Tips Berfoto Di Hawa Mahal India


Hawa Mahal India

Inilah salah satu bangunan yang membuat saya ingin menitikkan air mata ketika melihatnya secara langsung. Cantik seperti bayangan saya selama ini. Hawa Mahal namanya.

Cek di sini untuk Itinerary Rajasthan – India

Istana cantik ini berwarna terakota tetapi orang-orang sepertinya lebih senang menyebutnya pink. Itu juga kenapa kota Jaipur disebut sebagai Pink City. Hampir seluruh bangunan tua di sekitar Hawa Mahal hingga pasar berwarna terakota yang ketika matahari bersinar menimpa bangunan-bangunan ini sesaat sepertinya kota berkilauan hangat. Sungguh saya jatuh cinta dengan warna yang menimpa bangunan di Jaipur.

Hawa Mahal dibangun pada abad ke-17 di bawah kekuasaan Maharaja Sawai Pratap Singh. Saat itu, para perempuan keluarga kerajaan dilarang memperlihatkan diri di hadapan publik tanpa penutup wajah. Oleh karena itu, Maharaja Sawai Pratap Singh membangunkan istana untuk mereka, yang berbentuk mahkota Dewa Krishna. Gak sia-sia dibangun karena bangunan tersebut sampai hari ini merupakan salah satu bangunan paling iconic di Jaipur.

Hawa Mahal India

Mau sewa mobil di India, coba cek tulisan ini

Lalu…bagaimana cara untuk bisa berfoto dengan Hawa Mahal? sebenarnya kita gak sengaja ketemu spot untuk mengambil foto Hawa Mahal paling cihuy. Saat saya sibuk mengambil foto dari pinggir jalan (oya Hawa Mahal ini terletak di pasar atau disebut bazaar) dan 3 orang teman berbelanja disekitaran pasar, seorang cowok mengajak saya ngobrol dan kasih tau kalau spot paling bagus untuk memotret dari atas cafe yang ada di atas toko sepatu.

Awalnya saya sempet curiga, takut diboongin. Trus berkali-kali dia ngajakin saya ke atas. Gigih banget. Saya yakin ada maksutnya, haha. Cuma ya sudahlah, kita berempat pun naik ke roof top yang ternyata adalah sebuah cafe. Cafe sederhana bernama https://wind-view-cafe.business.site/ cek aja website itu 🙂

Wind View Cafe ini sesuai namanya adalah tempat minum-minum sederhana tapi punya pemandangan termahal di Jaipur (mungkin)

Tempatnya memang tersembunyi karena harus masuk dari toko-toko kecil. Tangganya pun kecil saja. Saya dan beberapa teman sebenarnya cukup bingung karena cowok di bawah hanya memberitahu saya untuk mengambil foto dari atas tanpa memberitahukan kita kalau di atas adalah cafe sementara supir kita sudah berteriak-teriak supaya jangan nongkrong-nongkrong lagi haha. Dia parkir di tempat terlarang soalnya. Jadilah sambil dipelototin Naru dari pinggir jalan, kita berfoto terburu-buru.

Hawa Mahal India

https://wind-view-cafe.business.site/

Pas nulis ini saya masih merinding bayangin kami lari-lari terburu-buru hanya untuk mengambil beberapa foto.

https://www.tripsavvy.com/jaipur-hawa-mahal-guide-4162021

Hawa Mahal India – difoto pakai Iphone 7

Saya sebenarnya lumayan sering ditanyain bangunan paling favorite dalam trip ke India apaan? Hampir kebanyakan nyangkain Taj Mahal padahal sebenarnya bukan, loh. Salah satu bangunan yang sukses bikin saya pengen nangis selain mansion-mansion Haveli tentu saja si Hawa Mahal ini. Bagus parah. Coba deh, kalau lagi ke sini pejamkan mata dan bayangin semua keriuhan pasar, manusia, penjaga toko, pengemis, dll hilang. Bayangkan hanya puteri-puteri raja yang hanya mampu mengintip dari jendela-jendela kecil cantik itu untuk melihat kehidupan di luar istana. Saya sungguh ingin menangis. Perasaan campur aduk tentunya.

Pada Hawa Mahal…..kujatuh cinta pada Jaipur!

Advertisements

17 comments

  1. Hahaha dulu foto Hawa Mahal dari mobil aja Non pas lagi lewat di depannya itu 😆 .

    Cowoknya itu tapi ya gitu ya, ngomongnya cuma “naik ke atas” doang mah memang tentu menimbulkan rasa curiga ya 😛 . Tapi benar sih, memang spot itu kayaknya cocok banget untuk foto gedungnya!

  2. Waaah bagus banget ya mbak emang gedung ini! Aku pas lihat Mbak Noni ke sini, mupennnggg! Itu cafenya kecil banget kayak warung ya mbaaak tapi pasti mereka sering kedatangan orang untuk lihat dari atas hehehe

    • Warung gak juga Gy, mirip apa ya kek kedei2 gitulah. Mereka jual jus juga. Nah, masalahnya orang kayaknya jarang naik ke atas karena kan harus minum hehe. Mba kemaren kan gak ngira ini cafe, jadi begitu foto langsung turun haha

  3. Memang cantik ya bangunan Hawa Mahal ini. Dan aku baru tau kalau ternyata bentuknya ini terinspirasi dari mahkota dewa Khrisna.

    Btw, aku setuju dengan dirimu sih. Pas aku ke India, dari semua bangunan yang aku lihat, juga bukan Taj Mahal yang jadi favorit. Memang sih bangunan satu itu ukuran dan detailnya keren. Tapi aku malah lebih suka sama Humayyun’s Tomb di Delhi, yang dibangun dari batu pasir warna merah.

    • Hawa Mahal itu selain cakep warnanya pun menarik perhatian ya Bart.

      Nah, aku gak liat si Humayyun’s Tomb karena pas di Delhi ada warning gak boleh keluar. Polusinya tinggi banget waktu itu.

  4. Wah. emang pas bangt ya mbak non buat foto hawa mahal di sini. Pas banget seluruh bangunannya kelihatan sempurna.

    Ternyata India ini banyak bangunan ketje iconiknya ya. Dulu dulu tahunya cuma Taj mahal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s