal, nah selama beberapa bulan kalau mens ampe muntah2 juga trus dokternya bilang itu kena maag nya. Jadi diobatin trus gak muntah lagi tapi tetep aja sakit. Hadew……susah ya cewek hehe

  6. Ugh, penderitaanku ga ada sebandingannya sama kamu Non, susah ya hidup dengan endometriosis 😦

    Aku paling mules ringan aja (kaya kram gitu) pas hari pertama, dan PMS gede2an tiga hari sebelumnya (itu udah terjadwal banget ternyata, kan aku pake app Clue, jadi udah tau klo tiga hari sebelum hari H itu baper melulu itu pasti PMS).

  7. Klo aku sih mens jarang sakit perut gitu, biasa aja, cuma klo emosi emang bner deh jd nyebelin banget, minimal sebulan sekali aku berantem hebat sama suami gara2 pms hahahah, dulu pas msh gadis juga tiap mutusin cowok pas lg pms juga ckckck..

      • Kata Matt mending diterkam serigala hutan daripada diterkam istri sendiri hahahah.. πŸ˜…πŸ˜…

        Lagian cewek klo lagi mens emang galak banget, galaknya kayak singa, makanya heran klo ada org yg punya istri mpe 7 segala, mo bikin sirkus bang? πŸ˜†πŸ˜†

  8. Dulu aku sampai muntah2 Non kalau lagi menstruasi, perut kram dan badan demam. Apalagi kalau darah gumpalan besar yg keluar, duuhh rasanya mau pingsan. Setelah keguguran, ga pernah ngerasain lagi sakit kalau mens. Jadi bener2 ga sakit perut lagi, ga emosian, ga muntah2. Jadi biasa. Cuman ngantuk berlebihan hari pertama mens.

  9. Aku juga sakit kalau mens. Sampai mau pingsan juga pernah. Nyaris merasa mau mati. Gelap semua. Emang bener kok sakit bgt. Byk yang bilang kalo udah nikah tar paling hilang. Ga caya. Tapi setidaknya memang sekarang sakitnya ga kaya dolo. Lebih banyak berkurang non

  10. Klo aku dulu waktu masih umur antara 20-30an klo mens tuh sakit bgt sampai muntah trs gak mau ngomong,maunya marah tanpa alesan,hehehe.. Cuma skg menginjak 40 udah gak pernah sakit lagi klo mens..males kali ya sama org tua tuh period 😬😬😬 maunya gangguin yg muda ajah,hehehehe

  11. kak noni saya juga nyeri kalau period…hari pertama itu rasanya semua menyebalkan….susahnya klo lagi ngantor hari pertamanyaaa…semua org rasanya mau diajak berantem,,,hiks

    • Bener Nov, gak boleh salah lah. Aku pernah berantem sama bos aku hauhaha. Gara2nya yah dia cari perkara juga sih. akhirnya ngotot2an abis itu aku nangis2. Haduh……..bodoh banget. Untung bosnya ngerti kalau ada dalam satu bulan mood aku swing parah.

  12. wah jerawatan, iya banget. Seminggu sebelum mens pasti muka nih minimal ada 3 jerawat yang nginep. long stay pula. early check in, late check out gitu. udahlah lagi emosi berat, terus tiap ngaca liat jerawat dimana mana rasanya tambah emosiii :)))

  13. Aku kalo udah mendekati mens pasti jadi gampang nangis πŸ˜‚ lalu pas hari pertama sakit nggak ketulungan, dulu bisa sampe muntah dan keringet dingin juga ☹️ Udh dicek ke dokter ga ada apa2 katanya. Paling kalo emang terpaksa (harus beraktivitas) ya minum ibuprofen. Kak noni minum pain killer apa?

  14. kalo bengkak sih…akupun gitu mbak Noni. Mood naek turun bergantung sama stres. Biasanya kalo udah mau dapet antara sakit perut atau drama banget. Tapi emang ga parah yang sampai sakit perut ga bisa jalan atau drama ampe nangsi lebay gitu sih mbak Non

  15. Bengkak di payudara dan perut bloated itu emang uda judulnya pms kali yah. Eh tapi aku kadang ga pake bengkak tau2 uda mens aza. Duh Non baca lika liku period kamu aza uda bikin pusing, poor you. xx

  16. Wah mba non..tersiksa juga pas dpt. Aku ada kk kelas di kuliah dulu tiap mens pasti opname (duitnya ga berseri soale kelas vip mulu) hehe.

    Aku waktu blom nikah mensnya parah bisa muka ampe pucat trus lemessss ga karuan. Pas dah punya anak jadi berkuramg sakitnya. Nah pas pasang IUD lah parah lagi deh…tapi ga separah mba noni. Aku kalau ga tahan lagi paling minum kiranti tp jarang sih…kalau bisa tahan ya tahan aja takut ketergantungan.

    Semoga nanti bisa membaik ya mba non

  17. Aku dulu kalo sakit perut mens bisa sampe gak masuk sekolah karena rasanya mau pingsan. Sekarang pake pain killer, sakit perutnya ilang sih, tapi tetep aja sendi suka sakit dan pengennya tiduran aja di rumah. Tapi yang nyebelin aku jadi suka banget perut kembung! Kalo udah minum pain killer seolah sakit kram perut naik ke lambung. Biasanya kalo udah sakit gitu langsung minum obat maag.

    Dan kalo PMS tiba-tiba intuisi aku jadi jauh lebih tajam dan ujung-ujungnya kadang suka nangis ga jelas. Oh iya, di hari pertama mens aku juga biasanya masih suka makan yang sesuai dengan maunya aku. kadang manis manis, kadang maunya yang asin… langsung deh buang duit beli cemilan (padahal kalo ga mens ga pernah ngemil)

  18. Aku juga parah bgt Mbak kalo period 😭 Pas PMS nya iya emosian bgt, gampang marah gampang sedih trus sakit semua badan, pusing dan sering sampe demam. Nah pas hari pertama mens-nya aku senggugutan, ampun deh sakitnya perut aku sampe nangis-nangis. Belum lagi tulang berasa rontok semua. Hari berikutnya sakit perut mulai berkurang tapi pinggang sama betis selama mens sakit terus. 😭😭😭

  19. Mbak Non prihatin dengan kondisi pas PMS..nggak enak banget ya. Dikasih ide sih sekeliling harus dikasih kode kalau kita lagi.PMS, jadi nggak macam-macam. Kalo perlu ditempelin di dahi tulisan pe-em-es haha. Eh, kalau di Amerika denger2 ada semacam pertimbangan bila pelaku tindak kekerasan dalam kondisi PMS, disini ada nggak ya haha…

  20. Mba.. kalau buat toket sakit mungkin bisa consider untuk cari beha sport tapi yang tanpa kawat. itu masih support dan menurut saya nyaman.
    semoga membantu ya πŸ™‚

  21. dulu aku sering ngeluh kalau lagi datang bulan, tapi baca ceritanya Noni, malah skait aku gak ada apa2nya.. semangat yah Non.. sekarang paling kalau lagi datang bulan, cuma punggung aja yang sakit, kram2 dkk udah gak pernah lagi…

  22. Mbaa Noniii, ini beneran deh curahan hatiku banget kalo mens hahahha… jerawat, emosian, tetong sensitip dan yaa nyeri perut itu sampe skrg gak brenti2 pasti harus tepar di hari pertama mens… beteweh, itu terapi suntik hormon pernah ditawarin ke aku mba pas konsul di erha sih πŸ˜€ πŸ˜€ tpi gak dikasi karna belom menikah/melahirkan..

      • bukan mba Nonnni πŸ˜€ πŸ˜€ ,, untuk jerawat kan dulu dikira jerawatnya itu gak kelar2 karna horman yg gak seimbang, padahal aku selama 6 bulan minum obat utk menekan pertumbuhan jerawat plus krim2nya itu diganti tingkatannya tpi gak berhenti jg dia.. nah brulah dr kulitnya itu nawarin terapi suntikan hormon itu tadi, heheh

  23. gahahahah malah ngakak baca kata JAHAT.. aku gak perlu lagi datang bulan emang JAHAT *ekspresi Dian Sastro ngomong sama Nicolas di AADC2*
    pain killer emang ngga ada duanya lah pas period ini. cara2 lain sih ada kaya taruh botol panas di perut untuk meredakan sakit, tapi kan rempong ya kakaakk.. mending pain killer ajalah langsung tenggak beres. tapi untuk sakitnya sih sekarang udah jauuuhh lebih baik ketimbang dulu jaman masih ABG, bisa sampe gak masuk sekolah dan cuma tidur aja di rumah

    udah tahu sih datang bulan memang kodrat kita, tapi ngerepotin dan nyusahin dan sakitnya itulahh yang malesin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s