Romantisme Luang Prabang

Wat Xiengthong – Luang Prabang

Sebenarnya saya sudah nulis tentang Luang Prabang dibeberapa postingan tapi kayaknya saya gak pernah cerita perasaan yang saya rasa tiap kali mengingat kota tua ini.

Luang Prabang adalah sebuah kota kecil di Laos yang terkenal dengan bangunan-bangunan tua peninggalan Prancis serta sungai mekong yang mengalir di kota ini. Luang Prabang mungkin agak-agak diluar radar turis Indonesia (mungkin) karena emang gak banyak penerbangan juga ke sini plus kayaknya kalau Asteng orang-orang lebih seneng ke Cambodia, Bangkok atau Vietnam. Jadilah Laos ini agak terlupakan.

Luang Prabang beneran kecil banget. Sehari pun sudah semuanya bisa dikelilingi tapi saya butuh 6 hari 5 malam untuk tinggal di kota ini haha. Kami tiba sore hari. Sepanjang jalan saya melihat hampir seluruh rumah terlihat menyiapkan bunga-bungaan. Mungkin ada festival dan saya sudah ceritakan di sini.

Perasaan jatuh cinta tiba-tiba muncul ketika mobil taxi yang membawa kami dari airport memasuki kota tua. Kiri kanan terlihat cafe, restoran, toko atau hotel. Saya dan teman serentak berkata “mirip Ubud” hanya tidak dingin dan lebih sepi. Mungkin Ubud awal tahun 2000an haha.

Luang Prabang

Cara paling menyenangkan untuk saya mengelilingi Luang Prabang adalah dengan menggunakan sepeda atau berjalan kaki. Entah kenapa kalau naik sepeda perasaan romantisnya menjadi berkali-kali lipat haha. Apalagi kalau sepedanya punya keranjang. Jadilah kami hampir setiap hari keluyuran naik sepeda padahal beratnya minta ampun karena jalanan naik turun haha. Sering kali saya terengah-enggah menaiki jalanan yang sedikit menanjak.

Biasanya kami keluar sedikit siang karena saya memang entah kenapa jadi males banget. Maunya santai-santai aja. Biasanya kita bangun jam 6an trus ngobrol sambil nonton Mount Pho Shi dari balkon kamar. Lanjut mandi dan keluar penginapan untuk sarapan pagi. Tita selalu pengen Pho dekat hotel. Setelah itu baru deh, kita ke coffee shop atau pastry. Saya selalu suka beberapa kedai kopi + pastry kecil cantik di sana. Rasanya selalu enak dan biasanya juga kita habiskan sekitar 2 jam’an buat ngobrol sambil menikmati makanan. Gila……beneran waktu berjalan so slow.

Setelah sarapan kita lanjut jalan-jalan sedikit atau keluar masuk toko. Lalu masuk makan siang haha. Kita suka nyari tempat makan siang di rumah-rumah makan dekat sungai Mekong. Sambil nontonin nelayan atau orang hilir mudik. Beneran ini deh liburan haha. Santai gak pake dikejar apa-apa.

Setelah itu pulang balik ke penginapan karena panas. Keluar lagi sekitar pukul 4 sore buat ke temple atau ke tempat lain. Jam 5 sore kami sudah stop semua kegiatan dan masuk ke mood “pasar malam” . Kota ini beneran cocok banget untuk turis atau orang-orang yang pengen males-malesan haha.

Saya yang biasanya “rakus” banget pengen liat ini dan itu begitu masuk ke Luang Prabang seolah-olah takluk dengan perasaan ingin santai dan berjalan lambat. Gak ada yang namanya dikejar-kejar itinerary atau malahan “apa itu itinerary” haha.

Setelah kelar liburan pun saya ngerasa beneran seru banget. Perjalanan kemaren seolah-olah refleksi diri sendiri kalau jalan-jalan itu gak perlu terlalu ngoyo. Cukup nikmati saja karena apapun itu gayanya yang namanya jalan-jalan selalu seru koq.

Ahhh…….jadi rindu Luang Prabang πŸ™‚

16 comments

1. YA ampun mba Non, lama juga di sana. Ini cita-cita banget aku dan kakak. Waktu ke Kamboja pengen terus ke sini, eh gak taunya kami tertipu ttg bis malam yang mau bawa ke sini. Jadi batal deh. Huhuhuhu.
    Emang seru kadang2 kalo wisata itu gak di buru-buru yah. BTW, emang naik sepeda berkeranjang itu membuat bersepeda jadi terasa lebih menggemaskan jadinya. πŸ™‚

2. Salah satu kota incaran di Asia Tenggara yang belum kesampaian nih si Luang Prabang ini. Btw, mbak Noni terbangnya langsung ke Luang Prabang atau singgah dulu di Vientianne?