Khusus Traveler, Ini Dia 8 Alasan Kenapa Kamu harus Lakukan Solo Traveling!


Pixabay

Kini menjadi seorang traveler memang nggak dilakukan hanya sebatas hobi saja, melainkan juga bisa dijadikan sebagai pekerjaan atau gaya hidup. Hal ini memang bukan hal asing lagi, karena dengan menjadi seorang traveler memang suatu kegiatan yang begitu seru dan menyenangkan. Apalagi jika kegiatan traveling bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan, disamping jalan-jalan maka kantong pun akan semakin tebal. Keren kan!

Bicara soal traveling, pernahkah kamu berpikir ingin melakukan solo traveling? Kalau belum pernah, maka kamu harus mencobanya minimal sekali dalam seumur hidupmu. Membayangkan untuk traveling sendiri memang sedikit ngeri ya, karena kamu akan berkunjung ke tanah orang sendirian.


Well, hal itu jangan terlalu kamu khawatirkan karena nyatanya solo traveling ternyata memang seseru itu kok. Selain itu manfaatnya juga banyak banget, lho. Kamu bisa simak beberapa manfaat solo traveling di bawah ini.

Melatih diri menjadi lebih mandiri

Pixabay

Solo traveling itu bisa membuat kita mandiri? Yup, itu benar banget! Dengan melakukan solo traveling kamu akan belajar untuk tidak bergantung lagi kepada orang lain, bisa melawan rasa takut, melawan kemalasan dan masih banyak lagi. Nggak cuma itu saja, solo traveling juga bisa membuatmu menjadi lebih tegas kepada diri sendiri untuk memutuskan apapun dengan rasa yakin. Kamu pasti bisa kok!

Kamu bisa keluar dari zona nyaman

Pixabay

Selain bisa lebih mandiri, solo traveling juga akan membuatmu untuk keluar dari zona nyaman, guys. Bayangkan saja jika kita traveling bareng teman atau bareng pacar, mau tidak mau kamu harus menunggunya terus bukan? Nah, jika traveling sendirian kamu sudah pasti akan melakukan semuanya sendiri tanpa membuang-buang waktu. Dari sinilah kamu akan menjadi pribadi yang kuat dan berbeda seperti biasanya. Yakinlah, ini akan sangat menyenangkan!

Kamu akan lebih percaya diri

Pixabay

Seperti yang sudah dikatakan tadi, dengan melakukan solo traveling kamu akan terbiasa untuk mengambil keputusan sendiri. Kamu hanya perlu bergantung pada insting dan rasional dalam konteks tertentu. Lagi-lagi kamu harus dipaksa untuk lebih percaya pada dirimu sendiri ketika ingin melakukan apapun.

Misalnya ketika kamu tersesat di suatu tempat atau terjadi masalah ketika liburan, maka harus bertanya kepada orang lain yang ada di sekitar. Hal ini akan menjadikanmu lebih percaya kepada dirimu sendiri.

Kamu akan menemukan jati dirimu sendiri

Pixabay

Sebelum melakukan traveling sendiri mungkin kamu akan merasa cemas dan takut di tanah orang. Tapi tahukah kamu dengan solo traveling kamu akan menemukan jati dirimu yang sesungguhnya. Kenapa begitu? Sebab, dengan traveling sendiri kamu akan belajar tentang bagaimana cara memahami suatu perbedaan yang tak perlu dibandingkan atau tidak perlu diperdebatkan. Selain itu, solo traveling juga akan membuat kamu lebih survive di tanah orang. Keluar dari zona nyaman juga akan membuatmu mengeluarkan semua karakter yang selama ini terpendam. Nggak
percaya? Cobain deh!

Kamu jadi bisa menghargai hal-hal yang sederhana

Pixabay

Mungkin jika kamu traveling bersama teman-temanmu, kamu bisa kurang disiplin dan selalu bergantung pada orang lain. Akan tetapi kali ini berbeda, kamu tidak bisa lagi bergantung atau mengandalkan orang lain. Sehingga dengan hal ini kamu jadi lebih bisa menghargai waktu dan menghargai dirimu sendiri. Kamu juga akan tersentuh saat orang – orang yang tidak mengenalmu dengan suka rela menolong ketika kamu mendapatkan kesulitan yang tak terduga.

Baca di sini kalau traveling hanya dengan 2 lensa saja.

Kamu akan lebih banyak belajar dari alam dan perjalanan

Pixabay

Tahukah kamu hikmah yang paling berharga yang akan kamu dapatkan ketika solo traveling itu apa? Ya, alam dan sebuah perjalanan. Ketika kamu melakukan wisata sendiri kamu akan diajarkan banyak hal oleh alam dan perjalanan. Traveling mengajarkan kamu tentang budaya lokal setempat, membuatmu lebih mengerti tentang alam dan akan membuatmu bersyukur dengan apa yang sudah kamu punya selama ini. Karena, dalam sebuah perjalanan traveling kamu akan menemukan banyak hal, seperti kondisi masyarakat yang kurang beruntung.

Dengan solo traveling patah hatimu akan terobati

Buat kamu yang sedang patah hati atau galau karena masalah hidup yang begitu berat, maka kamu harus coba lakukan solo traveling. Traveling sendiri akan membuatmu bercerita dengan alam bahwa hatimu sedang sakit atau sedih. Kamu juga tidak perlu bercerita kepada teman atau sahabat, karena beberapa orang menganggap alam bisa lebih mengerti daripada manusia.


Meski tidak mendapat jawaban atau solusi, percayalah dengan traveling kamu akan menemukan banyak hal yang sangat menarik. Misalnya, dengan traveling kamu bisa menemukan orang baru untuk teman bicara. Kalaupun memang tidak bisa jadi pacar, kamu juga bisa menjadikannya sahabat bukan?

Lebih merasa bebas

Arti kata bebas disini bukan berarti kamu bisa bebas melakukan hal sesuka hati di tanah orang, ya. Solo traveling akan membuat kamu jadi lebih merasa bebas, misalnya kamu ingin berkunjung ke tempat satu dan ke tempat lainnya tanpa harus menunggu temanmu atau bebas ingin kuliner apapun. Karena dengan bersolo traveling jiwa dan ragamu akan benar-benar merasa lebih free. Satu lagi, jika kamu ingin solo traveling jangan sampai kamu lupa membawa handphone atau action camera untuk mengabadikan momen kamu sendiri, ya. Pokoknya, dijamin seru deh!


Gimana, ternyata solo traveling sendiri itu sangat seru dan mengasyikan bukan? Dengan alasan-alasan di atas kamu jadi nggak perlu takut lagi untuk solo traveling, guys!

10 comments

  1. aku mengaamiinkan semua di atas!!! karena emang terkadang butuh saat-saat untuk jalan-jalan sendiri dan ternyata melakukannya ga semenakutkan yang dibayangkan di awal.

  2. Aku belum pernah sih solo traveling, sejauh ini selalu sama temen”. Jangankan pergi sendirian ke luar kota yg jauh Mbak, pergi di dalam kota Bandung aja udah dikhawatirin sama Ibuku. Hahahaha …

  3. Setuju banget Non, solo travelling bikin ketagihan! Travelling dalam grup juga asyik dan seru-seru aja sih (kalau grupnya cocok, haha), tapi solo travelling ini keseruannya unik!! 😀

  4. waktu muda dulu, belum ada sosmed, smartphone, kamera dijitalpun masih baru2 muncul, sdh merasakan nikmatnya solo traveling.. setuju sm semua manfaat yg kamu rangkumin, Non.. meski minus kamera wkwkwk..

  5. Gue sih 90% selalu solo traveling 😂 karena emang gak ada partner jln2 yg waktunya bisa barengan. Lebih bebas sih, mau ngapain aja, jadwal lebih santai dan bisa berubah last minute

  6. Tahun lalu aku solo traveling di Semarang. Tapi pas berangkatnya bareng suami. Pas di kotanya dia kerja, aku jalan-jalan sendiri. Masuk solo traveling gaaak? Hehehe. Itu pertama kalinya aku ke Semarang juga 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s