10 Negara untuk Perjalanan Kuliner


https://stocksnap.io
https://stocksnap.io

Dari zaman dulu makanan bukan sekedar untuk mengenyangkan perut semata. Sebagian besar orang menjadikan makanan sebagai seni bahkan tujuan untuk bepergian. Gak heran muncul istilah wisata kuliner. Makanan khas dari daerah tertentu pun terkadang sarat dengan sejarah. Beberapa hari lalu saya nonton acara tv mengenai perjanjian Vienna (Kongres Wina 1815). Saya pikir ini bakalan berisi tentang sejarah perjanjian tersebut ternyata si host nya malah ngomongin salah satu desserts yang dibuat ketika perjanjian. Sejarahnya dan tentu saja proses pembuataanya. Menarik banget ya ๐Ÿ™‚

Sebenarnya saya tidak pernah terlalu tertarik dengan makanan. Maksutnya saya cukup suka makan tapi gak sampai harus nyari-nyari. Kalaupun pergi liburan biasanya saya dan teman akan mencoba 2-3 menu khas dari tempat yang kita datangi tapi……kalau gak dapat yah gak masalah. Setelah menikah dengan Matt, wisata kuliner menjadi keharusan atau dia akan mutung luar biasa. Liburan berarti harus makan makanan yang tidak biasa/tidak bisa kita dapat di Medan. Karena saya biasa aja dengan kuliner, jadilah dia browsing sendiri restoran atau menjadikan acara makan-makan adalah kekuasaan si Matt. Saya ngikut aja hehe.

Beberapa waktu lalu kita ngobrolin negara-negara yang pengen banget dia datangi karena makanan nya. Ada beberapa negara yang cukup membuat saya ikutan pengen haha. Ehh saya sih emang mauan ya kalau pergi-pergi ๐Ÿ™‚

01. Italia
A06F9A9896Nah ini sudah pasti berada di tingkat paling atas karena memang Matt dan keluarganya cinta banget Italia beserta makanan nya. Dia selalu bilang kesaya kenapa ada film Eat, Pray and Love pasti karena emang makanan Italia juara. Iya in ajalah ya haha.

Kemaren kita baru ngobrol dengan temennya Matt yang kebetulan punya rumah di Umbria. Jadi kita cerita-cerita tentang makanan trus nyasar sampai kedesanya di Umbria. Dia bilang kalau di sana petani-petani datang buat beli wine pake jerigen aja. 1 liter wine harganya 1 Euro……hua….Matt sampe berbinar-binar. Pulang-pulang dia bilang kayaknya aku mau email ibunya Gabby, tanya kalau dia kasih aku tinggal dirumahnya. Gila, wine 1 Euro…..aku bisa mandi pake wine, babe huhaha.

02. France

lechevrefeuille.com
lechevrefeuille.com

Saya sebenarnya hampir tidak punya pengalaman dengan makanan khas Prancis, bahkan Macarons hehe. Soalnya kemanisan untuk saya. Mantan GM saya dulu orang prancis yang beberapa kali ketika kami kerestoran minta ke chef untuk membuatkan makanan Prancis yang saya lupa namanya. Porsinya selalu kecil tapi cantiknya gak ketulungan. Makannya pun harus berderai-derai airmata hauha.

Trus saya dan Matt pernah juga makan malam di salah satu restoran Prancis yang ada di US dan Cambodia, masalahnya sebagai salah satu pusat kuliner dunia, kayaknya jalan-jalan ke Prancis dan nyobain makanannya kayaknya harus deh ya ๐Ÿ™‚ Walaupun saya udah pasti banget bakalan bingung banget huahah. Demi…….pengalaman kayaknya harus.

Oya, tolong ya Airlines apa aja endorse kita ๐Ÿ™‚

03.ย Greek

www.discovergreece.com
http://www.discovergreece.com

Yang difoto saya gak boleh makan karena pork ๐Ÿ™‚

Jadi ya Greek Cuisine salah satu kesukaan saya saat ini. Makanya kita cukup penasaran untuk pergi kesana. Masih nabung nih buat kesana hehe.

Saking kita sukanya nih, kadang-kadang kalau ke KL, yang kita cari yah makanan Greek atau kalau pas bisa pulang ke Chicago kita suka pergi makan ke Greek Town. Kita juga nyobain salah satu restoran Greek di Amsterdam dengan @jalan2liburan dan @mbayoyen superb……….laper deh.

04. Jepang

jp-travel.info
jp-travel.info

Siapa yang gak suka makanan Jepang? hayoo angkat tangan ๐Ÿ™‚

Saya suka sekali makanan Jepang. Pertama kali makan makanan Jepang sekitar 15 tahun lalu kali ya ketika Hanamasa pertama kali buka di Medan. Sekarang restorannya udah tutup. Setelah itu restoran Jepang pun bermunculan di kota-kota besar di Indonesia termasuk Medan. Meskipun salah satu yang saya tetep suka adalah sushi tei hehe.

Kebetulan karena kita pernah ke Jepang plus gak pernah kecewa dengan makanan yang pernah kita coba, menjadikan negara ini tetep menjadikan tujuan wisata kuliner kita dimasa yang akan datang hehe.

05. Spanyol

rebrn.com
rebrn.com

Saya lupa dimana pertama kali nyobain makanan Spanyol tapi saya masih inget banget restoran Spanyol di depan hotel kami di Amsterdam. OMG…enak banget. Makannya sampe mata terbalik-balik. Biasanya sih kita pesen tapas tapi sekali waktu Matt pernah order steak nya dan rasanya kayak ada pesta tahun baru dimulut saya. ENAK!

Karakteristik makanan Spanyol mengikuti karakteristik makanan pada era Romawi yang pada saat itu banyak menggunakan berbagai macam jenis jamur dalam makanannya. Selain sebagai salah satu negara dengan makanan terbaik di dunia, Spanyol juga merupakan negara penghasil olive oil terbesar di dunia. Hampir 90% olive oil diproduksi di negara ini, oleh karena itu juga kebanyakan masakan di Spanyol banyak yang menggunakan olive oil.

Pengalaman makan makanan Spanyol yang gak pernah gagal dimanapun menjadikan negara ini sebagai tujuan wisata kuliner kita juga.

Ok…tolong ya Turkish Airlines endorse kita huahaa

06. Thailand

discoverthainess.tourismthailand.org
discoverthainess.tourismthailand.org

Siapa sih yang gak suka dengan makanan Thailand? terutama jajanan pasarnya ya. Kalau lagi di Bangkok saya bisa panik banget pengen nyobain semua makanan di pinggir jalan. Kalau gak inget aja perut saya sensitif banget rasanya semuaaaaanya pengen dimasukin ke mulut. Mulai dari buah-buahannya sampai segala ikan bakar dengan garam. Semuanya entah kenapa enak juga.

07. India

crossculturenj.com
crossculturenj.com

Seperti yang kita tahu India itu kayak sekali dengan rempah dan bumbu. Makan makanan mereka kayaknya selalu penuh sensasi. Sensasi ketika makannya sampai setelah makannya haha. Saya dan Matt hampir gak pernah gak murus-murus setiap kali pulang dari restoran India bahkan yang di US sekalipun. Terakhir kali bahkan saya harus istirahat 2 hari karena bolak balik ke toilet huahha.

Dari begitu banyak restoran India yang kita cobain (terutama di KL dan Penang) yang paling enak adalah sebuah restoran India kecil (sekarang malah gede banget) di deket rumah ortunya Matt. Enak nya gak ketulungan. Kita suka datang untuk dinner disini dan selalu full. Heran juga karena makanan mereka sebenarnya cukup pedes tapi gak tau kenapa selalu ramai.

Dan selain makanannya saya memang cukup penasaran dengan negara India ๐Ÿ™‚ suatu hari deh kesana ya sekalian pengen liat festival Holi.

08. Meksiko

www.mappery.com
http://www.mappery.com

Sebenarnya kalau lagi ke US kita cukup puas nyobain makanan Meksiko. Banyak banget restoran Meksiko soalnya dan kita jadi tahu kalau makanan mereka emang enak. Tapi…tentu saja akan lebih afdol kalau bisa datang ke negeranya langsung buat makan Buritto kan hehe.

09. Vietnam

www.linkedin.com
http://www.linkedin.com

Pertama kali saya nyobain makanan Vietnam ketika mengunjungi negara ini beberapa tahun lalu. Saya jatuh cinta dengan PHO. Enak banget dan segar. Cukup sehat juga kalau saya pikir-pikir. Belon spring roll nya yang enak banget juga. Duh…nulis ini jadi ngiler.

Matt baru tahun lalu ke Vietnam dan kebetulan dia konfrensi disana jadi gak terlalu banyak bisa keluar makanya dia suka ngomong ke saya, kayaknya kita berdua mesti balik lagi deh buat pergi kebeberapa tempat yang kita belon datangi dan tentu aja pesta pho ๐Ÿ™‚

10. Lebanon

www.taste.com.au
http://www.taste.com.au

Lebanon ini adalah tempat dimana kita kayaknya bisa nyicipin semua keindahan masakan Timur Tengah. Mungkin ya hehe. Makanannya kebanyakan dari buah-buahan, banyak sayuran, sedikit daging dan penuh dengan rasa. Paling gak ini yang pernah saya rasain. Biasanya saya suka makan makanan Lebanon yang ada di Kuala Lumpur atau Jakarta deket hotel Max One.

Masalahnya kapan ya kira-kira kita bisa ke Lebanon hehe.

 

Ok….ini dia 10 negara yang kita penasaran banget dengan kulinernya. Saya tahu pasti masih banyak negara lainnya yang juga punya kuliner luar biasa.

Kalau kamu negara apa aja yang bikin penasaran dengan makanannya?

 

 

 

 

Advertisements

110 comments

  1. Kalau jalan-jalan saya selalu pengen nyoba makanan khas di sana, tapi selalu terbentur kebingungan halal atau tidak. Jadi ya.. terpaksa harus milih-milih. Tapi mau dong Airlines endorse kita haha

  2. pengen masakan thailand krn kaya rempah dan lebanon krn halal. sebenernya pengen nyobain semua makanan khas pas lg ke negaranya tapi.. pasti mahal ๐Ÿ˜‚

  3. Aku pingin coba makanan dari Peru, lagi booming di dunia kuliner ini Non. Dan juga makanan dari daerah Karibia; banyak pengaruh Asia, Afrika & Eropa disitu karena sejarahnya.

    Yuk, ke Itali atau Perancis bareng? Nanti kita wine tasting di winery terus pulangnya beli deh 6 botol ha…ha…

  4. Jadi penasaran sama makanan Lebanonnya Mbak Noni… Hueee. Eh sama Greek juga belom pernah. Sempet dateng ke acara yang menyuguhkan makanan Greek tapi dah keburu balik duluan euy sebelum waktu makan.

  5. Yang makanan Perancis kecil2 itu Escargot bukan, mbak?
    Anyway di Bali ada resto Yunani namanya Athens, belum pernah kucoba eh uda tutup duluan. Gulung tikar kayaknya Y.Y pdhl penasaran pengen nyobain

  6. Itu smua negara sukak banget ama makanannya. Makanan Romania dan Polandia juga enak lho mbak. Tapi kesukaanku tetep Italian food ama crepes/galettenya di Prancis nyam nyam…eh gak dink itu kedua kesayangan nomer satu ya tetep makanan Indonesiaaaaaaaa huahahahhaa (sok nasionalis). Aku tipe yang sukanya nyari makanan khas klo jalan2 klo gak nemu putung hahahaha :))

    • Romania yang mana Gy? kalau Polandia kita suka makan di US, kan bapaknya Matt Poland, jadi suka masak atau nyobain tapi mba gak terlalu penasaran hahaha.
      Kita makan martabak sama nasgor aja ya ๐Ÿ™‚

      • Romania ada papanasi (semacam donat dikasi yogurt ama jam atasnya) dan mereka juga terkenal dengan sarmale (stuffed veggies with meat and rice) endeuussss deh….oh winenya romania juga enak, apalagi klo homemade *ngiler*

  7. Korea kayaknya Mba yang bikin aku penasaran rasa di negera aslinya sana. Kalau di list ini aku suka Japanese food sama Thai food. Dan jadi inget aku belum pernah nyobain makanan Vietnam nih :p

  8. Pengen ke Jepang nyobain makanan asli sananya hihihi. Kalo yang model timur tengah gitu aku kurang pinter makannya karena ga suka yang bau rempah2 kuat gitu *payah*

  9. Aku penasaran sama masakan Maroko mbaaak, baru pernah nyobain sekali dan sukaaa sama rempah2nya!
    Trus setuju banget kalo masakan Thailand emang parah ya mbak enaknya! Bisa gawat deh klo tinggal di Thailand gak bisa berenti makan kayaknya ๐Ÿ˜€

    • Maroko kita nyobain di Belanda + KL, suka juga sih. Enak2 sih ya kalau makanan udah pake banyak rempah sebenarnya.

      Thai emang enak ya, trus kayaknya kan simple2 gitu masakannya

  10. Jepang, Thailand, Vietnam! aduh lope lope lah mbak non. tahun lalu ke Thailand tiap hari kalap jajan2 pinggir jalan >.< tambah kuliner korea mbak… lumayan lah ๐Ÿ˜€

  11. Thailand nomer satu mbak. Buahnya, tom yum nya, makanan kecil nya duuuh *lapiler. Vietnam juga. gara2 ngeliat spring roll nya mbak Noni. Trus Jepang. Ntar kalau udah jalan2 ke negara2 itu cerita2 lagi ya mbak Non

  12. Fotonyaaa jadi pengen. Yg saya belum sempat googling kenapa makanan mexico atau kudapannya pake avokad/alpukat/avocado (sungguh saya tdk tahu penulisan bhs. Indonesianya) sempat bloging resep mereka sering pakai avocad sayangnya ga dikasih keterangan atau alasan kenapa avocad bisa populer di mexico (atau mungkin Amerika selatan lainnya)

  13. Aduh aduuuuh, udah lama gak blogwalking, sekalinya bw eeeeh langsung liat postingan ini di jam makan siang pula. Aku mau semuaaaaaaaaa … Dari daftar masakan luar negeri di atas aku udah yang Jepang, Vietnam, India, Meksiko dan Itali.

    Udah lama banget penasaran sama masakan Yunani, pengen banget. Kelihatannya segar dan sehat-sehat. Dan jadi penasaran juga sama masakan Spanyol! *sluuurrrppp*

  14. Korea, karena sejak tergila2 sama drakor selalu ngebayangin makan dinegara aslinya gimana. Selama ini kan cukup puas dengan beli Kimchi atau bikin sendiri. Pengen nyoba makan jenis lainnya tapi yg masih bisa dimakan. Pas ke Perancis kemaren, aku bisa lho Non 8 hari ga rindu nasi dan sambel, karena rotinya enaak enakk banget rasanya. Kami kulineran selama di Perancis tapi kalo aku kan banyak banget ya pantangannya, ga makan daging dan unggas plus musti halal. Kalau suami mah semua dihajar, dan dia suka banget karena setelah makan bisa langsung minum wine harganya murah haha. Sayang pas lagi disana vineyards nya masih gundul, jadi wine testing dia dari restoran ke restoran.

    • Aku belon pernah nyobain makanan Korea selain kimchi2 itu dan agak2 gak terlalu penasaran tapi gak tau kalau ada makanan lain. Pengen juga nyobain.

      Jadi di Prancis makan roti aja Den? gak lapar hehehe. Aku pasti bakalan nyari yang lain deh, nasi ok gak makan tapi…….kalau cuman roti aku gak kuat huhu

  15. Setuju banget Non. Nomer 1 dan 2nya mah memang Italia sama Prancis deh. Tapi kalo di antara dua ini susah mutusin siapa nomer 1 dan nomer 2nya! Ahahahaha ๐Ÿ˜† . Dulu di Florence aku makan steak lokalnya kan, dan itu enaaaak! Rare gitu steak-nya, trus kalau mesen lucunya gak ditanya berapa porsi tapi maunya berapa kilo (soalnya waktu itu aku berempat jadi bisa nyampe kiloan deh pesennya). Ih, kan kalo gitu langsung mikir kalorinya dsb kan ya? Hahaha ๐Ÿ˜† .

    • Iya ya Zi, Matt juga bilang gitu, dia pasti bakalan stress banget kalau disuruh milih. mKan aja stress hahaha.

      Hahha….haduh abis makan langsung pengen olahraga gak sih?

  16. 1 liter wine harganya 1 Euro?? Gubrak, benaran bisa mandi pakai wine! Hahaha.. Tar ke India lihat festival Holi sekalian muter “Hymn For The Weekend”nya Coldplay ๐Ÿ˜€

  17. Tertarik buat nyobain makanan yunani, baru tau juga kulinernya cukup terkenal ya. Makanan lebanon itu ala timur tengah macam arab ga sih? Makanan arab enak enak juga sih, dan ga perlu khawatir karena pasti halal, hehe.
    Oiya mba restoran lebanon deket hotel max one dimananya? Max one yg di sabang kan? aku ngga pernah tau kalau ada

    • Iya Lebanon itu mirip2 kayak gitu makanya kita masukin Turki, Maroko atau yang sekitarannya. Haha….bener pasti halal yaa kayaknya.

      Ada dideket Hotel, pokoknya jalan trus aja kearah jalan Wahid Hasyim kalau gak salah ada restoran Lebanon :

      Beirut Lebanon Restaurant
      Jl. Agus Salim, Sabang
      Jakarta

      Itu tuh alamatnya ๐Ÿ™‚
      Matt dan aku cukup suka sih makan disana.

  18. sy seringnya backpacking, dan sy backpacker kere, huehuehue.. jadi makan di resto kalau ditraktirin aja.. alhasil makan apa aja dimana aja terasa nikmat…

    yg india ituh.. aduh.. pas makan kerasa enak bangeeeeet.. tapi besoknya bisa diare emosional >.<

    • Hahaha inget aja diare emosional ๐Ÿ™‚

      Selalu ada makanan khas versi backpacker kan ya ๐Ÿ™‚ dulu kalau jalan rame2 ama temen2 aku, kita pilih satu atau 2 hari untuk makan makan enak supaya bisa ngerasain aja hehehe.

  19. Aku sih g pernah penasaran tp sejauh ini fav ku masih kuliner asia yg paling aku suka makanan singapura *laksa nya omg g pernah dapetin laksa khas singapura ini dimana-mana walau ada laksa g se enak laksa singapura…trus singapore chicken rice omg…sejak balik dr singapur g dapet chicken rice seenak di singapur eh tahun 2014 ada di bali (JEBAK=JEJAK BALI KULINER) sampe habis 2 porsi aku sendiri ๐Ÿ˜…

  20. Dari 10 negara itu, baru ngerasain 7 negara, makanannya maksud aku haha.. Sebenarnya sih kalau ke tiap negara selalu penasaran sama makanan lokalnya, tapi kadang end up makan fast food chain juga *tepokjidat*

  21. italiii… suka bngt.. kayaknya pas jalan2 ke eropa tahun lalu, paling cocok sama makanan itali dehh.. hehe.. anyway, taiwan is food haven as well.. hahaha.

    • Enak sih ya, di Medan dulu ada restoran Turki enak sayang tutup trus pas aku di hotel dulu, chef yang kerja salah satunya dri Turki, kalau aku main ke dapurnya suka dimasakin sama dia. Enak emang hehe.

  22. Huaaaa, postingan begini yang bikin nangis sambil nahan iler di meja kantor.
    Mau semua kecuali India, untuk makanan yah, entah sejauh ini belom pernah dapet makanan India yang enak atau memang indera perasa saya belom masuk ajah ke masakan india,

  23. aku tuh lumayan suka pedes mbaa, tapi entah kenapa kok ngga pernah akur sama tom yam Thailand yak? Kalo sushi dan aneka masakan jepang aku sukaaaak. Pengiiin deh bisa ngider ke Jepang ๐Ÿ™‚

  24. aku penasaraaaann sm makanan thailand di thailand. soalny di Indo sudah suka sm mknan mrka, mbaaa.

    oh iyaa, sm 1 lg di list aku itu Turki. makanan2nya enak nan muraaah :9

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s