Masakan Ibu


Pic Source : Pixabay.com
Pic Source : Pixabay.com

Saya yakin seyakin-yakinnya ibu-ibu kita dirumah pada punya 1 sampai tak terbatas masakan yang kita gila-gilain dan kangenin. Makanya cewek-cewek ayo dong belajar masak biar makanannya dikangenin orang hehe. Ngomong sama diri sendiri.

Ibu saya sebenarnya gak jago masak dan gak suka masak. Dia males karena ribet dan milih bersiin rumah kalau bisa. Sayangnya keadaan berkata lain tiap kali dia memutuskan katering,  kita hanya bisa bertahan antara 1-3 bulan setelah itu merengek minta dia masak lagi. Saya inget banget masakan ibu saya itu terkadang saking malesnya dalam satu kuali udah jadi deh semuanya haha.

Tapi dari yang gak jago itu pun ternyata ada beberapa masakan ibu saya yang terus kita kangenin atau kalaupun saya makan makanan yang sama diluar pasti jatoh-jatohnya tetep masakan ibu yang paling cihuy. Apa sajakah itu? Oya, kali ini gak punya foto karena seperti biasa masakan nyokap koq jarang saya fotoin ya hehe.

01. Lontong Sayur

Lontong Sayur Medan
Lontong Sayur Medan

Makanan ini hanya muncul dihari-hari besar karena masaknya ribet. Dapur berantakan kayak kapal pecah dan butuh waktu seharian karena isi makanan ini banyak banget. Mulai dari rendang daging, ayam goreng, sambal teri Medan, trus tauco telur puyuh, perkedel dan entah apa-apa lagi. Rasanya gimana? gak kalah deh bersaing sama warung seberang haha. Enak banget bahkan lebih enak dari masakan chef tempat saya kerja dulu. Serius,…….

02. Sayur Asam

Waktu saya di Surabaya inilah salah satu masakan ibu saya yang dirindu-rindu. Makanya begitu nyampe Medan, biasanya saya akan makan ini dulu baru dilanjutkan dengan nasi Padang Garuda.

Btw…..untuk sayur asam biasanya ibu masaknya pake tomat dan entah kenapa tampilan sayur asam dia beda jauh sama yang ada direstoran. Makanya kalau makan di resto udah pasti saya nolak sayur asem karene maaf…..gak sesuai selera haha.

03. Anyang-anyang Pakis

Pic source : www.indonesiatravelingguide.com
Pic source : http://www.indonesiatravelingguide.com

Ada yang tahu masakan ini? ini juga hanya muncul pas bulan puasa doang. Sekarang lagi saya puas-puasin haha. Ibu suka masak ini beberapa kali aja pas puasa. Mungkin susah kali ya masaknya? gak tau juga saya hehe. Kalau ibu saya gak masak, biasanya ada yang jual dideket rumah tapi sejauh ini dari hasil jajan beli anyang-anyang pakis, punya ibu dong paling the best.

04. Kolak Pisang

Yang ini kayaknya banyak yang jago ya tapi saya pun hanya cocok masakan ibu bahkan buatan adek ipar pun masih kalah. Ibu saya selalu masak dengan pisang yang mengkal makanya saya suka karena gak terlalu lembek. Nulis ini sambil perut keruyukan. Masalah banget puasa-puasa nulis makanan.

05. Peyek dan Perkedel

Semua kayaknya taulah ya peyek hehe. Ibu saya itu suka bikin peyek dari kacang ijo atau kedelai. Kita bisa makannya bertoples-toples trus jadi gendut dan gak bener deh haha. Enak parah masalahnya taon lalu kayaknya terakhir kali dia mau goreng peyek karena capek banget. Taon ini beli aja katanya. Ugh……..rasanya beda 🙂

Sementara perkedel nya ibu emang enak banget sih, Matt juga ngakuin hehe. Kalau gak enak si Matt suka ngomong juga. Ibu ku sakit hati lah gak mau masakin lagi haha.

06. Sambel Belacan

Ummmmm…….aku lapar……beneran lapar!

07. Teri yang sambal dengan bawang Batak

Sumpah…ini enak parah dan gak pernah muncul lagi karena dia bilang males masaknya padahal saya gak pernah nemu masakan kayak gini dimanapun. Tega banget ya. Jadi terinya itu disambal kasar trus dicampur si sayur bawang Batak ini dan dicampur air juga. Ternyata emang bener ya kalau kita bayangin makanan itu bisa mouthwatering hehahaha. Saya kira boong-boongan itu.

08. Omelet

Pic source : Pixabay
Pic source : Pixabay

Omelet nyokap belon ada yang nandingin. Sebenarnya ada koq haha tapi saya masih tetep suka buatan ibuku. Makanya kalau kerumahnya dan dia gak masak palingan dimasakin omelete doang yang dicampur segala bahan makanan atau sayuran yang masih tersisa di kulkas. Rasanya…….enak kayak waktu masih kecil. Piringnya pun masih pake piring untuk anak-anak itu karena ada keponakan dirumah, jadilah nyokap suka masakin kita berdua trus disajikan pake piring-piring gambar Hello kitty…..halah.

09. Rendang Kerang

pic source www.pinterest.com
pic source http://www.pinterest.com

Ini juga masakan langka muncul di rumah. Perlu ndusel-ndusel dulu baru dibuatin karena emang nyari kerang bulu di Medan itu susah banget. Kalau pas ada ibuku bisa beli banyak banget dan direndang karena saya dan Matt suka banget. Kita suka simpen di kulkas dan makannya di irit2 hehe. Biasanya saya suka makan pake nasi goreng dan menurut ibuku aneh aja apa-apa dimakan pake nasi goreng hehe.

10. Mie Goreng

Dari dulu mie goreng buatan ibu selalu paling yang enak tapi herannya dia sendiri lebih suka mie goreng yang dijual warung deket rumah. Lucu ya. Saya emang gak begitu mau makan mie goreng kecuali yang dimasak nyokap. Untungnya makanan ini lumayan sering muncul hehe.

Ok, 10 dulu deh, ternyata banyak juga masakan favorite ibuku, masalanya buat nulis dan inget-inget beginian ternyata berat banget karena masih puasa dan perut beneran jadi bunyi-bunyi.

Kemaren saya denger diradio jadi katanya salah satu pemicu perut bunyi-bunyi alias keruyukan dan sakit maag pas puasa adalah ngeliat foto makanan, bayangin makanan dan nyium wangi makanan hahaha.

Trus….seperti biasa sebenarnya muji-muji masakan keluarga atau ibu itu cukup di meja makan masing-masing tapi…..untuk apa diciptakan social media dan blog kalau kita gak pamer juga ya kan hehehe.

Kalau kamu apa masakan dari ibu yang kamu beneran kangenin dan jadi favorite, share yuk……biar saya tambah keruyukan.

 

Advertisements

180 comments

  1. Masakan kesukaan seluruh keluarga buatan mama dirumah adalah sayur asem.

    Setiap adikku pulang mama pasti masakin sayur asem terus. Sampai2 anak2 aku protes, kenapa tiap om nya datang masakannya sayur asem terus. Hahaha

    Sayur asem buatan mama rasanya beneran asem dan sedep bgt, sayur asem mama pakai kaldu daging jd gurih2 nikmat gitu.

    Tiap nemu menu sayur asem di restoran manapun blm pernah nemu yg rasanya maknyuus spt sayur asem mamaku. Krn sayur asem diluaran biasanya malah rasanya manis. Kalau kata alm.papaku sayur asem luaran itu sayur asem gagal. Hihihi

    Oiya, yg bisa nandingin sayur asem buatan mama selama ini baru 1 orang, yaitu sayur asem buatan nenek. Hahahaha…

  2. Samaaa mb nonii, ibu aku jg gak suka masak. Tapi tetep sukaaaak kalo akhirnya ibu masaaaak. Hiks hiks homesick deh. Balada anak rantau gak mudik

  3. Setuju banget mbak.. Bahkan untuk masakan sesederhana telur dadar bertabur daun bawang, tetep aja ga ada yang nyaingin. Masak sendiri dengan resep yang sama tetep aja rasanya beda.

  4. Ibuku gak terlalu sering masak Mbak Non, karena ngantor 😂. Tapi aku teteeeup dong punya masakan paporittt Ibu yaitu sambel goreng daging, sama soto2annya itu tak ada dua.. Sama sambelnyaaa, lodeh nyaaaaa aduh banyak ternyata ya. Tanggung jawaaaaab jd kangen, lebaran pertama gak ketemu Ibu niiiih hihihi

  5. Aku kangen semua masakan mama Kak Non huhu, apalagi sebentar lagi lebaran kaya gini. Beruntung sekarang kalo lagi pengen bisa konsultasi via tlp trus terpaksa masak sendiri deh walo perasaan hasilnya ga seenak bikinan mama haha.
    Mama kalo udah mau lebaran paling sibuk sejagat (tapi abis itu suka marah2 kecapean haha), menu andalannya opor ayam kampung, rendang sapi, semur daging, sayur pepaya, dan sayur buncis (jadi kebayang2 hiks).

    • Koq sama sih Anis, ibuku juga gitu. Dia yang mau masak dia juga yang sebel haha. Tapi sejak aku di Medan kalau lebaran dia gak maksain masak sih soalnya ada adek ipar aku yang emang suka banget masak. Dia jadi mandor aja.

      Kalau lagi hari2 besar jadi berasa ya Nis, kangen masakan ibu.

  6. Pepes ikan bandeng sama ayam semur. Trus mie instant kuah yg dikocok sama telur, haha ga sehat tapi enak dan ngangenin. Soalnya bikin memori kembali ke masa kecil itu yg ga nahan.

  7. itu kok semuanya makanan favorit aku non!!!!! lontong sayur, peyek, kerang, sayur asem, kolak….aihhhhh *nelen ludah* mamamu nerima adopsi anak umur 30an gk??? hahaahahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s