Cara Menanggulangi Rambut Rontok


Salah satu masalah rambut saya sejak dulu adalah rontok. Rontoknya pun mulai gak asik karena cukup banyak terutama tahun lalu. Dipegang aja rambutnya berjatuhan. Sempet bikin khawatir karena takut botak atau ada penyakit lain.

Kebetulan Februari tahun 2017 lalu saya kehabisan sampo yang biasa dipakai. Saya pakai shampo argan oil of morocco. Kalau di Medan, sampo ini bisa di beli di Supermarket Smarco atau Berastagi. Cuma karena sampo ini dari luar, jadi kadang-kadang gak beredar. Saya sudah pakai shampo ini sekitar 4 tahunan. Nah, karena ganti shampo ke yang jenisnya organic ehhh rontoknya tambah gila-gilaan.

Makin menggila sekitar bulan April-Juli. Beneran banyak banget. Saya sempet takut banget. Trus sampo ini masuk lagi ke Medan. Jadi langsung ganti dan saya juga pakai essential oil.

Ada 2 essential oil yang saya pakai yaitu Cedarwood dan Lavender. Makainya bergantian, ya. Caranya cukup campurkan 3 tetes essential oil ke dalam 1 sendok teh VCO (virgin coconut oil) trus disapukan di kepala sebelum keramas. Biasanya saya tunggu 30 menit sampai 1 jam baru deh mandi. Ajaibnya sekitar 2 minggu menggunakan minyak-minyak ini dan ganti shampoo ke merk lama, rambut saya berkurang banyak rontoknya.

Selain itu saya juga rajin minum vitamin untuk kulit, kuku dan rambut sama biontin. Gak tau ini ngaruh atau enggak tapi sampai hari ini saya jarang punya masalah dengan rambut lagi, sih. Memang gak sampai 100 % bebas rontok tapi dibandingkan taon lalu sudah sangat-sangat jauh berkurang. Oya, rajin cuci rambut terutama setelah olahraga juga ngaruh banget di saya. Medan kan panas banget ya, jadi hampir setiap hari (setelah saya olahraga) pasti cuci rambut. Kalau dibiarin keringetan trus baru besok dicuci alamat rontok deh rambutnya.

Kalau kamu punya tips khusus untuk melawan kerontokan rambut?

 

Advertisements

33 comments

  1. Di awal baca aku mau nyaranin: “Non, pake shampoo yg ada minyak argannya” Eh taunya pake shampoo yg sama persis seperti yg aku pake😄 Trus cara perawatan lainnya juga sama..(minum vitamin buat kulit/rambut/kuku).. Shampoo ini merknya Organix atau OGX sebetulnya. Ada beraneka macam varian. Untuk rambut rontok ada varian yg lebih tokcer, yaitu yg mengandung argan oil tapi yg ada tulisan extra strength di atasnya, yg di fotomu itu kan tulisannya “renewal”..

  2. Aq alhamdullilah belum pernah ngalamin mbak non, tapi mama aq kaya mbak non, di pegang aja rambutnya lansung pada rontok, jadi kayanya aq perlu contoh caranya mbak non untuk rambut mama nih, tfs mbak

  3. Aku dulu pas baru lahiran, rambutku rontok berat Non. Ngeri rontoknya! Trus setelah aku minum silicea gel regularly, berhenti deh itu kerontokan. Rambut baru juga jadi cepet tumbuh. Sekarang sih udah nggak minum silicea lagi tapi sebelum keramas rambut selalu aku olesi pure argan oil dulu lalu pake shampoo dan conditioner organic (Merek Sante. Ada nggak ya si sana?).

  4. Aku belakangan ini rontok banyak Non, biasanya rontok banyak kalau rambut panjang, lha ini rambutku pendek… aku tau karena stress sih, jadi stress kerjaan ini harus pergi dulu kalau mau balik lagi seperti semula…

    • Nah sama Ev, rambut aku kan panjang ya, tapi kan dari taon lalu itu selalu dipotong tanggung gitu. Malahan awal tahun ini aku potong bob. Masih juga rontok sampai April kemaren. Ngeselin banget.

  5. Hai Kak Noni salam kenal. Aku adalah reader silent nya blog kak Noni. Untuk rambut rontok, coba deh kak pakein aloevera nya innisfree ke kepala rambut sebelum keramas. Diamkan sekitar 30 menit, it works for me. Very simple dan barangnya mudah didapat. 🙂

  6. Saya rontok bgt,pokoknya semenjak.pindah kesini tau knp?dan blm nemu shampo yg bener2 cocok,pgn nyoba yg ada kandungan argan oilnya coba,saya sempet dgundulin loh saking rontoknya terutama paa abis lahiran kmrn,udah hopeless bgt sm rontok,apa mandi air anget jg berefek makin rontok ya

    • Ya ampun Rahma, sampai digundulin ya. Mudah2an gak rontok tambah parah lagi ya. COba minyak lavender atau lidah buaya itu deh. Air hangat kata suami aku bs sih bikin rambut rontok.

  7. aku tahun lalu sempat rontok parah mba non…kalo sisiran tuh jangan nanya deh berapa banyak rambut yang rontoknya.. 😦

    akhirnya aku potong pendek plus pake sunsilk anti hairfall ajah..lumayan udh ga rontokan parah lagi.. 🙂

  8. Vitamin untuk kulit, kuku dan rambut yang mbak minum apa? Mahal nggak sih mbak vitaminnya. Rambutku juga rontok banyak kalau panjang apalagi pas lepek dan kotor makin banyak rontoknya. Disini aku males keramas abis airnya dingiiiin banget! Jadi meski olahraga hampir tiap hari aku keramas 2-3 kali sehari hehehe. Kalau pas keramas juga rontok di kamar mandi.

    • Aku pake yg dari Guardian. Lupa apa merknya. Dulu pake GNc cuma mesti ke mall besar belinya haha. Ada koq vitamin utk cw dan harganya bervariasi. Kalau kotor, panjang dan lepek pasti rontok makanya kalau abis olahraga mau gak mau harus dicuci

    • Permisi nimbrung.. Hi Jessmite, cuma pengen berbagi info, tentang vitamin ini, sebetulnya vitamin E merk apapun kayak Natur E gitu salah satu fungsinya utk kesehatan rambut/kulit/kuku juga. Jadi seandainya agak susah cari vitamin yg Noni maksud, mungkin coba dgn vitamin E saja. Dulu saya awalnya juga gitu, pake Natur E, trus ganti ke multi vitamin yg Noni bilang itu, sekarang balik lagi ke vitamin E biasa.. Semoga membantu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s