Jalan-Jalan ke Volendam Belanda


Volendam Belanda

Di Volendam inilah saya dan Matt paling banyak ketemu turis atau mungkin warga lokal yang berbahasa Indonesia. Maksutnya mungkin warga lokal itu orang Indonesia yang tinggal di Belanda. Sejak turun dari kapal Ferry dari Marken, kita sudah dengar disana sini orang-orang berbicara bahasa Indonesia. Selain dengerin orang ngobrol pake bahasa Indonesia, kita juga ketemu mereka-mereka yang belanjanya banyakkkkk banget. Seneng karena toko-toko dengan tulisan sale dimana-mana.

Volendam ini adalah sebuah kampung nelayan yang terletak 20 kilometer dari pusat kota amsterdam. Jaraknya memang tidak terlalu jauh dari ibu kota. Pergi kesini pun cukup mudah. Kita kemaren ambil kapal ferry dari Marken, dengan jarak tempuh sekitar 30 menit. Kapalnya sendiri nyaman banget dan ada restaurant hehe. Seru ya πŸ™‚

Volendam Belanda
Volendam Belanda
Volendam Belanda
Volendam Belanda
Volendam Belanda
Volendam Belanda
Volendam Belanda
Volendam Belanda
Volendam Belanda

Selain melihat turis Indonesia yang belanja (buanyaaakkkkk banget) kita juga lihat hampir keseluruhan studio foto yang ada disini memajang foto tokoh-tokoh terkenal dari Indonesia. Entah itu artis ataupun politikus. Lumayan bisa tebak-tebak buah manggis sambil ngantri nunggu berfoto dengan pakaian traditional di Volendam. Kita gak foto hehe, cuman liat-liat aja siapa aja yg berfoto di studio-studio tersebut. Sepertinya juga karena banyak orang Indonesia kesini, ada beberapa toko yang tulis “Murah Sekali” atau “Awas Copet” haha.

Volendam Belanda
serbalanda – WordPress.com

Di Volendam ini sepertinya yang paling menarik karena dekat dengan laut, jadi banyak restaurant atau toko-toko di pinggir pantai. Walaupun cuaca mulai dingin (kami datang akhir November) dan langit mulai gelap, banyak sekali turis yang duduk-duduk di luar sambil ngobrol. Cuacanya menurut saya saat itu lumayan menyenangkan. Kita juga ikutan duduk diluar dengan maksut nungguin matahari terbenam, ehhh gak taunya tidak berapa lama turun hujan haha. Sungguh gak bisa ditebak.

Volendam Belanda
Volendam Belanda
Volendam Belanda
Volendam Belanda
Volendam Belanda
Volendam Belanda
Volendam Belanda
Volendam Belanda
Volendam Belanda
Volendam Belanda
Volendam Belanda

Karena kita tidak punya agenda apapun ditempat ini, jadi setelah melihat-lihat toko, kita putuskan untuk keliling desa. Bener gak ini desa?

Desanya sendiri tidak terlalu besar. Rumah-rumahnya rapi walaupun sedikit sepi setelah keluar dari areal turis. Matt dan saya ketemu beberapa ekor kucing. Rasa-rasanya selama kita bepergian, hanya di Belanda lah saya ketemu banyak sekali kucing. Semua kucingnya pun ramah-ramah.

Volendam Belanda
Volendam Belanda
Volendam Belanda
Volendam Belanda
Volendam Belanda
Volendam Belanda

Dan mungkin karena sudah mulai menjelang Natal, kita sempat ketemu satu pasar kecil. Disini dijual makanan dan yang paling banyak didatangi adalah yang berjualan bunga haha. Bunganya di musim dingin koq masih sebagus-bagus ini ya?

Volendam Belanda

Volendam Belanda
Volendam Belanda
Volendam Belanda
Volendam Belanda
Volendam Belanda

How to get Volendam dari Amsterdam Central :

Just take a bus 316 which departs fromΒ Amsterdam/CS IJzijdeΒ station. The bus station is located behind Amsterdam Centraal train station. You need to go one level up behind platforms 14 and 15 (there will be signs, so it’s hard to get lost) – and here you are!

http://holland-explorer.com/volendam-marken-amsterdam/

 

Advertisements

45 comments

  1. duh mba Non, foto2mu bikin kangen balik lagi ke Volendam. Keliling ngeliatin rumah-rumah yang berderet rapi, duduk2 di tepi dermaga sambil jajan fish and chip, trus ngangetin badan sembari minum teh di kafe-kafe kecil sepanjang jalanan turis.

  2. Cakepp bangett rumah2nyaa.. Ahh kebayang itu pasti banyak bener orang Indonesia disana.. Sampai foto artis2 juga dipajang buat menarik minat..hihi..

  3. Seumur-umur di Belanda aku belum pernah sekali pun ke Volendam Non ahahahah πŸ˜† . Btw kalau gak salah itu ferry-nya terpisah ya dalam artian mesti beli tiket sendiri dan gak bisa naik pakai kartu transport-nya Belanda? Hmm…

  4. liat rumahnya gw mikir, seragam kayak gitu, apa gak nyasar ntar buka rumah org ya hahaha..
    btw payungnya cakep dehhhhh.. mau dong 1 sis πŸ˜€ πŸ˜›

  5. Saya pernah baca postingan soal fear of flight beberapa tahun lalu, bagaimana cara Mbak mengatasinya sampai sekarang sudah bisa relax keliling-keliling dunia? Saya masih bergulat dengan fear of flight…

    • Masih serem koq Win, kamu tau gak aku sering bgt batalin diundang orang atau gak follow up kalau diajak jalan2 keluar semisal berangkatnya sendirian hahaha. Bahkan aku rela gak pergi ama suamiku next month karena harus urus visa sendirian ke Jakarta. Males terbangnya bukan males urus visanya.
      SEgitunya aku takut naik pesawat, padahal aku ikutan yoga yg katanya bs handle ketakutan. Boong hahahha

  6. Bangunan belanda khas banget.. Suka! View pemandangannya juga adem.. laut, burung, bunga. Keren ya mbak

  7. pernah lihat di salah satu toko ada foto keluarga Gus Dur juga dipajang di sana
    Volendam ini obyek wajib buat turis Indonesia sptnya, he..he..
    tak heran banyak kedengaran bhs Indonesia, kami waktu itu bahkan dapat fotografer org Malaysia jadi enak bisa nanya2 pakai bhs Melayu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s