Etika Meminjam Barang


pixabay

Drama pinjam meminjam barang ini agak susah dihindari dalam hidup. Ada aja ceritanya. Beberapa waktu lalu adek dan ipar saya gak cakapan dengan tetangga mereka karena barang-barang yang dipinjam oleh tetangga dipinjamkan ke orang lain trus sewaktu diminta balik malah gak ngaku pinjam. Ada beberapa barang gitu, mulai dari mesin bor sampai mesin untuk doorsmeer mobil (cuci mobil)

Akhirnya berantem. Ngeselin emang. Adek saya itu juga dari dulu (waktu masih SMA/Kuliah) motornya dipinjam sama temen-temennya. Mondar mandir kayak ojek. Giliran dia yang butuh pinjam gak ada satupun yang mau minjamin. Mau ngamuk tapi gak bisa.

Kalau zaman saya dulu sekolah yang paling sering dipinjamin buku sama majalah. Balik-balik bukunya atau majalahnya ada aja cacatnya. Mulai dari terlipat sampai robek atau jadi kumel. Gak tau gimana bacanya. Mungkin sambil makan gorengan. Belajar dari buku yang rusak atau payung yang patah pas dikembalikan saya emang agak sedikit pelit untuk minjemin barang. Kalaupun gak punya barang yang saya mauin biasanya saya usahakan gak akan pinjam. Mending nabung beli sendiri daripada pinjam. Pokoknya kalau saya gak mau minjemin saya usahakan gak akan mau pinjam juga. Walaupun tetep sih, ada juga pinjem-pijeman tapi biasanya begitu kelar langsung kembalikan. Contohnya piring atau tupperware untuk tempat makanan.

Sebenarnya prinsip #zerowaste yang saya baca salah satunya adalah pinjem. Supaya maksutnya gak semua orang beli padahal kebutuhannya mungkin bukan tiap hari. Cuma pinjem pinjeman ini bisa memicu perkelahian, haha. Contohnya 2 cerita yang dialami adik saya itu. Gimana gak kesel kalau udah dipinjemin ehh malah dipinjemin lagi sama orang lain sampai akhirnya gak balik. Ada juga yang sepertinya punya prinsip kalau sudah pinjam, berarti menjadi hak milik. Sungguh aneh. Saya baru inget ada beberapa temen yang belum kembalikan buku hihi.

Beberapa waktu lalu saya menyaksikan seorang teman yang meminjam barang. Eh pas kembalikan menurut si peminjam gak seperti waktu diberikan. Yang ada jadinya memicu pertengkaran. Gak mau ngomong lagi dan memutuskan pertemanan.

Sungguh ya walaupun sepele kayaknya tapi meminjam barang itu ibarat dikasih amanah. Mestilah dijaga baik-baik dan pas kembalikan kalau bisa (harus bisa) juga sama persis seperti sewaktu meminjam. Kayak saya yang dipinjam bukunya pas balik-balik tertekuk aja rasanya mau ngamuk. Enak aja haha.

 

 

Advertisements

18 comments

  1. hiks…aku paling pelit kalo mo minjemin buku-buku ke orang mba non… suka kesel, balik2 suka kucel gitu bukunya.. padahal kita udah beli mahal2 kan ya.. dijaga eh giliran dipinjemin jadi kucel gitu.. 😦 mana kadang yang minjem balikinnya lama banget lagi, kita yang punya kadang suka ga enakan kalo mo minta balik..

    • Nah iya kan, kalau buku itu kayaknya rata2 pada sama deh masalahnya. Mau aja minjemin tapi baliknya pasti bikin ngamuk. Yang beli bacanya hati2, yang minjem bacanya sesuka hati

  2. kalau pinjam barang paling sama ade macam tas atau baju, tapi itu juga gak sering, karena aq emang gak suka pinjem barang orang, mending beil dan punya sendiri.

    aq tuh suka heran sama orang lain yang hobinya minjem barang orang lain, padahal dia butuh dan mampu tp gak mo keluar duit buat beli…

    oiya sekarang aq juga gak lagi minjemin buku ke orang lain, drpd kesel karena pas balik bukunya pada lecek atau

  3. Aku males nih minjem2in barang secara jarang org bertanggung jawab akan sesuatu yg bukan miliknya. Kapan itu temen pinjem meja kursi buat acara di rumahnya, balik2 kotor banget, dibersihin aja ngga ada. Jadi aku yg repot….kan sebel.

  4. Memang suka begitu mba. Lha aku pernah minjemin buku pelajaran ke seseorang pas ditagih di kosnya, ga boleh masuk dia keluarin lalu jebret pintunya dibanting didepan hidung…lama2 kyk sinetron berjudul “tertagih”🤣

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s