Tempat Pelelangan Ikan – Percut


Ikan panggang
Ikan panggang

Siapa yang pernah pergi ke tempat pelelangan ikan?

Sejak saya suka bepergian ke daerah-daerah pantai, biasanya tempat-tempat penjualan ikan gampang banget ditemuin. Dari beberapa lokasi yang udah saya datangi, hampir keseluruhannya mirip-mirip. Bau amis ikan (kadang-kadang gak terlalu berbau karena semuanya segar), suara bising dari knalpot kapal, orang-orang hilir mudik dengan cepat, suara tawar menawar, warung-warung seafood sederhana yang dibawah lantainya terkadang dipenuhi sampah dan rata-rata kalau pesan teh manis pasti gulanya banyak banget.

Konon kenapa orang Indonesia selalu ngasih gula banyak didalam teh manis karena takut dikirain pelit. Entah bener atau enggak tapi buat saya mending pesan teh pahit daripada jatoh-jatohnya teh penuh gula yang datang.

Hari minggu lalu setelah Birdwatching (birding) kita mampir ke TPI (tempat pelelangan ikan) di desa Bagan Percut – Percut Sei Tuan. Seru, sih, sebenarnya. Kalau saya bawa ibu saya pasti dia girang banget dan pulang dengan banyak ikan, udang atau kepiting. Kita datang cuman buat foto-foto doang hehe. Mau makan siang di resto-resto pinggir sungainya semua menolak dengan alasan pasti kita bakalan nambahin sampah lagi di muara/laut. So……..cuman foto-foto aja, deh.

Di tempat ini rame banget. Jam 12 siang sewaktu kita di tempat ini, parkiran penuh sesak, orang hilir mudik, mobil-mobil keluar masuk. Pokoknya penuh. Dari yang mulai belanja cuman 1 kg sampai ngeborong semuanya. Harganya sendiri menurut saya…….emmm kurang tau haha. Gak nanyain tapi menurut double G , koq mahal, ya πŸ™‚

Buat yang pengen buka restoran seafood di Medan atau belanja seafood atau pengen makan seafood yang segar, kayaknya tempat ini boleh dicoba. Cuman 1,5 jam koq dari Medan (tergantung macet).

Siapa yang pernah ke TPI? ketemu apa aja disana?

Kepiting atau rajungan?
Kepiting atau rajungan?
Beberapa nelayan yang ngaso sekalian melihat dagangannya
Beberapa nelayan yang ngaso sekalian melihat dagangannya
Katanya anak lobster. Jualnya sambil disusun rapih gini
Katanya anak lobster. Jualnya sambil disusun rapih gini
Ibu ini mukanya koq putih banget ya?
Ibu ini mukanya koq putih banget ya, pake apa coba?
Udang dan udang
Udang dan udang
:)
πŸ™‚
Ikan Lidah? yang biasa buat ikan asin, kan ya?
Ikan Lidah? yang biasa buat ikan asin, kan ya?

IMG_1622

Dalam satu jaring bisa ketangkep macem2.
Dalam satu jaring bisa ketangkep macem2.
Pak Haji
Pak Haji
Anak2 juga ikutan jualan loh
Anak2 juga ikutan jualan loh
Kepiting, arghh pengen bawa pulang tapi siapa yang masak?
Kepiting, arghh pengen bawa pulang tapi siapa yang masak?
Ikan, kepiting dan banyak lagi
Ikan, kepiting dan banyak lagi
Blankas
Blankas
Lupa namanya apa tapi kata si Matt, enak banget
Lupa namanya apa tapi kata si Matt, enak banget
kerang bulu yang enak banget kalau di rendang. Nyokap paling jago bikinnya (pujilah masakan ibumu hanya dimejanya aja, Non hehe)
kerang bulu yang enak banget kalau di rendang. Nyokap paling jago bikinnya (pujilah masakan ibumu hanya dimejanya aja, Non hehe)
Advertisements

115 comments

  1. Aku sering ke TPI, Mbak karena dulu pernah terlibat riset dengan para nelayan. Yang menarik, pas aku ke TPI Palabuhan Ratu dong…ada yg jual baby hiu 25rebu aja 😦
    Katanya bagus untuk ibu hamil. Hadeh!

  2. Hahahha, Non, penting banget ya pengen tau muka putih ibu itu pakai apa hihihi

    Aku penyuka laut dan isi didalamnya karena aku dibesarkan dipesisir, tidak jauh dari pelelangan ikan di Situbondo. Jadi aku doyaann banget sama makanan laut

  3. Yang katanya baby lobster nampaknya bukan deh… Soalnya besarnya emang segitu. Namanya juga kurang tahu ya, tapi biasanya suka dipercaya bisa mengobati anak yang suka ngompol, makanya suka disebut udang ompol. Daging seemprit aja… Banyakan cangkangnya… Perjuangan ini baik kalo mau masak maupun makan…

    Soal kepiting atau rajungan, yang foto paling atas itu rajungan… Beda dicapit sama warna kulit. Kalo kepiting capitnya bisa menggemuk macam Matt (loh?), rajungan sih bakal kurus semampai aja… Kepiting cangkangnya biasa merah atau kehitam-hitaman… sedang rajungan biru biru (lebam habis di-KDRT sama kepiting #nahloh?)

    TPI bukannya stasiun TV ya? Hahaha…. Btw, ingat kolesterol nih kalo belanja2 seafood… Hihihi….

  4. di Sibolga juga ada TPI kak, kl siang2 ya baunya nguap kemana-mana ganggu banget hahahaa. anak lobster nya itu kayaknya enak banget ya *ngences

  5. Aaaaa….. Fresh seafooood! Foto-fotomu menggoda saya sekali kakak… Hahaha..
    Saya sudah pernah ke TPI beberapa kali *ngacungjaritelunjuk*.
    Ketemu dengan para nelayan yang baru pulang dari laut dan para penjualnya.
    And tentunya, dengan penjual otak-otak juga πŸ˜€

  6. jam 11.11 menit. Langsung lihat gambar ikan masih diatas bara. Membuatku makin kelaparan saja Non.
    Saya pernah ke TPI, waktu itu sama teman-teman kantor. Berhubung saat ke sana masih lajang dan tinggal di rumah kost, jadinya ya cuma lihat-lihat aja. Nggak beli, lha wong saat itu belum bisa masak πŸ™‚

  7. Blankas apaan sih mb? Baru denger n baru liat. Bentuknya aneh gt ya.

    Tp beda daerah, kyknya ikannya beda2 juga ya. Klo yg di makassar n daerah lain disulsel yg g ak liat gmbrnya diatas, ada ikan mairo (ini enak digoreng kayak rempeyek), telur ikan terbang, lawi-lawi (sejenis rumput laut krenyes2), aplg ya lupa saking byknya hahaha

  8. Aku pernah Kak ke Muara Angke, iseng pengen coba makan langsung di warung (yang penampakannya) sederhana, karena yang ada dipikiran “pasti murah”. Aku pesan kerang dara yang harga di menu 25ribu, nasi, sama teh manis. Begitu selesai makan dan minta bill, ternyata di billnya ada biaya masaknya 25ribu (diluar harga kerang yg 25ribu di menu), dan biaya “duduk” per orang 10ribu. Setelah itu agak kapok juga sih makan di pelelangan ikan gitu.

  9. knp di bilang nyampah yahh kalo makan disana? jadi ga ada yg boleh makan disana atau gimana? haha.. ranjungan itu apa sih? baru tauu ada hewan dngn nama itu. haha..

  10. aa jadi pengen seafod..menggoda sekalii πŸ˜€
    itu ga beli sama sekali..ga kegoda Non? aku terakhir ke pasan ikan ga beli apa2 πŸ˜›

  11. fotonya keren keren non, aku belum pernah ke TPI, tapi kayaknya gak akan pernah ke TPI kalo gak kepaksa banget, karna aku gak kuat ama bau bau an….dan sampah2 gitu….*edisi sok princess yaa πŸ˜› *

  12. Aku cinta banget ama rajungan, zamaan aku kecil tuch emak suka ngerebus rajungan trus di makan sama sambel jeruk nipis + nasi panas dan itu nikmeh banget πŸ™‚
    Btw ibu nya pasti pake tulji hahahha

  13. Seriing ke TPI.. kebetulan rumah mamaku gak terlalu jauh dari TPI.. kmu pernah gak non ksana?.. tempatnya kece buat foto2an.. d deket terminal lama bandara juanda.

  14. Wah asyik banget tuh ikan, kepiting dan udang. Kita selalu bela2in drive more than 12 hours ke Gulf of Mexico untuk makan di resto fave hubby. Cuman mahal sih kalau makan sea food disini. Meskipun enak tapi beda lah yaw ama sea foods di Indo. Pengolahannya beda. Disini lebih banyak dimasak dengan butter dan garlic. Enak sih enak. Cuman yg namanya sea food di Indo tuh nikmat banget deh sama sambel nya itu. Hubby demen sih sama seafood di Bali.

  15. Aku pernah ikut Mbak, tapi yang di pajak deket Cemara Asri. Biasanya Mama sukak belik ikan tongkol, salmon, cumi ya di situ. Lumayan seger-seger lah.. Baunya emang ngga nahan, tapi ngebayangin pas uda dimasak kan enak banget. Hahah.. πŸ˜€

  16. Woow menggairahkan ikan ikannya… ditempat saya sekarang jangankan ikan segar, kayak sarden yang dalam kemasan kaleng saja harganya selangit. Kasihan orang orang disini gak bisa menikmati ikan segar kayak di Indonesia 😦

  17. Saya pernah ikut studi kesana kak dari kampus, itu bukan anak lobter la katanya, sejenisan udang juga. Kami ikut nelayannya ngejaring ikan di laut. Tapi sayang banyak yang kecil-kecil ketangkap juga. 😦 #salahkanjaringnya. Tapi kami sempat makan disana lho. Ikan sembilang kalo ga salah namanya. Plus teh manis xtra gula. Hehehe.

  18. thxs sudah berkunjung ke desa kami, kalau hasil lautnya masih banyak lagi yg belum anda lihat, dan kami mohon maaf bila ada sambutan warga di lingkungan TPI yg kurang berkenan dihati, kami berusaha utk ramah terhadap pengunjung yg datang… kedepan kami akan memperbaikinya, jgn bosan datang ke TPI bagan percut ya…? ajak teman2 nya kami akan menyambut kedatangan anda… thxs

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s