10 Reason Why Lake Toba Must be on Your Bucket List


Danau Toba

Danau Toba tentu saja bukan hal baru untuk saya. Sejak kecil kalau lagi Pesta Danau Toba, biasanya almarhum nenek pasti ajak kita untuk main kesana. Karena itu, rasa-rasanya nih ya, sejak saya kecil sampai SMP selalu banget pergi ke Danau Toba. Dulu mungkin saya cuma ngeliat danau toba sebagai danau besar yang terkenal aja. That’s it! sekarang tentu berbeda. Saya lupa tepatnya kapan saya melihat danau ini sebagai tempat yang sangat-sangat cantik dan selalu membuat saya rindu.

Ada 10 alasan yang mungkin bisa membuat siapapun yang belum ke danau Toba berkunjung ke danau ini.

01. Gunung Api Raksasa

Gunung Toba adalah gunung api raksasa yaitu gunung aktif dalam kategori sangat besar, diperkirakan meletus terakhir sekitar 74.000 tahun lalu.

Danau toba

Pada tahun 1939, geolog Belanda Van Bemmelen melaporkan, Danau Toba, yang panjangnya 100 kilometer dan lebarnya 30 kilometer, dikelilingi oleh batu apung peninggalan dari letusan gunung. Karena itu, Van Bemmelen menyimpulkan, Toba adalah sebuah gunung berapi. Belakangan, beberapa peneliti lain menemukan debu riolit (rhyolite) yang seusia dengan batuan Toba di Malaysia, bahkan juga sejauh 3.000 kilometer ke utara hingga India Tengah.

Mungkin sekarang gunungnya tidak “kelihatan” tapi sebenarnya kalau kita berlayar dengan kapal ferry di atas Danau Toba itu artinya kita persis diatas kawah gunung api raksasa. How cool is that. Ngeri juga sih haha. Bayangin kalau tiba-tiba meletus aja. Huaaa……..

Nonton juga Vlog saya ya 🙂

02. Cerita tentang letusan gunung Toba

Sebelumnya Gunung Toba pernah meletus tiga kali.

  • Letusan pertama terjadi sekitar 800 ribu tahun lalu. Letusan ini menghasilkan kaldera di selatan Danau Toba, meliputi daerah Prapat dan Porsea.
  • Letusan kedua yang memiliki kekuatan lebih kecil, terjadi 500 ribu tahun lalu. Letusan ini membentuk kaldera di utara Danau Toba. Tepatnya di daerah antara Silalahi dengan Haranggaol. Dari dua letusan ini, letusan ketigalah yang paling dashyat.
  • Letusan ketiga 74.000 tahun lalu menghasilkan kaldera, dan menjadi Danau Toba sekarang dengan Pulau Samosir di tengahnya.

Gunung Toba ini tergolong Supervolcano. Hal ini dikarenakan Gunung Toba memiliki kantong magma yang besar yang jika meletus kalderanya besar sekali. Volcano biasa rata-rata kalderanya ratusan meter, sedangkan Supervolcano dapat mencapai puluhan kilometer.

Yang menarik adalah terjadinya anomali gravitasi di Toba. Menurut hukum gravitasi, antara satu tempat dengan lainnya akan memiliki gaya tarik bumi sama bila mempunyai massa, ketinggian dan kerelatifan yang sama. Jika ada materi yang lain berada di situ dengan massa berbeda, maka gaya tariknya berbeda. Bayangkan gunung meletus. Banyak materi yang keluar, artinya kehilangan massa dan gaya tariknya berkurang. Lalu yang terjadi up-lifting (pengangkatan). Inilah yang menyebabkan munculnya Pulau Samosir.

Magma yang di bawah itu terus mendesak ke atas, pelan-pelan. Dia sudah tidak punya daya untuk meletus. Gerakan ini berusaha untuk menyesuaikan ke normal gravitasi. Ini terjadi dalam kurun waktu ribuan tahun. Hanya Samosir yang terangkat karena daerah itu yang terlemah. Sementara daerah lainnya merupakan dinding kaldera.

Beberapa waktu lalu Medan sempat dilanda gempa hampir setiap harinya. Setiap hari selama sekitar 7-10 hari. Berkali-kali. Banyak hoax yang beredar kalau Gunung Toba akan meletus lagi. Gak usah pake dibayangkan, saya rasanya sudah pengen kabur aja haha.

03. Keindahan alam

Bukit Holbung Samosir

Tidak diragukan lagi, menurut saya Danau Toba adalah salah satu tempat yang cantik di bumi ini. Serius 🙂 Tempat ini juga cocok dijadikan sebagai tempat liburan santai karena harga-harga disini relatif murah, hotel/penginapan dengan harga yang masuk akal, pemandangan yang indah, cerita dan kebudayaan Batak yang menarik untuk dilihat, dipelajari atau sekedar berfoto.

04. Stone Chair Ambarita

Stone Chair Ambarita

Salah satu peninggalan yang sangat-sangat menarik untuk dikunjungi. Tempat ini pernah saya tulis ceritanya di link ini. Silahkan klik aja ya 🙂 Ceritanya tentang bagaimana “kanibalisme” yang dulu berlaku di Tanah Batak.

05. Kuliner

Ikan Bakar Danau Toba
Pizza Rumba Tuktuk Samosir

Di Pulau Samosir ada banyak restoran/rumah makan yang menyajikan masakan khas Batak seperti ikan bakar dengan sambal tuktuk yang rasanya enak sekali. Selain itu ada banyak juga masakan Western karena banyak turis dari luar. So, ini waktu paling menyenangkan untuk pesta kuliner kan 🙂

Klik disini untuk lihat restoran apa saja yang wajib dicoba di Pulau Samosir.

06. Ulos

ULOS

Ulos adalah salah satu kain traditional Batak yang cantik. Kain-kain ini bisa didapat ketika kalian pergi ke Danau Toba. Yaiyalah ya haha. Tips jika ingin berbelanja ulos yang murah, pergilah ke pasar Ambarita di hari Kamis.

07. Rumah Adat Batak

Rumah adat Batak

Setiap suku di Indonesia tentu memiliki rumah adat, demikian juga dengan suku Batak. Rumah adat Batak yang sepintas terlihat seperti Tongkonan di Toraja ternyata memiliki banyak filosofi. Salah satu keinginan saya jika bisa memiliki tanah di Samosir adalah memiliki rumah Batak atau rumah panggung Melayu hehe.

Cerita tentang rumah adat Batak bisa kalian baca disini ya 🙂

08. Tomok

Pic source alamy

Nah di Tomok ini ada banyak kuburan-kuburan tua yang harus dikunjungi karena ceritanya sendiri menarik banget. Penuh dengan sejarah lah. Selain itu kita bisa nonton tarian Sigale-gale. Entah kenapa saya koq gak punya fotonya ya, padahal pernah bikin foto dan video segala. Ahhh….

09. Danau Vulkanik Terbesar…..

Lake Toba

Danau Toba adalah sebuah danau kaldera besar di Pulau Sumatera. Dengan panjang lebih dari dari 100 km dan lebar 30 km, Toba merupakan danau terbesar di Indonesia dan danau vulkanik terbesar di dunia. Danau ini tercipta kurang lebih 74.000 tahun yang lalu, ketika sebuah gunung berapi super besar meletus di kawasan itu. Itulah ledakan gunung berapi terbesar dalam jarak waktu setidaknya 25 juta tahun. Letusan tersebut dipercaya telah menyebabkan musim dingin secara global, dimana sebagian besar manusia yang hidup pada waktu itu meninggal.

Oya, Danau Toba sendiri besarnya hampir segede negara Singapore. Huaaa, besar banget kan ya. Pantesan saya dan Matt itu sampe mikir, kita sok GR udah ngiterin Samosir untuk lihat Toba, padahal kita baru muterin segede upil doang haha. Terbesar di Asia Tenggara dan terluas kedua di dunia setelah danau Victoria di Afrika. COOL!

09. Penyanyi Bersuara Indah

Matt itu salah satu orang yang betah banget dengerin penyanyi-penyanyi Batak. Gak pernah sekalipun kami melewatkan untuk nonton folk song dan Batak Dance di Bagus Bay setiap kali ke pulau Samosir. Matt juga ngefans dengan group band Marsada yang ada di atas. Kalau males ke hotel untuk dengerin orang nyanyi, dulu temen-temen saya yang kebetulan liburan ke Samosir bilang “duduk aja depan kamar, nanti bakalan dengerin orang nyanyi sambil main gitar dan semuanya punya suara bagus banget”. Iyaa segitunya haha.

10. Just Go!

Bukit Holbung
Samosir Island
Bukit Holbung

Just pack and go, I think you will love this place 🙂

 

Advertisements

31 comments

  1. Danau toba tuh bagus banget ya Kak Non😍. Apalagi jalur menuju ke danaunya. Sebenernya antara mengagumkan dan mendebarkan. Soalnya jalurnya kayak mau terjun bebas gitu/apalah. Tapi aku udah lama banget terakhir ke sana.

  2. aku pernah kesana dan rasanya tuh tentram luar biasa, adem dan bikin pengen balik… disana juga senang ngeliat ibu2 suku batak yang transaksi sama bule2 buat rental motor atau beli souvenir pake bahasa inggris, cuma bisa bergumam, kereeenn kali mamak2 iniiii!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s