Sarapan Favorite


Kalau ada waktu makan paling saya suka adalah sarapan. Sarapan itu kayaknya selalu menyenangkan sehingga untuk melewatinya pun kadang-kadang terasa lebih berat haha. Kalaupun tidak sempat sarapan, biasanya saya usahakan untuk menggantinya dengan “brunch” (biasanya Sabtu dan Minggu, berduaan dengan Matt). Kata Matt, dia paling suka waktu brunch karena paling pas untuk dia, makanan selalu enak dan mengingatkan ke ibunya yang sangat-sangat demen brunch date 🙂

Sewaktu masih kecil ibu saya selalu bilang “sarapan gak boleh ketinggalan” trus beliau sudah siapin nasi goreng haha. Nasi goreng sarapan pagi itu menurut saya paling seru (dulu ya). Didalam nasi goreng isinya bisa macem-macem dan biasanya sisa lauk pauk dari malam sebelumnya. Jadi bisa aja nasi goreng hari Senin dengan ikan teri, besok dengan sambal balado ikan dencis, bisa dengan daging, ayam, dll haha.

Selain nasi goreng yang saya makan mungkin dari mulai kecil sampai kuliah (ya ampun), tentu kita juga makan roti tawar untuk sarapan dengan susu. Makanya sebenarnya ya, sampai setua ini saya masih aja demen minum susu. Kalau saja dairy product itu gak masalah untuk penderita endometriosis, kayaknya saya bisa deh minum susu setiap waktu.

Sama seperti banyak orang Medan, kita juga kadang-kadang sarapan dengan lontong sayur, nasi uduk, cenil dan juga lupis. Ini sebenarnya kalau mau jujur termasuk sarapan favorite tapi sudah lama banget jadi perut gak akan sanggup dihajar makanan itu lagi untuk sarapan pagi.

Nah, selanjutnya saya pindah ke Surabaya. Gak ada lagi yang masakin. Awalnya bingung, kalau di Surabaya orang-orang sarapan pagi pake apaan, ternyata macem-macem. Favorite saya sih nasi pecel haha. Jadi didekat rumah kos dulu ada ibu yang jual nasi pecel enak parah. Harganya cuman Rp 4.000 aja perbungkus. Enak parah. Sumpah, ini nulisnya sambil ngiler deh. Saya belum pernah lagi makan pecel seenak punya ibu tersebut.

Lalu saya mulai suka bubur ayam. Ini favorite juga tapi cuma 1 tempat aja. Jadi dekat kos ada ibu jual bubur dan dia kayaknya sudah tau apa yang saya suka. Kalau mobil saya parkir, dia langsung ambil box (saya selalu bawa box kontainer sendiri karena gak mau pake styrofoam dari si ibu. Gak pake ngomong apa-apa dan buburnya paling enak sejagat deh haha. Harganya Rp 5.000 saja.

Selanjutnya sama seperti banyak orang yang males repot kadang-kadang saya sarapan roti dengan susu. Lalu yogurt dengan buah pisang atau buah lainnya. Begitu trus sampai hampir 7 tahun tinggal di Surabaya. Berganti-gantian dan nasi goreng dipagi hari terlupakan dong, apalagi lontong sayur haha.

Ketika pindah ke Medan, kebetulan saya mulai food combining, jadi cuman sarapan buah aja. Ini sudah saya lakukan sejak tahun 2012 sampai sekarang. On off deh karena kalau saya bosen biasanya diganti dengan cereal gluten free pakai almond milk, granola dengan yogurt dan buah, roti dan kopi, emmmm french toast kalau brunch hahaa. Emmm kadang-kadang kalau bablas dengna temen makan mie sop gurila tapi biasanya sudah dijam 11 siang sih.

Tapiiiiii……..kalau mau jujur sarapan yang paling saya suka banget adalah secangkir kopi hangat dengan roti raisin panggang.  Trus kalau bisa makannya yah di rumah aja sambil ngobrol-ngobrol di meja makan. Hanya itu saja 🙂

Sementara untuk brunch favorite sudah pasti french toast dan coklat hangat atau segelas cappucino 🙂 yummmmy…….\

Bagaimana dengan kamu?

Advertisements

53 comments

  1. Aku harus nasi, hahaha. Dan sarapan pertamaku itu jam 5 pagi krn bangun tidur— lgsg laper. Nurun jg ke anakku. Begitu melek— lgsg minta makan, wkwkwkwk. Klo dia sarapannya oatmeal dan madu.

  2. sarapan pas aq FC dulu paling favorit karena makan buah, yogurt dan granola. skrg ga fc lagi, ga sempat hhaha. klo skrg sarapan cemilan aja lontong satu sm gorengan atau bubur kacang ijo tanpa santan hehehe.
    emg sih cpt laper, tapi aq ganjel sm biskuit.

    lahhh kapan langsingnya ini sih

  3. Fav aku sarapan Teh Manis sm Roti isi meises, atau ga teh manis sm nasgor bawang putih, atau klo weekend biasanya teh manis sm lontong medan, kebetulan deket rumah ada yg jual lontong medan, enak kaliiiiii 😀

  4. Hari ini makan roti whole grain isi tuna. Seringnya sarapan roti Mba Non, kadang diganti sama Mie ayam, bubur, nasi uduk atau lontong sayur. Tapi paling sering roti pakai selai kacang, atau roti oles margarine doang.

  5. Aku sekarang jarang sarapan. Dulu jaman masih sama ortu, tiap pagi sarapan, pasti nasi. Jaman awal-awal kuliah, masih sering sarapan, beli di warung dekat kost. Lama-lama jadi males keluar pagi-pagi buat beli sarapan, akhirnya mulai sering nggak sarapan deh. Terus kebawa sampai sekarang

  6. Non, sarapan favorit pas tinggal sama ortu samaan : nasi goreng haha. Karena Ibu bikinnya dari nasi lebih hari sebelumnya. Tapi entah kenapa kok ga pernah bosen ya sampai SMP. Sarapan favorit ke dua : Tajin Palappa. Ini bubur nya orang Madura. Bubur dikasih bumbu kacang khusus trus ada sayurnya. Duh enak banget. Klo sekarang ya sarapan sudah terbiasa pakai buah ntar siangan dikit roti pake keju (atau meses) sama minum susu soya coklat. Pernah nyoba sarapan pake nasi soto, eh ternyata perut begah lho. Sudah ga terbiasa perutku. Apa kabar ini klo liburan pulang Indonesia, padahal pengen sarapan nasi pecel 😁

    • Huhahaa anak nasi goreng yaaa. Abisan kayaknya nasi goreng itu wajib deh pagi2 karena sisa makanan kemaren hahha. Cuma aku rasa itu nasi goreng paling enak sih.

      Hahaha nanti pas di Indonesia, latihan lagi deh makan pecel

  7. Aku juga suka banget sarapan atau ngebrunch, kalau menu favorite yang pasti kopi (flat white) sama almond croissant duh surgaaa. Tapi kalau weekday karena kerja kan selalu keburu buru ya jadi sarapannya cuma oats aja sama buah. Tapi sarapa emang my personal favorite meal dalam sehari sih dibanding lunch atau dinner hehehe

  8. Nasi pecel lodeh atau nasi campur deket rumah, itu endang banget deh, tapi kayaknya sekarang udah ga bisa sarapan seberat itu lagi. Palingan müsli di kantor, atau sepotong roti dengan mentega dan keju sama teh hangat.

  9. baru ngeuh, mb noni gakpernah bahas mie.
    gaksuka mie ya mbak? kereeen 😀

    gakbiasa sarapan hihi
    kalo sarapan biasanya kekenyangan smp lepas dzuhur baru makan lagi 😀

    • Aku sukaaa banget mie tapi jarang sarapan mie si hehehe. Aku kebetulan berhenti makan mie instant juga (bukan berhenti deng tapi mengurangi banget)

      hah, kalau sarapan bisa makan ampe siang banget ya Tin, hebat ih

  10. Kalau sarapan favoritku masih sama seperti kak noni waktu kecil dan do medan tempo dulu. Makanan org aceh emang mirip2 ya sama medan. Nasi gurih (uduk) lontong sayur, cenil, aaaah, kalau yang ringan2 enggak terasa di lidah dan ga cukup diperut. Hehehe

  11. waaah aku jg paling suka breakfast kak non hahahaa menu2nya lebih menarik aja apalagi kalau buffet breakfast di hotel gitu hahaha gak boleh kelewatan deh. tp kalo breakfast dirumah sih aku paling suka kopi sama toast pasti, krn gabisa makan berat2 kalau sarapan XD

  12. Kalau ada waktu makan paling saya suka adalah sarapan. Sarapan itu kayaknya selalu menyenangkan sehingga untuk melewatinya pun kadang-kadang terasa lebih berat haha.
    ————————-
    inimah betul banget ya. lebih milih ninggal makan siang daripada sarapan…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s