5 Hal yang Tidak Boleh dilakukan ketika di Museum


Pixabay
Pixabay

Karena sebenarnya saya bukanlah “pencinta keras” museum jadi kalau ada aturan-aturan main didalam museum saya lumayan santai.  Kalau terlalu memberatkan saya memilih mundur gak jadi masuk (yang mana hampir gak pernah juga sih ahha). Nah, sebenarnya ada beberapa hal yang menurut saya emang gak mesti/gak boleh kita lakukan didalam museum. Apa-apa sajakah itu?

01. Bawa tas gede atau backpack gede

Sama kayak kalau lagi ke toko barang pecah belah, saya takut kesamber trus jatoh barangnya. Kalau ke toko pecah belah oklah masih bisa diganti, lah kalau di museum mau ganti pake apaan?

Biasanya kalau lagi ke museum, kita berdua (saya dan Matt) malah cuman bawa kamera, semua tas dititipin aja. Selain takut jatuhin koleksi museum kita juga takut nyamber muka orang dengan backpack.

02. Menyentuh atau memanjat koleksi museum

Ini ya kekurangan saya bangetlah. Saya itu kayak gak puas kalau gak megang haha. Jadi biasanya saya emang lebih suka pergi ke museum-museum model Science and Industry kayak yang di sini soalnya bisa dipegang-pegang koleksinya dan bahkan bisa dicobain buat main. Kalau ke museum yang serius banget, saya suka gak tahan buat gak megang tapi gak bisa. Jadinya resah sendiri 🙂

03. Males baca

Errrrr…..ke museum tapi cuman buat motret dan ngelewatin informasi-informasinya itu kayak gimana gitu kan ya?

04. Motret pake Flash

Dulu saya sempet bingung kenapa gak boleh motret pake flash? walaupun sebenarnya saya emang gak suka juga dengan flash itu. Kayaknya nih ya, kenapa dilarang soalnya sinar dari flash itu bisa “merusak” koleksi museum, terutama kalau koleksinya itu seperti lukisan-lukisan tua.

05. Makan dan Minum

Yah walaupun emang seru ya bisa makan dan minum selagi ngeliat koleksi museum tapi sebaiknya jangan deh. Takutnya minumannya atau makanannya malah ngotorin areal museum. Kalau mau makan/minum mending ke pantry atau kantin aja. Di beberapa museum besar yang sudah saya datangi biasanya kantin mereka nyaman banget walaupun harganya sedikit lebih mahal.

Kalau menurut kamu apa lagi yang harus ditambahkan?

Advertisements

5 comments

  1. manjaaaaat…. hahaha… eeeh, serius nih ada yg mo manjat? yapi iya sih, pernah ke museum kuda trus ada keretanya juga, anak2 jelas sdh ga sabar pengen naik2, tapi ortunya pada sopan2 pake nanya dulu, jadi ya emang ngga boleh laaaa… kalau tas selalu aku titipin, karena museum2 di belanda biasanya ada rak jaket dan loker buat tas…

    yg gaa boleh lagi apa yaaa? rame2 trus ribut kali yaa

  2. Makan minum jelas ga boleh ya, khawatir bisa bikin kotor atau malah merusak artefak. Motret tuh kadang masih ada yang sembarangan. Yang nomor 3 kadang masih terlewat sebab anak-anak suka ngajak cepat terutama lihat koleksi yang lain. Terima kasih panduannya , Nyonya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s