Masakan Ibu


Pic Source : Pixabay.com
Pic Source : Pixabay.com

Saya yakin seyakin-yakinnya ibu-ibu kita dirumah pada punya 1 sampai tak terbatas masakan yang kita gila-gilain dan kangenin. Makanya cewek-cewek ayo dong belajar masak biar makanannya dikangenin orang hehe. Ngomong sama diri sendiri.

Ibu saya sebenarnya gak jago masak dan gak suka masak. Dia males karena ribet dan milih bersiin rumah kalau bisa. Sayangnya keadaan berkata lain tiap kali dia memutuskan katering, Β kita hanya bisa bertahan antara 1-3 bulan setelah itu merengek minta dia masak lagi. Saya inget banget masakan ibu saya itu terkadang saking malesnya dalam satu kuali udah jadi deh semuanya haha.

Tapi dari yang gak jago itu pun ternyata ada beberapa masakan ibu saya yang terus kita kangenin atau kalaupun saya makan makanan yang sama diluar pasti jatoh-jatohnya tetep masakan ibu yang paling cihuy. Apa sajakah itu? Oya, kali ini gak punya foto karena seperti biasa masakan nyokap koq jarang saya fotoin ya hehe.

01. Lontong Sayur

Lontong Sayur Medan
Lontong Sayur Medan

Makanan ini hanya muncul dihari-hari besar karena masaknya ribet. Dapur berantakan kayak kapal pecah dan butuh waktu seharian karena isi makanan ini banyak banget. Mulai dari rendang daging, ayam goreng, sambal teri Medan, trus tauco telur puyuh, perkedel dan entah apa-apa lagi. Rasanya gimana? gak kalah deh bersaing sama warung seberang haha. Enak banget bahkan lebih enak dari masakan chef tempat saya kerja dulu. Serius,…….

02. Sayur Asam

Waktu saya di Surabaya inilah salah satu masakan ibu saya yang dirindu-rindu. Makanya begitu nyampe Medan, biasanya saya akan makan ini dulu baru dilanjutkan dengan nasi Padang Garuda.

Btw…..untuk sayur asam biasanya ibu masaknya pake tomat dan entah kenapa tampilan sayur asam dia beda jauh sama yang ada direstoran. Makanya kalau makan di resto udah pasti saya nolak sayur asem karene maaf…..gak sesuai selera haha.

03. Anyang-anyang Pakis

Pic source : www.indonesiatravelingguide.com
Pic source : http://www.indonesiatravelingguide.com

Ada yang tahu masakan ini? ini juga hanya muncul pas bulan puasa doang. Sekarang lagi saya puas-puasin haha. Ibu suka masak ini beberapa kali aja pas puasa. Mungkin susah kali ya masaknya? gak tau juga saya hehe. Kalau ibu saya gak masak, biasanya ada yang jual dideket rumah tapi sejauh ini dari hasil jajan beli anyang-anyang pakis, punya ibu dong paling the best.

04. Kolak Pisang

Yang ini kayaknya banyak yang jago ya tapi saya pun hanya cocok masakan ibu bahkan buatan adek ipar pun masih kalah. Ibu saya selalu masak dengan pisang yang mengkal makanya saya suka karena gak terlalu lembek. Nulis ini sambil perut keruyukan. Masalah banget puasa-puasa nulis makanan.

05. Peyek dan Perkedel

Semua kayaknya taulah ya peyek hehe. Ibu saya itu suka bikin peyek dari kacang ijo atau kedelai. Kita bisa makannya bertoples-toples trus jadi gendut dan gak bener deh haha. Enak parah masalahnya taon lalu kayaknya terakhir kali dia mau goreng peyek karena capek banget. Taon ini beli aja katanya. Ugh……..rasanya beda πŸ™‚

Sementara perkedel nya ibu emang enak banget sih, Matt juga ngakuin hehe. Kalau gak enak si Matt suka ngomong juga. Ibu ku sakit hati lah gak mau masakin lagi haha.

06. Sambel Belacan

Ummmmm…….aku lapar……beneran lapar!

07. Teri yang sambal dengan bawang Batak

Sumpah…ini enak parah dan gak pernah muncul lagi karena dia bilang males masaknya padahal saya gak pernah nemu masakan kayak gini dimanapun. Tega banget ya. Jadi terinya itu disambal kasar trus dicampur si sayur bawang Batak ini dan dicampur air juga. Ternyata emang bener ya kalau kita bayangin makanan itu bisa mouthwatering hehahaha. Saya kira boong-boongan itu.

08. Omelet

Pic source : Pixabay
Pic source : Pixabay

Omelet nyokap belon ada yang nandingin. Sebenarnya ada koq haha tapi saya masih tetep suka buatan ibuku. Makanya kalau kerumahnya dan dia gak masak palingan dimasakin omelete doang yang dicampur segala bahan makanan atau sayuran yang masih tersisa di kulkas. Rasanya…….enak kayak waktu masih kecil. Piringnya pun masih pake piring untuk anak-anak itu karena ada keponakan dirumah, jadilah nyokap suka masakin kita berdua trus disajikan pake piring-piring gambar Hello kitty…..halah.

09. Rendang Kerang

pic source www.pinterest.com
pic source http://www.pinterest.com

Ini juga masakan langka muncul di rumah. Perlu ndusel-ndusel dulu baru dibuatin karena emang nyari kerang bulu di Medan itu susah banget. Kalau pas ada ibuku bisa beli banyak banget dan direndang karena saya dan Matt suka banget. Kita suka simpen di kulkas dan makannya di irit2 hehe. Biasanya saya suka makan pake nasi goreng dan menurut ibuku aneh aja apa-apa dimakan pake nasi goreng hehe.

10. Mie Goreng

Dari dulu mie goreng buatan ibu selalu paling yang enak tapi herannya dia sendiri lebih suka mie goreng yang dijual warung deket rumah. Lucu ya. Saya emang gak begitu mau makan mie goreng kecuali yang dimasak nyokap. Untungnya makanan ini lumayan sering muncul hehe.

Ok, 10 dulu deh, ternyata banyak juga masakan favorite ibuku, masalanya buat nulis dan inget-inget beginian ternyata berat banget karena masih puasa dan perut beneran jadi bunyi-bunyi.

Kemaren saya denger diradio jadi katanya salah satu pemicu perut bunyi-bunyi alias keruyukan dan sakit maag pas puasa adalah ngeliat foto makanan, bayangin makanan dan nyium wangi makanan hahaha.

Trus….seperti biasa sebenarnya muji-muji masakan keluarga atau ibu itu cukup di meja makan masing-masing tapi…..untuk apa diciptakan social media dan blog kalau kita gak pamer juga ya kan hehehe.

Kalau kamu apa masakan dari ibu yang kamu beneran kangenin dan jadi favorite, share yuk……biar saya tambah keruyukan.

 

180 comments

    • Karena udah pisah kayaknya jd berasa y. Dulu waktu masih serumah aku jg jarang kangen karena sering dapat haha. Begitu di Surabaya dulu sampe dikirim2in 😁

  1. Yup, setuju Mbak. Makanan masakan Mama memang rasanya nggak ada duanya. Repotnya kalau Mama dah nggak mau masak lagi seperti Mamaku. Dah dibujuk-bujuk tetep nggak mau, Yang ada akunya jadi ngenes sendiri pengen makan sesuatu tapi nggak bisa nemukan yang rasanya spesial seperti bikinan Mama dimanapun 😦

  2. lho pucuk pakis bisa di anyang juga ya mba??baru tau nih.. kalo mamaku sih biasanya yg dianyang pucuk daun pepaya.. bikinnya juga ga ribet.. πŸ˜€

    masakan mama sih banyak ya yg bikin kangen, salah satunya kering tempe…hahahaha…
    aku dong mba, bulan puasa suka liat acara makan2 di youtube.. πŸ˜€

  3. Itu sayur pakis pake bumbu kelapa ya mbak? Ohh baru tau sayur pakis bisa di bumbu krawu, saya bilany ibuk saya deh pengen cobain kalo dipasar pas ada sayurnya. Semua makanan nyokap saya suka, apalago Rawonnya dimakan pake tempe goreng telor asin sambel trasi, kerupuk udang. gak konsen kerja nih pengen buru2 mudik

  4. wah kalo ibuku jago masak (narsis) dan hobi masak , kita kompak di dapur. dan masa keemasan sih pas saya sd-kuliah karena hampir semua kue kita berduayg bikin. kalau ada resep baru dicobain hahahahha tapi sekarang ngga mungkin.

    pertama karena aku jauh , kedua karena fisik ibu ngga kaya dulu yang sanggup masak sampe ngga tidur.

    tapi tetep yang namanya emak ya bilang ngga bikin apa2 tapi kalo anaknya pulang udah dibikinin kue macem2 walaupun bikinnya nyicil pelan2. tahun kemarin katanya mau beli aja kuenya, tapi tetep bikin juga.

  5. Mbaaaa, ini masih pagi loohh *krucuk krucuk* aku mau dong main ke rumah mba noni trus makan lontong sayurnya pake rendang, huhuhu.

    Klo masakan ibuku pastinya yang dikangenin tekwan dan kue basah macam lapis legit dan maksuba, kue gini cuma muncul pas lebaran karena masaknya berjam jam dan mesti ditongkrongin depan oven. Tp biasanya makanan yg jarang dimasakin yg bikin tambah kangen

    • Maksuba? Apa itu?

      Haha boleh boleh, skr kalau lebaran yg masak aku sama adek ipar, ibuku cuman bikin bumbunya sambil kasih2 tau aja. Aku cuman motong2 deng hahaha

      • Huahaha walaupun motong motong yg penting bagian dari memasak yaaa. Maksuba kue basah semacam lapis legit tapi lebih banyak telornya, hampir setipe juga sama kue 8 jam, bedanya ini dipanggang, klo kue 8 jam dikukus. Itu enaaaaakkkk mba, wajib coba klo main ke palembang

  6. haduh mba hahahhaha pantes aja itu makanan fav mba Non dan mama males.. susaaah dan ribet semua gitu masaknya hahahaha.. kecuali omlet. tp emang iya, aku jd nurun ibuku yg ‘kepaksa’ harus masak.. pdh habis itu malas makan masakan sendiri..

    kalau aku paling suka masakan ibuku garang asem, brambang asem, opor ayam, ayam kampung goreng yg pakai air kelapa itu namanya apa sih? pokoknya enak gurih banget.. sama tumis mercon..

    • Haha iyaa ya bny yg ribet dan makan tenaga 😁. Kata ibuku kalau bikin peyek sampe rontok pinggangnya trus abisnya cuman bebberapa jam hhaha.

      Enak ya kalau kamu jago masak, entar dikangenin anakmu deh πŸ‘πŸΌ

      • iya hahahhahaa masaknya lama, makannya sekejan, cuci piringnya selamanya..

        gak jago masak, nyontek meluluk…krn gak ada pilihan aha hrus masak. sigh. pengennya si makanan sdh siap saji di meja haahahah

  7. Banyaakk..aq suka gulai buatan mama. Entah gulai kambing, gulai sapi atau gulai jengkool. Ohhh itu gulai jengkol juara banget apalagi dimasak tanpa bau jengkol jd berasa aman banget makan ini. Terus kuah gulainya kaya bumbu plus kental.
    Aq lebaran ini request rendang, sm dendeng balado. Nggak tau deh dibikin apa nggak yg dendeng itu. Yang pasti udh confirm juga bikin itik lado mudo.
    *orang betawi-jawa tapi masakan padang semua

  8. Mbaaakkk posting makanan jadi laper deh ._. Buatku sesederhana apapun masakan mom kebanyakan enak , soalnya momku jago masak. Beberapa yg enak bgt itu sayur asem dan sayur bayam bening nya hehehe, btw pengen coba lontong sayur buatan ibu mbak deh , soalnya kebayang lezat sangat hehehe

  9. Iya bner banget mbak non, masakan ibu itu emang paling cihui, mama papa aku udah lama cerai, aku udah bertahun2 ga ngerasain masakan mama huhuhu.. waktu kecil aku juga suka perkedel bikinan mama, dimakannya sama soto daging gitu, maknyuuusss!! Gara2 postingan mbak non aku juga jd kangen sama mama, aku nlp mamaku dulu deh hahahah..

  10. Aku kangen pepes ikan peda balut parutan kelapa muda sama sambal terasi dan sambal bawang merahnya ibu ku. oya, dadar jagung juga. Aaah jadi tambah ga sabar buat mudik.

  11. Kalau ngomongin masakan tuh paling kangen dengam soto ayam buatan mami, sangat enak dan ga ada yg ngalahin deh. Kuahnya bersantan dengan taburan kentang goreng, suwiran ayam, irisan telor sudah nikmat sekali

  12. Buanyaaakkkk Mbak, hampir semuanyaaa, jadi susah kalau disuruh milih.:)
    Masakan Mama itu emang paling the best lah ya Mbak.:D
    Kalau dulu pas kuliah kalau pulkam, timbangan selalu melesat tajam, perut berasa mau pecah setiap hari saking waktunya singkat tapi yang dimasakin banyak bener. Sekarang karena udah ngumpul lagi jadi timbangan selalu stabil Mbak, stabil ke kanan ga pernah ke kiri.hahahahahaha

    • hahaha nah masakan nyokap itu emang paling berasa setelah jauh deh. Dulu ibuku itu kalau pas dapat kerang dia rendang trus dikirim deh ke Surabaya. Makanya masaknya pun harus dipas2in gak boleh wiken biar nyampe nya on time hahaa.

      kenapa ya sekarang timbangan itu ke kanan trus, aku frustasi juga deh

      • Saat-saat menunggu paket kiriman itu rasanya bahagia luar biasa ya, Mbak.hahahah
        Jangan frustasi Mbak, biar timbangan ke kanan yang penting bahagia #denial #mencaripembenaran #mencariteman hahahahahahahha

      • hahaha…iya, aduh jadi inget masa2 nunggu paket sekotak indomie yang isinya entah apa2. Bahkan ibuku itu dulu selalu ngirimin 1-2 mangga dari depan rumah yang pohonnya aku yang tanam haha. katanya biar berasa seperti di rumah

      • hahahahaha, kenapa kardusnya harus indomie ya Mbak.:))
        Bisa aja Ibunya Mbak, makan mangga dari kebun sendiri biar berasa di rumah ya.:D

  13. Hoahahahahaha. Bacanya sambil nelen ludah Mbaaak.
    Soal sayur asem saya juga kirang selera sama sayur asem di sini. Suka masak sendiri niru resepnya Ibuk. Segeerrr!

  14. Sayur asem is the beesstttt, makannya pake sambel, tempe, atau ikan asin. Masih banyak makanan lainnya tapi entah mengapa yang selalu rindu itu sayur asem πŸ˜€

  15. Ibuku jg ga jago masak, dia jagonya bikin kue. Tapiii tetep aku merindukan masakan simpelnya, macem tahu pedes (tahu balado dengan bumbu kasar), tumis sayur kol siram telor. Hihihi

  16. Saya sangat setuju pake sekali….

    Masakan Ibu itu tiada duanya.

    Karena ada doa yang selalu menyertai disaat beliau menyiapkan masakan tersebut.

    Kekangenan akan terasa sekali saat menyantap masakan yang mirip-mirip masakan Ibu.

    Meskipun beda jauh rasanya dari apa yang sudah Ibu kita buat, tetapi kenangan dan ingatan akan langsung terbang di saat-saat Ibu dengan senangnya menyiapkan masakan tersebut.

    Hanya doa yang terpanjatnya untuknya saja saat itu.

    Oya… Saya penyuka masakan teri kacang yang pedas olahan almarhum Ibu. Salam kenal πŸ™‚

  17. Aku sedih kalo ngomongin masakan, karna nyokap gw sibuk ikut kegiatan ibu2 ini itu ono tapi ngak bisa masak hua hua hua. Jago nya cuman bikin sambel doang dan itu yg aku selalu rindu makan tahu goreng ama sambel tomat

  18. Apapun masakan mama enak buangetttt bagiku Mba Non, bahkan kalau dimasakin telur dadar doang entah kenapa nasinya sampe nambah-nambah. Semua masakan yang Mba Noni tulis di atas familiar banget bagiku (ya iyalah), karena mama juga suka masak menu yang sama kecuali peyek yaaaa dia males hhehe. Karena mama udah ga ada, sekarang aku yang masak di rumah. Beruntungnya dulu mama suka maksa aku ikut nongkrongin dapur kalau beliau sedang masak, jadi agak terobati lah rinduku ini hehhe. Dan iya banget Mba Non, masak lontong memang nyebelin banget. Lebaran tahun lalu aku sampe encok dan asam lambung kumat gara-gara sampe jam 12 malem masih ngaduk rendangggg lol. Lebaran tahun ini rencananya mau start masak dari tiga hari sebelumnya, biar pas lebarannya ga tepar. Beruntungnya Mba Noni masih punya ibu. Satu hal yang aku sesali, aku belum pernah sekali pun bilang makasih ke mama untuk masakannya yang super lezat πŸ™‚

  19. Non, yg pakis itu Ibu juga sering masak, tapi di oseng2. Kalo sudah ada oseng pakis, whuaa aku sama adik2 rebutan ngabisin nasi haha. Beberapa waktu lalu aku nulis juga ttg masakan rumah, rumah tetangga juga, bukan rumah ibu aja haha, maklum dulu sering dititipin tetangga karena Ibu kerja. Sekarang lagi kangeeenn banget sama sambel trancam bikinan Ibu, sambel terong disantenin, dan nasi urap (nasi karak kalo orang Madura nyebutnya). Nyummm😍

    • dioseng2 pake kelapa juga ya Den? aku gak ngerti masaknya taunya makan doang haha.
      nasi urap di Medan masih ada tapi trancam gak ada. aku makan di Surabay aitu. ahhh kangen ya sama makanan2 rumahan

  20. Mbak Nonnnnn jd kangen masakan Mamaku deh! Masakannya yang bikin ngangenin, dan coba buat sendiri rasanya pun beda walau resepnya dari beliau (lah ya yang masak beda hahaha)… Kari ayam Kalimantan, cah kepiting tauco, soto ayam, sapi cah jahe, sampe sayur cah bawang putihnya aja enakkkk

  21. Jadi kangen ibu mba,ibuku suka masak,semua masakannya aku suka, tapi yang paling aku suka itu kalo dia bikin mie ayam sama ikan gembung goreng sambal,sama tahu yang dipepes gitu dikasih ikan teri. Aduhh mba jadi laper πŸ˜‚

  22. Mbaa Noni, itu yang anyang-anyang pakis, pake kelapa goreng yaa?? enak tuhh, aku juga suka masakan mamaku yang sayur pakis dicampur kelapa, kalo disini namanya sayur lawak

  23. Akhhh…noni siang2 ngomongi makanan buat lapar..semuanya aku suka, sayur asam + sambel belacan , ayang pakis tauge buatanku jg dikangeni non ama suamiku..hehehe, ayoo non mau request..hahahaha..

  24. Arsiiik ikan maas!! Itu mamakku bikinnya menurutku enaaaak, dan setelah puas makan ikan arsiknya tuh yang sisa sisanya besoknya digoreng kering, hoalah Non bumbunya si arsik yang digoreng itu menggumpal gumpal enak banget gurih. Padahal kalo makan arsik di tpt lain aku biasa aja, cenderung milih makanan lain kalo ada abis kan makan ikan mas ribet ya durinya. Tapi kalo masakan mamakku, tancaaaap.

    • aku belon pernah makan arsik Ndang, pernah sekali tapi mulutku ketancep duri trus males haha. Enak banget ya padahal katanya. Kebayang itu yang menggumpal2 gurih. laper deh

  25. ibuku sampe hari ini masih kerja, jadi kalo gak ada anaknya dirumah mending beli. tapi karena puasaan gini anak cucunya suka tiba-tiba nangkring dirumah jadi ibuku masak.
    masakan favorit dirumah ibu sambel goreng ati ampela, sayur bobor bayem tempe godog terancam, rawon iganya yang masya Allah enak bangeeeet,trus segala masakan bersantan ditangan ibuku jadi enak banget entah kenapa

  26. Mbak Noni, emang bener banget masakan rumah yg dibuat ibu paling enak deh! Sy suka sayur asem, teri kacang sambal, sayur lodeh, oseng oseng kulit melinjo merah pake ikan teri, tempe/tahu bacem, gudeg, Krecek,rendang, sayur pepaya/sambal godog yg dimakan sama ketupat. Aduh, masih inget banget dulu waktu sy belum married & masih tinggal dirumah, kalo mau Lebaran kita dirumah masak bersama, terus pas udah sore/buka puasa terakhir makan malamnya sama ketupat & sayur, rendang,opor…bahkan, sy sempat menetapkan diri bahwa H-1 Lebaran sy sama sekali gak mau kemana mana karena khusus bantuin mama masak di rumah.
    Alamak… Mama…. Rin kangen semua masakan mama!!!! Sekarang udah gak mungkin lagi mama masak ini itu karena dia sakit & harus dialasis 2xseminggu. Jadi gak boleh capek..
    *masakan mama, sy jadi mau nangis..
    Maaf ya mba Nonik sy jadi curhat…

    • peluk Ririn….

      Ibuku juga udah males banget masak berat sekarang Rin, abisan kakinya sakit. Jadilah dia duduk dan aku sama adek ipar aku yang masak. Aku motongin doang deng.
      sama juga, aku juga H-1 lebaran biasanya emang dirumah nyokap dan pas di Surabaya dulu biasanya pun udah pulang supaya bisa bantuin. seru yaa masak sambil ngobrol gitu

  27. Banyak banget makanan mamaku yang bikin kangen. Sampe-sampe ikan goreng biasa aja aku ngerasa ga pernah nemuin yang lebih enak dari yang digoreng mamaku hahaha.

  28. Paling rindu kalo udah bulan puasa apalagi ibu masakin kolak duuh enak banget kolaknya πŸ™‚

  29. Huaaaa banyakkkk…
    Salah satunya itu ya Lontong Medan, sama ya mba *tosssss*
    Masakan emak emang paling dikangenin yakk, apalagi kalau jauh…

    • kalau jauh berasa banget ya. aku pernah lebaran gak pulang ke mEdan karena gak punya cuti. trus abis lebaran aku ke rumah makan padang dan itu berasa banget sedihnya

  30. Untungnya … Aku buka postingan ini saat udh buka puasa, jd perut dan lidah aman hahaha … Itu aku ngiler ama masakan kerangnya, lsg nelen ludah kepengen hahaha …

  31. aku baru tahu pakis bisa dianyang!! Biasanya kalau di rumah, mama masaknya digulai XD

    Aku paling suka lontong sayur dan soto Padang buatan mama πŸ™‚

  32. Anyang anyang pakis tu sptnya masakan khas melayu sumatra ya.. soalnya itu ciri khasnya sibolga jg mba. Tu kelapanya bukan disangrai/gongseng, tapi langsung digiling dgn bumbu2 baru dicampur ke sayuran.Di sibolga msh ada beberapa rmh makan y jual itu setiap hari, tpi cpt hbs. Klu pas puasa mmg jd bnyak y jual

    • iya bener Dona, aku gak tau kalau ini khas sumatera hehe. Kalau di medan nonggolnya pas puasa doang jadi beneran deh dipuas2in sampe aku pesen2 ke ibu yang jual kalau ibuku gak masak

  33. Favorit dr masakan emmakku mah sate madura dan soto madura nya tiada yg nandingin 😍😍😍😍 peyek kedelai dan ikan tongkol bumbu rujak 😍 doh jd ngiler πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s