Blitar Kota Kembang Api


Salah satu bangunan tua di kota Blitar
Salah satu bangunan tua di kota Blitar

Kalau mendengar kota Blitar apa yang terbersit dikepala kita pertama kali? kalau saya sudah tentu Pak Karno dan hotel Tugu. Sementara menurut wikipedia

Selain disebut sebagai Kota Proklamator dan Kota Patria, kota ini juga disebut sebagai Kota Peta (Pembela Tanah Air) karena di bawah kepimpinanan Soeprijadi, Laskar Peta melakukan perlawanan terhadap Jepang untuk pertama kalinya pada tanggal 14 Februari 1945 yang menginspirasi timbulnya perlawanan menuju kemerdekaan di daerah lain. Kota Blitar juga dikenal dengan kota ikan Koi karena budidaya Ikan Koi cukup berhasil dikota ini.

Kota ini juga menjadi tujuan wisata saya dan Matt karena penasaran dengan hotel Tugu, Pak Karno dan tentu saja Candi Penataran. Kita berkunjung ke kota ini diakhir Desember tahun 2011. Sudah cukup lama ya dan mungkin sudah banyak perubahan. Cerita tentang Hotel Tugu bisa dibaca disini.

Desember kala itu selalu turun hujan. Udara lumayan sejuk tapi karena kita ke Blitar diakhir tahun sedikit susah menemukan bus sehingga diputuskan untuk menyewa taxi. Perjalanan dari Surabaya cukup menyenangkan melewati beberapa kota-kota kecil di Jawa Timur.

Sore itu baru saja selesai hujan deras ketika kami tiba di Hotel Tugu, check in dan mendapatkan kamar ini. Saya lupa kamar apa tapi yang pasti bukan kamar yang biasa dihuni oleh mendiang Presiden pertama Indonesia pak Soekarno.

  • Hotel Tugu Sri Lestari terletak di Jl. Merdeka. Hotel ini lebih dikenal dengan sebutan Sri Lestari saja. Hotel bergaya kolonial ini merupakan hotel tertua yang berdiri di pusat Kota Blitar dan merupakan saksi sejarah dari peristiwa Pemberontakan Peta yang terjadi pada tanggal 14 Februari 1945.

Jadi mengunjungi hotel ini aja di Blitar sudah termasuk kayak mengunjungi saksi bisu Indonesia hehe. Beneran wajib deh kesini. Kalaupun gak nginep, bisa nyobain makan siang/malam atau malahan sarapan di restorannya.

Setelah check in kita kemaren ditanyain mau sarapan aja besok pagi? saya minta pecel Blitar dan ternyata enak banget. Yummmmmm

Jalan masuk menuju Hotel Tugu Blitar
Jalan masuk menuju Hotel Tugu Blitar
Lampu cantik di gedung belakang
Lampu cantik di gedung belakang
di kamar
di kamar

Hotel tugu blitar 6

Halaman hotel Tugu
Halaman hotel Tugu
Pintu masuk
Pintu masuk
Lobby hotel
Lobby hotel
Kamar
Kamar

Hotelnya cantik pake banget. Kecil tapi keren. Agak-agak serem karena biasa deh kalau masuk ke Tugu itu hampir seluruh perabotannya dan dekor nya sendiri udah jadul kuno gitu. Saya seneng banget walau tempat tidur tinggi banget, perlu dingklik buat naik haha. Didalam kamar selain disediakan welcome fruits juga terdapat kelom. Sayangnya foto-foto kami di hotel ini kebanyakan blur karena kurang cahaya. Bukan karena yang lain-lain koq haha.

Disore hari di halaman belakang dekat meja receptionist disediakan jajanan pasar dan musik-musik jawa. Seru deh 🙂

Karena kita mau makan malam di Candi Pelataran sore itu kami langsung cabut ke candi. Foto-foto sebentar karena sepi banget dan langit masih menyisakan mendung gelap. Sebenarnya saya penasaran banget dengan isi perut Jawa Timur. Rasanya banyak sekali misteri yang tersembunyi terutama kalau mengunjungi tempat-tempat seperti ini. Matt sampai ngomong  pas kita berdiri diatas candi, rasanya ada sebuah kota didaerah itu. Asli penasaran.

Candi Penataran atau Candi Panataran atau nama aslinya adalah Candi Palah adalah sebuah gugusan candi bersifat keagamaan Hindu Siwaitisyang terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Candi termegah dan terluas di Jawa Timur ini terletak di lereng barat daya Gunung Kelud, di sebelah utara Blitar, pada ketinggian 450 meter di atas permukaan laut. Dari prasasti yang tersimpan di bagian candi diperkirakan candi ini dibangun pada masa Raja Srengga dari Kerajaan Kadiri sekitar tahun 1200 Masehi dan berlanjut digunakan sampai masa pemerintahan Wikramawardhana, Raja Kerajaan Majapahit sekitar tahun 1415.

Dalam kitab Desawarnana atau Nagarakretagama yang ditulis pada tahun 1365, Candi ini disebut sebagai bangunan suci “Palah” yang dikunjungi Raja Hayam Wuruk dalam perjalanan kerajaan bertamasya keliling Jawa Timur.[1]

Pada tahun 1995 candi ini diajukan sebagai calon Situs Warisan Dunia UNESCO dalam daftar tentatifnya.[2]

Selengkapnya bisa klik disini ya

candi penataran blitar
candi penataran blitar
candi penataran blitar
candi penataran blitar
candi penataran blitar
candi penataran blitar
candi penataran blitar
candi penataran blitar
candi penataran blitar
candi penataran blitar

Candi Penataran pertama kali dilaporkan keberadaannya oleh catatan Inggris pada tahun 1815, tetapi sampai tahun 1850 belum banyak dikenal. Penemunya adalah Sir Thomas Stamford Raffles (1781-1826), gubernur jenderal pemerintah kolonial Inggris yang pernah berkuasa di Nusantara. Seiring berjalannya waktu, kompleks candi Penataran yang dahulunya sempat terabaikan sekarang mulai mendapatkan perhatian dari pemerintah dan kemudian dipugar. Kini candi ini menjadi tujuan wisata yang menarik.

Candi Penataran Blitar
Candi Penataran Blitar
Candi
Candi
candi
candi
candi
candi
Dinner yang fotonya agak gak blur, yang lain gagal total
Dinner yang fotonya agak gak blur, yang lain gagal total

Sementara malam tahun baru kami habiskan di kota Blitar persisnya di alun-alun kota Blitar yang tidak jauh dari hotel. Rame banget alun-alun saat itu. Ada band yang hinggar bingar dan suara motor yang terus menerus digeber. Bingung juga ngapain parkir tapi geber motor haha.

alun alun Blitar
alun alun Blitar
alun alun Blitar
alun alun Blitar

Karena deket dari hotel dan males nungguin kembang api sambil berdiri gak jelas kami kembali ke hotel dan baru kembali ke alun-alun 15 menit sebelum jam 12 malam. Langit Blitar pecah dengan kembang api yang silih berganti. Total 1,5 jam kami berdiri dibawah pesta kembang api Blitar haha. Sampai bingung koq gak kelar-kelar ini yang nyalain kembang api. Si Matt shock parah haha. Katanya di US paling kembang api hanya 10 menit aja gak sampai berjam-jam gini. Pokoknya ada sekitar 1,5 jam kembang api nyala di langit berganti2an.

Sampai hari ini menurut kita berdua pesta taon baru paling seru yah di Blitar itu haha. Setelah itu kami hampir gak pernah merayakan taon baru lagi. Selalu nya hanya pergi makan malam then pulang apaagi beberapa kali kita selalu taon baruan di US yang mana makin membuat Matt males ngajakin keluar karena dingin banget haha.

Sebenarnya masih banyak tujuan wisata lainnya di Blitar seperti makam pak Karno. Temen saya,  bapaknya sampai kesel kita gak pergi kesana hehe. Sebenarnya Matt kepengen pergi tapi pas kita ke Blitar itu Matt lagi sakit jadi dia susah banget kemana-mana ditambah hujan.

blitar
blitar
Blitar setelah hujan
Blitar setelah hujan

Ngomong-ngomong karena sudah hampir menjelang lebaran pasti banyak nih yang bakalan mudik, ada yang mudik ke Blitar gak ya?

 

Sumber : Wikipedia

 

Advertisements

53 comments

  1. Hai mbak noni,
    Saya dulu pernah ke blitar dan nginep di hotel tugu.. Kmrn malah sempet juga diajakin sama bapak resepsionisnya masuk ke kamar bekas bung karno.. Kemarin sempet mampir ke kamar itu kah? Banyak penghargaan bung karno dan lukisan yang menggambarkan bung karno sebagai penyambung lidah rakyat..

    Waktu kesana ga sempet ke candi penataran.. Jauhkah dr hotel tugu? Makasih ya

    Raras

  2. Blitar itu cuma kalau naik kereta dari Jakarta, kereta akan berhenti beberapa lama untuk nurunin penumpang sebelum lanjut ke Malang. Saya juga penasarannya sama kota2 kecil di jalur jawa pengen ngunjungin rejeki belum ada (rejeki waktu juga) 🙂

    • mudah2an ada rejeki yaa Rangi. Aku pengen balik lagi tapi ke arah Banyuwangi dan Ijen. Pengen nginep di Patulding lagi yang agak lamaan trus ke kebun2 teh/kopi milik ROlas

  3. Hotelnya rada spooky kayaknya yah mba hehe. Aku belum pernah ke Blitar, tapi waktu itu beberapa temen kantor ada dinas ke sana dan mereka ke pabrik cokelat gitu di sana. Beli beragam cokelat aneka rasa hehehe

    • Rada Lia, kan hotel tua gitu ya trus furniture nya juga tua2 termasuk barang2 dirumah itu. Mulai dari patung2nya sampai kain2 hehe. cuman aku emang seneng sih model2 hotel kayak gini.

      Ada pabrik coklat ya, emmmm baru tau tapi menarik banget

  4. Akuuu mba Non. Itu kan kotaku. Udah gak sabar ini nunggu minggu depan. Blitar emang ngangenin. Pecelnya enak banget kan, kaan, kaaaan? Hahaha. Lain kali mampir ke rumahku mba. Di sana masih ada ibu, kakak sama adekku. Ga berapa jauh dari alun-alun kota, paling sekitar 10 menitan naik kendaraan. Btw aku malah belum pernah nginep di Hotel Tugu. Keren sih. Kapan2 mau nyoba aah. Thank you udah nulis soal Blitar mba Non 🙂

    • Des, ihh kampung mu cantik banget 🙂 aku sama si Matt sampai hari ini masih suka bahas Blitar karena pesta kembang apinya loh haha. Iyaaa…….pecel paling enak yang aku makan di Jatim deh. Ini bahas pecel jam segini, bukaaaaa masih lama banget.

      Kapan2 yaa kalau bisa ke Blitar lagi hehe, tapi kan kamu udah gak di Blitar???

  5. Saya tuh dari dulu Blitar cuma kelewatan doang …

    Pernah sekali mampir … itupun cuma ke makamnya Bung Karno saja …

    Suatu saat pengen juga eksplorasi yang lebih lama ke sana … Juga ke kota-kota sekitarnya

    salam saya Non

  6. Salam kenal mbak Noni, saya yang mudik ke Blitar :D. Selama ini jadi silent reader aja sih, tapi tiba-tiba pengen komen karena postingannya bahas kota kelahiran saya. Makasih ya udah bikin postingan yang menarik dan cantik tentang Blitar, foto-fotonya juga keren…hehehehe

      • Yang restaurant di Jakarta udah abis semua aku kunjungin bolak-balik, sampai ikut pasar malamnya. Entah sekarang masih punya pasar malam gak mereka. Kalau yang hotel gak pernah nginep, karena kalau di Malang enak tidur di rumah sendiri.

      • Hahah padahal ada di Malang ya. Yg di Malang itu hotel Tugu pertama yg aku lihat Ai, tahun 2000 kalau gak salah ingat dan aku udah jatuh cintaaaa

  7. hi mba Noni,salam kenal. baru sekali comment padahal dah lama jd follower 🙂 suamiku orang Blitar asli. 3 minggu lalu kita baru Pulkam. tadinya mau nginep di Hotel Tugu Sri Lestari ini. itu juga karena aku sering baca postingan mba:) tapi karena ga enak sama keluarga ya udah nginep di rumah aja. suka banget dengan kota kecil ini meski pun sepi. tiap pagi wajib banget sarapan pecel. siang sampe malem ga pernah makan di rumah selalu kulineran. harganya gak ada yang bikin kantong jebol hehe. Pecelnya emang yahud, sampai kakak iparku buka pecel Blitar ini di Jakarta. kalo nanti ke Jakarta boleh lho mampir makan pecel Blitar. namanya Kantinku Bakoel Pecel Blitar di daerah Bendungan Hilir Jakpus.

    • Hi hallooo….salam kenal juga. Wah baru kenal kamu udah sukses bikin aku iri dan ngences haha. Bayangin pecel 🙂

      Kapan2 yaa kalau ke Jakarta, aku ngomong aja gini trus hahaha. Tapi beneran suka banget sama pecel Blitar, rasanya aku lebih suka daripada yang Madiun deh.

  8. Aku di blitar pas mlm tahun baru 2015! Jg pengen nginep di hotek tugu ini tp sayang fullbook wkt itu 😅 akhirnya nginep di hotel yg dkt dg makamnya pak Karno. 😅

  9. Non, itu yang ada patung warna merah ….. Di hotel juga kah? Agak agak gimana gitu yaa liat hotelnya … Langsung teringat cerita cerita di novel naked traveller yang misteri hihihii …. Candi nya bagus yaa … Seperti biasa, kalo baca postinganmu tentang travelling selalu menyenangkan dan nambah info baru 😊

  10. Mbak. Kamar hotelnya antik ya. Jadi inget dulu pas fieldtrip dapat kamar yang dipannya kayak kamar hotel itu, terus temenku yang indigo bilang di kasurnya ada penunggunya, hua, aku masih horor sendiri bayanginnya, horor ingat ekspresi temenku yang indigo itu, huhuhu

  11. Tempat suami nyari nafkah Mbak Non haha sekalinya ke Blitar waktu ada Blitar Tempoe Doeloe. Kayaknya tahun baruan disana asik nih, noted deh.

  12. Kalo inget blitar inget apa? Mertuaaaaa. Hahahahahaha. Kemarin sempet mudik 2 malem ke blitar njenguk mertua. Blitar itu kotanya kaleemmmm sepiiii. Kadang saya sebagai anak Malang jadi geregetan. Hahahahah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s