Berdamai di John Lennon Wall


Gara-gara hari ini lihat foto John Lennon wall di explore Instagram, jadi inget kalau saya belum memposting kunjungan kami ke sana beberapa tahun lalu. Udah basi banget, ya.

Sejarah tembok ini sudah dimulai sejak tahun 1980-an. Saat itu para mahasiswa yang anti pemerintah komunis di Republik Ceko mencorat-coret tembok dengan tema John Lennon. Tak jarang aksi corat-coret berujung ribut dengan aparat.

Kenapa harus Jhon Lennon?

John Lennon dianggap pemerintah komunis Ceko sebagai bentuk kapitalisme. Aparat berulang kali mengecat tembok itu, namun anak muda Ceko tidak kapok.

Namun kini, seiring arus politik di Republik Ceko berubah, Lennon Wall pun berubah menjadi objek wisata. Semua orang kini bebas mengaspirasikan pesan cinta dan perdamaian di tembok itu.

Sewaktu kita berkunjung ke sini kebetulan akan ada perayaan Easter, saya lihat ada beberapa photographer dan stasiun tv yang membuat video dan pemotretan di sini. Pesannya tentu saja cinta dan perdamaian.

John Lennon Wall Praha
John Lennon Wall Praha
John Lennon Wall Praha
John Lennon Wall Praha

Ada seorang pengamen di sini yang menyanyikan hampir seluruh lagu-lagu Beattles dan John Lennon. Seru juga sih, kayak kebawa-bawa suasana gitu di sana.

Oya, karena temboknya sendiri sudah penuh dengan grafitti sepertinya orang-orang yang datang ke sini kalau pengen menuliskan sesuatu atau membuat graffiti yah tinggal main timpa aja. So, semua pesan saling timbal balik. Hampir seluruhnya berisi pesan-pesan tentang cinta, dunia dan perdamaian.

Penasaran dengan John Lennon Wall ini, bisa datang di Jalan Velkoprevorske Namesti, Praha. Ini adalah sebuah jalan buntu dengan dengan Charles Bridge, jembatan yang terkenal di Praha. Nanti didekat-dekat sini ada juga Cafe/Restaurant/Bar John Lennon.

John Lennon Wall Praha
John Lennon Wall Praha
John Lennon Wall Praha
Johm Lennon Wall Praha

Tips : kalau pengen datang ke John Lennon Wall dan berfoto sebaiknya pakai kostum dengan warna-warna terang yang netral supaya keliatan. Lebih bagus lagi putih haha. Terlalu banyak warna didindingnya.

John Lennon Wall Praha
John Lennon Wall Praha

Jalan-jalan ke John Lennon Wall ini sepertinya jadi tujuan wajib kebanyakan turis yang berkunjung ke Praha. Pokoknya kalau belon ke sini belon lengkap deh, apalagi tempatnya juga tidak terlalu jauh dari Charles Bridge.

Sebenarnya saya pikir tadinya tembok ini berukuran besar/panjang dan penuh dengan cerita John Lennon. Pas nyampe ternyata gak terlalu panjang. Hanya sekitar 20 m. Dikit ajalah. Walaupun sedikit ternyata pengunjungnya tetap rame dan gak putus-putus. Tembok ini juga bisa dikunjungi secara gratis, jadi yah lumayan lah ya haha.

Pengen berkunjung ke tempat ini? nah, coba cek deh apakah gambar-gambar atau grafitti di dindingnya John Lennon Wall masih sama seperti di foto saya?

Advertisements

15 comments

  1. wuah berarti akan terus berubah itu tulisan atau gambar di wall-nya yah mbak non, karena akan selalu tertimpa oleh grafiti yang baru dibuat..

  2. Prague masih di dalam daftar untuk perlu dikunjungi nih Non! Sayangnya masih belum nemu kombinasi jadwal dan tiket pesawat yang cocok, hahahaha 😆 .

    Anyway, berarti siapa pun bebas coret-coret di John Lennon Wall ini ya Non. Kalau di Berlin, (sebagian) Tembok Berlinnya juga ada yang sekarang “dihias” gitu dengan mural. Mural sih jadi lebih “teratur” dan kesannya kece 😀 .

  3. wahh..mungkin karna tokohnya juga jadi orang-orang tertarik dan jadi objek wisata ya mba, klo di Indonesia mungkin dianggap beda kali ya, but always love everything about praha 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s