Who Inspires You to Travel?


Siapa ya?

Sebenarnya saya gak tahu juga siapa yang bikin saya seneng traveling. Apakah ayah, ibu, atau nenek dari pihak ibu yang menurut banyak orang, kakinya kayak ditarok paku saking gak bisa diemnya. Pergi-pergi melulu. Bedanya karena nenek saya itu duitnya gak banyak, jadi jalan-jalannya yah dari rumah sodara ke sodara atau anak ke anak.

Sejak kecil saya sering pergi dengan mendiang nenek ke rumah sodara-sodara kami. Biasanya nenek suka membawa saya dan cucu lainnya (bang Pipin namanya). Terkadang kami seharian ikut beliau pergi. Gak tau juga apa yang dikerjain haha. Selain nenek saya itu, beberapa tetangga kami dulu kebetulan ada beberapa anak gadis yang juga seneng banget bawa saya pergi-pergi. Ada 2 tempat yang saya ingat banget. Bahorok dekat Bukit Lawang salah satunya. Jadi sewaktu diajak kesana, yang paling saya ingat adalah mandi di sungainya yang super jernih.

Baca cerita Aggy : My Travel Inspirations During the Worst Time of My Life

Saya mulai bener-bener pergi jalan-jalan dengan teman untuk liburan itu ketika SMA. Kami pergi ke Takengon. Mungkin karena rasanya memang bikin nyandu plus seru banget pergi liburan, akhirnya saya memang ketagihan. Setelah Takengon, saya mulai lebih rajin nabung untuk bisa pergi ke tempat lagi. Apalagi orangtua saya bukan yang seneng pergi jalan-jalan jauh, jadi kalau mau liburan ke tempat yang jauh emang harus nabung dulu.

Selanjutnya ketika mulai kuliah dan saya juga mulai kerja di radio, acara jalan-jalan jadi semakin sering. Memang punya duit itu jadi bisa lebih leluasa melakukan banyak hal haha. Saya mulai lebih sering bepergian dengan teman. Mulai dari yang tujuannya deket-deket aja seperti ke Berastagi sampai yang lumayan jauh, menyebrang ke negeri orang.

Trus-trus…….saya sempat pacaran dengan cowok Belgia. Mungkin dari dia hobby jalan-jalan ini berkembang lebih pesat haha. Saya ingat banget, dia pernah ngomong kalau dia itu lebih seneng investasi untuk mata dan hatinya daripada untuk batu dan besi. Maksutnya lebih senang melihat hal-hal diluar rumahnya daripada beli rumah/mobil. Begitu kira-kira kalau gak salah inget. Udah terlalu lama soalnya. Dari dia jugalah saya kenal buku Lonely Planet pertama kalinya. Kalau gak salah tahun 2001 saya beli LP pertama saya.

Cerita Febby di baca disini ya,  Travelers Idola

Mungkin karena mulai banyak yang saya lihat dan ternyata saya suka, akhirnya jalan-jalan menjadi “kebutuhan”. Bukan kebutuhan yang primer sih, tapi saya sejak lama memang selalu menyisihkan dana untuk bisa bepergian. Minimal 1 kali setahun. Kalau bisa 3-4 kali setahun. Sampai hari ini saya punya prinsip jalan-jalan itu cuman buat seneng-seneng jadi gak boleh ngutang! kalau pun pakai CC pas beli tiket, harus segera dilunasin begitu tagihan datang.

Jadi kalau ditanya siapa sih yang menginspirasi saya untuk jalan-jalan, hmm sepertinya ada banyak orang tanpa saya sadari haha. Apalagi sekarang ya. Buka social media, langsung terpampang tempat-tempat bagus yang minta dikunjungi. Cuma nih ya, kalau bisa sebenarnya saya pengen deh jadi traveler yang bermakna. Seperti apakah itu?

Nah, Matt itu punya kenalan seorang photographer. Dia ini malang melintang deh jalan-jalan sambil motret. Satu hal yang bikin saya ngerasa “sirik”,  sambil jalan-jalan dia selalu berusaha mengedukasi orang-orang yang dia jumpai. Misalnya dia tinggal 1 bulan di Aceh, maka dia akan kasih penyuluhan tentang pentingnya go green dll. Ini dilakukan dimanapun beliau pergi. Menarik kan ya.

Kalau kamu siapa yang menginspirasi kamu untuk jalan-jalan? tulis yuk di blog atau socmed kamu 🙂

 

#ceritajalanasik is a weekly travel theme where we share our travel stories based on a certain theme by jalan2liburan, nyonyasepatu dan dewtraveller. Check our posts every Wednesday!

This week’s theme : Who inspires you to travel?

Advertisements

25 comments

  1. Maaf mau sedikit ralat. Mendiang itu sebutan orang yg sudah meninggal non muslim. Untuk muslim, almarhum / almarhumah.

    Yang menginspirasi saya, tentu orang tua. Dari mereka saya belajar travelling, baru setelah kuliah sok – sok an backpaker. Kalo sekarang yaa sudah beda prioritas. Walaupun jalan2 dalam bentuk apapun, mau sekedar keluar kota, travelling dalam rangka momentum, hingga ibadah (umroh) selalu masuk di list kami.

  2. Dari keluarga gak ada yang suka jalan-jalan, jadi gak ada yang menginspirasi. Aku suka jalan-jalan tapi lingkungan terdekat pada gak suka liat aku kelayapan. Semua pada nyuruh aku berhenti jalan2 (temen & keluarga), padahal aku gak minta diongkosin jalan2. “Mau sampe kapan jalan2, udah berhenti dan cepet kawin!” Emangnya kalo gak traveling bakalan ada yg ngajak kawin, yg ada depresi mikirin kawin kali wkwkwk. Ish jadi curcol dimarih 🙈

  3. Kalo aku mungkin lebih ke teman2 karena kalo dari keluarga ngak ada yang hobby traveling,,
    malah duitnya di simpan,, huh!
    padahal memori sm pengetahuan itu bisa di bawa sampai mati..
    tapi sekarang mereka sudah lebih ngerti sih karena aku sudah coba jelasin 😀

  4. kalo aku dulu kbanyakan baca buku trinity (pas jaman SMA), jadi deh pengen jalan2. tapi emang secara naluriah aku ini lebih suka jalan-jalan, kata ibuku aku gabisa liat hari libur sedikit plus gak boleh punya uang banyakan dikit, pasti jalan kemana gitu. hahaha.

  5. Siapa ya? Kayaknya diri sendiri aja, dari dulu pengen lihat gimana sih kehidupan di luar lingkup kediaman kita.

    Akhir2 ini tentunya pacar, karena dia lebih traveller-savvy dibanding saya, udah ngucluk kemana2 dia sampe blusukan ke negara2 macam Albania gitu, walaupun eike masih ogah klo diajak ngehostel atau camping. Maaf ya mas, kita travelignnya nginep hotel aja :p

  6. Dr keluarga inti aku, gak ada yang hobi jalan2, dari pihak bokap lebih2 lagi, eh pihak nyokap juga gak ada ding, hahaha.. sering lihat temen2 traveling aja, jadi super nekat lah, dulu lebih sering jalan, sekarang dah berkurang banget..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s