Belanja di Ikutin


pixabay
pixabay

Seumur hidup kan saya tinggal di Indonesia jadi sebenarnya kalau belanja diikutin itu sudah biasa banget.

Saking biasanya saya suka heran dulu Matt selalu complain.  Sampai hari ini kalau gak kepepet dia paling malas pergi belanja beli baju atau sepatu gitu. Males karena diikutin sampai gak belanja loh dia.

Sementara saya kalau diikutin mba-mba SPG yah biasa aja. Ditanyain jawab, gak ditanya saya diem-diem aja. Gak juga minta bantuan mereka. Kadang-kadang sih iya minta bantuin. Trus biasanya kalau abis geratakin saya juga langsung rapiin lagi atau balikin ke tempat. Rajinlah pokoknya.

Trus pas belanja di luar pun saya jarang perhatikan spg yang ngikutin atau enggak. Pokoknya buat saya mereka itu kayak siluman. Gak berasa tapi bikin bulu kuduk berdiri.

Sampai pertama kali saya ke US untuk nemenin Matt belanja. Dia ngomong gini ke saya “liat babe gak ada orang yang perduli kita mau ngapain. Beda kan sama di Medan”

Dan jadilah saya perhatikan SPG-SPG ini hehe. Di US kayak misalnya kita ke toko Apple, nanti ada SPG yang nyamperin. Kenalin diri, tanya kita mau nyari apa? perlu apa trus kalau kita bilang mau liat-liat aja, mereka akan tinggalin kita dan bilang “kalau perlu apa-apa panggil aja nama mereka” sambil kasih lihat ID card.

Saking gak ada yang meratiin dan liat saya sempet norak, semuanya dicobain, dipegang, diendus, pokoknya bener-bener bersenang-senang haha. Begini rasanya kalau belanja gak digangguin ternyata. Emmm gak belanja pun, soalnya kadang-kadang saya cuman cuci mata gak jelas atau nemenin Matt dan ibunya belanja.

Begitupun sewaktu kita pergi ke toko-toko yang jual barang-barang antik. Bisa berlantai-lantai trus gak ada yang jaga. Gimana coba kalau ada satu dua biji sendok misalnya masuk kantong hehe.

Tapiiii nih saking serunya gak ada yang jagain pas nyari barang yang kita perlu dan gak ketemu-ketemu repot sendiri. Mesti muter-muter nyari yang jaga apalagi kalau tokonya berlantai-lantai gitu hehe. Udah capek duluan.

Jadi….kalau disuruh milih saya pengen belanja di toko yang tetep ada mba-mba SPG nya cuman gak usah deh dikintilin, cukup diliatin aja kalau emang takut ada yang hilang. Gimana dengan kamu?

 

 

Advertisements

103 comments

  1. Eh mbak aku klo ke toko disamperin SPGnya trus diliatiiinn sampe diikutin, udah pasti lgsg ga jadi beli apa2. Si mama suka ngomel2 ama aku “aneh km iniii” – aku blg lah mau blnj kok kayak ada satpam, klo aku ada yg mau ditanyain kan tar bs panggil dia, ga usah dipelototin juga jd ga nyamannn kaaann hahahhaa

    • hahahaa, sebenarnya iya sih tapi kata adek aku kenapa kayak gitu soalnya banyak tukang colong Gy. Toko dia pernah dong dicolong ibu2 gitu. Ngeselin kan, sekarang terpaksa yg jaga toko ngeliatin

  2. saya juga suka bete kalau masuk ke toko mana trus spg-nya ngikutin kemana-mana. bisa langsung nggak jadi belanja deh. heuheu. sukanya spg-nya ngeliatin sewajarnya aja. pas kita nyari sesuatu dia ada

  3. Mba Noni, aku pernah jalan2 ke toko baju, mba SPG nya ngikutin trus2an.. Nah dia trus nanya mau cari apa, aku jawab mau liat2 dulu… Langsung jutek dia sampe bibirnya kaya ngina banget trus dia ngeloyor pergi… Aku jadi males deh dan langsung pergi ga jdi liat2 bajunya.. Nyebelin banget sih SPG nya..

  4. Aku sebel kalo dibuntutinnya kaya kita ini mau maling. Hahaha.. kan ada tuh spg yg ga ngenalin diri ga nawarin bantuin, taunya ngintil aja kemana kita pergi. Jadi males liat2 bawaannya ah.. tapi katanya kan kalo kita beli pas ditanganin spg, si spg itu dapet komisi ya. Cuman kalo caranya ngekor malesin buangeeet…
    Beda kalo spg atau spbnya ramah. Negur duluan nanya bisa dibantu ga.. toh kita juga pasti kan suasana hati langsung seneng.

    • Yupe bener banget, kalau diikutin yang ada risih trus jadi males belanja. Kalau bawel nanya2 trus juga bikin males. Mending kayak kamu negur trus kasih tau aja kalau perlu panggil dia

  5. Hihihihi, bener banget.. Disini kadang bikin malesin kl lagi blanja diikutin, tapi kalau lagi butuh mau nanya2 spg nya tetiba ilang.. Kalau aku cuman bilang mau liat2 aja beberapa langsung pasang tampang ngga ngenakin.. Jadi bikin males datang lagi ke toko itu.

  6. sama mbak, males kalo masuk toko kosmetik di indo. diikutin ama mbaknya. jadi sungkan mau nyoba ini, nyoba itu. hehehe… enakan di luar negri, bebas nyobain ini itu tanpa diawasin penjaga toko 😀

  7. hah males lah klo dikut2in gt, kalo udah diikutin gitu langsung tambah males belanja, langsung keluar toko
    mungkin si mbak2 itu takut ada yang ngutil ya, damn you tukang ngutil!

  8. aku gak suka banget dikintilin, gerah aja bawaannya. terkadang aku suka masuk toko buat window shopping doang, ga jarang malah keluar bawa tentengan. tp emang keterlaluan sih utk beberapa toko, ngawasinnya bukan kayak ke calon pembeli tapi malah takut kita maling -__________-. yg paling sering kejadian di Naughty, aku suka negor mbak2nya. mungkin udah SOP-nya, tp bener2 ganggu menurutku.

  9. Sama Non.. Aku pun gitu.. Paling sebel klo diikutin, soalnya jd canggung kan kita nya. Udah gt dia jg ngmg mulu, mengacaukan lah apa yg kita mau jd buyar kdg2

  10. Kalau belanja saya kurang suka di ikutin sama mba- mba atau mas- mas spg nya… Kaya ganggu banget gitu jadi ga tenang milih barang nya juga hahaha… saya lebih suak sendiri aja kalau lg liat barang, kalau kepepet ga nemu2 barang nya baru saya nanya ke mereka…
    Kadang suka kesel sendiri kalau diikutin…. apalagi suka ada mba-mas spg yang ngeliatin pelanggan dari ujung kepala sampe ujung kaki kaya mau ngenilai nih orang punya duit apa kagak, kesan nya jadi kaya ngerendahin pelanggan…
    Yah harus nya mereka jangan berlebihan juga ya kalau sama pelanggan toh mereka bukan yang punya toko juga hahahaha

  11. aku pernah berantem sama mbak2 SPG di ITC gegara diikutin.. emag saat itu lagi pengen liat2 dulu kan, soalnya nyari yg sesuai ukuranku (tangannya panjang) kan susah ya… terus aku bilang “mbak saya mau liat2 dulu, nanti saya panggil” eh dia malah ngedumel sama temennya bilang “palingan ga beli, nyusahin orang aja…” whaaattt whaaatttt… langsung deh mendidih rasanya. semenjak itu lebih suka beli di olshop atau ke factory outlet huhuhu

  12. kalau ngikutin diem aja sih nggak apa, tapi kalau diikutin terus ditanya tanya sampai ganggu biasanya aku senyum datar nan dingin sambil bilang “mau liat-liat dulu mbak” eh gitu aja masih ngotot ada yang ngikutin lho zzzzzzz

  13. Aku paling males klw lg belanja di ikuti spg nya, kesannya kok kyk kita mau maling aja gitu..hehehe..jd gk enk banget lah, mending cari tempat belabaj yg diikuti lah ama spgnya..

  14. Kalau sudah diikutin biasanya berakhir dengan ga beli apa2 karena males. atau kalau emang mau lihat2 ngomong lgsg ke mbanya “tar saya panggil mba kalo perlu” 😀

  15. aq dlu wkt di frontliner diajarin buat jgn pernah mengekor customer. tunggu aja dia stop di showcase nti juga dia panggil kita atau tanya harganya. buat nyaman aja hehehe.
    dan emg iya sih diikutin sales itu nyebelin nggak banget pdhl kan masuk ke toko kdg cm buat cuci mata aja hahaha

  16. Aku juga ga suka sih kalo SPG-nya ngintilin mulu. Tapi temenku ada yang pernah pas udah diikutin sama SPG-nya, ditanya mau cari apa, trus temenku pilih satu baju sambil nanya ukuran. Eh sama si mbak SPG bukannya dijawab ada atau gak ukurannya, malah dijawab: tapi itu harganya 1,5 juta loh mbak. Temenku langsung manyun gletakin bajunya trus pergi. Hahahaha… SPGnya judge people by its cover banget dah, dikira ga mampu beli baju harga segitu kali ya.. (bukan ga mampu, tapi ga mau, hehe)

  17. bener mba noni, paling gak enak ya kalo belanja diikutin sama SPG nya. Kadang malah aku tinggalin mbak, sangking gak nyamannya kalau diikutin gitu. malah terkadang mereka suka liat kita dari penampilan dan suka ngejengkalin duluan, itu super duper ngeselin deh kalo udah begitu.

  18. Kalo belanja dan dikintilin SPG nya, mending kabur cepetan. Apalagi kalo niatnya cuma liat-liat, jadi ga nyaman gitu deh. Ga usalah diikutin, cuma dilihatin aja, ntar kalo kita perlu juga manggil kok. Hehehe

  19. Saya sih belanja nya di pasar. Juarang pergi ke mall. Di pasar gak ada SPG nya, pling susahnya klo para penjual teriak2 nawarin barang dagangannya hua ha ha……

  20. urusan spg ini aq suka sama pelayanan spg nya hartono elektronik sby *biarin deh sebut merk* 😀
    begitu kita dtg lgsg disambut dg memperkenalkan diri dan ditanya kita mau cari apa, dan aq sih ga mau basa basi emang niat mau liat ya bilang aja mau liat2 AC mas..dan ini spg nemeni sambil jelasin segala kelebihan dan kekurangannya..dan yg penting ga resek, ketika kita perlu dia datang tapi ya ga pake acara diikutin kemana kl kitanya ga butuh tanya2…

  21. Ya nih sering bgt diikutin jadi kadang suka males bli bau/ aksesori di bbrapa tempat, jadi males beli pasti keburu ilfeel hahaha, pernah juga sih saya negur mbakmbak di salah satu mall di bandung, karena ngikutinnya kaya saya dikira maling, kesel jg ya hahaha

  22. Benar sih..pernah lagi pilih2 barang SPG yg mas-mas ngeliatin terus sambil bersandar di rak dr jarak dekat dg tatapan seolah2 barang yg lg kupegang itu kue terakhir yg harusnya diperuntukkan buat dia…gimana ga keringet dingin & ingin kabur ya…

  23. Huahaha, iya Non, sekarang aku juga kurang suka kalau sampai diikutin itu. Gak bebas rasanya ya, seperti diawasi terus, haha 😆 . Tapi iya sih, kalau sampai SPGnya jarang terlihat batang hidungnya, gak enak juga kalau kita mau mencari sesuatu tapi nggak ketemu-ketemu barangnya, hahaha 😆 .

  24. Risih sih emang sama yg model ngikutin begitu, tp lebih risih lagi sama yg ngeliatin customer dari atas sampe bawah terutama di toko yg high end brand gitu deh mba, kayaknya mesti nilai orangnya dulu kira kira mampu beli atau ngga, klo cuma bisa liat liat doang ngga dipeduliin biassnya

  25. gak suka belanja diikutin kak, apalagi kalo merayu untuk membeli merk lain yang bukan kita inginkan udah deh hilang mood belanja biasanya ini di konter kosmetik misalnya mau lihat2 merk wardah tapi gak ada SPG wardah trus spg merk lain langsung nawarin merk nya sambil memuji-muji barangnya sendiri haduh langsung ngacir deh

  26. ga di indonesia, kadang di singapur sekarang juga gitu. suka ditawarin vitamin macam macam
    dulu klo liat tonik rambut juga ditawarin merk yang mahal terus sekali liat tau kita orang indonesia. bilang orang indonesia klo sekali beli di toko itu beli sampe berbotol botol buat stok.
    dulu di toko obat banyak spg vitamin ngikutin kita, sekarang cukup bilng liat liat dia ga bakal insist mo ngikutin.
    tp klo toko kosmetik macem TBS gitu kita masih diikutin. mo coba lotion baru kadang suka dibonusin mijet dikit. haha
    benernya malah rugi, jadinya kita suka malas masuk. 🙂

  27. Kalo lagi belanja trus diikutin sama mba spg atau yg punya jualan gitu, kadang ngerasa kalo lgi diawasi kayak dikira ntr nyolong mba wkwk, tpi kalo spg di mall malah bkin males blanja krna milihnya ga bebas brasa dikejar kejar tpi pdhaal mah gak yaaa

  28. Gua paling males kalo masuk toko yang kitanya dikuntilin terus. biasanya kalo spg/spb nya ngomong “silahkan ada yg bisa dibantu?”, gua jawab “liat2 dulu mba/mas”. Klo brenti sampe disitu ya gpp. Tp ada yg kekeuh ngikutin sambil menjelaskan setiap barang yg gua pegang (biasanya toko skincare/makeup). Ga lama langsung keluar lah klo kaya gitu. Males bgt.

    Toko baju juga ada sih yg ky gitu. Nawar2in baju tertentu..”ini kak model baru ada sekian warna, boleh dicoba dulu” dan ga ada yg gua suka. Malah jadinya ngganggu proses gua hunting baju dan bikin ilfeel.

  29. Setuju mba Non, lebih suka kalo ada SPG yang stand by di sekitar rak, tapi ga ngintilin kita terus. Kalo ngintilin terus rasanya malah jadi males belanja hahaha. Risih aja diliatin terus 😛

  30. Mba non, gw suka postingannya..
    Kadang kita kalau diikutin jd males trs keluar dr tokonya gak beli apa2..
    Bukannya apa, gak nyaman aja giti diikutin trs diliatin kadang2 mereka smpe mepet gt loh..

  31. kalo saya butuh dan tertarik barang yang dijual, terpaksa dicuekin biasanya kalo ada yang mepet mepet mbak. tapi sering juga kejadian di sini, di usir lagsung dari toko nya, apalagi kalo tokonya nggak gitu besar 😦

  32. Aku kalau di ikutin suka langsung pergi mba, males. Apalagi kalau niatnya cuma ingin liat2 aja tanpa beli. Setuju, lebih pilih diliatin aja dari jauh. Kalau kita celingukan kaya yang nyari mereka, baru deh mereka nyamperin. Hehehek.

  33. Jangankan di US, di Malaysia aja ketika saya menemani teman cari laptop di apple store ga ngikutin tuh setelah kami bilang mau liat-liat dulu, SPB/SPG akan nyamperin kalau memang kami ada pertanyaan tentang spec

    Itu di negara tetangga loh, atau di Indonesia saja yang seperti ini? 😀

    – Utie

  34. lebih males lagi udah diikutin, terus bajunya kita pegang2, padahal penge lihat bahan, pas kita majuan dikit, dia ke rak yang kita pegang. lsg beberes gitu, kesannya kan kita berantakin hahah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s