Serunya Berwisata dengan Kereta Lori Kalibaru – Garahan


Kereta api Kalibaru
Kereta api Kalibaru

Saya paling seneng naik kereta api. Pokoknya kalau ada pilihan naik pesawat, kereta api atau bus, biasanya saya suka menjatuhkan pilihan ke kereta api. Walaupun lebih sering gagal karena keterbatasan waktu.

Naik kereta api itu menurut saya selalu menyenangkan. Gak tau kenapa 🙂 . Mungkin karena bebas macet, lebih nyaman dari bus dan gak perlu terbang diatas langit kayak pesawat. Jadi kereta api lebih ok tentunya. Frekuensi naik kereta paling sering dalam hidup saya itu ketika masih tinggal di Surabaya karena dengan kereta bisa ke banyak tempat. Bandung, Jakarta, Solo, Yogyakarta, adalah daerah yang sering saya jajal dengan menggunakan kereta api termasuk Banyuwangi 🙂

Ngomongin Banyuwangi, saya jadi inget pengalaman naik Lori di Kalibaru. Cerita lengkapnya bisa dibaca dibawah ya.

Lori Kalibaru

Dari Surabaya kita sudah menggunakan kereta api ke Stasiun Kalibaru (Banyuwangi) sempet kelewatan beberapa stasiun akibat kementus hehe. Kementus itu kata temen saya artinya kepinteran :). Jadilah pagi-pagi subuh kita naik ojek balik lagi ke stasiun yang sudah terlewatkan. Dari ojek, saya sudah bisa lihat kayaknya daerah ini bakalan kece nih 🙂

Selain cerita tentang Lori Kalibaru jangan lupa untuk membaca cerita tentang pengalaman naik kereta lainnya milik Febby dan juga Aggy di bawah ini ya 🙂

Febby : Review & VLOG : Naik Kereta dari Sydney ke Melbourne

Aggy : Turin’s Superga, Only a Train Ride Away 

Naik Lori di Kalibaru ini sebenarnya mungkin bukan hal yang luar biasa. Lori itu kayak kereta kecil atau gerbong kecil. Pokoknya kecil lah, mirip odong-odong tapi jalannya di rel kereta api. Gambarnya bisa dilihat di atas tapi serius, ini pengalaman yang kalau bisa pengen saya ulangi lagi.

Nah, PJKA di Kali Baru memiliki program wisata dengan menggunakan lori ini untuk menyelusuri jalur kereta ketika dulu membawa hasil kebun (zaman Belanda). Seruuu banget, walaupun tadinya kita sempet kecewa liat kereta wisatanya kecil tapi ternyata asik banget apalagi cuman kita doang isinya hehe (ehh iya kan?).

Lori Wisata Kalibaru

Fotonya blur tapi saya suka banget. Foto was taken by Ellen
Fotonya blur tapi saya suka banget.
Foto was taken by Ellen
With my friends
With my friends
Lori Kalibaru
Lori Kalibaru

Sepanjang rute perjalanan Kalibaru – Garahan, kita bakalan melihat perkebunan milik PTPN, dusun kecil, hutan kecil dan tentu saja pemandangan pegunungan cantik. Serius cantik banget tapi kenapa foto-foto saya kurang banyak ya?

Lori Kalibaru - Garahan
Lori Kalibaru – Garahan

dsc_5146

Sebenarnya wisata kereta lori ini sudah ada sejak tahun 1995 dengan customer paling banyak adalah turis asing dari Belanda. Soalnya didaerah ini memang kebanyakan dulunya ditinggalin pekerja perkebunan dari Belanda. Jadi semacam napak tilaslah untuk orang-orang Belanda datang ke daerah Kalibaru – Garahan.  Disini pun banyak sekali lokasi dan bangunan peninggalan Belanda, seperti perkebunan kopi Gunung Gumitir, terowongan dan jembatan kereta api. Biasanya turis-turis asing banyak tinggal di hotel Margo Utomo dan Kalibaru Cottage.

Ada 2 hotel Margo Utomo, salah satunya persis dibelakang stasiun kereta dan kita sempet sarapan pagi disini. Hotelnya bagus banget makanya saya bilang, lumayan nyesel cuman sehari disini karena ternyata tempatnya seru banget buat di explore. Mudah-mudahan ada rejeki lagi deh, supaya bisa balik ke Jawa Timur khususnya daerah Banyuwangi.

Booking.com
Booking.com

Karena seneng naik kereta api, kayaknya saya punya banyak sekali pengalaman seru sebenarnya 🙂 sayangnya di Medan jarang banget saya bisa naik kereta api kecuali ke airport. Itupun jarang banget padahal kereta ke airport dari Medan itu bagus banget loh 🙂

Dan cita-cita saya sama Matt pengen banget nyobain Trans Siberian……..yah moga-moga kesampean deh. Amin….

Tours in Russia
Tours in Russia

 

Untuk yang penasaran pengen nyobain juga naik kereta api (Lori) di sini bisa langsung menghubungi :

LORI WISATA KALIBARU-GARAHAN

Rute : Stasiun Kalibaru (Banyuwangi) – Stasiun Garahan (Jember) sepanjang  lebih kurang 18 km Pergi Pulang.
Jadwal : Setiap akhir pekan (Sabtu dan Minggu), namun jika ada permintaan pada hari kerja tetap akan dilayani.
Tarif : Rp 1,2 juta per paket/trip untuk 12 penumpang (dulu hanya Rp 500.000 tapi kayaknya ada kenaikan dan warna kereta pun sudah berubah)

Untuk pemesanan kereta wisata Kaliraga,  dapat menghubungi :

Bina pelanggan / seksi Operasi PT KA DAOP IX Jember
Jl. Dahlia No. 2 Jember
Telp (0331) 421825, 487202

atau

Stasiun Kereta Api Kalibaru (Hotline)
Jl. Raya Jember-Kalibaru
Telp. (0333) 897322

Ps : Artikel tentang lori Kalibaru ini pernah tayang di majalah Garuda tahun 2012

#ceritajalanasik is a weekly travel theme where we share our travel stories based on a certain theme by jalan2liburan, nyonyasepatu dan dewtraveller. Check our posts every Wednesday!

This week’s theme : Rail Based Travel

Advertisements

46 comments

  1. Huaaa Trans Siberian itu trip kereta yg ultimate banget Non! Tapi ngebayangin tripnya berhari-hari gitu, ahahah 😂

    Ah seru ya selori buat sendiri, VIP tuh!! 😝

  2. iya aku mending naik kereta api dan bus, dibanding naik perahu…
    di Cepu katanya ada juga lori tebu kalau nggak salah, udah nyoba Non? pengen jugalah ke Banyuwangi nyobain naik lori ini

    pernahnya aku naik kereta uap yg di Ambarawa, sukaa banget

  3. trans siberian juga cita2ku banget mbaaa :D.. ga dalam waktu deket kayaknya, tp pasti nanti bakal aku naikin :D.. bikin targetnya dulu biar semangat.. aku suka jg sih naik kereta, tapi kalo kereta di Indonesia, jujurnya ga pengen.. :D.. ntahlah, tapi aku jijian sih orangnya… pernah sekali naik kereta dari solo ke jakarta, dan aku geli2 gitu liat lantainya ada sedikit kotoran.. sejak itu jadi males..

  4. Pinginnya di Aceh juga ada yang beginian. Tapi, smpai sekarangpun belum selesai-selesai tuh project kereta. Huhhh… One day, buleh deh saya kesini sekali.. hehe 😀 oya, pic terakhir bagus ya? natural look. Hehe 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s