Cukup Satu Applikasi Untuk Pesan Tiket dan Hotel di India


Taj Mahal Agra

New Delhi

Siapa sih yang gak tau India. Minimal taulah filmnya, ya. Sejak kecil pun saya sudah sering menonton film India. Kalau dulu kita nontonnya dengan menggunakan channel TV 3 dari negara tetangga. Sekarang mah gampang ya, tinggal nonton streaming atau sesekali bisa ke bioskop jika memang ada film India yang sedang diputar.

Ngomongin tentang India, tentu saja negara ini  membuat saya sangat ingin mengunjunginya. Duh, saya penasaran sejak dulu. Seperti apakah India? Apakah seperti banyak tulisan yang saya baca kalau India itu jorok, bau, banyak criminal, penipu dan masih banyak hal-hal negative lainnya. Jadi daripada mengira-ngira, mendingan saya langsung aja pergi ke India.

India itu sangat-sangat besar. Pokoknya luar biasa besar. Rasa-rasanya perlu waktu 1 tahun untuk mengunjungi semua tempat dan menikmati semua tempat wisata, culture, sampai kegiatan yoganya. Dengan keterbatasan waktu akhirnya saya memilih 5 kota wisata yang akan dikunjungi. Sebagian besar di daerah Rajasthan.

Udaipur

City Palace Udaipur

Udaipur lebih dikenal sebagai City of Lakes, The Venice of the East atau The Kashmir of Rajasthan. Kota ini sebenarnya tidak terlalu banyak dikunjungi oleh wisatawan seperti New Delhi, Jaipur dan juga Agra dimana Taj Mahal berada. Letaknya memang sedikit lebih jauh dari New Delhi. Perlu waktu sekitar 1,5 jam terbang ke Udaipur.

Udaipur yang terkenal dengan danau Pichola nya tentu saja menjadi salah satu kota favorite saya di Rajasthan. Disini udara tidak terlalu panas seperti di New Delhi apalagi kalau kita datang ketika musim dingin yaitu antara bulan November hingga Maret.

Ahar Cenotaphs Udaipur

Di Udaipur ada banyak objek wisata seperti City Palace, Monsoon Palace,  Fateh Sagar Lake, Jag Mandir, Nehru Garden dan masih banyak lagi. Rasa-rasanya perlu waktu 2 minggu untuk mengelilingi semua tempat wisata di Udaipur tapi biasanya turis-turis hanya menghabiskan waktu sekitar 2-3 hari saja dikota ini.

City Palace Udaipur

Oya, Udaipur juga menjadi kota yang sangat terkenal gara-gara film James bond yang judulnya  Octopussy yang mengambil tempat syuting di Taj Lake Palace (sekarang menjadi hotel bintang 5.)

Jodhpur

Jodhpur Blue City

Saya kurang persis kapan keinginan mengunjungi kota biru Jodhpur muncul. Mungkin sejak adanya Pinterest atau Flickr. Entahlah. Yang pasti saya ingin sekali mengunjungi kota biru ini.

Jodhpur termasuk dalam kota-kota turis di Rajasthan. Kota ini selain istimewa karena ada banyak sekali rumah-rumah yang dicat dengan warna biru sehingga mengakibatkan kota Jodhpur dipanggil sebagai kota biru atau Blue City. Hanya ada beberapa kota biru didunia, salah satunya tentu saja di Jodhpur India.

Kota Jodhpur terkenal dengan tekstil nya. Disinilah kita harus berbelanja kain dengan harga murah. Rasanya kanget setengah mati ketika tahu ada yang menjual kain saree seharga Rp 50.000 saja. Bayangkan kain bermeter-meter dihargai hanya Rp 50.000. Dapat untung darimana coba haha.

Jaswant Thada Jodhpur

Selain kain tentu saja ada banyak tempat wisata terkenal di kota Jodhpur. Selain mengunjungi rumah-rumah berwarna biru, kita bisa juga datang ke Mehrangarth, Clock Tower, Umaid Bhawan Place dan tentu masih banyak lagi yang lain. Gak bakalan bosen deh, tapi….terus terang saya capek banget kalau harus belanja tawar-tawaran disini haha. Butuh mental sekuat baja untuk berbelanja di Jodhpur.

Jaipur

Hawa Mahal Jaipur

Selain kota biru Jodhpur, ternyata India juga punya kota pink alias Jaipur City. Kota ini bisa ditempuh sekitar 6 jam dari Jodhpur dengan menggunakan mobil sewaan. Selain mobil ada juga transportasi bis, kereta api dan kalau saya tidak salah dengan menggunakan pesawat. Kereta api menjadi pilihan banyak warga local dan juga turis ketika bepergian antar kota atau antar states.

Sebenarnya kota Jodhpur menurut saya bukanlah berwarna pink tapi berwarna terakota. Kota ini paling cantik ketika matahari mengenai sebagian gedung-gedungnya. Warna matahari pagi atau sore menjelang terbenam seperti  membasuh kota Jaipur menjadi keemasan cantik.

JOhari Bazaar Jaipur

Salah satu spot wisata paling terkenal di Jaipur adalah Hawa Mahal. Ini adalah satu kerajaan untuk wanita. Jadi gedung dibangun untuk para wanita-wanita (puteri-puteri raja) untuk melihat dunia luar. Mereka hanya bisa mengintip dari jendela-jendela yang ada di Hawa Mahal. Ada sekitar 953 jendela. Hawa Mahal juga dikenal sebagai “Palace of Winds” atau “Palace of the Breeze”.

Menurut saya pribadi, Hawa Mahal adalah salah satu gedung tercantik di India. Gedung ini berwarna merah terakota dengan pink sandstone. Beneran bagus sekali dan harus dikunjungi. Paling menyenangkan untuk turis, selain melihat Hawa Mahal kita bisa berbelanja disekitaran sini karena banyak sekali pasar-pasar bazaar.

Kalau Johdpur terkenal dengan kainnya, sebenarnya Jaipur juga sih tapi motif nya beda. Trus selain kain, Jaipur juga terkenal dengan peraknya. Jadi kalau kesini coba sempatkan untuk berbelanja aksesoris.

Agra – Taj Mahal

Taj Mahal – Agra

Saya yakin hampir semua orang mungkin tau Taj Mahal. Yeah… bangunan paling terkenal di India ini terletak di Agra.

Taj Mahal sendiri adalah salah satu 7 keajaiban dunia. Hampir banyak komen yang saya terima ketika memposting foto di Taj Mahal.

Taj Mahal memang sangat-sangat terkenal. Gedung ini pun luar biasa cantik dan photogenic. Jadi kalau kesini kita mau foto dari sudut manapun tetep aja Taj Mahal terlihat agung dan mempesona. Saya belum pernah melihat gedung yang difoto dari sisi manapun tetep cantik selain Taj Mahal.

Saking bagusnya, saya dan teman-teman menghabiskan hamper 6 jam di tempat ini. Gila!

NEW DELHI

Seperti layaknya kota-kota besar di dunia. New Delhi ramai banget. Walaupun orang-orang lebih banyak ke New Delhi hanya transit, bisnis atau mungkin menghabiskan waktu sebentar sebenarnya New Delhi punya banyak juga tempat wisata. Sayangnya waktu saya kesana, di Delhi sedang tinggi-tingginya polusi udara sehingga disarankan tidak keluar rumah. Makanya kita tinggal di hotel.

India New Delhi Humayun’s Tomb
Pixabay

Selain tempat wisata, di Delhi kita bisa belanja dibanyak tempat. Disini surga belanja deh. Dari banyak sumber yang say abaca, di New Delhi kita belanja berbagai macam kerajinan tangan, kain, sampai bumbu-bumbu dapur.

Gimana Cara Pesan Tiket Pesawat + Hotel ?

Ok, selama ada Traveloka  kita akan traveling dengan lebih mudah dan nyaman.

Jadi ya, saya sudah beberapa kali nyobain paket hotel + penerbangan dari Traveloka. Jadi kali ini pun saya akan menggunakan paket ini agar lebih praktis mencari akomodasi ke India.

Kadang-kadang kan kita ribet banget ya harus pesan tiket pesawat trus nyari-nyari hotel lagi, duh….belon saya kan stress ya kalau mau bepergian hehe, jadi mendingan cari paket-paket aja. Lagi pula, paket-paket ini sering kali ngasih harga bagus.

Selain itu, kita juga bisa mengkombinasi paket sesuai keinginan. Kita tetap bisa menggunakan maskapai yang sering digunakan dan juga menginap di hotel incaran. Kombinasi paket pun bisa kamu sesuaikan untuk dapat budget yang sesuai kantong kita. Gampang banget kan. Kita cuma sekali kerja aja. Gak perlu beli tiket dulu trus nyari hotel lagi. Lebih hemat waktu dan tentunya lebih hemat kantong.

Setelah kita pesan tiket + hotel yang kita mau, kita langsung menuju ke bagian informasi. Disini kita tinggal masukin data-data pribadi deh. Gampang koq.

Tips : Selalu cek dan recheck sebelum confirm untuk pembayaran demi menghindari salah beli tiket dan pesan hotel.

Setelah itu, kita siap untuk untuk melakukan pembayaran. Jangan khawatir kalau gak punya kartu kredit. Ini jadi masalah beberapa temen-temen saya yang kartu kreditnya disita suami-suaminya haha. Jadi, dengan Traveloka kita tetap bisa bertransaksi di Indomaret dan Alfamart. Selain itu tentu saja pembayaran bisa dilakukan di ATM, Kartu Kredit atau Kartu Debit. Gampang banget kan.

Makanya ya, sekarang itu gampang banget deh traveling. Saya inget banget dulu harus mondar mandir ke Travel Agent buat pesan tiket dan kamar hotel. Sekarang tinggal klak klik saja.

So, sekarang semua lebih mudah, praktis dan tentu saja lebih hemat hanya dengan memesan paket pesawat + hotel.Kira-kira tahun depan sudah punya rencana mau traveling kemana aja?

Advertisements

23 comments

  1. Tahun depan aku banyak keinginan travelling Non! Hahaha 😛 .

    Eh iya lho New Delhi memang surprisingly banyak tempat wisata yang lumayan-lumayan ya. Tapi memang polusinya parah banget! Dulu ketika aku di sana pun, belum sehari hidungku sampai terasa sakit karena udaranya…

  2. India ini diluar berita negatif yg banyak beredar, fotogenik banget ya. Fotonya cantik2. Tahun depan mudah2an kesampaian ke Jepang dan balik ke negara favorit Singapore 😀

  3. Cakep cakep banget mbak fotonya. Mbak Non ke Indianya berapa hari?

    Tahun depan cuma mau kedua tempat. Mudah2an semua sehat deh jadi bisa terlaksana 😊

  4. Mbak Noni, pengen diceritain lebih dalem tentang Taj Mahal dong. Kan aku baca nih, beberapa biro travel nganterin turis ke Taj Mahal itu cuman foto di depan mausoleumnya doang tanpa masuk. Tapi ada juga yang nawarin turis masuk mausoleumnya juga dengan biaya tambahan. Sebetulnya di dalem mausoleumnya itu ngapain aja sih selain foto-foto? Kok Mbak Noni sampai 6 jam di sana? Terua di dalem sana itu ada kantinnya atau musholanya nggak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s