Traveling Dengan 2 Lensa


Dari dulu setiap kali traveling salah satu permasalahan hidup saya adalah kamera dan lensa. Dulu zamannya masih single, saya biasa traveling dengan kamera Nikon DSLR (D70s) dengan 4-5 lensa. Berat dan yang bikin tambah merana hampir semua temen saya gak ada yang suka motret jadilah selalu bawa-bawa lensa sendirian. Gak bisa berbagi. Sampai akhirnya ada satu teman yang juga menggunakan Nikon, jadi kami suka ganti-gantian bawa lensa, sehingga gak perlu bawa semua lensa yang saya punya lagi.

Tahun 2010 Matt beli kamera mirrorlensa Sony Nex 5 dengan lensa kit. Dari sini nih, mulai deh, kalau traveling dia pake kamera dan lensa saya, sementara saya pakai kamera dia. Lebih ringan soalnya hehe.

Trus setelah kita menikah, saya jadi lebih sering menggunakan kamera milik Matt. Alasannya lebih ringan aja, sih. Trus tahun 2014 awal saya memutuskan untuk membeli kamera Sony Alpha 6000 dan akhir 2014 kami kembali menambah Sony A7. Segala kamera DSLR pun dipensiunkan termasuk lensa-lensanya. 

Sebenarnya kami berdua bukannya pinter-pinter amat motret. Maksutnya biasa aja, sih. Saya cuma kebetulan demen motret dan Matt lebih karena terpaksa haha. Ngikutin istrinya aja. Dia lebih sering bawain kamera daripada motret kecuali dipaksa. Motret pake hape pun enggak. Kalau jalan-jalan Matt itu lebih sering menikmati dibandingkan saya yang emang lebih sering sibuk sendiri. Motret pake kamera lah, pake hape lah abis itu bikin video. Ribet amat hidup lu, haha.

Dengan adanya beberapa kamera dan lensa tentu saja kalau lagi mau pergi-pergi saya pusing sendiri. Matt gak akan pernah mau ngurusin soal gadget. Dia dulu saya pesenin untuk selalu membawa Go Pro tapi sampai hari ini gadget itu hanya nongkrong di container karena yang bertanggung jawab males bawanya. Kalaupun dibawa yah, gak dipake karena alasan dia ribet plus males bawa-bawa. Ihhh kecil aja pun.

So, 2 tahun belakangan ini kalau lagi traveling saya biasa membawa 2-3 lensa aja. Masih banyak, ya. Trus 2 kamera. So, kalau lagi mau jalan saya kaya berat sendiri. Terkadang bikin males. 

Dimulai dari India saya mulai coba hanya bawa 2 lensa dan 1 kamera aja. Kameranya bisa A7 atau Alpha 6000 plus lensa yang saya suka. Dulu saya suka bawa 35 mm dan lensa 75-205. Kadang saya bawa lensa wide juga kalau lagi rajin.

Trus…lama-lama saya lihat-lihat lensa 35 mm f 2,8 ini beneran seru banget. Gak terlalu berat. Hasilnya ok dan tentunya bisa untuk motret apa aja. Istilahnya agak sedikit sapu jagat lah walau pas mau motret human interest baru deh sakit kepala karena kan gak mungkin narok lensa di depan muka oranngya.

Sony 85mm F1,8

Pertengahan tahun ini saya memutuskan untuk membeli lensa 85mm F 1,8 dan saya jatuh cinta setengah mati sama lensa ini. Jadi kalau 35 mm itu lensa kesukaan Matt, sementara saya paling jatuh cinta dengan lensa ini. Beneran bagus walaupun emang agak sempit kalau dibawa sendirian haha. Makanya, sekarang kita suka bawa 2 lensa + 2 kamera. Oya, 2 lensa yang saya sebut ini semuanya untuk full frame tapi masih bisa dipakai di kamera alpha 6000 walau hasilnya yah, gak sama. Cuma kalau hanya untuk blog + socmed sih, udah cukup banget.

Sony 35mm F2,8

Kalau lagi traveling sendirian tanpa Matt, saya sekarang bawa 1 kamera + 2 lensa aja. Kalau lagi ada Matt bawa 2 kamera + 2 lensa sehingga kita berdua bisa sama-sama motret haha. Walaupun sebenarnya tetep saya sendiri doang yang motret. Matt bawain tasnya aja kalau lagi rajin. 

2 lensa ini menurut saya pas banget untuk keperluan saya walaupun sebenarnya pengen beli Sigma 16 mm F1,4. Sebenarnya kita sempet mau beli bulan Oktober lalu, tapi….habis dong di Medan. Sekarang saya lagi mikir-mikir lagi, kalau lensa tersebut saya beli, bah mesti bawa 3 lensa dong. Kerjaan amat hahaha.

Nah kalau kamu, pas liburan berapa lensa yang harus kalian bawa?

50 comments

  1. Jadi lebih prefer yg 35 apa yg 85 mbak?
    Aku bawa mirrorless yg masih bawaan lensanya, hahaha..
    Pengen sih beli yang bisa buat semua gitu dan buat apa aja baguss..

  2. 35mm nya yang E atau FE mba. Aku tergantung liburannya mau fokus kemana…misal mau foto tiger kan ga mungkin nekad deketin pake 35mmπŸ˜… bisa jd lolipop

    • Pake FE karena kameranya yang satu full frame. Supaya bisa dipake di dua kamera. Agak susah aku bawa 1 lensa aja. Matt bisa sih karena dia gak suka motret orang. Aku suka motret human interest. Kalau untuk binatang bisa 34 hahaa. Kalau hewannya jinak πŸ˜‰

      • Haha Iyaa kl jinak. Bisa sih 1 lensa dpt 2kl mau tp tipe zoom 24-70 atau 16-35..Cuma ya bener bulky n ga setajam dan semurah prime (kecuali kl primenya Zeiss)πŸ˜…

  3. Dulu pernah bawa 2 lensa dan kapok. Hahaha. Karena aku ribet sendiri ganti ganti lensa di pinggir jalan πŸ˜‚ akhirnya cuma bawa 1 lensa yg 50mm, klo motret yg lain pake hp. Jadi pengen deh beli lensa yg wide gitu mba

  4. mbak non banyak banget lensanya, aq pusing bacanya karena gak ngerti, hahaha aq pake fuji XA3 lensa bawaan, gak ganti2 dan kalao pergi sama suami liburan terus sama anak, ya udah kita pake itu aja satu, itupun lebih sering aq yang pake, suami lebih seneng bikin video pake hpnya, buat video-in aq sama anak, tapi pengen banget punya lensa baru yang lebih kecil gitu, mbak non saran dong kalau pake fuji beli yang ok lensa berapa ?

  5. Dulu aku bawa lensa 35,1.8 sama tele. Trus gopro dan drone. lebih edaaaan lagi hahahha. Hingga pada akhirnya gopro gak pernah kepakai. Sekarang pake a7ii dan agak nyesel karena lebih enak pake mirolles karena kecil.

    Sekarang mah pake 28-2 udah… kalo moto orang ya relakan saja. hahaha Fe 85 di low light af nya agak lambat ya mbak?

  6. Matt sama kaya suami aku kak, tukang bawain tas kamera hahahah

    Dulu pernah sekali pas ke london aku bawa nikon D70, lensa tele, 50mm dan macro. Rempong tralala hahaha, trip-trip berikutnya cukup bawa panasonic lumix mirrorles dengan lensa standarnya plus yg tele. Kemarin aku baru dibeliin lensa 35mm f2.8 jadi sekarang lagi seneng ngulik itu hehe.

    • berat kan ya. Aduh aku suka motret tapi benci bawa tasnya haha.Apalagi kalau dingin. Trus kalau udah dibawain Matt, susah minta kamera ke dia. Ribet kata dia bolak balik masukin di tas. Akhirnya tetep aku juga yang bawa hahaha.

      Lensa 35 itu kayaknya banyak ayng suka ya πŸ™‚

  7. Bagus-bagus hasilnya Non. Tapi memang kebayang ribetnya (dan beratnya, haha) behind the scene-nya ya! Makanya sejauh ini aku stick sama pocket camera (tapi bukan yang murahan banget juga sih πŸ˜› ) atau kamera iPhone aja. Sudah cukup oke lah hasilnya untukku, praktis pula dibawa-bawanya πŸ˜€ .

  8. Wahaaa gils sih, sampai bawa 2 lensa :’ tapi foto-foto yang diambil kan jadi bagus bangeeeet wkwk. Saya sejauh ini kalau travelling gitu mentok pake kamera mirrorless pinjeman hehe, kalau ga ada, ya kamera hape biasa πŸ˜€

  9. Aku selalu bawa 1 lensa itu-itu saja yaitu Canon 17-40mm. Pengennya bawa yang lain juga tapi males, jadi banyak gembolannya πŸ˜€

  10. Awal-awal aku juga gitu mbak. Waktu itu masih pakai Canon 450 D, dengan bawa lensa kit, 50 mm, tele 55-50 mm, dan lensa lebar 10-24 mm. Aku waktu itu punya prinsip, kalau bawa lengkap ya harus dipakai, soalnya berat. Dan memang selalu terpakai semua. Cuma lama-lama males juga sih, karena berat.

    Sampai kemudian aku ganti ke Fuji. Sekarang aku pakai Fujifilm X-T20 dengan lensa 35mm f/20.0, dan Fujifilm X70 yang lensa nya fix 18 mm f/2.8. Ini cukup banget. Ringan, dan gak perlu bongkar pasang lensa. Jadi kalau lagi butuh motret landscape, aku pakai X70. Tapi kalau hunting detail, aku pakai 35 mm. Sejaun ini sih X-T20 dengan lensa 35 mm nya yang paling sering terpakai. Aku sengaja, memaksa diri untuk cukup dengan lensa tunggal ini. Awal-awalnya sih memang kagok, tapi lama-lama terbiasa juga.

  11. Ya Allah mba non kereeen amat semua lensa punya πŸ˜€
    si saya pake a6000 cuma pake fix 50mm karena lbh sering moto makanan.

    tapi kesel kalo pas jalan2 ahaha..
    karena males bawa kit dan males gontaganti, jd nahan2 moto karena kudu jauh :))
    pdhl kit plus 50 masih jaaaauh lbh ringan dr lensa2 mb noni yak πŸ˜€

    duh kapan yak apgred ke yang full frame πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s