Behind the Scene Pembuatan Podcast


Gak mau ketinggalan tentunya sekarang saya juga punya Podcast haha. Linknya bisa dicek di bawah sini ya

Nah, kali ini saya mau ngomongin gimana sih proses pembuatan Podcast ini. Sebenarnya semua alat-alat untuk bikin Podcast ini sudah lama ada di rumah. Microphone-nya saya sudah dapat sejak Natal tahun lalu karena dikasih sebagai hadiah Natal dari ibunya Matt yang sudah denger saya pengen bikin Podcast sejak 2 tahun lalu tapi niat doang huaha.

Sama seperti jaman saya siaran dulu yang paling males nyiapin script kali ini sama aja padahal bikin script itu penting banget supaya gak lari-lari dan kebanyakan ahhh….uh….oh….haha. Beda kalau siaran berdua karena biasanya bisa tek tok kan sama lawannya apalagi kalau udah nyambung. Kalau sendirian itu sebaiknya sih pake script biar gak kemana-mana dan gak jelas hehe. Teorinya sih begitu tapi prakteknya saya emang males lah nyiapin script. Main langsung-langsung aja haha.

Biasanya saya suka rekaman sore atau malam hari karena jalanan di komplek jauh lebih sepi. Saya menggunakan microphone Samson USB Go Mic yang kalau di US harganya sekitar 50 dollar + Tax. Di E-commerce saya sempet cek harganya sekitar 700.000 rupiah.

Sementara untuk applikasi editing dan recording saya menggunakan Anchor yang sangat mudah digunakan. Paling seru juga bisa rekaman berdua dengan teman langsung menggunakan applikasi ini yang ada di Hape. Salah satu rekaman berdua dengan teman saya Vinny yang ada di atas. Semuanya saya proses di Hape (untuk rekaman) dan editing di hape menggunakan aplikasi Anchor.

Anchor juga mudah banget karena si aplikasi ini sendiri yang mendistribusikan rekaman kita di beberapa platform kayak Spotify, Apple Podcast, Anchor sendiri dan lain-lain. Biasanya saya lebih sering share yang di Spotify karena bisa langsung di share di IG hehe.

Nah, buat kamu yang penasaran pengen bikin Podcast juga cobain deh, gampang koq dan seru juga walau yah…..mungkin gak banyak yang dengerin tapi seruu aja haha.

10 comments

  1. Mbaa,
    Aku baru denger nih podcast-nya.
    Dan aku semales semager itu buat ganti password. huhuhu πŸ˜”πŸ˜”
    Btw, tau data bocor yang sampe 6 taunya darimana mba?

    PS. duh, suaranya mbaaa ~ berasa didongengin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s