Holland Michigan USA


Holland Michigan
Holland Michigan

Welcome to Holland Michigan…..

… where you don’t need a passport! Located on the shores of Lakes Michigan and Macatawa. Holland is a Pure Michigan delight!

Ini kata sambutan pada halaman website http://www.holland.org/  dan baca disini kenapa orang Amerika gak suka traveling ke luar negeri.

Holland adalah sebuah kota kecil cantik di wilayah barat Semenanjung Bawah negara AS di Michigan. Kota ini dekat dengan pantai timur Danau Michigan. Penduduknya hanya sekitar 33.051.

Holland City didirikan oleh seorang Belanda Amerika (tapi gak tau namanya). Jadi kalau kekota ini kayak beneran ke Holland versi mini *soktoy* haha.

Kita ke kota ini gara-gara bapaknya Matt belanja ke supermarket pake sweater tulisan Holland. Sweaternya oleh-oleh dari kita yang kebetulan baru pulang dari Belanda. Dia pakai belanja trus ketemu bapak keturunan Belanda yang terus ngajakin dia ngobrol. Bapaknya Matt bilang bukan dia yang baru dari Belanda tapi kita berdua. Trus saya nanya emang ada komunitas keturunan Belanda di sekitaran rumah mereka? bapaknya bilang sebenarnya ada satu kota yang emang Belanda banget. Kita mesti nyetir mobil sekitar 2 jam’an buat ke kota Holland ini. So…..suatu hari kita pun pergi ketempat ini demi……..beer huhahaha.

New Holland Brewing
New Holland Brewing
New Holland Brewing
New Holland Brewing

Hari itu cuaca cerah tapi dingin masih menusuk sampai kejantung. Setelah parkir dipinggir jalan, saya dan Matt udah kayak ngerasa nostalgia. Ya kita kan baru dari NL, jadi agak-agak maruk gitu haha. Dari beberapa restoran kita milih satu resto yang juga punya satu toko oleh-oleh dan tentu saja punya brewing beer bernama New Holland. Restoran ini pun yang paling ramai, makanya kita tanpa ragu masuk kesini. Saya pesan tuna salad sandwitch dan Matt saya lupa apaan tapi rasa dari makanannya bisa dibilang cukup ok cuma tidak sampai bisa bikin kita nagih. Untung kentang gorengnya lebih enak dari semua kentang goreng di Medan. Trus ada satu pojokan yang disediakan untuk membuat bloody mary sendiri. Matt buatin untuk saya dan yah…..masih oklah. Jangan kasih tau dia, soalnya dia suka sakit hati kalau abis bikinin saya minuman trus saya biasa-biasa aja hehe.

Holland Michigan 1 Holland Michigan 2 Holland Michigan 7 Holland Michigan 8

Seperti yang saya sebut diatas, di dalam resto ini ada toko oleh-oleh. Jadi ya Holland City ini sebenarnya kota wisata. Banyak sekali turis datang kekota ini. Orang-orang yang biasanya datang ketempat ini dimusim semi dan summer karena banyak sekali festival. Mulai dari festival tulip sampai konser. Sementara dimusim dingin kebanyakan datang hanya untuk makan atau belanja dikotanya. Oya beli beer juga kayak kita.

Holland Michigan 5 Holland Michigan 6

Kali ini saya hanya akan menuliskan tentang kota Holland dan toko-toko nya aja, selanjutnya dipostingan berikutnya saya akan menuliskan tentang kompleks kecilnya yang mirip dengan Belanda lengkap dengan kincir anginnya.

Perapian ditengah kota
Perapian ditengah kota
Kota Holland
Kota Holland
Kota Holland
Kota Holland
Kota Holland
Kota Holland
Hiasan natal di pinggir jalan
Hiasan natal di pinggir jalan

Holland Michigan 14 Holland Michigan 15 Holland Michigan 16

Karena kita datang saat musim dingin, ada beberapa perapian dipinggir jalan dilengkapi dengan tempat duduk santai untuk menghangatkan diri. Lucu juga sih, soalnya banyak orang duduk-duduk disini sambil ngobrol. Nanti kalau udah agak hangat mereka jalan lagi keluar masuk toko sambil belanja. Tokonya sendiri kecil-kecil tapi yang didagangin bikin gemes dan bikin pengen gesek kartu haha.

Holland Michigan 21 Holland Michigan 22 Holland Michigan 23 Holland Michigan 24 Holland Michigan 25 Holland Michigan 26

Sebenarnya kita berdua lumayan penasaran kalau di musim panas bakalan gimana nih wajah kota Holland. Sungguh pengen liat karena kayaknya seru banget dengan semua festival. Oya yang paling lucu banget, jadi kita ketemu tupai dipohon-pohon gitu dan warnanya beneran beda banget dengan Chicago. Tupai-tupai di Chicago berwarna abu-abu/coklat sementara disini berwarna gelap. Saya perhatikan makin ke utara warna tupai-tupai itu semakin gelap walaupun prilaku sedikit banyak hampir sama.

Holland Michigan 27 Holland Michigan 28 Holland Michigan 29 Holland Michigan 30 Holland Michigan 32 Holland Michigan 33 Holland Michigan 34 Holland Michigan 35Jadi kalau emang ada kesempatan lagi ke US sudah pasti kita pengen lagi kesini untuk makan-makan dan tentunya sekalian ke vineyard karena disepanjang jalan dari rumah si Matt ke Holland ada banyak sekali perkebunan anggur 🙂

Holland Michigan 18 Holland Michigan 19 Holland Michigan 20

Enjoy 🙂

Advertisements

25 comments

  1. Hehe Tupai hitam. Waktu baru pindah ke Canada aku juga bingung karena di US jarang sekali lihat tupai yang bewarna hitam. Disini kebanyakan hitam semua. Mungkin satu turunan sama yang di Michigan. Iya Non kalau Spring di Holland ini ada ladang Tulip yang besar sekali seperti di Belanda asli. Dan banyak festival macam-macam.

  2. mbak, pengen lihat beda tupainya… #requestaneh
    tapi dari sisi bangunannya, memang mirip ya mbak…

    kentang gorengnya jadi pembanding ini ya mbak… hahaha…
    kampung saya rasa kentang gorengnya pasti nggak seenak ini mbak, pasti.
    walau saya sendiri lupa rasanya gimana… ke Medan, kapan terakhir nyicip kentang goreng, lupa… hiks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s