Konsultasi Kesehatan di Halodoc


Sejak Covid-19 ini saya tambah takut dan khawatir banget kalau sakit. Apalagi tiap bulan pasti kesakitan karena mens dan pas mens itu biasanya saya juga jadi lumayan gampang sakit. Misalnya sakit flu, batuk, sakit tenggorokan atau bahkan maag yang tiba-tiba ikutan ambil bagian. Terkadang pas mens saya juga ngerasain gigi lebih sakit atau kepala yang kayaknya muter trus. Pokoknya pas mens itu saya ngerasa lebih aman kalau bisa nanya-nanya dokter terutama masa-masa sekarang ini karena kita sendiri juga disarankan tidak pergi ke dokter kan.

Coba deh siapa yang sekarang-sekarang ini kalau lagi ngerasain beberapa tanda-tanda sakit flu atau demam langsung khawatir banget dan dikait-kaitkan dengan Corona Virus haha. Saya sih iya. Sejak bulan Januari lalu sebenarnya saya sudah mulai gak keluar-keluar rumah karena setelah pulang dari US saya sempat flu dan batuk sekitar 3 minggu. Matt lebih lama lagi sekitar 4 mingguan. Dia bahkan sempet pulang ke rumah dari kantor setengah hari karena lemes dan langsung tidur semalaman.

Akhir Februari menjelang Maret dan berita-berita mengenai Corona Virus makin santer saya langsung gak mau keluar kecuali penting banget seperti belanja, ke rumah orang tua, atau kalaupun keluar brunch biasanya cuma sebentar langsung pulang ke rumah. Intinya saya sudah males keluar rumah karena emang khawatir juga mengingat selama beberapa tahun ini setiap kali pulang dari US pasti saya dapat flu dan sembuhnya lama banget. Bisa 2-3 minggu baru sembuh.

Masuk bulan Maret dan Indonesia sudah ada pasien Covid-19 langsung deh hidup tambah berubah lagi haha. Matt harus kerja di rumah (dia sudah WFH sejak kami pulang dari Kuala Lumpur 4 hari) , belanja pun lebih direncanakan. Yang tadinya saya suka berlama-lama di Supermarket sekarang semuanya harus dilakukan dengan cepat dan penuh perencanaan. Jadi sekarang di atas meja makan diletakkin catatan buat nulis apa aja yang kita perlu supaya gak ketinggalan pas belanja karena hanya boleh 1 kali belanja sekarang ini hehe. Lumayan sih dengan cara seperti ini kita jarang kelupaan karena begitu tau ada yang kurang langsung ditulis. Menu pun sudah dipikirkan untuk satu minggu dan sebelum berangkat belanja biasanya harus cek ulang isi kulkas apa aja yang harus dibeli.

Tapi saya sempet di bulan Maret itu mengalami perasaaan khawatir yang lumayan tinggi kalau berada di luar. Misalnya lagi belanja trus begitu sampai di rumah saya ngerasa kayak sakit kepala, demam atau batuk-batuk. Sempet juga ngerasa paranoid kalau ngeliat kerumunan. Intinya saya jadi ngerasa sering sakit haha. Padahal gak lagi sakit. Ibu saya pun sempet ngerasa hal yang sama. Bahkan dia sempet ngerasa sesak nafas setelah pulang belanja dari warung. Makanya sekarang beneran deh, mending orang tua jangan keluar-keluar lagi. Saya juga kasih tau gak usah terlalu banyak nonton tv atau baca informasi dari WA haha.

Tapi……kalau misalnya kita bukan cuma ngerasa sakit tapi beneran sakit kayak batuk atau meriang-meriang atau sakit gigi, sakit kulit pokoknya apapun lah ya tapi kan saat ini disarankan tidak ke rumah sakit atau ke praktek dokter saya rasa kita bisa menggunakan jasa Halodoc. Apalagi kalau kita ngerasa koq ada gejala yang mirip dengan Covid-19 tapi mau tanya-tanya ke dokter dulu.

Di Halodoc kita bisa tanya apapun mengenai kesehatan. Caranya pun gampang karena bisa dilakukan secara online. Kita hanya perlu buka websitenya atau applikasinya. Pilih dokter yang kita mau, lalu mulai konsultasi yang tentunya dikenain biaya yang cukup murah sebenarnya dan bisa dibayarkan melalui GoPay atau kartu kredit.

Selanjutnya dokter akan memberikan penjelasan dan jika memang diperlukan pengobatan atau mengkonsumsi obat, kita juga bisa pesan langsung lewat applikasi Halodoc yang nantinya obatnya dianterin langsung ke rumah (bayar tapinya haha). So, kalau semisalnya kamu ngerasa meriang-meriang atau ngerasa kenapa koq ada gejala Covid-19 dan khawatir terkena Virus Corona coba deh hubungi dulu Halodoc untuk konsultasi.

Menurut saya cara seperti ini paling aman untuk saat ini karena kita pasti gak mau menuh-menuhin rumah sakit apalagi kalau hanya sakit-sakit ringan yang masih bisa diatasi dengan konsultasi virtual saja.

Ada yang sudah pernah mencoba konsultasi di Halodoc?

17 comments

  1. Aku belum pernah mba hehe, mau coba konsultasi tapi ada yg berbayar dan free ya? pake Halodoc waktu suami sakit trus gak mau antri jadi obatnya di urus dari mba2 Halodoc yg di RS hehehe.

  2. aku juga sempet parno mbak kalo abis belanja dari supermarket. Pulang-pulang berasa sakit XD
    aku belum pernah nyobain halodoc ini.

  3. Aku suka banget pake Halodoc karena gampang banget kalo mau konsultasi kesehatan. Cuman dulu sempat konsultasi sama 3 dokter berbeda dan pernah didiagnosa yang berbeda-beda juga. Jadi biar makin yakin, akhirnya pergi ke dokter beneran buat tau kondisi kesehatan sendiri. Namun jujur, aplikasi ini super membantu, sih.Apalagi bisa pesen obat juga. 😀

  4. Ada tantangan bener buat RS saat ini juga, untuk tetap siap buat kemungkinan bkl ada tambahan pasien COVID, padahal masih belum ada (setidaknya di RS anak kami di CA). . Biar melindungi pekerja kesehatan dan pasien2 juga, kebanyakan klinik tertutup, dan banyak spesialis lagi coba bersambung sama Telemedicine kayak Halodoc gitu. Tapi saat ini, berkali-kali ada yg gak mau ke dokter dan RS walau 8terkena sakit, trus pas akhirnya nyampe udah terkena lebih gawat dan harus dimasuki ICU. Meskipun, di RS kita (iaitu RS anak), belum ada bahkan satu pasien aja sama COVID. Kami lagi nunggu…dan sementara itu semua spesialis gak sibuk, RS setengah penuh aja, dsb…

  5. hai kak noniiik~ long time no see~
    masih inget aku ga yaaa hehehe

    aku sering pake halodoc, it works disaat pandemic dan anxious banget kalo harus ke rumah sakit 😦

      • iyaaa beberapa pernah coba, untuk sakit yang masih ringan sih emang works banget dan enaknya udah bisa langsung beli obat dan dianterin pake gojek hehe. rebahan ku makin paripurna. haha

        baik baik kaa. terakhir posting tahun 2018. aku hiatus sangant lamaaa hehe.
        senangnya kak nonik masih inget akuu haha.
        nice to meet you kak nonik!

  6. iyaaa beberapa pernah coba, untuk sakit yang masih ringan sih emang works banget dan enaknya udah bisa langsung beli obat dan dianterin pake gojek hehe. rebahan ku makin paripurna. haha

    baik baik kaa. terakhir posting tahun 2018. aku hiatus sangant lamaaa hehe.
    senangnya kak nonik masih inget akuu haha.
    nice to meet you kak nonik!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s