Permohonan Visa


Pixabay
Pixabay

Oh Visa…..

Jadi sebenarnya saya sudah beberapa kali mengajukan permohonan visa. Paling deg-deg’an itu visa Amerika. Apalagi pas pengajuan pas saya juga udah gak kerja lagi. Bawaanya agak-agak gak percaya diri. Ditambah baca banyak sekali forum yang bilang pengajuan visa ini horor banget. Pokoknya paling mengerikan lah.

Saking ngerihnya pas pengajuan visa US saya sampai bawa-bawa surat tanah, rumah, asuransi, surat mobil dll. Entah untuk apa (soalnya yang saya baca di forum kalau ada surat2 untuk asset kita bawa aja) itu surat-surat karena dokumen saya yang diminta persis sama kayak yang di website ditambah photocopy buku nikah dan mereka cuman baca surat dari kantornya si Matt. Abis itu dibalikin lagi. Untuk sementara ini pengajuan visa Amerika menurut saya paling efisien, karena emang saya keluar duit hampir 5 juta dulu tapi visa berlaku 5 tahun, jadi bisa bolak balik.

Selanjutnya Jepang. Karena saya tidak punya E-passport jadi harus ngurus visa juga. Pengurusannya sebenarnya tidak terlalu susah karena kebetulan ada kantor konsulatnya di Medan. Jadi saya bawa semua dokumen yang diminta trus mereka check, kasih tau 3 hari saya bisa ambil passpor dan bayar. Lumayan gampang. Pas passport nya kelar saya pun diingatkan buat ngambil trus dikasih tau kalau sudah di approve hehe.

Schengen Visa……nah ini baru-baru aja ngurusnya. Saya pikir sebenarnya setiap konsulat/Embassy punya ketentuan sendiri-sendiri walau rata-rata persyaratannya sama. Abisnya saya misalnya bawa dokumen seperti yang diminta di website trus pas datang ibu di konsulat bilang mereka perlu photocopy Kitas nya si Matt. Sementara konsulat yang lain gak minta bahkan gak nanyain. Makanya setiap kali ngurus visa saya bawa banyak sekali dokumen daripada bolak balik. Kalau di Medan sih oklah gpp ya, lah kalau saya harus ke Jakarta baruuuuu deg-deg’an takut ada dokumen yang tidak terbawa tapi mereka perlu.

Untuk permohoan visa ini saya paling gak demen pas masa-masa menunggu. Pas Schengen sih saya lebih santai daripada permohonan visa US tapi bukan berarti saya gak mengalami satu dua hari senewen memikirkan kemungkinan gak di approve. Rada-rada deg-deg’an juga karena rata-rata setiap pengajuan visa kita juga udah beli tiket pesawat. Kalau gak disetujui kan serem ya kalau harus dibatalin tiketnya (kena denda atau hangus).

3 minggu lalu temen si Matt yang uring-uringan karena istrinya lagi ngurus visa juga. Dia takut aja gak di approve sementara mereka udah beli tiket. Trus pas pengajuan visa ehhh yang diambil buku tabungan si istri bukan suami, padahal ditulis kalau perjalanan mereka yang bayarin suaminya. Alhamdullilah akhirnya si visa yang ditunggu-tunggu muncul juga.

Pas masa-masa ngurus visa dan nungguin visa inilah saya sering kali cemburu dengan Matt. Dia kayaknya santai banget karena gak harus urus apa-apa. Dia sempet mau ke NL bulan Oktober, ngasih taunya sekitar 2 minggu sebelum hari dia mau pergi. Saya langsung bete karena kalau dari Medan kan ngurusnya harus 3 minggu. Makanya pas ke NL kemaren kita undurin sampai November hehe.

Kemaren saya ngobrol dengan seorang kenalan blogger juga. Dia juga suka jalan-jalan dan lagi mau buat visa US. Jadi kita WA-WA ‘an karena dia lagi mau ngurus visa . Secara dia juga udah ngurus visa berkali-kali ternyata masih deg-deg’an juga dan katanya dia paling gugup harus ngurus yang US. Takut gak di approve. Kita berdua setuju mau kayak apapun dan sesering apapun ngurus visa ke negara lain tetep aja yang namanya khawatir gak disetujui itu bakalan tetep ada πŸ™‚

Bagaimana dengan kamu?

Advertisements

87 comments

  1. Selalu, mau negara manapun selalu deg-deg-an sebenernya. Punya paspor Indonesia ya kayak gitu memang, bikin stres tapi bisa dinikamti ujungnya. USA emang ribet, kalau apply visa dari Belanda sih gak perlu pake slip gaji atau bank-account segala. Sempet kejadian lagi apply visa di US Consulate di Amsterdam dan ternyata gak ngebolehin bawa barang elektronik segala lagi padahal lg bawa kamera dan hp – udah pernah cerita di blog lah soal ini – itu bikin deg-deg-an kelas berat, untung saling bantu sesama org yg apply visa ke US juga. Setidaknya org-org di Konsulat US Amsterdam ramah-ramah walaupun strict bgt.
    Sejauh ini yg paling ngeselin dengan pengalaman bener-bener bikin sewot ya aplikasi visa ke Inggris…bikin gemes.

    • Salam kenal, Indah.. Dan permisi mau langsung nimbrung.. Cuma mau bilang.. Setujuuuuuu.., visa Inggris sejauh ini yg paling menyebalkan! Berat badanku sampe turun 2 kilo gara-gara stres mikirin..hahaha.., padahal gak ada apa-apa sih, dan disetujui juga permohonannya..πŸ˜„

    • Iyaa! Apply visa US di Amsterdam memang lebih capek ngurusin melewati pemeriksaan barang elektroniknya itu ya daripada interview-nya sendiri (yang cuma 3 menit doang, hahaha πŸ˜† ).

      Visa Inggris memang lebih ngeselin soalnya habis lebih banyak daripada visa US dan berlakunya cuma sebentar pula, hahaha πŸ˜† . Plus, proses aplikasinya juga lebih lama daripada visa US…

      • Zi, aku ngurus Schengen Visa cuman dikasih 1 bulan huhu. 2 kali ngurus tetep aja 1 bulan juga. Visa US walau mahal tapi langsung 5 tahun, jadi lebih murah deh jatohnya.

    • visa Inggris kenapa mba Ind?

      Bahkan ya mba, pas aku bikin online visa untuk ke Srilanka aja aku pake acara deg2an juga aha. Jadi kayaknya emang mau visa apapun tetep aja lah aku khawatir nih.

      Yang konsulat uS kayaknya sama ya dimana2. Di Jakarta juga gitu, bahkan suami juga gak boleh ikutan padahal orang US juga. Matt pun pas ngurus dokumen di kedutaanya aja mesti buat janji, kalau gak punya janji disuruh pulang. tega deh hahaha.

  2. Kemaren2 sblm pake hijab ini sih pede bgt apply visa..hahaha apalagi visa US udh pernah punya. Cuma kmrn pas apply visa Oz yg trakhir kmrn itu deg2an karena paspor baru ganti, blank..trus berhijab trus suami jenggotan..hahaha seyeeem takut disangka gimana2..untung lolos.
    Aku sbnrnya lebih parno kalo di konter imigrasi pas masuk negara drpd pas urus visa sih..kyknya lebih horor karena pernah udh sampe sydney dan Los angeles dulu ditahan imigrasi ditanya2in lebih dari sejam..haduuw

    • Vari, aku juga kalau ganti paspor itu bawaannya deg2an deh. Ini mau ganti nih taon ini. eh tapi kan walaupun ganti track record kita udah kemana aja masih disimpan kan ya?

      Mudah2an jangan sampai deh aku di tahan hhe, serem aja ditanya2in

  3. Aku belum pernah ngurus visa mbak Noni πŸ™ˆ. Jalan jalannya masih sekitaran Indonesia aja :)) . Tapi suka serem kalau denger cerita ditolak visa kalau ke luar negeri πŸ™ˆπŸ™ˆ

  4. Kak non maaf mu tanya. Kak non kan mertua nya di US ya ? Kalo kaya gt kemungkinan visa approval nya lebih besar ya ? Kan bisa pake surat sponsor ? Atau belum tentu ?
    Makasi banyak kak non info nya

  5. Aku sih belum pernah ngerasain ngurus visa. Hahaha keadaan aku sekarang kayaknya lebih deg2an kalo mau minta ijin cuti deh πŸ˜€

  6. Aih, sampe sekarang belom pernah euy ngurus visa. Huehehehe. Gak kebayang kapan mau ngurus visa. Semoga bisa secepatnya.. Nanti saya WA bole ya Mbak Non? πŸ˜†

  7. Karena aku domisilinya beda, mungkin pengalamanku kurang relevan ya. Secara aku jadi residen EU, jadi traveling ke negara Schengen bebas visa kecuali negara non Schengen tentunya macam UK & Ireland.

    Pernah apply visa US (masih valid sampai sekarang) cuman 1 hari jadi, jadi tidak seseram yang dibayangkan, mungkin akan lebih susah kalau pemohonnya tinggal di Indonesia daripada pemohon yang punya PR sini (btw kalau tidak punya PR sini, apply nya harus dari negara asal, males ga tuh harus balik ke Indonesia hanya u/ apply visa? US emang nyebelin sih.

    Apply visa Jepang juga, 1 hari jadi, tapi itu juga setelah Jepang bikin kebijakan bebas visa u/ e-passpor, jadi mungkin memang dimudahkan. Setelahnya itu agak2 males kalau harus traveling ke negara2 yang perlu visa, karena udah biasa mau ke kota Eropa lainnya tinggal angkat koper.

    • Kayaknya pengalaman permohonan visa ini emang beda2 ya Ev. Aku malah ngerasa US gak ngerepotin sama sekali karena setelah kelar passpor bisa dikirim lewat kurir jadi gak sibuk nyari orang buat ngambil atau bantuin kirim. Udah gitu langsung dikasih tau disetujui atau gak dan berlaku 5 tahun. Visa yang laennya aku punya cuman berlaku sebulan2 jadi sedih karena lumayan mahal juga huhuhu. yah suka duka traveling sih ya salah satunya emang pengajuan visa hahaha.

      iya ya kalau punya PR disana lumayan enak ya Ev, mau pergi tinggal angkat koper aja kayak kata kamu. COba kita ke Eropa mesti ke Jakarta dulu dehhh huhu

      • Mungkin karena kamu menikah dengan WN US, Non jadi mau ga mau kan ya pasti kesana menjenguk orang tua / family etc, jadi dimudahkan daripada orang2 yang cuman berangkat plesiran

  8. Aku ga pernah ngurusin visa diri sendiri tapi selalu ngurusin visa buat boss hahaha. Selama ini sih karena duit boss banyak juga kali ya, jadinya ngurusin visa termasuk lumayan simpel dan kayaknya dapet2 aja huahahah. Kalo kayak aku mah, baru liat buku tabungan aja udah ditendang orang imigrasi kali huahahahah πŸ˜›

  9. aku buat visa schengen tahun lalu Mba, pertama kali deg2an standar, dapett 3 bulan, trus berangkat, eh tau nya pergi lagi pas bulan ke 4 nya, ngeselin yakk haha, tp tetep aja deg2an banget, dokumen di copy 2x semua, padahal mah penjamin sama, semua2 sama dgn yg pertama.. deg2an kaya nunggu dijemput buat dating pertama ya hahahha..

  10. Saya juga selalu deg2an kalo ngurus visa. tahun kemarin urus visa schengen di kedubes italy disini, sehari setelah apply dokumen utk visa ada yg telpon dr kedubes tp ga keangkat. Duh deg2annya kaya apa smbil mikir kalo ditolak gimana ya tiket kereta hotel udah pada dibook. Eh taunya nelpon buat ngabarin kalo visanya uda selse dan bisa diambil hahaha! Ga nyangka berita baik dan cepet bgt malah bikin parno πŸ˜›

  11. so far, aku jg lancar2 aja kalo apply visa… schengen, visa bulgaria, visa serbia, visa china apalagi gampang bgt ;p… tp yg paling deg degan apply pas schengen sih.. alhamdulillah lolos πŸ˜‰ Kita applynya dari kedutaan Jerman waktu itu, dan staf2nya jutek -__-. Utk nextnya, mau aplly visa jepang dan korea nih mba.. ada yg bilang, kalo kita punya visa jepang, sbnrnya ga perlu apply visa korea lagi.. yg ptg ada tiket pulang dr korea k negara asal.. dan memang bener sih, di website kedutaannya juga ditulis gitu.. tapiiii ttp aja smua trgantung imigrasi di sana ntr… masalahnya kita ampe 10 org ntr kesana… aku takutnya ditolak , makanya gpp deh ttp apply visa korea sekalian

  12. Hahaha, yang namanya apply visa pasti ada deg-degannya ya Non. Tapi entah kenapa aku selalu positif sih bakal di-approve, hahaha πŸ˜€ . Apalagi denger2 (katanya lhooo), kalau sudah pernah dapat visa sakti gitu proses aplikasi visa selanjutnya bakal cenderung relatif lebih lancar, hahaha πŸ˜† .

    Visa US aku dapat dalam waktu seminggu Non. Visa Jepang malah cuma 3 jam aja, ahahaha πŸ˜† .

    • Aku juga ngeset pikiran kalau pasti di approve tapi yah gitu deh tetep aja kadang2 khawatir hahaha.

      Visa sakti itu yang mana ZI?

      Visa US aku selesai dalam 3 hari malahan, cepet banget dan langsung tau kan di approve atau gak. yang laen nih pake masa tunggu jd deg2an.
      Ehhh paspor kamu belon yang EPassport ya?

      • Haha, ya visa-visa dari negara-negara “superpower” itu Non yang sakti πŸ˜› .

        Iya nih pasporku masih paspor biasa, soalnya waktu itu perpanjangan di KBRI Den Haag dan ini masih belum yang E-passport…

  13. Belum pernah apply mba Non. Tapi katanya teman-teman, visa Aussie lagi ribet sekarang ini, apalagi sejak mereka ngeluarin travel warning ke Indo..

    • Soal travel warning aku blm pernah denger ni mba. Menurutku asal kita bisa memastikan kalo kita ga akan overstay dan ada dana cukup tuk berlibur biasanya diapprove πŸ˜„ tapi tetep ya, case org beda2, hoki ga hoki hihi

      • Hai mba. Salam kenal. Soal travel warning tak lihat di koran and berita di TB. Hehe. Ni pas lagi WA sama beberapa teman yang apply visa ke Aussie, pada belum dapat sampai sekarang. Iya hoki hokian ya yang beginian. Hehe

  14. Cuma pernah ngajuin visa waktu mau ke UK. Itu pun visa khusus yg syaratnya lebih gampang. Sama kayak dirimu Non. Bawaannya berkasnya banyak banget ngelibihin dr yg minta. Orang VFS yg ngelayanin aplikasiku juga ngeiyain pas aku kasih dokumen tambahan. Biarmakin lengkap katanya πŸ˜‚. Alhamdulillah sih 2 minggu jadi. Lumayan ngirit ga perlu ke Stockholm 😁

  15. Pertama kali apply visa Aus deg-degan banget di H-1 ambil passport (jaman dulu visa masih ditempel di paspor) ampe ga bisa tidur mba non hahahaha. Pas liat ada tempelan visanya langsung girang ampe pelukan sama mama depan agency nya wkwkwk. Terakhir kemaren apply PR Aussie…so pasti jauh lebih kompleks dan nunggu dikasi tau dapet/ngganya 8 bulan. Lebih ga deg-degan sih karena lama banget ampe lupa, tau2 dapet email granted.

    • Haduh kalau itu kayaknya aku bisa meledak deh:) soalnya biasanya aku ngurus visa 2 bulan sbeelum berangkat jadi punya jeda waktu santai2 hahaha.

      selamat yaa utk PR nya Sya

  16. Aku tatut ngurus visa US! Kemarin sempet mau ikut suami tapi gara-gara harus ngurus visa jadi mundur teratur hiks.
    Eh tapi pas ngurus family permit ke UK juga deg-deg serrr deng, soalnya dari waktu apply sampe paspor balik lama banget (2 minggu😁).
    Dulu pas kerja si lumayan anteng soalnya kan pake paspor biru, jadi kemungkinan visa ditolak lebih kecil hihi.

  17. jadi ingat baca artikel..paspor terkuat no 1 itu paspor jerman..kayaknya asik kemana-mana ga butuh visa…
    jadi ingat temen yg pergi ke inggris buat nonton konser Toto…visanya baru diapproved pas pagi hari..dia berangkatnya malam…
    stress dia heuheu

  18. waah seru mnak non artikelnya! dulu aku denger dari temen yg nikah ma warga US sampe lama g di approve pokoknya ribet katanya. trus denger2 lg visa UK yg paling ribet, nah pengalaman peribadi neh pengajuan visa UK ku di tolak 2x krn memang aku g tau sama sekali dokumeny apa aja yg di perlukan trus ke 3x nya pke lawyer dari UK lgsg dapet visanya dlm 14hari kerja visa turis berlaku 6bulan. dan pas di UK syukur dpt ijin nikah disini jg g rempong, habis nikah lgsg ngurus resident card UK doain lancar dan cepat beres ya mbak…pengen mudik neh ke indonesia tp belum bisa berhubung paspor jg di tahan di home office selama resident card belum kelar.

    • alhamdullilah akhirnya di approve ya πŸ™‚ emang kadang2 tergantung juga sama yang approve hehe. suka gak jelas yang gimana yg diapprove tapi kayaknya selama dokumen lengkap Insya Allah diapprove deh

    • Wah…aku butuh info banyak2 nih buat apply visa UK…aku blm prnah apply visa sm skali. Tp si dear yg di UK udh nanyain mulu kpn mau main ke sana..slama ini dia trs yg dtg ke jkt…huhuu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s