How to prepare your smartphone for a trip


D3DD7FCD41

Smartphone saat ini menjadi hal yang penting untuk bepergian selain dompet. Apapun bisa didapat di dalam gadget kita, maksutnya semua informasi yang kita butuhkan. Kalaupun gak punya internet kita bisa mempersiapkan gadget kita sebelum mulai berpetualang.

Selama kita bepergian saya dan Matt hampir gak pernah membeli kartu di negara yang kami kunjungi. Kalau perjalanannya masih di Indonesia sih kayaknya gak ada masalah ya kecuali ke remote area yang signalnya gak ada. Harus manjat tower dulu supaya bisa dapetin signal hehe. Kita emang lebih sering jadi fakir wifi. Gak tau kenapa setiap kali pergi-pergi gak pernah kepikiran beli kartu atau nyewa modem. Mungkin next time supaya bisa Periscope hehe.

Nah yang paling sering kita siapkan di handphone atau tab kita adalah :

01. Peta

Peta ini bisa peta kota yang kita tuju atau map untuk angkutan umum. Biasanya di donlot di hapenya si Matt karena saya buta baca peta. Ini lumayan bantu banget kalau kita gak punya peta. O,ya kalau gak punya donlotannya agak ribet jika pergi ke negara2 maju karena biasanya mereka punya data detail mengenai angkutan umum. Jadi kalau gak punya internet pastikan untuk mendonlot peta.

02. Know your plan (and your phone)

Kalau keluar negri saya suka pake flight mode on supaya gak jebol roaming datanya hehe. Soalnya pernah sekali kejadian saya lupa matiin data. Jeleknya kalau pake flight mode on SMS gak bisa diterima juga, padahal ortu saya cuman bisa SMS doang haha. PR banget ngajarin ortu pake WA/Fiber.  Jadi harus beneran dipastikan deh soal plan data kita.

03. Get the right gadgets

Yah ini kayak colokan, kabel untuk ngisi baterai. Saya gak punya baterai portable jadi tiap liat colokan langsung nemplok haha. Cuman karena biasanya gak ada signal hape-pun jadi hemat. Saya salalu suka ngecheck colokan listrik di negara tujuan karena semua gadget yang saya punya hidupnya bergantung ke colokan itu.

04. Download Entertain (games dan music)

Ini si Matt yang paling suka. Kemanapun kami pergi pasti dia punya games banyak banget. Jadi kalau bosen baca buku, nonton film pasti larinya yah main games. Apalagi kalau lagi nunggu-nunggu gitu pasti main games. Saya sih gak suka karena tetep stress kalau di pesawat tapi kalau lagi nunggu biasanya jadi ngerecokin hehe. Untuk musik kita pake Ipod. Dipikir-pikir ribet banget mau pergi-pergi ya. Gimana tas mau ringan hehe.

05. Download Buku

Saya punya Apps Scoop di hape dan Ipad. Semuanya punya buku yang pengen saya baca. Jadinya enak sih gak perlu bawa buku banyak karena stock buku yang belon dibaca tersedia di gadget. Tinggal betah-betahin aja nongkrongin colokan listrik hehe.

06. Take some important photos

Ini nih kayak tiket, pasport, bookingan hotel, ID dll. Saya suka nyimpennya di email atau di gallery foto. Amit-amit sih kalau kejadian tapi gak tau udah kebiasaan aja sejak dulu suka simpen gitu.

07. Apps yang berhubungan dengan negara yang dituju

Saya sih belon pernah donlot. Pernah donlot apps apa gitu waktu di Jepang tapi gak kepake karena kami ngantongin Lonely Planet dan beberapa fotocopy buku tentang Jepang yang kami beli. Cuman temen saya ada yang suka donlot apps2 kayak gitu dan katanya berguna banget. Ini bisa juga kayak apps untuk bahasa. Lumayan bisa kepake loh. Ini juga bisa loh donlot apps untuk penerbangan yang kita pakai, booking.com dll. Pokoknya yang berhubungan dengan trip kita

08. FOTO

Koq foto lagi? hehihihi.. nah ini foto2 yang berbeda. Saya kan suka banget photo tapi gak jago motret. Biasanya sebelum pergi saya suka mantengin Flickr dan cek foto-foto dari tempat yang saya tuju. Nanti dari foto yang saya suka banget suka saya simpen. Pas di tempat tujuan saya nyari/motret berdasarkan foto tersebut (kalau bisa) ataupun kalau gak bisa biasanya foto2 kayak gitu berguna juga buat di tunjukin ke orang2 lokal. “pak, dimana ya tower ini?” trus dikasih tunjuk hehe.

Oya disini kalau emang gak suka pakai kamera besar. Kamera hape sekarang kan canggih2 tuh, jadi sebelum berangkat harus dimaksimalkan belajarnya supaya pas pergi hasil fotonya gak kalah dengan profesional 🙂

09. Pulsa Telp

Nah ini penting juga. Biasanya saya sms ke ortu sih. Sampai hari ini tetep harus SMS kalau ke ortu saya. Heran deh udah diajarin pake WA tetep aja ayah saya susah hehe. Besok harus diajarin lagi.

10. Pastikan Hapenya berfungsi hehe 🙂

Pernah dong saya traveling ehhh baterai hapenya soak. Waktu itu masih pake BB. Yang ada begitu nyampe kami harus nyari toko handphone. Ganggu banget!

Kalau menurut kamu apa lagi yang harus dipersiapkan di smartphone kita?

Advertisements

63 comments

  1. Pastikan memori cukup alias kosongkan dulu sebelum bepergian hahahaha~

    Ini penting soalnya para perempuan sering lupa *lirik istri yang sering kepenuhan memeori*

  2. Make sure memorinya kosong supaya bisa jeprat jepret seenak jidat. Ahahahaha! Dulu pernah saya bawa kamera Dslr lalu waktu mau foto baru ngeh memory cardnya ketinggalan! Keselnya ampun2an! Semenjak itu memory card ada cadangannya di tas. Daripada daripada kaan.. ahahahaha.. same goes with memory smartphone. Hihihi..

    • Akuuu juga pernah pas ke Bromo hauhaha. Entah gimana bisa kelupaan. Untung temen aku bawa memory card lebih. Sejak itu sekarang kita punya kantong memory card sendiri karena punya lumayan banyak sekaranga

  3. Hal yg penting banget, peta.. karena partner traveling aku biasanya males nanya.. dan kemampuan navigasi aku jongkok banget. Menghindari perang dunia, gugel maps, waze atau offline maps hrs dipegang. Terus soal poto2 dokumen penting.. itu jg penting bgt. Pernah bgt pas lg jalan2 sakit, pas berobat ke rs hrs nunjukin kartu kesehatan biar bs berobat gratis..eh ndilalah kartunya ketinggalan tp untungnya udah ada potonya di hape. Terselamatkan deh alhamdulillah ga jadi bayar 🙂

    • Alhamdullilah banget ya akhirnya lancar jaya hehe. Emang sih fotocopy itu penting. Kalau dulu aku bawa2 kertas photocopy kemana2. Sekarang simpen aja di email atau di gadget. Kalau perlu tinggal cari tempat photocopy atau kalau gak yang penting2 banget tetep sih di photocopy hehhe. Demiiii…….

  4. Selain bawa powerbank, aku juga suka bawa colokan ganda, Mbak. Maklum kadang di hotel suka cuma ada satu colokan sementara yang perlu di-charge ada beberapa 😀
    Kalau di smartphone, selain peta, aku juga download kompas. Lumayan bisa buat tahu arah yang bener.

    • Sama mas, aku juga soalnya begitu masuk hotel biasanya aku sama Matt pasti buka laptop. Mulai dari transfer foto sampai si Matt kerja. Jadilah kita berdua suka rebutan colokan. Kalau kompas aku donlot di app untuk shalat hehehe.

  5. Setuju bingit non hahaha pagi dah alay aku, tapi semakin cangih tu hp, kita harus belajar pakai kamera nya rata rata banyak mode n model nyq dalam satu hp. Jadi jangan sampai hasilnya blur semua wkwkwk.
    Nangis darah.😜

    • Alay karena pake bingit ya hehe. Iya sih kamera hape itu udah lumayan ok sebenarnya tinggal kita aja harus belajar makenya. Udah gitu yang paling penting juga adalah harus bisa ngedit foto dikit2

  6. Soal pulsa ini yang bikin galau tak berkesudahan Mbak Non kalo jalan ke luar. Mau beli nomor lokal susahnya minta ampun, mau roaming kok yaaaa… hahahahaha…

    • Hahaha… sekarang kan gampang Dan, pakai skype aja 🙂
      Ehh tapi sama aja deng Ortuku juga susah tuh. INi mba beneran harus ajarin pake skype soalnya kalau jauh kan repot ya kalau harus telp2 trus. Mahal

  7. aq jg kemarin wkt liburan, hp kebanyakan di flight mode. jadi bener2 hp hanya dipakai buat foto2 aja. hahaha
    baru aktifin sinyal klo emg perlu tkt2 ada yg hubungin. dan itu sukses bgt, iphone saya ckup satu kali ngecharger dlm sehari. klo ga di flight mode walaah bs beberapa kali, krn baterai boros.

  8. Sering juga untuk tujuan yang udah direncanakan, aku ngecek googlemaps sebelum berangkat. Terus dicapture deh jadi image haha.. biar gak nyari2 wifi di lokasi. Soalnya sama seperti mbak noni, aku juga hampir gak pernah pakai data roaming atau beli pulsa lokal.

  9. Iya foto, biasanya motivasi buat ngedatengin tempat tujuan dari foto2 yg gak sengaja didapet di twitter, eh malah beneran jadi ngedatengin tempatnya dan pas udah pulang ngebandingin fotonya bagusan yg mana

  10. waktu naik puncak gunung Sikunir di Dieng, aku rencana set timelapse dari kamera iphone buat bikin timelapse sunrise. Eh selama setengah jam HP dibiarin bikin timelapse, nggak taunya waktu loading picture si HP ngehang dan mati mendadak. Awalnya aku pikir nih HPnya wafat karena suhu waktu itu titik beku (nggak tau sih korelasinya apa hehe). Waktu turun gunung, pas HP dinyalain lagi, eh nggak taunya foto timelapse sunrise-nya nggak kesimpen. Sedih-sedih nyesel gimana gitu rasanya, mbak :’D

    Kayaknya emang memperlajari gadget kita perlu banget mbak biar maksimal gunainnya.

  11. Kalau jalan2 nya di EU sini saja, paling pastiin bawa mobile battery, jadi ga usah kerepotan cari colokan klo pas jalan2. Roaming internet gratis, jadi mau buka peta, buka app yelp untuk cari restoran, langsung konek aja sih.

    Pas kemaren di Indonesia beli sim card lokal juga biar bisa internet – alesannya biar bisa gampang navigasi, padahal biar bisa buka fesbuk terus2an haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s