Return Policy


https://pixabay.com
https://pixabay.com

Masih inget gak dengan salah satu kesukaan saya selama di US yaitu bisa dengan gampang mengembalikan barang.

Sebenarnya saya bukan orang yang suka belanja trus nanti dikembalikan ke toko. Kayaknya sih enggak atau belon hehe. Selama ini saya selalu pikir kalau saya termasuk orang yang setiap kali belanja cukup hati-hati, apalagi kalau di konversi ke rupiah harga barang-barang di US gak bisa dibilang murah juga. Masalahnya selama disini saya suka males fitting karena baju yang dipakai udah berlapis-lapis. Mau buka baju males, mau buka boots keburu keringetan. Jadilah ibunya Matt suka beli-beliin barang yang saya pegang trus nanti dicobain aja dirumah. Kalau gak suka besoknya dikembalikan. Awalnya saya ngerasa agak-agak gimana gitu ya, hehe, cuman lama-lama seru juga. Aduh….

Untung gak sering-sering  belanja nya.

2 tahun lalu Matt kasih kado Ipad untuk hadiah natal. Setelah dibuka tentu saja tanpa anti gores. Saking pengennya dia, saya bisa pakai Ipad itu,  kita pun ke toko lagi buat beli plastik anti gores. Harganya sekitar 15 dollar kalau gak salah. Itu pun gak dibantuin pasang. Matt bersikeras kalau dia bisa pasangin si anti gores. Ya udah kita pun belilah anti gores. Seperti saya duga Matt gak mampu memasang anti gores. Plastiknya pun rusak.

Besoknya kita ke toko lagi. Matt bilang dia bakalan beli anti gores baru dan minta orang toko untuk pasangin. Disini untuk pasangin anti gores mesti bayar lagi. Kalau gak salah sekitar 10 dollar. Saya lupa-lupa inget. Yang pasti mahal. Begitu di toko saya kasih tau ke CS kalau kita gak bisa pasang plastiknya jadi mau beli yang baru aja,  trus mau minta dipasangin. Ehh…si CS bilang gpp kita ganti yang baru gak usah bayar lagi nanti, cukup bayar 10 dollar untuk orang yang masangin si anti gores. Asli saya shock. Shock seneng huhaha.

Lalu setiap kali kita datang ke US, orang tua Matt suka beliin kita beberapa baju untuk dipakai disini. Baju baru gitu deh secara kita kan datangnya pas winter. Terkadang saya kurang suka dengan modelnya. Ibunya kasih receipt dari toko dan suruh kita ganti dengan barang yang kita suka. Akhirnya belon apa-apa udah belanja lagi, huhaha.

Paling epic temennya Matt yang orang Kanada. Jadi si Mr. G ini 2 tahun lalu pulang ke Kanada dan belanja di salah satu departement store di Maine US. Dia beli beberapa jeans dan kemeja. Sewaktu di Medan karena pergi ke laundry kiloan salah satu kemeja kena luntur. Rusak dong. Tahun berikutnya pas dia balik ke Kanada, kemeja itu dikembalikan ke toko dan toko mengganti dengan yang baru. Saya yang denger ceritanya ampe bengong. Secara kesalahan kan, dari pihak pembeli, ya hehe.

Untuk barang-barang online sami mawon. Saya suka nemenin ibunya Matt ke kantor pos buat balikin barang (tanpa bayar ongkir) karena barang yang dibeli kurang cocok terutama sepatu. Bisa beberapa kali kalau sepatu sampai doi ok. Aduh…..capek ke kantor postnya doang sih. Cuman dibandingkan dengan saya yang beli beberapa kali sepatu online di Indonesia dan gak cocok trus gak bisa dikembalikan.

Apakah dengan cara seperti ini ada orang yang jadinya “nakal” ? huaa…namanya pun manusia ya haha. Tentu aja ada. Adeknya Matt dulu manager di JC Penny. Ini departement store gitu. Dia cerita banyak aja orang beli barang trus dipake tanpa dilepas tag dari barang tersebut trus dikembalikan. Buanyak!!! Toko kadang-kadang terima tapi kadang-kadang gak terima terutama kalau udah ada bau-bau kayak parfum, deodorant atau bau keti haha. Menurut saya itu sih jahat!

Lalu apakah ada orang yang suka belanja dan suka return? menurut adeknya Matt dan temen baiknya yang juga manager disalah satu toko mewah di Chicago,  buanyak. Saking banyaknya orang yang suka kayak gitu terkadang pegawai toko suka negur mereka, loh. Iya dong, masa gak ditegur ya, kan nakal itu namanya.

Trus apakah dengan cara ini saya lebih seneng belanja di US atau di Indonesia? hmm sebenarnya saya bingung hehe. Kalau di Indonesia, setiap kali belanja saya mikirnya lama banget. 3-4 hari dipikirin trus, kalau masih kepengen biasanya saya balik lagi dan beli. Dengan cara tersebut saya jadi lebih hati-hati kalau belanja belon lagi saya selalu mikir “perlu gak ya?”. Kalau di US kayaknya ilmu itu gak kepake karena yah, beli aja deh, entar kalau gak suka balikin aja. Ini koq malah bikin jiwa saya gak tentram ya haha. Bikin jadi nafsu belanja menjadi-jadi. Apalagi sale dimana-mana dengan angka yang lebih kecil USD 20, USD 30…..dst…..huaaa koq murah. Lupa dikonversi ke rupiah haha.

Tapi……tetep ada tapinya koq. Setiap toko tentu saja punya kebijakan sendiri. Toko A misalnya kasih return sekitar 14 hari, ada yang kasih 1 bulan, ada yang lebih dari 1 bulan. Pokoknya tergantung tokonya. Jadi dibaca baik-baik juga aturan mainnya. Ada juga toko yang ternyata gak bisa dikembalikan. Contohnya satu toko langganan ibunya Matt untuk belanja barang-barang antik dan vintage. Di toko ini beneran gak bisa dikembalikan, jadi kalau mau belanja kesini ibunya bisa kembali berkali-kali. Yang nemenin ampe beneran bosen  hahaha.

Ada yang punya pengalaman mengembalikan barang ke toko? atau sistem yang mana yang bakalan jadi favorite kamu? US atau Indonesia?

 

PS : semua pengalaman pribadi, kalau ada cerita yang lain silahkan tulis di kolom komen 🙂

Advertisements

86 comments

  1. Return ini salah satu bentuk pelayanan ya hehe..
    Beda kali ya Mba laki sam pere kalau masalah Belanja.. Belum pernah return barang kalau ngk pas kasih ke temen hehe. Males ribet bolak baliknya terus ya kalau jalan d pusat perbelanjaan itu rasanya cepet capek.

  2. Kalo di Indonesia yang return policynya oke baru nemu si uniqlo. Asalkan tag apapun belom diapa-apain boleh dibalikin dan gak pake ribet. Mestinya emang gitu kan harusnya ya Mbak Non.

  3. hihihi… gua tiap kedatangan tamu dan perlu kasur extra selalu beli kasur angin di costco trus gua return pas tamunya udah pulang. bukan apa2 sih, tapi gua gak ada tempat nyimpennya jadi mendingan gua return aja. 😛

    tapi kalo baju gak pernah lah dipake trus dipulangin. masa pake baju ada tag nya malu2in dong ya… 😛

    eh ada lagi cerita temen. dia beli kasur di costco, udah bertahun2 lho. trus dia mau pulang balik indo for good. kasurnya dibalikin ke costco bilang bikin sakit pinggang. udah bertahun2 tuh dan tetep diterima aja tuh ama costco. hahaha.

  4. Return policy kl di Indonesia ada jg khusus barang yg gak diskon kan, rata2 3-4 hari.. kl brand mewah bs smp 14 hari.. tp kl barang sale gak blh dituker.. tp on the other hand, return policy yg berlaku di USA terkait sm hak pembeli kali yaak.. semacam kl disini yg diurus sm YLKI..

  5. Aku belum pernah pake kebijakan return policy di Indonesia non. Walau ada beberapa toko yang bisa (kayaknya) kayak uniqlo gt, cuma ya aku belum pernah coba. Udah kadung males duluan, hahahah kepikirannya udah ribet aja.
    Aku sering baca ttg return policy diluar yang bikin mupeng, gilaaa gampang banget gak pake ribet. Tapi setuju kalo yang nakal nakal di tindak. Hahaha peristiwa Ipad kamu itu asik banget ya, hahaha coba kalo disini, pasti pada EGP 😆

    • Disini gampil bgt May. Selama ada tag dan receipt bisa dikembalikan dan mereka tanya mau dto kembalikan ke kartu atau cash aja? Gilaaaa ya haha. Tomat aja bisa dikembalikan koq kalo misalnya gak sesuai dengan deskripsi bungkus haha

      • OMG envyyy banget. Disini ya non tau sendiri lah, ga sesuai deskripsi kita protes ya boro boro dikembaliin yang ada pelayannya (pura2 bego) ngotot kalo itu udah sesuai. Bikin capeeek, makanya kalo barangnya ga sesuai aku jarang protes apalagi kalo masih acceptable, mendek2in umur aja. Paling cukup tau buat next time gak balik lagi belanja disitu 😀

      • Iya kan non? Karena udah kadung apatis duluan. Ntar kalo pun bisa dituker, udah capek ati duluan hahaha segitunya ya disini.

  6. Enak juga yah sbnrnya bisa dibalikin tanpa batas wkt, klo disini paling 2-3hr aja. Btw itu Mr G niat juga yah, barangnya udah jelek krn di londri, trs di balikin lagi hihihihi

  7. Baik banget tokonya, pelanggan bener2 jadi raja dalam arti sebenarnya, konsumen dilindungi. Cuma kalo ada konsumen yg nakal kok jahat banget yaa.
    Aku baru sekali nuker baju yg udah dibeli, bln lalu beli jaket di salah satu toko di Kuningan City, pas dibawa pulang ternyata kegedean. 2 hari kemudian aku balik lg ke toko dan ternyata boleh dituker dng ukuran yg lbh kecil, padahal udah siapin mental kalo ternyata gak boleh dituker.

  8. Menarik. Baru tau soal sistem pengembalian barang di US sono. Kalau jadi yang punya toko, mungkin lebih aman sistem di Indonesia ya? Ngehindarin kemungkinan adanya pembeli2 nakal kaya yang disebut di atas. Haha. Lagian, sebagai pembeli juga hati2 lah kalau mau beli barang. Kecuali kalau barangnya memang ga bisa diperiksa sebelum transaksi ^^

  9. Waktu kopdar sama ko Arman kmren sempet bahas soal ini nih.. Emang keren ya sistem disana. Lah disini udah bbrp kali mo balikin barang krn rusak pengiriman aja susyeh minta ampun. Kalo dah bgitu emang lebih enak sistem US ya 🙂

  10. Kemaren nih, aku abis nonton tv ada satu sitkom, yang lagi ceritain kalo si pemainnya pake baju tapi tag nya gak dilepas. Aku wondering, kenyataannya ada ga ya yang kaya gini. Pake baju, tag gak dilepas, tapi setelah selesai pake langsung dibalikin lagi.Ternyata ada ya hihihi… Kejam

  11. aq ada, pernah beli sepatu online gitu udah pesan sesuai ukuran yg biasa kakiku pakai, eh pas nyampe ga cukup dong. komplain lah aq ke penjual dan minta dibalikin aja uangnya.
    tadinya ga mau si penjual cm krn aq menyerahkan bukti foto, akhirnya sepatu bisa dibalikin dan uang aq balik. ini juga krn aq belanja di tokpedia, jd bs mengajukan “banding” klo barang yg sampai ga sesuai.

  12. Nga terlalu paham sich mbak soal pengembalian barang. Walaupun pernah kejadian nga sesuai ukuran karena beli nya buat orang lain, boleh ganti tapi cuma 3 hari doang paling lama. Hanya setelah itu nga mau lagi beli barang yang nga pasti ukuran karena malas bangat bolak balik ketempat yang sama hanya karena begitu doang.

  13. kalau di Indonesia aku tahunya H&M mbak Noni. Tapi asyik juga ya kalau boleh ngembaliin barang kalau ga cocok. Jadi ga terlalu deg-degan kalo beli sepatu online 😀

  14. Yang toko mengganti kemeja sampai satu tahun sesudah pembelian di kasus kemeja milik temannya Matt itu kayaknya baik banget ya Mbak :hehe. Tapi saya lebih cenderung yang sistem Indonesia saja deh Mbak, soalnya membuat kita betul-betul berpikir apa memang kita butuh barang yang akan kita beli atau tidak, kan tidak jadi konsumtif begitu ya, lebih berhati-hati juga. Eh itu menurut saya sih :hehe.

  15. Yang aku tau di Matahari depstore jg bisa return tp seminggu aja dgn syarat masih ada tag. Bulan lalu waktu ada nikahan aku beli sepatu bingung pengen 2 warna, akhirnya ambil 1 yg blm punya. Sampe rumah masih kepikiran pgn ganti warna, sampe skrg malah masih kepikiran haha. Pingiiiin bgt ganti Tapi rasanya kok g tega mau tukerin sepatu yg udah dipake seharian, bawahnya udah kotor walo bisa dibersihkan. Padahal kalo dicoba mungkin bisa ya, tapi aku ngerasa kok itu kriminal banget hehehe

  16. Duh, kalo di US kayaknya customer dimanjain banget yah. Barang sale masih bisa pake kupon, banyak toko besar yang bisa online shopping, bisa return.
    Cuma, bahaya buat dompet, hehe.

  17. Aku seriiing return ka non hahaha, tapi biasanya untuk belanjaan yang aku beli online. Kalo di belanda (dan mungkin sebagian besar negara di eropa) return policy nya antara 14 sampai 300 hari, termasuk untuk barang-barang sale. Tapi kondisinya harus masih ada tag nya.
    Semenjak pindah ke sini aku emang lebih sering belanja online, abis gampang kalo ga suka balikin aja hahaha. Paling sering belanja di zara online, mereka punya return policy 1 bulan 🙂 Di H&M malah bisa belanja bayarnya maksimal 14 hari setelah barang sampe rumah wkwkkwk.
    Kalo di indonesia belum pernah punya pengalaman return tapi kayanya beberapa dept store ada policy ini ya, cuma lebih singkat waktunya.

    • Ih enak banget itu yang bayarnya belakangan haha. DImanjain banget emang ya consumen.
      return barang mungkin bisa kalau di Indonesia tapi kalau return pake duit gak bisa deh kayaknya. Barang yang udah dibeli kagak bisa dikembalikan huhaha

  18. *Shock seneng?*
    hhahahahaha….

    Sebenarnya udah aware sama return policy ini karena sering liat scene di serial tv amerika, tapi gak nyangka bakalan semencengangkan penjelasan mbak noni.

    Agak-agak bingung juga sih ya gimana responnya, secara kan udah biasa sama sistem di indonesia..

      • Eh tapi kan, maksudnya return policy itu pada akhirnya tetap harus ada yg kita beli kan ya mbak?
        Kita gak bisa ambil lagi duit kita kan ya?
        Ujung2nya jadi semacam product insurance doang gak sih?

      • Bisa ambil duit. Jd kalau gak suka atau gak cocok dikembalikan dan uanganya dikembalikan cash atau ke kartu kita. Prosesnya sendiri gak nyampe 10 menit. Cepet bgt. Balikin trus langsung diproses duitnya.

  19. Sebernanya dgn kepikiran ‘ya udh beli aja, ntr gk suka balikin’, bikin lbh kalap ya mba hahaha. Jdnya klo belanja disini aku mkrnya malah lbh pendekkk *usap2 dompet* hahhaa

  20. Banyak bgt deh yg manfaatin return policy ala amrik ini. Belanja makanya gak lama2, gak usah galau haha klo gak muat, gak bagus ato gak seneng ya balikin aja hehe. Dimanjain bgt deh makanya skrg aku suka komplen di oz krn return policynya gak seluwes amrik. Macam kita mo beli swing baby, harganya mahal 300an dollar, mikir panjang kan. Aku pikir ambil aja dulu, pasang trua coba di rmh. Klo babynya gak demen sisa dibalikin..nah disini gak bisa kyk gt. klo kardusnya udh dibuka udh gak bisa dibalikin pdhal klo di amrik bisa bgt tuuh. Mknya dulu suka pada main angkut tv dan barang2 elektronik lainnya trus dicbin di rmh hehe..toh sisa dibalikin lagi klo gak sreg bahaha

  21. Aku baru ngerasain return policy itu di Zalora hehehe. Tapi enak juga karena belanja online kan kadang barangnya suka ga sreg aja gitu tau2 buat kita. Aku pernah nonton film hollywood tapi lupa judulnya apa, ada scene dimana cewe tokoh utama mau ngedate gitu tapi karena dia ga punya duit jadi dia pake dress yang nantinya akan direturn. Tagnya diumpetin aja karena ada di bagian dalem dress, tapi repotnya semaleman dia khawatir bajunya kotor hahaha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s