Mabuk Perjalanan


pixabay
pixabay

Saya gak pernah nyangka bakalan nulis tentang mabuk perjalanan kalau saja tidak mengalaminya sendiri. Bukan saya yang mabuk tapi keponakan.

Sejak dulu saya dan keluarga hampir tidak pernah ada yang mabuk perjalanan baik udara, laut ataupun darat. Naik bis berjam-jam dan berkelok-kelok pun saya biasa aja. Tapi……keponakan saya mabuk perjalanan. Ini kedua kalinya dia pergi dengan saya harus muntah-muntah. Kesian 😦

Kalau bepergian dengan teman yang selalu mabuk perjalanan dulu pernah. Temen saya ini cowok dan setiap kali pergi kalau bukan dia yang nyetir pasti deh dia muntah trus. Nyampe ditempat langsung lemas. Kasihan juga. Sementara kalau dia harus nyetir seringnya gak kuat. Serba salah.

Eh sebenarnya mabuk perjalanan kayak jetlag gitu termasuk gak sih?

Mabuk perjalanan bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti :

01. Terjadi pengiriman pesan yang berlawanan antara telinga bagian dalam dengan informasi yang disampaikan olehΒ mata ke otak. Gara-gara pesan yang salah ini terjadilah kekacauan.

02. Adanya bau-bauan yang menyengat seperti bau makanan, kentut (haha) atau bau lainnya yang menggangu. Makanya saya sebel banget kalau ada orang makan dimobil. Apalagi kalau makanannya yang sudah disimpan didalam box seperti tupperware. Begitu dibuka langsung bikin pening.

03. Guncangan didalam mobil atau jalanan yang berkelok-kelok.

04. Membaca atau bermain gadget didalam kendaraan

05. Kadar oksigen yang berkurang dan karbon dioksida yang meningkat didalam kendaraan.

Minggu lalu keponakan saya ini sepertinya mabuk darat karena sewaktu berangkat dia gak makan. Baru makan didalam mobil dan jalanan di Medan /Sumut itu kan gak bener ya. Terlau banyak lubangnya. Trus…setelah makan main gadget. Ya udah…..sepanjang perjalanan dia mabok. 3 jam mabok itu gak enak banget apalagi anak kecil. Sampe didarat pun masih juga muntah-muntah.

Karena trus menerus muntah saya pun seperti biasa google haha. Dari beberapa artikel yang saya baca, saya copas disini ya. Sumbernya bisa diklik disini.

Cara Mencegah Mabuk Kendaraan

Sebelum terlambat, lakukan tindakan pencegahan berikut.

 Ketika hendak melakukan perjalanan jauh, pastikan kondisi tubuh berada pada status prima atau sehat.
 Isi perut dengan makanan ringan seperti nasi dengan lauk tempe dan tahu. Hindari makanan berat yang butuh waktu lama untuk dicerna, juga hindari makanan yang mengandung lemak, pedas atau beraroma kuat seperti daging ikan.
 Di dalam kendaraan, mata harus Anda buat fresh dengan memperhatikan objek sekitar melalui kaca, jangan terfokus pada gadget atau majalah.
 Saat merasakan gejala mabuk kendaraan seperti mual dan pusing, hirup aroma minyak peppermint dan hisap permen jahe atau permen jamu.
 Bila perlu, bawa MP3 agar Anda tidak bosan duduk lama di dalam kendaraan.

Cara Mengatasi Mabuk Kendaraan

Apabila terlanjur mengalami gejala mabuk kendaraan, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut.

 Bila kondisi jalan tidak terlalu macet, lebih baik menepi dan bersitirahat sejenak agar otak kembali segar.
 Bantu redakan pusing dengan mengoleskan minyak kayu putih pada leher dan kening.
 Sehabis muntah, sebaiknya Anda bersihkan sisa muntahan di area mulut dengan cara berkumur air putih.
 Berhenti sejenak di minimarket untuk membeli minuman atau larutan herbal seperti jahe-jahean.
 Apabila anak Anda yang masih balita mengalami gejala mabuk kendaraan (lemas, keringat dingin, hingga nyaris pingsan) lebih baik istirahat, bila perlu cari puskesmas terdekat untuk meminta bantuan dokter.
 Sesekali buka jendela mobil Anda, kemudian hirup udara dari luar, cara ini cukup ampuh untuk meringankan gejala pusing dan mual.
 Apabila Anda melakukan perjalanan dengan kapal laut, coba hirup udara segar di dek kapal sambil melihat betapa indahnya lautan yang membentang.

Keliatannya memang sepele ya apalagi buat yang gak pernah mabuk kayak saya tapi sebenarnya pas bepergian apalagi kalau naik kendaraan umum penting juga tahu cara pencegahannya karena terkadang kalau ada yang muntah….bisa nular cuman karena bau nya atau denger suara hehe.

Ada yang punya tips jitu lainnya?

Advertisements

62 comments

  1. Aku ga mabok perjalanan, tapi kalo pegi sama sepupu dan anak2nyaaa.. wah mereka biang mabok hahaha. Sebelnya kalo udah mabok gitu si anak jadi rewel banget dan si mama yg mabok juga jadi emosi. Jadi aja wak wek wak wek di mobil sambil teriak2. Kita yg gak mabok akhirnya ikutan mabok..
    Dan berhubung sekadang Sophie suka mabuk juga, di mobil selalu sedia kantong plastik, minyak kayu putih, sama wet tissue. Untungnya kalo sophie, begitu mabok, dia milih bobok. Jadi ga rewel.. kasian sih ya sama yg mabuk perjalanan. Jadi ga enjoy.

    • Kayaknya kalau mau mabok emang mending tiduran aja ya atau gimana sih? aku bingung juga tapi kasian banget kalau mabok itu. Gak nikmatin perjalanan dan pas nyampe langsung kayak lemes gitu kan. INi ada temen aku mau road trip di Jatim dan keliling gitu udah pusing dia karena jalannya berkelok2

  2. aku waktu kecil juga mabok perjalanan mba non, tapi setelah kuliah alhamdulillah ilang.. tapi kemaren sempat mabok dijalan nih, gara maen gadget di mobil… *ga tau ini pengaruh lagi mabok hamil jg apa ga*

  3. aku juga waktu kecil pernah tuhh mabuk…gak enak banget memang jadi gak enjoy perjalanannya, tapi enaknya jadi dimanja trus beli jajanan apa aja dibeliin nyahahaha πŸ˜€

  4. Waktu kecil aku gampang banget mual di perjalanan darat, untung pas gede udah ngga lagi :)) Dulu diajarin kalo bisa duduknya di tengah dan lihatnya lurus ke depan aja jangan tengak-tengok kanan kiri. Kadang berhasil tapi kayaknya ngga selalu ;p

  5. Aku dulu ga mabok di jalan Mbak, mau kelok-kelok kayak apa juga hajar. Tapi sejak kuliah dan kena maag yang cukup parah (tapi tetep makan cabe.hahaha) jangankan jalan kelok-kelok, kalau yang bawa mobil jalan ngerem jalan ngerem aja asam lambung aku langsung naik dan mual. Biasa sih aku makan permen yang pedes-pedes, oles minyak angin ke hidung dan perut, terus dibawa tidur sambil denger lagu, biar jadinya ga muntah. Habisnya kalau muntah itu badan malah makin ringkih, lemesnya ga tahan.

  6. Aku tukang mabok πŸ˜‚ tp skrg kalo pergi jauh suka minum antimo dulu dan heboh olesin freshcare ke seluruh tubuh, trus ga lupa tempelin koyo di telapak kaki dan di pusar. Katanya sih lumayan buat cegah mabok.
    Kemarin aku dibonceng naik motor kan, trus aku maen pokemon go liatin gadget. Eh malah mabok, ini naik motor aja mabok πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

  7. waktu kecil juga saya yang termasuk tukang mabok parah,jangankan jarak jauh jarak dekat aja mba non udah muntah-muntah. baru normalnya pas SMA karena sekolah agak jauhan dari rumah dan harus naik angkot setiap hari. yang saya heran adalah pertama kali naik perahu/kapal laut saya malah gak mabok sama sekali sedangkan temen saya udah terkapar lemes karena mabok laut.

      • itu karena jenis mobilnya mba non,tanteku juga ada yang anti banget naik taxi atau mobil jenis sedan. katanya kalo naik mobil jenis sedan suka pusing-pusing dan mual.

  8. Aku dong mba Non juara mabok perjalanan. Hahaha, mabok kok bangga. Dari jaman kecil sampai SMA. Aduh pokoknya tersiksa dan malu-maluin banget. Pas kuliah masih mabok juga tapi nggak terlalu. Tergantung gimana yang nyetir pas bawa kendaraannya. Makin ke sini alhamdulilah makin berkurang. Saran-saran mba Non di atas udah bener banget tuh. Aku biasanya dengerin musik, liat pemandangan, sedia permen sama minyak angin gitu. Lumayan membantu. Oya satu lagi, duduk di kursi depan juga meminimalisir rasa pengen mabok.

  9. titin gakpernah mabok seumur-umur. pernah mau mabok, kerasanya udah gakenak banget, tp berusaha sugesti untuk jangan m*ntah.

    tapi trus beberapa akhir ini kalo ngedenger org mabok di kendaraan, ko ya rasanya ikut mules dan ikutan mabok heu..

  10. hmm… mabok kalau kondisi tubuh lagi ga prima. Tapi itu bisa dihitung dengan jari. Dan kalau udah berasa akan2 mabok gitu, biasanya saya milih buat usaha tidur, biar enakan

  11. Aku gak pernah mabuk perjalanan Non. Eh, sekali doang sih, gara2 melakukan kesalahan (mendengarkan musik pake earphone padahal jalannya berkelok-kelok ala pegunungan gitu, ahahah πŸ˜† )

  12. Kalau saya pernah dikasih saran untuk menempelkan salonpas/koyo di perut… sehingga perut nya kan hangat jadi engga terasa mual lagi… Dan itu berhasil untuk saya πŸ™‚
    Saya bukan orang yang sering mual di perjalanan sih… tapi kalau jalanan nya sudah berkelok- kelok nya udah parah banget saya bawaan nya juga mual juga akhirnya…
    Saya langsung paksakan tidur aja suapaya ga kerasa lagi…

  13. Pernah agak mabok di boat pas area manta poin, karna ombak kenceng banget. Ngatasinnya karna di boat gak ada apa apa dan gak bisa brenti, duduknya menghadap laut dan ngeliatnya ke jarak pandang terjauh.

  14. Wah ada tuh temenku mabok tiap naik kendaraan kecuali motor. Gak usah keluar kota, di dalam kota aja mabok. Kasian sih. Mungkin karena karbondioksida meningkat kali ya…. Atau emang takdirnya aja ga asik hahaha kasian (kasian tapi ngetawain)

  15. waktu aku kecil juga sering mabuk, baru lihat mobil di kejauhan aja langsung pusing, pas masuk SMP hilang sendiri… tapi beneran rasanya mabuk itu ga enak banget, pusingnya ga ilang ilang

  16. Hi Mbak Noni, lagi nyantai baca tulisan mbak yg ini. Syukur mbak aku dan keluarga juga jarang mabok kendaraan, naik kendaraan apapun ok ok ajah, semoga selalu seperti itu hehehe. tapi aku dan si mami memang selalu menyiapkan obat gosok, koyo dan kantong plastik lebih (jaga2 kalau jackpot ) kan gatau kondisinya, jaga-jaga ajah. keseringannya aku tidur sih kalau perjalanan jauh bgt

  17. Aku mbak non, kalo ada kompetisi mabuk perjalanan mungkin aku juaranya πŸ˜…
    Dari jaman masih kecil sampe udh sbesar gini, masih aja mabuk.
    Yg aku lakukan ya minum antimo, dengerin mp3 dan gosok2 pake minyak angin mbak (fresh care dkk), tapi yg namanya jalan kelok ato juga supir yg gak cucok bawanya, ya alamat bakalan mual.
    Ini juga salah satu alesan knapa aku males melalak jauh2 mbak, sampe Prapat aja udah tepar πŸ˜”

  18. Repot ya kalo berangkat bareng yang mabok hehehe. Aku ga mabok bisa ikutan muntah2 kalo kelamaan berada bareng orang yang mabok dan muntah2. Denger mereka huek2 ntah kenapa mancing aku utk ikutan huek hahaha.

  19. antimooooooooooooooooo … hahahaha … dl waktu kecil tiap darmawisata selalu makan antimo, takut mabok. tp udh gede, udh bs lepas. gak tau apakah ada hubungannya usia dg kebiasaan mabok perjalanan, skrg kayaknya fine2x aja. tp pernah aku mau muntah dg gaya nyetir teman yg ndut2xan. jd perut mual

  20. saya cukup antimo, kalo lupa bawa antimo ya nginget yang seneng2, atau nginget calon istri hh….. mabok jadi lupa πŸ˜€

  21. Dr kecil nggak pernah mabok darat, baru belakangan kalau nemu jalanan berkelok2 banget dan naik turun gunung kan tuh biasanya ( ngiterin ) berasa banget, eneg doang tp gak pengen muntah atau pusing. Yg pasti aku mabok laut, disuruh makan permen jahe, duhhh ga doyan banget permen jahe tapi bete hahaha

  22. dulu saya mabokan kalo naik mobil pribadi, maklum ga punya mobil.. kemana-mana ya pakai angkot dan kalo pake angkot malah ga mabok.. jadinya kalo nebeng mobil sodara dan merasa bakal mabok, ya buka jendela sedikit.. cukuplah untuk hidung ini menghirup udara luar πŸ˜€ ga jadi deh maboknya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s