Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Surabaya


saya disalah satu pojokan kota tua surabaya dengan motor :) foto was taken by Jo
saya disalah satu pojokan kota tua surabaya dengan motor ๐Ÿ™‚
foto was taken by Jo

Boleh gak….saya nulis apa-apa yang saya ketahui tentang Surabaya (secara garis besar), tentu aja boleh ya hehe. Nanya sendiri jawab sendiri. Gimana sih?

Saya tinggal di Surabaya kurang lebih 7 tahunan. Lumayan lama. Ini kota yang saya suka karena gak semerawut Medan tapi juga gak sebesar Jakarta. Di kota ini juga jadi batu loncatan saya ke Sulawesi, Kalimantan, Flores dan tentu aja Lombok. Tinggal di Surabaya itu kayak ngebuka jalan untuk main ke Indonesia Timur karena tiket pesawat bisa ditekan lumayan banyak. Sayang 7 taon kemaren saya masih gak sempat ke Maluku, Irian, Togean, Pulai Kei, Alor, Riung dan oh Tuhannnn koq masih banyak lagi sih huhuhuhu. Gak abis-abisnya yaaa…….

Pertama kali saya ke Surabaya kalau tidak salah tahun 2000. Ini perjalanan saya berdua dengan teman saya Jenny. Kami berdua nunggu kereta di Jakarta untuk ke Surabaya. Saya mau ke Bromo waktu itu dan nanya kereta yang ke Surabaya dengan satu orang cowok dari Malang bernama Andry. Dari Andry saya tau satu kota kecil yang cantik bernama Malang dan dia ngasih saya undangan untuk main ke Malang. Dari obrolan kecil di ย peron kereta, tukeran hp dan berakhir saya menghabiskan 4 hari di Malang setelah pulang dari Bromo. Itu pertama kali saya menjejakkan kaki di Jawa Timur. Jatuh cinta dengan Bromo, nyicipin rawon di Surabaya dan……………..saya tau pasti bakal balik lagi ke Surabaya.

Jadi Surabaya untuk saya punya banyak sekali kesan. Dari mulai saya sebagai pengunjung, penduduk sampai akhirnya orang yang merindukannya siang dan malam sejak Feb 2013 kemaren.

01. Bonek

foto pinjem dari fb
foto pinjem dari fb

Surabaya punya hooligan sepak bola yang setianya bukan main dengan PERSEBAYA. Mereka yang saya dengar pertama kali pas nonton Arema di taon 2000 itu. Astaga serem banget ya ternyata haaha.

Trus pas pindah di Surabaya kemaren, tiap kali ada tanding bola, pasti satpam dikantor wanti2 supaya saya pulangnya hati-hati dan menghindari bocah-bocah bonek ini. Awalnya sih saya gak segitu takutnya sampe saya liat sendiri ini bocah-bocah kecil gak pake sandal, bajunya diiket di kepala, kerempeng, jalan rame-rame nyetop mobil pick up sambil teriak-teriak. Yang bikin saya males itu karena pernah liat dengan mata kepala sendiri ada bonek yang ngeremes pantat satu orang cewek pas mereka jalan naik motor rame-rame. Duh…..semoga bonek2 yang cuman oknum ini kedepannya udah gak ada lagi yaa…..

Hidup BONEK !

02. Petis

Orang Surabaya itu sukaaaa banget petis. Makan gorengan pake petis, makan itu pake petis pokoknya petis ada dimana-mana. Apakah saya suka? emm gak suka hehe. Berasa aneh aja soalnya makan sipetis ini walo ngetop luar biasa.

03. Kota Pahlawan

Yeay………..kalo 10 Nov berasa bangetlah perayaan hari pahlawan di kota ini. Banyak bapak2 tua naik sepeda ontel dengan kostum kayak zaman kolonial, ada drama di jalanan kayak napak tilas gitu, ada upacara juga trus yang paling seneng di Hotel Majapahit bisa nonton drama pas perebutan bendera Merah Putih. Pada masih inget sejarah kan? saya males jelasinnya soalnya hehe.

04. Pisuhan ala Suroboyo ” Jancuk ”

Denger pertama kali saya langsung dong fasih ngomongnya huhahaha. Matt ย juga begitu diajarin langsung pinter walo dia tetap gak suka make kata itu. Lebih suka ngomong “bodat” kalo si Matt. Nah….kalo saya langsung lengket dikepala. Begitu ada yang nakal langsung teriak ” JANCUK!”

Lucunya karena kata ” Jancuk ” lumayan kasar ada sebagian orang yang menggantinya menjadi Jamput, Jambu atau Jangkrik. Jadi dengan ini saya Nobatkan Surabaya sebagai satu2nya kota di Indonesia yang memakai kata serangga untuk memaki hahaha. Yang pengen tau lebih banyak mengenai kata tersebut, klik aja disini ya.

05.Kuliner

Siapa bilang Medan paling jago soal kuliner? Surabaya ini juga salah satu kota di indonesia yang kulinernya jagoan banget. Mulai dari bebek goreng sampe bakso. Ahhh i love surabaya food ๐Ÿ™‚ sekarang pas nulis ini aku pengen bilang terima kasih untuk bu Rudi, Bu Kris, Pak Slamet, Depot Anda, Primarasa, Kepiting cak gundul, resto ran Layar dan masih banyak lagi. Terima kasih udah menemani 7 tahun dengan makanan-makanan kalian yang super duper enak. I miss you walo menghabiskan tabungan hahaha.

06. Kampung Ampel

pasar di dekat mesjid Ampel
pasar di dekat mesjid Ampel

Pengen berasa di TImur Tengah pas di Surabaya? ihh bisa banget dong ๐Ÿ™‚ main aja ke Ampel, dijamin lupa kalo lagi di Indo hehe. Palingan berasa di Madura atau di Arab sih menurut saya huhahaha. Ampel itu kampung kecil yang isinya sih arab-arab cakep. Paling seneng kesini abis shalat jumat liat cowok-cowok kicep2 pulang shalat masih pake baju koko trus kopiah. Ahhh koq kening mereka bersinar semuaaa ya hahaha.

07. Belanja Batik Murah

Karena si Surabaya bertetangga dengan beberapa daerah penghasil Batik, jadi kota ini bisa dijadikan tempat untuk berburu batik. Contohnya batik Madura, Batik Solo, Batik Sidoarjo dll.

08. Ada Mirota Batik

Tuhan…..cinta banget dengan kota Surabaya karena diletakkannya toko favorite umat sejagat kalo ke Yogya di kota panas ini. Asli ini adalah tempat yang paling pas untuk ngadem sambil ngeliatin pernik2. Oh….aku cinta mirota batik. Terpujilah orang yang memiliki toko ini. Hallooooooooooo Engkong……aku rindu sayur asam-mu huhu.

09. Mall to Mall…..

Surabaya emang gak segede Jakarta yang mallnya bejibun tapi juga gak sesedih Medan yang mallnya cuman beberapa biji huhu. Di Surabaya ada beberapa ย Mall favorite saya. Galaxy Mall, Tunjungan Plaza ( do you miss me? ), Ciputra world ( oh….no……cotton on udah jadi buka gak sih disini? ), Grand City ( akuuuu rinduuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu ), PTC dan masih banyak lagi. Pas nulis air mata berjatuhan 13 tetes haha.

10. Pasar

Ada beberapa pasar di Surabaya sebenarnya tapi yah gitu deh saya kan agak belagu ya hehe, males ke pasar dulu. Yang saya tau cuman Jembatan Merah sama Pasar Atom.

Ceritanya dulu si pasar atom ini paling terkenal di antara nonik2 surabaya buat belanja fashion. Kesanalah saya dan aku gak sukses dong belanja di sini, kecuali belanja jajanan yang semua2 ada disini. COba yaa kalo kesini cari itu bubur madura dan cakue udangnya.

Sementara si jembatan merah, kesini cuman karena mau beli kebaya doang hahaha. Selebihnya sih ada pasar turi dll tapi yah itu kan udah dibilang saya belaguuuuuuu * getok*

11. Museum House of Sampoerna

Cafe HOS
Cafe HOS

Inilah satu2nya museum di Indonesia yang saya masuki tanpa rasa bosan dan takut. Pokoknya aku suka disini. Biar dikata temen2 saya foto sama setan tapi aku tetap cinta padamu loh HOS ๐Ÿ™‚ oya kalo main kesini jangan lupa sekalian makan di cafenya yang ciamik soro ๐Ÿ™‚ dan naik bis wisatanya yang gretongan keliling2 kota tua Surabaya.

12. Kota TUa

salah satu pojokan jl.coklat. Maaf ya fotonya malah foto narsis hahaha
salah satu pojokan jl.coklat. Maaf ya fotonya malah foto narsis hahaha

Namanya juga kota Pahlawan yang pernah diduduki kompeni bertahun-tahun, tentu punya kota tua yang bagus kan ๐Ÿ™‚ kalo pengen napak tilas, yang saya tau yaa……mulailah dari menginap di HOTEL MAJAPAHIT * you will love it guys *, hotel IBIS, trus kelilingi deh itu kawasan jembatan merah. MUlai dari pecinannya sampe gang-gang sempit yang penuh dengan bangunan tua yang mulai keropos atau berlumut terselip-selip. Ahh……….

13. Napak Tilas Pecinan

salah satu trip  napak tilas pecinan
salah satu trip napak tilas pecinan

Surabaya punya komunitas kota2 tua gitu, salah satunya jelajah pecinan. Kita bisa jalan keluar masuk kelenteng, liat para bapak2 tua dan ibu menggambar or kaligrafi, bahkan mereka juga punya komunitas dance dan gak ketinggalan barongsai. Serulah ๐Ÿ™‚

14. Nonton Reog atau acara-acara traditional gratisan?

Ih…bisa banget. Surabaya punya gedung pemuda. Ini gedung tua gitu yang tiap hari minggu suka ngadain reog ๐Ÿ™‚ asli seru banget. Ga usah jauh2 ke Ponorogo. Kadang2 disini suka pertunjukan wayang kulit/orang, pameran lukisan dan lain2.

15. Berlatih Nari Traditional

Yg punya anak kecil bisa dong anaknya diajak belajar nari daerah. Tempatnya di Pendopo yang di belakang Siola. Saya sempat ikutan beberapa bulan belajar nari kijang. Megal megol tapi ternyata saya gak berbakat nari sama sekali. Selama ikut nari, yang ada anak2 kicik yg belajar nari gak konsen karena sibuk ngetawain saya hahaha. Biaya belajar nari daerahnya murah banget loh Rp 25.000 kalo gak salah.

16. Jembatan Suramadu dan Ferry Tour

jembatan suramadu
jembatan suramadu

Kayaknya rata2 orang udah tau ya si jembatan suramadu yang tersohor itu tapi….gak semua tau kalau ferry yang dulunya untuk penyebrangan sekarang bisa di rent untuk jalan2 keliling jembatan hehehe. Saya dapet kesempatan untuk nyobain sekitar taon 2009 kemaren ( udah lamaaa hahaha ). kalo gak sanggup rent bisa koq ikutan tournya. Kalo gak salah dulu Rp 100 ribu per orang. Jadi kalau mau nyoba, saya sarankan langsung ke Perak aja ya. Paling bagus sih nyobanya sore menjelang sunset, kalo siang yang ada panas banget.

Hmmmmmmmm masih banyak lagi sih mengenai Surabaya yang pengen saya tulis tapi entah kenapa saya jadi parah gini mellownya ๐Ÿ˜ฆ rinduuuuuuuuuuu.

Kalau ada yang pengen nambahin or koreksi dipersilahkan yaaaaaa * brb, nyuci muka abis mewek *

 

 

102 comments

  1. Non fotomu yang di atas itu yang menginspirasi Matt berfoto ala tukang anter aqua galon waktu itu? hihihi. AKu pernah ke Surabaya lewat doang, pas mau ke Malang adikku wisuda. Cuma dapet panasnya non hiks abis cuma beberapa jam

  2. Daridulu pengen banget dimutasi ke Surabaya biar lebih deket sama rumah, tapi kayaknya jalannya masih panjang huhuhu x((( *ikutan mewek bareng mbak Noni*

  3. Mba noniiiiii,ini postingannya cocok buat aku yg pendatang baru di sby. Eh aku tinggal di perumahan delta sari sih. Surabaya coret dikitlah. Hahaha. Abisnya ke sby cuma 15 menit,drpd ke sidoarjo yg jauuuuuh. Makasih ya mb info2nya menariknya. Akan segera dieksekusi hihi.

    Oya,aku kan dr jogja mb. Aiiih masa ada mirbat (mirota batik) disini mb? Dimana dimana dimanaaaa? *lebay*. Trs pusat2 batik dmn sih mb?
    Untuk kuliner aku dah cobain bu rudi (mpe bolak balik buat beli sambelnya u/ oleh2),depot anda, kepiting cak gundul (di jogja). Trs pernah ikut turnya HOS.

    So far,lumayan sih mb tinggal di sby. Cuma blm kuat panasnya aja. Klo pas mendung n ujan sih asik2 aja. Macetnya? Yasutralah,masih mending drpd jakarta. Hihi.

    • hi…Wid, yah kenapa kita baru kenal sekarang ya huhuhu
      Mirota batik ada di jl. sulawesi ๐Ÿ™‚ ayoo kesana. Asik deh
      pusat batik ada beberapa sih, si royal plaza, cito, mirota batik, grand city di lantai paling bawah ๐Ÿ™‚ juga banyak. Kalo aku sih biasa beli batik madura yg murah sekalian main2 ke maduranya hahaha. Ada pasar 17 agustus namanya. Disana batiknya murah2 banget. Trus kalo gak mau jauh2 di dekat jembatan suramadu di madura, daerah bangkalan juga banyak banget koq. ayoo belanja batik ๐Ÿ™‚ oya di bawah tunjungan plaza juga ada.

      hhahaha..macet sih belon seberapa ya ๐Ÿ™‚ cobain depot anda di jl. walikota mustajab deh, enak banget trus kalo sea food yang enak juga tuh di layar restoran sama rumah makan apong di deket bonet sono ๐Ÿ™‚

  4. aaaak aku belum pernah ke Surabaya sama sekali. Jalan jalan ke jawaTimur cuma mentok sampe Malang doang, itupun cuma di kebon apel nya :D. Kayaknya mesti main main nih ke Surabaya, mudah2an sekali waktu dapet tugas kantor ke Surabaya ๐Ÿ™‚ *amin*

  5. huhuhu akuu jugaaaaaa sering kangen,7 taon ber ktp surabaya….bikin tiap hari selalu nggak bosen bilang…” coba ya kalau disurabaya….bla bla bla” semua selalu aku bandingin sama kota ituh

  6. waktu dinas ke Surabaya engga ke mana2.. cuma ke kia-kia ya aja.. malah anak saya Seno sudah nonton lumpur Lapindo..
    koq gak dimasukin itu Lapindo Non ? ๐Ÿ™‚

  7. Dulu aku pernah tinggal di Surabaya lho pas kecil. Terakhir tahun lalu ke Surabaya, wah udah jauh berubah banget. Tapi aku sih tetep cinta Jakarta, mall-nya lebih seru hahahaha…

  8. Salam kenal mba Noni. Maaf Sy silent reader yg ngefans n seriiiing banget ngintipin blog mb. Tp ga tahan skrg mo komen krn baca ttg Surabaya. Paling geli sm point misuh diatas, iya ya Surabaya satu2nya kota yg memaki pake nama serangga ‘jangkrik’. Hahaha…kadang ada yg memperhalus jg jadi jambret, jambul, dll.

    Dapat salam dari kepiting cak gundul mb ๐Ÿ™‚
    Keep writing

    • wahh jangan jadi silent reader dong hahaha. Ayooo ngobrol ๐Ÿ™‚ btw salam kenal yaa semoga suka blognya. Nanti aku main2 ke rumah kamu juga.
      iya itu pisuhan surabaya TOP banget ya ๐Ÿ™‚ aku sukaaa hahaha
      ihh jahat banget kamu, jangan disalamin aja dong, ayoo kirimin aku kepiting hahahahaha.

  9. Aku iki wong arek juga lho non, walaupun dah lama banget gak pulkam kesana. Scara eyangyut wes meninggal.hihihi sambel bu rudi itu been my fav all the time. Pedesnya nampol yaaa…petis antara suka n gak. Tapi keluarga ku terutama bokap doyan banget apa2 pake petis zzzzhhhhh -_-

    Oya eskrim zangrahdy ( dduuhh spellnya bener gak ya?? ) yg cassata enakkkkee rek!! Noom noomm sluurrppp

    • haloo Rek ๐Ÿ™‚
      aku suka bagnet di surabaya Nis, walo panas, tapi kan kalo dikantor seharian dan begitu masuk rumah ada ac yah dingin trus hahaha.
      kalo sambel bu rudi aku masih biasa2 aja Nis, belon terlalu kepedesan hahaha, di Medan parah soalnya cabe tapiiiii kalo kamu nyobain sambel bu rudi yang level super pedas, waduhhh bisa panas pantat aku hahaha atau kalau gak si pak slamet itu. duhh panasnya gelokkkkk

  10. Favoritku akan Surabaya adalah kulinernya memang! Dan aku seumur2 belum pernah ke jembatan Suramadu nih!! ๐Ÿ˜ฆ Dan baru tahu ada ferry-nya itu juga, hehehe. Btw, kalau sewa sendiri kira-kira berapaan ya biayanya? Hmmm

  11. Bahas2 soal Surabaya jadi keinget postingan tentang Taman Pelangi yang typo parah kemarin *tergugu di pojokan*
    ternyata banyak yang belum diketahui ttg Surabaya padahal sering banget kesana. Kapan2 nyobaik Ferry tournya ah ๐Ÿ˜€

  12. Ahhh…. kangen jadinya.. Tapi semua udah dikunjungi kecuali HOS itu. Besok pulangkampung semoga sempat ke museum HOS itu. Thanks infonya mbakk ๐Ÿ˜€

  13. wah gak suka petis ya… enak lho!!! makan tahu goreng pake petis aja enak.. hahaha.

    tentang pasar, jangan lupa pasar genteng. ini buat turis2 kudu kemari kalo mau nyari oleh2 khas surabaya… berbagai kerupuk, emping, dll… ๐Ÿ˜€

  14. Yang jalan apa ya non, lupa aku, sepanjang jalan jual rujak manis…masih ada kah?
    Eh, aku juga mulai kerja di sby taon 2000 lho…sayang kita ga ketemu…haha…

    Waktu awal2 di sby kenal ama temen2 org sby malah dikasih tau ttg D*lly…haha…katanya itu salah satu yang terbesar di Asia Tenggara lho…heleh2 :p

  15. Aah kampung halaman alm. bokap gue..
    Daan emang alm suka bener sm petis, dan cabe. Pedesnya gk kira kira, ngalahin nyokap gue yang org Padang hahaha..
    Btw kayaknya darah bonek alm. bokap nurun ke gue ahahahhaha kayaknya gue juga serusuh bonek deh, minus remas2 pantat cewe kyknya ๐Ÿ˜€

  16. Salam kenal, Noni ๐Ÿ™‚
    Me luv surabaya!
    Mau nambah Kenjeran bole ya.
    Dulu sempet niat dibagusin, sayang sekarang mangkrak.
    Pantainya biasa aja sih, tapi kita suka banget kesana blanja krupuk2an dan ikan asin hehe..
    Jenisnya muacem2 banget.
    Sekalian nyobain lontong kupang+ es degan.

    • boeh2 ๐Ÿ™‚ tambahin biar tambah banyak ya
      aku beberapa kali ke kenjeran tapi karena jorok dan kalau malam suka dijadiin tempat pacaran, jadi males hehe. Lagian lautnya entah kenapa koq bauk yaaa
      kalo kupang aku gak suka ๐Ÿ˜ฆ jijik gitu hahaha. DUhh……..entah kenapa itu kupang gak bisa lewat tenggorokan aku padahal kan katanya enak ya

      • Wahahaa.. Iya bener tempat pacaran..
        Trus suka ada ndangndutannya ^_^

        Still, seneng kesana blanja krupuk2an

  17. omongin surabaya jadi ingat josh huhuhu.. kalu kesana palingpaling jajan rawon setan [ini ga dimasukin deh, yang di marriot itu] juga pecel madiun yang enak di santamaria, pun oleholehnya tuh bronis libby [bukan bandung aja yang punya bronis amanda].. rawon paling enak itu di stasiun gubeng, tapi udah lama ga kesana..

  18. aku paling suka foto yg di pojokan jl coklat itu. Eksotik sekali, Noniiii…! ๐Ÿ™‚
    Btw, ini apa2an sih, nge-review surabaya segalaaaaa..? Kan udah kucalonkan jadi duta pariwisata medan, lha kok skrg kayaknya ngincer duta Surabaya jugaaaa….? ๐Ÿ˜†

      • Huahaha., iyalah, jadi duta Indonesia sekalian, biar sempurna… ๐Ÿ™‚
        Liat foto itu aku langsung ngebayangin kamu foto di Braga, loh… Eh, pernah ke Bandung, kan? Kemana ajaaa? Ayo posting jg dong…. ๐Ÿ™‚

      • Ke bandung udh beberapa kali tp yah cuman gitu2 aja. Belanja, makan, ke the valley, kampung daun, selasar sunaryo emmm ke mall hihi sama paris van java. Terakhir aku ke bdg taon 2010 ama ortu nemenin mrk reunian hihi. Belon ke bdg lg fit, padahal pengen ngajak matt jg main. Dia belon pernah soalnya, br nyampe bogor doang hihi

  19. Untung kota Malangnya dibilang cantik ๐Ÿ™‚ hihihi.
    Aku juga kadang rindu Surabaya, keingetan pas kerja di Psr. Atom, tiap pagi beli bakso kering yang asli wenak bangeeet!
    Trus makan malam di kafรฉ (lupa namanya) di depan Unair yang di pojokan dan terkenal itu, yang porsinya jumbo banget. Makan gorengan di daerah Ngagel. Jalan- jalan malam sambil ngeliatin cewek2 jual diri ๐Ÿ™‚
    Dirimu bikin aku kangen sodara ( ketemu gede) Non ๐Ÿ˜ฆ *mewekjuga*

  20. Dan aku aku aku menyesalllll 5 tahun tinggal di dataran Jawa tapi gak nyempetin diri keliling kota-kota besar di Pulau Jawa, termasuk Surabaya. Padahal tampaknya seru kan yah main-main ke Surabaya. ๐Ÿ˜ฆ

    • Liaa…………kamu ngapain aja 5 taonnnnnn?? aduhh koq gak dipake jalan2 hauhauahaha. Haduhh aku pas begitu nyampe surbayaa, satu minggu berikutnya udah ke pulau sempu hahaha. Kerjaan aku begitu ada duit langsung pergi entah kemana2. makanya begitu resign aku gak punya apa2 kecuali rumah uhuhahaha.

      • huhuhuhuhu iyaaaa dan aku menyesalll sekarang ๐Ÿ˜ฅ 5 taon dihabiskan untuk kuliah, cuma sempat travelling ke UK alias Ujung Kulon aja sama Garut dan sekitarnya. Jogja Semarang udah, tapi ke Bromo, Sempu, Malang, dsb dsb itu belum pernaaaah ๐Ÿ˜ฅ

  21. TIap kali membaca orang menuliskan artikel tentang yang Nomer 11 …

    Saya langsung merinding … !!!
    Saya pernah kerja di situ …
    Ya … di lantai dua gedung itu … tahun 1991

    Salam saya

    • ommmmmmmmmmmmmm temen aku kan pernah motret aku tuh di sofa, ehhh dia bilang pas dia liat kameranya ada orang duduk di sebelah aku, tapi aku gak tau hahaha. dianya pucat pasi dan minta2 pulang. aku sih belon pernah liat yang aneh2 dan mudah2an gak pernah. lantai 2 gedung yg mana nih om? yg dijadiin museum ya?

  22. Aku dari surabaya loh, kangen bangeeet bangetan sama makanannya apalagi sama bu kris, soto ambengan dan nasi buk madura (pernah cobain ga ini).

  23. betuul bgt,,,saya suka petisnya mbx,,,uwennak buangettt,,,kangen sama gorengan sebelah TP,,waaaaahhh,,mbaca tulisan ini langsung sedih campur kangen saia,,,,hu,,hu,,hu,,kenangan yg tak terlupakan,bnyak teman2 tercinta plus mantan pacar disana ;D ha,,ha,,ha,,

  24. Aq k surby cm buat transit peswt. Pernah dr bndr mau k smrg pke bus, duh org2 di terminal ngeri2 deh

    Btw ttg mall, td pgi sempet posting ttg mall jg. Pdhl blm bca lengkap jurnal mb yg ini
    Bru liat feed nya aja td ๐Ÿ™‚

    Sptmbr ntar aq pindah papua, blm apa2 sdh kangen smrg. Soalnya skrg smrg bny berubah bgus2

  25. Noni khatam bener ya…..
    yang pendopo buat nari itu cak Durasim bukan?
    aku ini lahir dan kerja di Surabaya tapi lama tinggal di Sidoarjo, pun malas pula…..gak tau apa-apa…..wkwkwkwk

  26. ah baca ini saya jadi kangen ke Surabaya mbak,,,
    apalagi walau udah pernah lama tinggal di sana belum pernah jelajah kota tuanya x_x
    oia mbak, kalo jelajah ke pecinan gitu, komunitasnya suka bikin tur atau gimana mbak?
    makasi sebelumnya ^^

  27. Aaaakkk.. Surabaya! ish..ish..ish.. Surabaya paling inget…. mimisan saking panasnya. Hahahaha.. Dan kulinernya yg ajib gilak! Sama kayak dirimu mbak, aku suka banget di HOS. Selain itu suka juga nongki2, diskusi sok keminter di C2O nyaamaaaan banget. di Sby aku ketemu banyak ‘keluarga’.. aaakk.. jadi kangen :’)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s