Kenapa Orang Amerika Tidak Suka Keluar Negeri?


Cabelas
Cabelas, salah satu toko outdoor besar di Amerika. Semua barang yang gak terbayangkan ada disini. Keren πŸ™‚

Pernah denger gak kalau orang Amerika kurang suka traveling keluar negeri? saya lumayan sering denger dan Matt sendiri pun “sedikit” mengaminkan. Gak seratus persen karena menurut dia banyak juga yang traveling tapi biasanya mereka lebih suka untuk bepergian ke Eropa atau Amerika Selatan. Mungkin itu juga penyebabnya karena saya kan kebanyakan traveling sekitar Asia dan Indonesia πŸ™‚

Tahun 2011 menurut artikel dari CNNΒ hanya sekitar 30an persen penduduk USA memiliki Paspor dari total penduduk sekitar lebih dari 308 juta. Dikit banget, ya.Β Untungnya keluarga Matt punya semuanya. Fiuhhh…..(koq penting banget, ya)

Beberapa hari lalu kita nginep di salah satu AirB&B di Michigan. Kebetulan yang punya rumah suka banget traveling. Pas kita datang pun dia sedang siap-siap mau traveling. Dari beberapa list yang saya lihat cewek ini sudah ke Bali, Asteng (Cambodia, Laos), India, Jepang, Eropa (banyak sekali negara), Australia, Amerika Selatan, dll. Pokoknya lumayan banyaklah. Kita akhirnya ngobrol-ngobrol dan saya sempet nanyain kenapa sih orang USA itu jarang yang mau bepergian. Trus 2 orang USA yang bareng saya langsung mendelik, huhaha.

Jadi nih dari perkiraan abal-abal kita ada beberapa alasan. Kalau semisal nya pengen nambahin atau koreksi silahkan ditulis di komen, ya. Nama nya pun cuman iseng-iseng aja jadi belon tentu bener ini alasannya.

01. Jumlah Cuti yang Tidak Terlalu Banyak

Ini alasan yang sebenarnya mirip banget dengan Indonesia. Cuti terbatas tapi memang tergantung kerjanya dimana , sih. Adeknya Matt dapat 12 hari cuti + 2 minggu libur Natal + New Year. Nah, kebayang kan dengan 12 hari tentu aja mereka lebih seneng keliling negaranya atau pergi ke negara-negara yang tidak terlalu jauh. Sementara kalau natal + new year itu waktunya dengan keluarga, makanya yah gitu deh muter-muter di negaranya trus.

02. Amerika Punya Segalanya

Amerika itu gede banget dan punya semuanya. Pengen ke Pantai langsung aja ke Miami, California, Florida. Pengen gunung banyak, pengen Nasional park banyak, danau, pengen happy-happy bisa pergi ke Las Vegas atau Atlantic City, mau jejeritan di amusement parks pun mereka punya buanyaaaaaak, ahhh….pokoknya mereka punya semuanya. Buat yang suka belanja pun beneran dimanjain di USA. God Bless America banget lah.

Arizona Pic source : theodysseyonline.com
Arizona
Pic source : theodysseyonline.com

Dengan alasan ini jadinya mereka yah gitu deh, males kemana-mana. Mending traveling di negaranya sekalian bikin negaranya kaya karena duitnya muter-muter disitu-situ aja huhaa. Ini alasan saya sih pas nulis ini.

“America is an outstanding country and an outstanding vacation destination — no doubt about that,” said Joe Byrne, executive vice president for Tourism Ireland. “But it is America. I’m sure you have great Irish traditional music in an American Irish pub, but you don’t have the Lakes of Killarney.”

03. Parno

Pernah denger kan kalau orang Amerika itu parno’an? yes mereka itu ada lumayan yang sedikit agak takut dengan dunia luar. Kebanyakan baca berita dan kayaknya pun berita-berita yang ada membuat mereka jadi ketakutan sendiri sebagai orang Amerika. Saya pernah ketemu orang USA pas traveling ngakunya dari Canada, trus pas Matt bilang dia dari USA, si orang itu langsung ketawa dan bilang diapun sebenarnya dari USA, tepatnya dari Portland.

Of Americans, Canadians, and Flags

Satu malam pas kita baru datang kesini, kebetulan kita diundang dinner keluarga temennya bapaknya Matt. Pas kita makan ada satu bapak yang ngajakin saya ngobrol. Dia baru pulang dari beberapa negara di Eropa. Trus dia ngomong, pas dia traveling kayaknya dia jadi nemuin banyak orang yang gak “suka” dengan orang Amerika. Saya sih ketawa-ketawa aja secara nikahnya pun sama orang Amerika dan saya pengguna banyak sekali produk Amerika (Apple die hard, suka banget Ben & Jerry dan masih banyak lagi) , jadi mau benci kayak mana.

Artikel lain tentang keparnoan ini bisa dibaca disiniΒ http://www.nomadicmatt.com/travel-blogs/why-americans-dont-travel-overseas/

Kebetulan pas nulis ini saya sekalian browsing dan ketemu artikel yang di tulis nomadicmatt dan CNN.

Alasan lain soal ketakutan ini adalah sepertinya karena hampir gak pernah bepergian keluar sehingga ada rasa khawatir yang sangat besar didiri mereka.

2 hari lalu kita wine tasting dan dilayani oleh Rhonda. Rhonda adalah perempuan yang menyajikan wine dan akhirnya ngobrol dengan kita. Begitu tau kita dari Indonesia, dia langsung semangat banget. Pasti hampir gak pernah liat orang Indonesia nyasar ditempat kerjanya hihi.

Jadi Rhonda ini penasaran banget gimana Asia terutama Cina (sayang kita belon pernah ke Cina) karena anaknya bakalan berangkat ke Cina summer ini. Dia khawatir banget. Gimana makanannya, apakah si anak bisa dapat makanan yang sama dengan di US, gimana nanti tidurnya, ada penyakit apa aja. Pokoknya khawatirlah. Saya gak bisa hal ini sepele sih, ya. Makanya sebelum berangkat ke negara yang sama sekali berbeda dengan negara yang kita tinggalin emang perlu penyesuaian dan persiapan untuk berangkat.

Nah, daripada cuman takut dan khawatir dan akhirnya gak kemana-mana mungkin emang lebih baik cari tau dan pergi langsung ke tempatnya.

04. Life Style

Ini yang memang saya perhatikan dari banyak sekali orang-orang disekitaran Matt. Kebanyakan dari mereka setelah dapat S1 langsung menikah (malah banyak temen si Matt yg nikah dengan pacar dari SMA atau kuliah) setelah kerja. Trus punya anak. Itu pun punya anak nya terkadang lebih dari 2 jadi kebayang ya, buat kebanyakan dari mereka tentu begitu ada duit mending bayar ini itu untuk rumah, bayar utang sekolah (banyak dari mereka yang punya school loan) dan tentu aja dengan memiliki keluarga baru ada banyak sekali biaya.

Liburan jadi nya mending gak usah lah jauh-jauh. Belon lagi di USA jarang banget ada orang tua yang ikut campur bantuin anak-anak mereka, kayak ngasih mobil, rumah, bayarin sekolah anak, dll. Semuanya harus dibayar sendiri. Hidup jadi lebih berat huhaha terutama kalau gaji yang didapat cuman sekitaran UMR doang. Haduh….makin jauh deh namanya liburan.

05. Duit

Akhirnya semuanya emang tergantung sama duit ya. Mau dibilang takut lah, apalah selama ada duit kayaknya lebih memungkinkan untuk sesering mungkin bepergian. Apalagi kalau duit bukan masalah mungkin lebih gampang lagi. Mungkin loh. Tentu ada alasan lain lagi yang lebih penting daripada duit.

Untuk pergi ke Indonesia untuk Orang Amerika pasti lumayan berat. Harga tiket dari Chicago ke Kuala Lumpur untuk normal price sekitar US$ 1.500 – US$ 2.000 (tergantung maskapai dan rute), belum harus bayar hotel, makanan dll. Harus dikali 2,3,4,5 orang jika bepergian satu keluarga . Gak cuman duit tapi juga jauh nya gak nanggung. Jadi balik lagi ke point no 1. Belon lagi karena negaranya besar jadinya terbang dari satu state ke state lain aja udah lumayan jauh juga. Aduh…..bayanginnya koq beneran mirip Indonesia jadinya ya, hahaha. Kemana-mana jauh.

Untuk alasan ini kita perlu angkat topi dengan orang2 dari New Zealand yang emang suka bepergian juga padahal negaranya jauhhhhhhhh.

Ada 5 alasan yang kita kemaren obrolin dan menurut saya saat ini pasti sudah lebih banyak orang USA yang bepergian keluar terutama dengan adanya social media. Anak-anak muda yang lahir saat ini juga sudah menjadikan traveling sebagai gaya hidup (asal inget segala loan harus dibayar huha).

Terlepas dari itu semua menurut saya mau pergi keluar negeri atau cuman didalam negeri selama kita ngerasa bahagia, gak ngutang dan tentu aja mendapatkan hal-hal baru sudah sangat menyenangkan.

Setiap orang punya gaya masing-masing untuk menikmati hidupnya. Ada yang suka banget traveling, ada yang cuman suka dirumah sambil nonton netflix, ada yang senengnya masak, ada yang sukanya begitu libur hanya tidur atau belanja. Apapun itu, gak ada yang salah selama kita bahagia dan gak ganggu orang lain, ya kan πŸ™‚

 

 

 

Advertisements

135 comments

  1. Jadi ingat tulisan Trinity yang bilang traveler Amerika kalo dibandingin sama Eropa kebanting abis haha. Sebagai couchsurfer, aku agak deg-degan juga kalo ntar dapet request guest dari Amrik mbak, karena banyak pengalaman nggak enak, soalnya mereka KATANYA sih tukang komplain.

    Tapi yah, harus dicoba biar anggapan orang bisa dibantah πŸ™‚

  2. Kalo kata tante ku, orang US demen traveling tapi di negara sendiri alias disitu situ aja. Bener sih antara parno, cuti yg sedikit, sama mereka ngerasa di US semua ada πŸ™‚

      • Hahaha saking jauh nya ya sampe ke antar negara bagian ada yang mesti naik pesawat ya. Oya kata tanteku, saking gede nya US, kadang mereka ga aware kalo negara lain juga ada yang gede kayak mereka (antar daerah mesti naik pesawat) πŸ˜†

      • Iya hahahaha. Kadang ngakak kalo di ceritain sama tante ku. Mereka taunya Bali doang. Ada aja yang gak ngeh kalo Indonesia tuh gede πŸ˜€

      • Hahahahahahaha aduuh kayaknya kita juga mesti banyak piknik ke dalam negeri sendiri ya Non. Jujur aku juga kadang kebayang daerah lain tuh gak serame Jakarta, tau2 nya pas dateng kesitu gak kalah rame sama jakarta πŸ™‚

  3. Aku pernah nanya hal ini ke familiku yang di US mba. Jawabannya mereka itu ada di listmu mba, “amerika punya segalanya” dan “duit”. Haha..

  4. Pernah. Pernah denger soal orang amrik yang katanya gak suka jalan-jalan ke luar negri. Dari suami sendiri sih dengernya tapi kemudian jadi denger juga dari orang2 lainnya (europeans) berbagai macam joke tentang turis amrik. Yang katanya turis amrik gak melek geografi lah, yang inexperienced (dibandingkan europeans tentunya), yang gayanya kelewat turis banget, yang kalo ngomong kenceng2, yang menganggap semua orang harus bisa bahasa inggris, dllnya.

    Kalo musim panas di Helsinki sering merapat kapal pesiar yang isinya orang2 amerika. Turis-turis ini katanya suka nanya ke orang “Dimana saya bisa liat polar bear?” atau “Naik tram no berapa kalo mau ke Lapland?”. Padahal kan polar bear mana ada di finlandia dan dari helsinki mau ke lapland harus naik pesawat dulu.

    • Percaya gak, ada satu artikel tentang itu loh Rika huhaha. Aku baca beberapa hari lalu. Entar mau cari lagi ah, lupa link-nya. Yah bisa jadi ya mungkin gak melek geografi tapi pasti ada banyak juga yang ngerti. Kalau yang ngomong kenceng2 itu pas aku ke NY, orang NY sendiri bilang emang kalau ngomong mereka suka kenceng banget. Terlalu kenceng malahan hihihi

  5. Ini mungkin agak OOT, tapi bikin penasaran karena berhubungan dengan Amerika. Aku dulu kan kerja diperusahaan Filipina. Mereka itu semacam “die hard” sama Amerika. Sampai bosku pernah bilang “orang Filipina mending ke Amerika dibanding ke benua2 lain. Amerika segalanya buat orang Filipina” dan emang bener setiap ada liburan pasti perginya mereka ke Amerika. Penasaran ada keterikatan emosi atau sejarah atau apa orang Filipina dengan Amerika.

    • USA pernah perang dengan Filipina di Filipina karena negara ini jajahan Spanyol yang waktu itu perang dengan USA akhir 1800an. Akhirnya Filipina dihibahkan ke USA tapi para Pinoy angkat senjata. Gitu sejarahnya Den πŸ˜‰

      Setelah peranh selesai tahun 1902 ada perjanjian ini itu akhirnya USA boleh punya naval base di Filipina (untuk kapal selam juga kalo ngga salah). Karena itu menurutku orang Filipina USA oriented.

      • Waahhh terima kasih banget Mbak Yo penjelasannya. Agak2 cerah sekarang aku hehe. Iya, mereka pernah menjelaskan masalah jajahan Spanyol, tapi aku ga terlalu mudeng. Ah pantas saja ya mereka USA oriented. Hampir setiap meeting atau ngobrol2 santai, pastiiii diawali atau diselipi obrolan tentang Amerika. Sampai kami2 yang denger hapal karena ada beberapa cerita yang diulang2 haha. Kata bosku yg orang Indonesia “ni Pinoy2 pada ngebrain wash kita ni soal Amerika” :)))

    • Kalau ngerasa super gak tau jg, banyak yang gak ngerasa super. Bahkan bingung kenapa negaranya dibilang Super Power.

      Cuman yah mungkin karena duit, cuti dan tentu aja mereka ngerasa di negaranya semua2nya ada.

  6. Aku gak tau sih kenapa orang America gak suka ke luar negeri. Tapi aku tahu banyak yang bahkan gak pernah keluar dari hometownnya. Kayak pertama kali naik pesawat itu pas umur 18, pas mau kuliah, dll.

    Tapi dipikir-pikir sebagian besar penduduk Indonesia begitu juga bukan? OBku aja baru pertama kali ke Jakarta pas kerja di kantorku. Padahal dia cuma dari Pandeglang aja. Gimana yang dari luar pulau.

    • Ada Angel, bisa jadi emang karena biaya utk traveling ya. Gak semua orang menjadikan traveling itu prioritas kan ya. Ada yang malah ngerasa gak penting bepergian karena semuanya udah ada.
      Iya mirip sama beberapa orang2 di Indonesia yang bahkan belon pernah keluar dari kotanya.

  7. kupikir karena negaranya gede banget spt katamu Non, mulai Alaska sampe New Mexico .. mulai pantai barat sampai timur yg pastinya suasana alamnya juga beda ya..

  8. Betul banget semua yang ditulis Noni. Aku jg surprised negara maju seperti Amerika cutinya cuman 12 hari, sama kaya di Indonesia sementara di tempatku minimal 5 minggu (aku dapat 6 minggu).

    Pacarnya temenku juga seumur2 baru kemarin pertama kali ke luar negeri (ke Eropa), dia juga baru ngurus paspor itu sebelum berangkat, umurnya mid thirties. Aku rasa justru negara yang udah mapan penduduknya jadi males liat negara lain, sementara di Indonesia yang banyak penduduknya justru duitnya pas2an malah banyak yang menderita “sindrom kaki gatal” alias pengen jalan2.

    Disini juga suka dibahas itu stereotyping turis Amerika yang kalau ngomong suka kenceng2, terus apa2 dibandingin sama di Amerika dan suka komplen πŸ™‚

    • Tadinya kukira yang suka berisik itu turis2 dari Cina loh. Waktu di Dubai malam2 tiba ada segerombolan turis dari Cina yang luar biasa berisiknya, sampai ditegur sama satu orang. Mereka diem (karena kaget kali ya) selama 2 menit an sebelum berisik lagi akhirnya. Halah2..

    • Kalau suka komplen dan suka banding2kan aku sering ketemu banyak orang emang kayak gitu Ev hehe. Udah jadi kebiasaan kali ya, manusia emang demen komplen.

      Aku juga kaget pas tau cutinya mereka dikit banget, kirain ampe berbulan2 gitu ternyata hanya untuk sebagian pekerjaan aja kayak guru, dosen.

  9. Bagus Non observasinya. Mungkin yang buat orang USA parnoan karena status negaranya yang superpower, terlibat konflik politik dibanyak tempat?

    Dan untuk yang tinggal di perbatasan Canada & Mexico mungkin sering liburan ke luar negri karena lebih deket dibanding ke state lain yang jauh. Sekarang aku pingin tahu kalo orang USA dari Hawaii apakah banyak yang liburan ke mainland USA?

  10. Iya mba, kalo yang emang model orang rumahan emang males kan ya buat capek capek apalagi ngerela2in ngegembel sana sini, ngorbanin waktu tidur dan waktu istirahat buat bisa maksimal jalannga. Sementara buat yg suka jalan mah hal hal kaya gitu malah yg seru nya

  11. Sebenernya orang Indonesia juga nggak perlu jauh2 ngebolang. Coba dari 13ribu pulau udah berapa yg kita jelajahi deh?

    Tapi di kita masalahnya lebih ke biaya dan/atau means of transportation yang belum genap di banyak lokasi.

    So, semoga traveling bisa makin murah di negeri tercinta Nusantara Indonesia Raya biar rakyatnya saling anjangsana ya…..

    • bener, kita yang tinggal di Indonesia juga banyak yang belon pernah keluar negeri atau bahkan keluar dari kota kelahiran. Yang suka jalan2 biasanya punya temen2 yang punya hobby sama jadinya ngerasa semua orang suka jalan, padahal diluar circle mereka banyak jgua yang punya hobby lain hehehe.

  12. iya siihh aku jarang banget ketemu backpacker dari Ameriki memang, mungkin karena alasan-alasan itu ya πŸ˜€

    brarti kalo aku pindah Ameriki gak kaget lahh, cutinya sama dikitnya hahaha *ngarep*

  13. oo bgtu.. saya baru tahu tentang perturisan dr Amerika ini, hehehe.. yaa.. memang disananya sendiri bisa dibilang sudah lengkap, jadi mereka pikir buat apa pergi keluar yang memakan biaya banyak, hehe.. πŸ™‚

  14. Because they don’t know that other countries exist. *dijitak*. Dulu gue pernah diajarin temen orang Belanda untuk spot American di touristic place gampang banget: celana pendek, kaos kaki agak panjang, kamera digantung. LOL.

  15. Hm… iya, yang penting tidak menyusahkan orang lain, tidak melanggar hukum (ini penting banget sebetulnya :haha) dan kita bahagia.
    Amerika memang negara besar ya, kayaknya segala jenis wisata ada, tapi kok bagi saya sesekali kita harus keluar dari negeri ini ya, keluar dari zona aman, soalnya apa yang ada di luar sana pasti beda banget, meski suatu negara punya segalanya tapi pasti masih ada yang tidak ia miliki, kira-kira begitulah istilahnya Mbak :hehe. Dalam skala yang lebih kecil, di Jakarta pun sebenarnya berbagai wisata ada, tapi kan kita tetap ingin bertualang ke negeri lain yang belum kita kenal :hehe.

    • Aku setuju dengann kamu. Kalau emang ada waktu, duit, tenaga dan emang pengen emang sebaiknya keluar deh sesekali supaya bisa ngeliat ada hal2 lain yang menyenangkan di luar lingkungan kita ya πŸ™‚

  16. Aaak naksir sama toko outdoor yg gede itu! Ada barang yg aku incer tapi gak ada di toko online di sini, pengen pesen amajon mahalan ongkirnya, pengen nitip tapi takut ngerepotin, gak jadi deh haha.

    Benua Amerika kan guedhe banget, mungkin mereka pengen puas2in ngabisin negaranya dulu kali ya.

    Dulu waktu ke Reykjavik juga ada org yg kaget pas tau kita dari Indonesia, jarang bgt ada org kita ke Islandia. Ada tapi gak sebanyak turis indonesia di eropa barat mungkin..

  17. Aku pernah ngobrol dan nanya hal yang sama ama mereka dan rata2 jawabannya sama. Mereka dikantor dan kehidupan sehari-hari sudah lumayan stress jadi kadang nga kepikiran buat traveling kenegara jauh yang antah berantah. kalau Asia mereka sebut Far East jadi kalaupun mereka diminta bekerja disekitaran Asia pasti minta bayaran yang mahal karena negara tersebut jauhhhh bangat menurut mereka.

    • emang jauh banget sih hehe. Naik pesawat 20 an jam lebih, belon transitnya. Duh 😦
      Guru di Medan yang dari US beberapa gajinya luar biasa gede terutama karena mereka emang S2 gitu. Trus fasilitas yang mereka dapat jgua bagus2 banget

  18. Bener banget suaminya adekku aja takut pertama kali ke Indonesia trus memang dia bilang, statenya terlalu banyak. Belum tentu mereka datangin atu2 itu semua state yg ada disana. Jadi mending traveling di negara mereka sendiri kan

    • Iya, ada alasan juga kan kenapa mereka gak keluar πŸ™‚
      Si Matt yang takut itu waktu nyampe Medan huhaha. DIa bilang bingung banget karena semua motor, mobil, becak dan semua2nya numplek di jalan. Dia panik padahal sebelumnya udah tinggal di Thailand dan Cambodia tapi tetep takut pas nyampe Medan hahaha.

  19. OOT: Dulu banget, ada deaflympics di Taipei, kebetulan lagi halan halan kesitu, ketemu segerombolan atlit Canada, and yess mereka atribut nya bendera canada semua. Pas disamperin, kita dikasih oleh2 pin bendera canada nya banyak, suruh bagi2 katanya.. haha..

  20. Kalo baca ini aku jadi keinget meme yang nyebutin “murica, the greatest country” dan semacamnya begitu. Entah apa yang mereka rasakan dan alami, kayanya bagi orang Amerika yang nggak pernah traveling, bumi itu 90% Amerika dan sisanya negara lain
    (ini kata internet loh, saya mah ngikut ajah :P)

  21. “Amerika Punya Segalanya” ini bener banget yaa…
    Gede banget sih negaranya, dan rata2 tiap state pada maju2 semua.
    Iya gak sih, mbak?

    Indonesia kapan ya bisa kayak gini? Jadi, biar rupiah bisa muter2 di Indonesia, dan gak abis dibuang ke luar negri.
    Sekarang semuanya terpusat banget di Jawa.
    😦

    • Ada beberapa state yg bangkrut. Contohnya Detroit. Eh kota deng. Di deket daerah keluarga suami ada satu kota yg jg bangkrut. Gerry namanya. Dulunya ini kota maju bgt karena ada besi. Semua orang pada kesini. Ketika besi habis yg tajir2 pada pindah. Kotanya jd ditinggalin banyak gank dan banyak kriminal. Kota2 yg bangkrut ini agak mengkhawatirkan utk jd tempat tinggal karena biasanya jadi kurang aman dan kota jadi miskin

  22. masuk akal tuh soal jauh kemana2 dan jatah cuti dan DUIT haehehe.

    org indo kayanya lebih banyak yg fleksibel kerjaannya, entrepreneur, olshop owner, restaurant owner.. klo di amrik mungkin lebi banyak kerja kantoran ya..

    cuti di luar negeri uda pasti lbi dikit yaa, klo di indo kan 5 agama ada hari libur masing2, belom lagi libur Chinese new year, libur harpitnas, wah pokoknya libur nya banyakkk hahaha

    kalo soal duit, mestinya biaya hidup di amrik lebi mahal, mana ada makan warungan 15 rebu, harga rumah juga mahal, bensin mahal, dll. mungkin emang berat klo liburannya jauh2 ke asia

    • Sebenarnya banyak jug yang kerjaannya lebih fleksibel tapi mirip2 kayak di Indonesialah. Dibandingkan yang pekerjaannya lebih santai pasti lebih banyak yang kerja di kantor kan ya.
      nah, bener soal libur2 dadakan di Indonesia itu emang banyak banget ya. Aku cerita ke bapaknya Matt aja dia sampe bingung kita bisa punya banyak libur kejepit hahaha.

  23. Aku juga diceritain sama seseorang disini dulu katanya banyak orang Amerika yang geografinya jelek banget tentang bagian bumi yang lain selain kontinen mereka hehe

  24. Tokonya keren banget mbak Non! Btw iya sih, jaman masih kerja di warkop, hampir gak pernah ada turis amerika. Lawong punya segalanya plus disana juga gak abis2 dijelajah ngapain pergi2 ya πŸ˜†

    • Haha…cuman menurut aku sesekali keluar dari negara bolahlah apalagi kalau kita punya duit dan waktu.
      Tokonya emang keren banget dan toko ini selalu rame. Jadi sebenarnya emang orang uS itu suka kegiatan outdoor cuman males kelaur negara kali ya haha

  25. Emang typical org amrik bgt nih…hbs kuliah kawin hbs itu mikirin mortgage rumah dan terbenam dlm urusan rmh tangga deh. Mereka menurutku mmg less adventurous, apalagi yg gak dari kota besar. Pada umumnya yg travelling itu dari kota2 gede east coast macam NY, DC, dll (ini pure observationku aja) plus LA and about. Makanya exposure ke org asingnya kurang dan jadi lebih parno or skeptis sama org asing. Program study abroad di kampus yg setaon pun biasanya ambil ke eropa dan itupun dikit yg berpartisipasi. Hail uncle sam bgt deh!

  26. Bener sebagian tuh mbak noni analisanya, aku punya temen orang indo yang pindah ke Amrik ikutan sama suaminya, terus ya tadinya dia suka bgt traveling kelilingan indo dan negara2 lain, tapi sejak di Amerika dia blg udah abis jatah cuti suaminya buat liburan2 di amerika aja ngga abis2 tempat wisatanya, dengan pemikiran semua ada (gunung, pantai, desert dst), walopun gw bilang Borobudur ngga ada sih di Amrik….hahahaha

    • Haduh….aku jangan sampai kayak gitu deh hahaha. Cuman emang kalau pas di US, aku tuh suka liatin peta dan cek tempat wisatanya jadi ngiler pengen didatangin semuanya padahal jauh-jauh banget. Kayak kemaren ke NYC dari kotanya si Matt naik pesawat 2.20 menit mirip dari Medan ke Jakarta.

  27. Di London banyak banget turis Amerika apalagi summer, memang mereka kalau diperhatikan paling keras suaranya. Mungkin karena juga kalau dibanding turis2 Eropa di London, mereka lumayan besar2. Dan memang kalau curi2 dengar komentar2 mereka, rada lucu dan maaf, tapi hampir terdengar bodoh. Jadi pengen bikin bikin cerita soal turis2 di London. Tapi saya tahu dari beberapa kenalan saya orang USA itu ngaku kalau kebanyakan keluarga mereka nggak punya passport dan takut jalan2. Untuk keluarga mereka, para kenalanku ini dianggap ‘Very Adventurous’
    Interesting comment soal 30% orang US, org Indonesia gatel jalan2 walau mahal, tapi berapa % sih org Indonesia yg punya passport? Kalau tebak2 berhadiah menurutku sih juga sekitar nomor yang sama.

  28. Lah, aku baru tau kalau orang US gak suka travelling kebalikan sama kita yak hehee, tapi aku setuju Amerika punya segalanya πŸ™‚ ngomongin USA aku suka kota Arizona dan New Jersey hehehe

    • Kita pun yg suka traveling paling berapa persen? Kayaknya karena circle kita suka traveling jadinya kita pikir semua suka jalan2. Kalau aku sih haha. Soalnya kebanyakan temen2 aku bilangnya suka traveling tapi gak kemana2 kecuali bis trip

  29. Awalnya aku kirain web nomadicmatt itu punya Matt-nya mbak noni hehe.. Eh ternyata mukanya beda. πŸ˜€
    Pas traveling di Asia Tenggara pernah sih beberapa kali ketemu orang Amerika. Tapi itu pun jalan2 karena abis dinas dan ada juga yg abis volunteering. Hehe.. Bener juga ya, orang NZ kalau mau traveling ke manapun harus modal lumayan gede buat ongkos (kecuali Aussie kali ya) karena dia jauh bener kemana2, Orang Kanada juga lumayan sering ketemu kl lagi traveling.

  30. ” ….hanya sekitar 30an persen penduduk USA memiliki Paspor dari total penduduk sekitar lebih dari 308 juta. Dikit banget, ya.” <<<< lah uong katanya mba kalo bikin passport di US butuh waktu 6 bulan baru kelar,pas saya bilang saya bikin passport cuma nunggu 7 hari kerja kelar eh pada kaget gitu.

  31. Bu Kos aku 3 dari 5 anaknya stay di Kanada. Kerja disana dan jarang pulang. Karena tiketnya mihil yaaa.. Tapi seru juga kerja di LN gitu. Pengen ><
    Btw, brati turis manca yg ke Indo itu kebanyakan org Eropa kah?

  32. Berdasarkan observasi sotoy saya dari menonton film, kayaknya orang AS kalau liburan keluar negaranya nggak perlu usaha urus visa. Tinggal bawa paspor dan cuss…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s