10 Tips Road Trip di USA


Perjalanan darat adalah jenis perjalanan yang saya suka. Santai, gak perlu stress di atas udara haha, apalagi kalau naik kereta api. Suka deh. Selain kereta api yang saya juga suka adalah perjalanan darat dengan menggunakan mobil. Ini sudah beberapa kali kami melakukan perjalanan darat di USA. Sebenarnya hampir setiap tahun kita pergi ke state lain dengan menggunakan mobil. Semuanya bikin saya seneng banget. Matt yang sebel karena kegiatan dia nyetir dirapel dalam 1 tahun pas kita mudik.

Tentunya road trip harus dipikirkan baik-baik apalagi kalau kita melewati daerah yang sepi dan asing. Rata-rata di US kebanyakan jalanannya high way dengan kiri kanan ladang atau hutan. Sepi juga. Kita sempet 25 menit nyetir tanpa ada mobil atau kendaraan lain. Beneran kayak jalanan milik sendiri. Berasa serem juga takut kenapa-napa. Jadi ini ada beberapa tips yang ingin saya bagikan, jika ada yang ingin road trip pertama kalinya di US. Boleh juga share tips kalian ketika melakukan road trip.

01. Sewa mobil atau mobil pribadi

Mungkin untuk turis lebih gampang sewa mobil daripada beli mobil baru. Saya tahu sih ada banyak orang yang traveling dengan mobil pribadi (beli mobil baru) trus dijual pas abis traveling. Untuk yang mau nyewa mobil sebaiknya cek online website beberapa rental mobil. Jadi begitu nyampe di airport bisa langsung diambil di airport. Terkadang suka ada diskon juga pas pesan online.

Untuk mobil pribadi seperti yang kita gunakan kemaren tentu saja lebih murah karena gak perlu bayar sewa. Enaknya kalau mobil sewaaan pas pulang gak perlu naik mobil lagi. Cukup kembalikan ke perusahaan rental dan bisa pilih transportasi lain. Terutama kalau waktunya mepet.

02. Perhatikan kondisi mobil

Yes, perjalanan jauh harus beneran diperhatikan soal kondisi mobil. Mobil Matt kan kebetulan sudah tua. Dia pakai sejak tahun 2006. Cuma dipakai sesekali sama bapaknya dan kitapun pakai pas pulang doang. Makanya kalau mau pergi kita harus ke bengkel dulu untuk ngecek semuanya. Demikian juga mobil sewaan kalian harus pastikan kondisinya bagus tanpa masalah.

03. Aplikasi

Kita selalu pakai aplikasi GPS yang sudah ada di mobil lalu untuk tambahan untuk liat ada kejadian atau apaan di depan jalan menggunakan WAZE atau GOOGLE MAPS.

04. Istirahat

Nyetir di US atau dimanapun itu melelahkan. Saya kalau nyetir jauh di Medan itu rasanya mau ngamuk karena ditambah macet. Di sini gak ada macet tapi tetep stress. Biasanya kita selalu istirahat per 3 jam. Sekalian buat beli jajan, pipis, beli kopi atau ngelurusin kaki dan ngisi BBM.

05. BBM beda harga

Beda dengan Indonesia yang harga BBM sudah dipatok sama semua. Kayaknya kecuali di remote area, ya. Nah di US, pom bensin seberang-seberangan jalan aja bisa beda. Emang gak jauh sih tapi tetep beda. Jadi kalau kamu sedikit perhitungan hal ini harus diperhatikan banget. Kita kebetulan males mikirin jadi biasanya langsung masuk aja. Tips tambahan selalu isi BBM pas kalian berhenti istirahat.

06. Biaya Parkir

Bawa mobil artinya siap dengan bayar parkir dimanapun kecuali di kota-kota kecil. Itupun kota kecil gak semua tempat gratis parkir. Kayak kita kemaren road trip ke Southern. Hampir semua hotel yang kami inapi mengenakan biaya parkir sebesar 37-50 dollar per malam. Berasa banget, kan. Terutama kalau nginepnya lama haha. Pedih akutu….

07. Selalu bersihkan kaca mobil

Hahha…iya beneran karena walau gak terlalu berdebu tapi terkadang suka dapat kotoran burung. Jadi berhenti di rest area trus pake deh fasilitas mereka untuk bersiin kaca mobil supaya tetep jelas keliatan dan tentunya bisa tetep motret walaupun dari mobil.

08. Cemilan

Percayalah di dalam mobil berjam-jam itu bosenin juga haha. Jadilah saya dan Matt suka jajan. Yang paling kami berdua sama-sama suka adalah beef jerky. Makanya kalau lagi di US, seluruh diet saya gagal semua. Makan daging mulu karena bapaknya Matt juga suka kasian kalau makan sayuran trus entar kedinginan katanya. Selain beef jerky, kamu juga suka bawa buah kayak anggur (sesuai musimlah), jeruk, dll. Oya saya juga suka lentil chips hehe. Matt sih cemilannya gak jauh-jauh dari daging atau roti.

09. Music

Road trip tanpa music sama dengan mimpi gelap. Jadi bikin playlist paling bagus yang kamu suka haha. Kami suka sekali pakai spotify atau dengerin radio lokal kalau lagi bosen. Terkadang saya suka dengerin PODCAST juga untuk selingan supaya gak ngantuk dan Matt ngamuk nyetir sendirian. Ehh gak deng, dia sih gak pernah marah kalau saya tidur haha.

10. Ngitung Burung elang

Kami berdua suka binatang terutama binatang liar. Di US yang paling gampang dihitung adalah burung elang. Top rekor kami sejauh ini 113 ekor elang disepanjang Memphis – New Orleans. Kalian bisa pilih yang lainnya juga. Misalnya ngitung truk yang warnanya kuning atau lagu yang diputar stasiun radio berulang2.

Selanjutnya enjoy 🙂

18 comments

  1. Baca post ini, aku jadi teringat saat Road trip di USA tahun 2012 lalu sama keluarga. Emang seru banget ya Road trip, awalnya aku udah agak takut karena kalo di Indonesia paling males jalan darat. Tapi di US jalan tolnya mulus semua. Yang paling aku inget adalah mampir ke kota kecil yang ala Amerika banget, kayak set film Gilmore Girls gitu isinya, untuk isi bensin plus nge lurusin kaki. Pernah juga menginap di Best Western yang dari luar kayak motel serem, eh tau2 pas masuk kamar, ada jacuzzi segala!

  2. Wah asyik banget tips nya ya mbak, aku juga lama lama suka road trip di US, tapi karena saya gak punya SIM dan malas banget ngurusnya jadi road trip nya pakai bus dan kereta aja favoritnya hehehe. Namun pernah sih sekali bareng sama salah satu mahasiswa Indonesia yang jago banget nyetirnya,road trip keliling kota kota kecil sekeliling Washington State. Dan memang sangat menyenangkan sekali sih jalanan US itu lurus dan gak ada macetnya gak kayak ketika kita mau ke Brastagi kan mbak, yang kapan coba tidak macet dan jalan nya juga berkelok kelok butuh skill khusus nampaknya hehehe. Menariknya apalagi pas mau ngisi bensin hehehe kemaren temen saya ini suka survey dari yelp sih mana yang paling murah harga bensinya, terus nyaris hampir kehabisan bensin demi mendapatkan tempat yang lebih murah bensinnya. Sempet aku marahin si temen itu “kenapa gak yang tadi aja isi nya, kan murah juga yang tadi”, “sabar deket lagi lebih murah itu”, katanya dia hehehe soalnya takut juga kan tiba tiba mogok di tengah jalan dimana kanan kirinya hutan pinus gitu. Makasih tipsnya ya mbak noni sangat bermanfaat.

  3. Road trip di US itu emang bosenin tapi asik juga. Pas summer kmaren, kita nyewa mobil dari Chicago, balikin ke Detroit, buat ngunjungin temen kawinan di Michigan. Lumayan seru, (karena gw ga nyetir ya, klo yang nyetir jelas pegel wkwkw). Bisa liat baliho aneh2 (pendeta2 ga jelas, sampe anti-creationist, pengacara untuk nuntut ini itu), nyetir music country etc etc.

    Yang jelas waktu kita nyewa, maunya mobil sekecil mungkin (biar murah), eh yang paling kecil tetep segede gaban dong, sedan lima pintu, kaga ada mobil mungil2 kaya disini haha.

  4. 10 tips diatas yang aku lakuin juga kalau mau road trip.. Tapi udah lama banget gak road trip, pengennya tahun ini, road trip lagi.. semoga kesampean..

    Jajanan aku sih paling banyak hahaha.. masalahnya banyak makan jadi ngantuk, yang ada Iyan suka bete kalau aku tidur sedangkan dia nyetir. Nah kalau aku melek, yang ada ngajak dia ngomong terus, biar aku gak ngantuk.. tapi dia malah ribet juga krn susah bagi konsentrasi haha.. jadi serba salah dah..

  5. kalau road trip di indonesia aq malas naik kereta atau bus sama2 gak enak dan capeeee sekali, tapi kalau di luar negeri dan belum pernah, pengen ngerasain juga kan beda suasananya apalagi jalanannya, hihihi

  6. emang buat turis beli mobil gitu gampang mba non? udah selesai trip di jual lagi? enak bener ya kalau orang beruang eh ber-uang liburan di US.:) asli soalnya ngebandingin sama expat mau beli disini aja, kayaknya ribet, udah lah langsng dipajakin tinggi. umumnya sewa aja biasanya, road trip gitu jadi ngebayangin kayak di film2 …mobil mogok terus tau2 ketemu alien lagi nyebrang di jalan:D

    • expat di sini juga gampang koq beli mobil asal cash hehe. Semua temen si Matt punya mobil/motor sendiri soalnya. Begitu datang langsung beli.

      Kalau di luar kayaknya sih gitu juga selama cash gpp. Banyak turis kayak di NZ, OZ, Amrik yang beli mobil aja utk road trip. Ada temen kita beli mobil campervan di Australia. 6 bulan dipake keliling trus dijual murah pas balik ke Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s