Arch Rock Mackinac Island USA


Arch Rock (Mackinac Island)

Satu lagi keajaiban alam yang saya dan Matt lihat di US. Tepatnya di Mackinac Island. Jadi Mackinac Island ini adalah sebuah pulau cantik di Michigan. Kalau ke sini harus naik kapal. Trus dari pulau ini sebenarnya gak terlalu jauh ke perbatasan Kanada. Kalau gak salah sekitar 5 jam gitu naik mobil. Makanya agak nyesel saya males ngurus visa Kanada, pas ada perjalanan yang deket-deket perbatasan malah gak bisa masuk, deh.

Arch Rock (Mackinac Island)
Arch Rock (Mackinac Island)

Baca di sini tentang cantiknya Michigan

Arch Rock ini  adalah formasi geologis yang ada di pulau Mackinac. Batu besar ini adalah sebuah lengkungan batu kapur alami yang terbentuk selama periode pasdca glasial Nipissing, yaitu periode tingkat tinggi Danau Huron setelah akhir glaciation Wisconsin. Sampai sat ini Arch Rock masih berdiri di garis pantai danau Huron (45 m) di atas permukaan laut.

Jadi sebenarnya batu ini terletak di dinding tebing. Kalau kita jalan dari pinggir laut bakalan keliatan tapi buat melihat langsung kita harus naikin tebing. Gak terlalu tinggilah. Lumayan gampang juga naiknya karena sudah dikasih akses berupa tangga.

Sebenarnya saya sudah beberapa kali ngeliat model batu bolong kek gini. Biasanya memang selalu ada di dekat laut. Keren banget bisa bolong kek gitu.

Arch Rock (Mackinac Island)
Arch Rock (Mackinac Island)
Arch Rock (Mackinac Island)

Katanya jenis batu kapur kek gini itu jarang sekali ada di Amerika Utara, makanya dulu penduduk asli pulau melihat Arch Rock ini sebagai sebuah kekuatan Numinus dan kalau ditelusuri ada banyak sekali legenda tentang batu ini. Seru sih sebenarnya untuk tau dongeng-dongengnya.

Saking menariknya batu ini, seorang sejarahwan bernama Alexis de Tockqueville menulis tentang “Lengkungan Raksasa dalam bentuk luar biasa” selama kunjungan di pulau tahun 1831.

Arch Rock (Mackinac Island)

Kalau kita ke pulau Mackinac, Arch Rock ini adalah salah satu atraksi wisata paling populer. Jadi gak boleh gak ke sini. Posisinya sendiri ada di taman nasional. Jadi kalau dari kota, kita ke sini itu bisa jalan kaki atau naik sepeda. Di pulau Mackinac sendiri tidak diperbolehkan mengendarai kendaraan bermotor. paling asik menurut saya naik sepeda, bawa bekal untuk piknik trus keliling pulau 🙂

Arch Rock (Mackinac Island)

Sepanjang perjalanan menuju taman nasional itu seru banget. Kita bakal ngelewatin kota kecil yang rumah-rumahnya kece-kece banget. Toko-toko yang menggemaskan. Lalu kita akan masuk ke kawasan hutan tapi aksesnya bagus. Lihat foto di atas. Saya sama Matt naik sepeda tandem berdua haha. Seru banget. Di pinggir jalan kita bisa piknik atau berhenti untuk melihat pemandangan. Selain itu banyak juga orang-orang yang berhenti trus foto-foto karena ada banyak banget bunga liar kece. Aduh gemes.

Arch Rock (Mackinac Island)
Arch Rock (Mackinac Island)
Arch Rock (Mackinac Island)
Arch Rock (Mackinac Island)
Arch Rock (Mackinac Island)

Walaupun Mackinac ini termasuk tempat yang menurut saya agak mahal pas musim liburan soalnya pulaunya sendiri cuma di buka 6 bulan. Setelah itu bakalan dingin banget sampai beku. Danaunya bakalan jadi es. Orang yang main ke sini pas musim dingin biasanya cuma pengen olahraga ski 🙂 tetep aja kalau kamu pergi ke Michigan, rasa-rasanya harus masukin pulau ini dalam list perjalanan kamu.

Oya, ada cara yang sedikit lebih murah untuk menikmati pulau ini. Jadi kita hanya datang untuk day trip aja. Untuk tinggal bisa di pulau utama karena lebih banyak pilihan hotel dan airbnb 🙂

Mackinac Island ini menjadi salah satu pulau favorite saya dan Matt kalau lagi liburan ke negaranya Matt. Sayang aja kita gak mungkin juga kan, bolak balik ke sini trus hehe.

Advertisements

15 comments

  1. Saya suka konsep tidak boleh ada kendaraan itu, menjaga banget.

    Didalamnya ada penjual engga? Saya gak suka kalo tempat wisata itu terlalu banyak penjual, sampe sampe obyek wisatanya tertutup bangunan

    • Iya sama seperti Gili di Lombok ya, rata2 gak boleh ada kendaraan bermotor.

      Di dalamnya banyak toko, cafe, resto dan supermarket 🙂 Hampir seluruhnya ada di gedung2 tua

  2. Mackinac Island, transportasinya seperti di gili yah mbak lebih seru kalau berkeliling naik sepeda, bisa berapa lama tuh mbak non kalau keliling pulaunya ?

  3. Kayaknya memang cocok untuk day trip ya Non pulaunya. Asyik aja gitu sepedaan berkeliling pulau melihat apa aja yang ada di sana…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s